15 Film Tahun 90-an yang Wajib Kamu Tonton

Menonton film telah menjadi kegemaran banyak orang saat ini. Mungkin ada sangat banyak film keren dengan berbagai macam genre yang sudah kamu tonton sebelumnya.

Kamu seorang pecinta film? kalau begitu kamu wajib menyimak daftar 15 Film Tahun 90-an yang wajib kamu tonton versi Top10Indo ini!


15. JFK (1991)




"JFK" adalah film sejarah asal Amerika bergenre thriller yang telah dirilis pada tahun 1991 yang lalu. Film ini diproduseri oleh Oliver Stone, Arnon Milchan, dan A. Kitman Ho, ditulis oleh Oliver Stone dan Zachary Sklar, dan disutradarai oelh Oliver Stone. Para aktor yang berperan dalam film ini adalah Kevin Costner, Kevin Bacon, Tommy Lee Jones, Joe Pesci, Gary Oldman, Michael Rooker, Jay O. Sanders, Sissy Spacek, Beata Poźniak, Jack Lemmon, Walter Matthau, dan Donald Sutherland.

Film ini mengisahkan tentang menyajikan penyelidikan pembunuhan Presiden John F. Kennedy yang dipimpin oleh seorang jaksa bernama Jim Garrison (Kevin Costner).  Ketika Garrison mulai meragukan pemikiran konvensional pada pembunuhan, ia menghadapi perlawanan pemerintah, dan, setelah pembunuhan diduga pembunuh Lee Harvey Oswald (Gary Oldman), ia menutup kasus ini.

Dan kabarnya, film ini berhasil menghasilkan uang sebesar $ 205.4 juta hanya dengan menghabiskan uang sebesar $ 40 juta sebagai biaya produksi!

14. The Sixth Sense (1999)




The Sixth Sense merupakan film  Amerika bergenre thriller horror dan drama yang dirilis pada tahun 1999. Film The Sixth Sense menjadi salah satu film thriller populer hingga kini. The Sixth Sense juga dibintangi oleh aktor populer Bruce Willis yang berperan sebagai Dr. Malcolm Crowe, seorang psikolog anak yang menghadapi banyak kasus serius.

Film ini menjadi terkenal terutama berkat twist ending yang ada di akhir film. Kehadiran twist ending yang jenius yang dihasilkan sutradara M. Night Shyamalan membuat tren film dengan twist sempat populer. Film ini juga sempat memecahkan rekor saat perilisan DVD dimana banyak pecinta film yang ingin melihat film ini lagi untuk memastikan twist ending di akhir film. The Sixth Sense juga mampu menyabet 6 nominasi piala Oscar dalam ajang Academy Awards, termasuk kategori Best Picture dan Best Director. The Sixth Sense pun disebut sebagai salah satu film horor thriller yang paling populer di dunia.

13. The Truman Show (1998)




The Truman Show merupakan film drama-komedi Amerika Serikat yang dirilis pada tahun 1998. Film ini disutradarai oleh Peter Weir, dengan skenario dan cerita yang ditulis oleh Andrew Niccol. Pemerannya adalah Jim Carrey (Truman Burbank), Laura Linney, Noah Emmerich, Ed Harris dan Natascha McElhone. 

Film ini mengisahkan tentang kehidupan pria yang hidup dalam kehidupan yang direkayasa untuk hiburan yang dinikmati oleh manusia di setiap belahan dunia melalui TV.

12. Scent of A Woman (1992)




Scent of a Woman merupakan sebuah film Amerika Serikat yang dirilis pada tahun 1992 dan disutradarai oleh Martin Brest. Dua aktor utama yang membintangi film ini adalah Al Pacino dan Chris O'Donnell. Film ini dirilis pada tanggal 23 Desember 1992.

Film ini mengisahkan tentang perjalanan hidup seorang lelaki buta  kaya bersama asistennya.

11.  Raise the Red Lantern (1991)




"Raise the Red Lantern" (Dà Hóng Dēnglong Gāogāo Guà) adalah sebuah film tahun 1991 yang disutradarai oleh Zhang Yimou dan dibintangi oleh Gong Li. Diadaptasi  dari novel sebuah novel tahun 1990 berjudul "Wives and Concubines" karya Su Tong. Film ini kemudian diadaptasi menjadi sebuah pertunjukan balet terkenal dengan judul yang sama oleh Balet Nasional China, yang juga disutradarai oleh Zhang.

