15 Jajanan Terenak di Indonesia

Sejak dulu Jajanan tradisional atau pasar memang sangat banyak digemari oleh orang-orang, baik muda mau pun tua karena rasanya yang enak dan khas.

Kamu seorang penggemar jajanan? Kalau begitu kamu wajib memeriksa daftar 15 Jajanan Indonesia Terenak versi Top10Indo di bawah ini!

15. Onde-onde




Makanan ini berbentuk bulat kemudian dibalut dengan wijen sehingga mirip kue wijen. Onde-onde memiliki tekstur yang empuk dan rasa yang manis. Salah satu hal yang khas dari kue enak ini adalah pada bagian dalam kue yang diisi dengan kacang hijau.

14. Wajik




Wajik adalah salah satu makanan yang terbuat dengan bahan dasar beras ketan, dicampur dengan santan dan juga gula merah yang memiliki cita rasa manis dan gurih.

13. Kue Lapis




 Kue ini dinamai kue lapis karena terdiri dari dua warna yang berlapis-lapis. Dibuat dari tepung beras, tepung kanji, santan, gula pasir, garam dan pewarna dan dimasak dengan cara dikukus.

12. Lupis



Lupis  merupakan makanan khas Indonesia di daerah Jawa. Kue manis ini terbuat dari bahan baku beras ketan, kelapa parut, dan gula aren. 

11. Kipo



Kipo adalah makanan khas Kotagede yang terbuat dari tepung ketan dan unti kelapa yang dipanggang kecil-kecil. Kipo menjadi makanan khas karena proses pembuatannya yang dibakar di wajan tanah liat tergolong unik. 

10. Clorot




Clorot adalah jajanan khas dari Jawa yang terbuat dari gula merah, santan, tepung beras, tepung sagu serta bahan lainnya. Bentuknya terlihat cukup unik karena adonan dimasukkan ke dalam wadah yang terbuat dari janur kuning yang diulin membentuk kerucut mirip mainan terompet daun kelapa kemudian dikukus.

9. Semar Mendem




Makanan ini berbahan utama beras ketan. Hampir sama dengan lemper, hanya saja Semar Mendem digulung dengan lembaran dadar telur.

8. Kue Ku (Ang Ku Kueh)



Bagi masyarakat Cina, kue ku adalah kue yang secara tradisional dibuat untuk kelahiran anak dan ulang tahun. Bahan bakunya adalah tepung ketan yang diisi dengan kacang hijau. Kue ini bisa dimasak dalam berbagai macam warna, namun yang paling sering kita temui biasanya berwarna merah.

7. Klepon




Klepon adalah makanan  yang terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dan diwarnai hijau kemudian diisi dengan gula Jawa. Biasanya disajikan dengan parutan kelapa. 

6. Apem





Apem adalah penganan tradisional yang dibuat dari tepung beras yang didiamkan semalam dengan mencampurkan telur, santan, gula dan tape serta sedikit garam kemudian dibakar atau dikukus. Bentuknya mirip serabi namun lebih tebal.

5. Nagasari 




Nagosari adalah sejenis kue yang terbuat dari tepung beras, tepung sagu, santan, dan gula yang diisi pisang. Kue ini biasanya memiliki aroma yang harum karena dibungkus dengan daun pisang ketika dikukus.

4.  Dadar Gulung




Kue dadar gulung merupakan penganan khas Indonesia dan Malaysia.  Makanan ini sebenarnya mirip pancake yang diisi dengan parutan kelapa yang dicampur dengan gula jawa cair kemudia digulung seperti lumpia.

3. Lemper




Lemper adalah salah satu makanan yang terbuat dari beras ketan dan di dalamnya di isi dengan abon sapi, atau daging baik daging ayam maupun ikan kemudian dibungkus dengan daun pisang. Rasanya gurih, karena ketannya dimasak dengan mencampurkan santan kelapa.

2. Cucur




Makanan pencuci mulut ini terbuat dari bahan baku tepung terigu dan gula aren yang kemudian digoreng. Kue ini bersifat tebal di bagian tengah dan tipis di pinggirannya.

1. Serabi




Jajanan khas dari Solo ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan dan digoreng di atas arang mirip panekuk. Banyak orang yang mengkreasikannya dengan menambahkan topping pisang, nangka, meses coklat, atau keju di atasnya.