Dilatarbelakangi tahun 1920-an, film ini mengisahkan tentang  seorang wanita muda yang menjadi salah satu gundik dari seorang pria pada Masa Panglima Perang. Film tersebut mengambil gambar di Rumah Keluarga Qiao yang berada di dekat kota kuno Pingyao, di Provinsi Shanxi. 

10. God Will Hunting (1997)




"Good Will Hunting" adalah sebuah film tahun 1997 yang disutradarai oleh Gus Van Sant dan ditulis oleh Matt Damon dan Ben Affleck. Film ini mengambil latar tempat di Boston, Massachusetts. 

Menceritakan kisah Will Hunting, seorang "prodigy" bermasalah yang bekerja sebagai "janitor" di Massachusetts Institute of Technology meskipun pengetahuannya dalam matematika lebih superior dibanding dengan seluruh orang lain di fakultas tersebut.

9. Toy Story (1995)




"Toy Story" adalah sebuah sebuah film animasi  yang dibuat oleh Pixar ini dirilis oleh Walt Disney Pictures dan Buena Vista Distribution di Amerika Serikat pada 21 November 1995 serta di Britania Raya pada 22 Maret 1996. Sekuel dari film pertamanya telah dibuat hingga tiga seri.

Film ini menceritakan tentang ikatan seorang anak dengan boneka-boneka kesayangannya. Pada seri pertama ini, Woody, salah satu dari sekumpulan mainan di rumah Andy dan teman-temannya sangat resah dan cemburu karena kehadiran sebuah mainan baru "Buzz Lightyear" sangat menyita perhatian Andy.

Saat kecemburuannya memuncak, suatu hari Buzz terlempar keluar dan para mainan meminta Woody bertanggung jawab. Buzz dan Woody pun harus  melewati berbagai petualangan  menegangkan untuk kembali bersama teman-temannya, yang berada dalam truk pindahan karena Andy akan pindah rumah.

8. American Beauty (1999)





"American Beauty" merupakan sebuah film cinta, dan keluarga. Film ini dirilis pda tahun 1999. Film ini pertama kali ditulis oleh Alan Ball dan disutradarai oleh Sam Mendes. 

Pemain utama di film ini ialam Kevin Spacey, Annette Bening, Thora Birch, Wes Bentley, dan masih banyak lagi. Film ini meraih penghargaan Nominasi Academy Award pada tahun 1999. 

7. The Green Mile (1999)




"The Green Mile" adalah film drama Amerika tahun 1999 yang disutradarai oleh Frank Darabont, dan diadaptasi dari novel tahun 1996 berjudul sama karangan Stephen King. 

Film ini dikisahkan dalam format 'flashback' dan dibintangi oleh Tom Hanks yang berperan sebagai Paul Edgecomb dan Michael Clarke Duncan sebagai John Coffeey dengan pemeran-pemeran pendukung antara lain David Morse, Bonnie Hunt, dan James Cromwell. Film ini bercerita mengenai kehidupan Paul sebagai sipir penjara hukuman mati pada saat Depresi Besar terjadi di Amerika Serikat, dan peristiwa-peristiwa supernatural yang ia saksikan.

Film ini juga dinominasikan untuk empat Academy Awards: Aktor Pendukung Terbaik kepada Michael Clarke Duncan, Film Terbaik, Tata Suara Terbaik, dan Skenario Adaptasi Terbaik.

6. Saving Private Ryan (1998)




"Saving Private Ryan" adalah film Amerika Serikat bergenre sejarah-perang tahun 1998 yang bertemakan peperangan di saat invansi Normandia pada Perang Dunia II. Film ini disutradarai oleh Steven Spielberg dan skenarionya ditulis oleh Robert Rodat. Para aktor yang membintangi film ini antara lain adalah Tom Hanks, Tom Sizemore, Edward Burns, Barry Pepper, Vin Diesel, Giovanni Ribisi, Adam Goldberg, Jeremy Davies, dan Matt Damon. 

Film ini mengisahkan petualangan Kapten John H. Miller dalam usaha penyelamatan seorang prajurit bernama Ryan yang kehilangan ke-3 saudaranya dalam perang dan diperintahkan untuk kembali ke Amerika Serikat oleh departemen peperangan Amerika Serikat.

5. The Silence of The Lambs (1991)




"The Silence of the Lambs" adalah film tahun 1991 pemenang Academy Award yang disutradarai oleh Jonathan Demme. Film ini dibintangi oleh Jodie Foster dan Anthony Hopkins. Sebuah film yang diadaptasi dari novel karya Thomas Harris yang menceritakan tentang Dr. Hannibal Lecter yang merupakan seorang psikiater, pembunuh genius, dan kanibal. 

Dalam film ini, Clarice Starling seorang pelatihan FBI muda dikirim untuk bertemu dengan Lecter yang dipenjara untuk meminta nasihat dalam menangkap seorang pembunuh berantai yang bernama Buffalo Bill yang menculik wanita untuk dikuliti. Film ini juga memenangkan lima Academy Awards dan termasuk dalam kategori Film Terbaik.

4. Fight Club (1999)




"Fight Club" adalah film Amerika Serikat yang dirilis pada tahun 1999 yang diadaptasi dari novel yang juga berjudul Fight Club karya Chuck Palahniuk. Film ini disutradarai oleh David Fincher dan diperankan oleh Edward Norton (tokoh protagonis dalam film ini yang tanpa nama dan selaku narator). 

Film yang mengisahkan seorang pria yang terjebak dalam kehidupan sebagai masyarakat pekerja "kerah putih" yang terlibat klub pertarungan ilegal yang dirintis oleh penjual sabun yang bernama Tyler Durden (Brad Pitt). Mereka terjerumus dalam kisah segitiga dengan seorang wanita bernama Marla Singer (Helena Bonham Carter). Film ini berkisah tentang pria tak bernama yang menjadi narator pada film ini (Edward Norton). Ia seorang pekerja pada sebuah perusahan mobil yang menderita insomnia akibat tekanan pekerjaan, sehingga ia memutuskan untuk mengikuti support group. Ia merasa "sembuh" setelah mengikuti support group penderita kanker testis, meskipun ia tidak menderita penyakit tersebut. Sang narator kemudian mengikuti seluruh support group dengan penyakit berbeda setiap hari hingga dia bertemu dengan Marla Singer (Helena Bonham Carter). 

3. Life is Beautiful (1997)




"Life Is Beautiful" (La vita è bella) adalah sebuah film Italia yang dirilis pada tahun 1997. Film ini berkisah tentang seorang Yahudi Italia, Guido Orefice (diperankan oleh Roberto Benigni, yang juga menyutradari dan penulis cerita), di mana dia harus menggunakan imajinasinya untuk menolong keluarganya di kamp konsentrasi Nazi. Bagian dari film ini menceritakan tentang pengalaman hidup Benigniyang sebelum dia lahir, ayahnya dimasukkan kedalam kamp konsentrasi Bergen-Belsen.

Pada perayaan Academy Awards yang ke 71 pada tahun 1999, Benigni berhasil meraih penghargaan sebagai aktor terbaik, dan filmnya memperoleh penghargaan dengan musik terbaik juga sebagai film berbahasa asing terbaik.

2. Forrest Gump (1994)




"Forrest Gump" adalah film drama Amerika Serikat tahun 1994 berdasarkan novel tahun 1986 karya Winston Groom. Film ini sukses secara komersial dan menjadi film terlaris di Amerika Utara pada tahun perilisannya. Film ini meraih total 13 nominasi Academy Awards dan memenangkan enam diantaranya, termasuk Film Terbaik, Sutradara Terbaik (Robert Zemeckis), dan Aktor Terbaik (Tom Hanks).

Film ini menceritakan tentang perjalanan hidup seorang pria dengan IQ 75. Dia bertemu dengan tokoh-tokoh bersejarah, memengaruhi budaya pop dan bahkan turut di dalam peristiwa-peristiwa bersejarah tanpa menyadari betapa pentingnya peristiwa itu, akibat kecerdasannya yang di bawah rata-rata. Film ini berbeda secara substansi dari karya novel aslinya.

1. The Shawsank Redemption (1994)




"The Shawshank Redemption" adalah film drama Amerika Serikat tahun 1994 yang ditulis dan disutradarai Frank Darabont dan dibintangi Tim Robbins dan Morgan Freeman. Diadaptasi dari novella karya Stephen King, Rita Hayworth and Shawshank Redemption,

 Film ini menceritakan kisah Andy Dufresne, seorang bankir yang menghabiskan hampir dua puluh tahun di Shawshank State Prison atas pembunuhan istri dan selingkuhannya meski ia mengklaim tidak melakukannya. Di penjara, ia berteman dengan Ellis Boyd "Red" Redding dan dilindung para penjaga setelah kepala penjara memanfaatkannya dalam operasi pencucian uang.

Meski pendapatan filmnya nyaris menyamai anggarannya, film ini dipuji oleh berbagai kritikus, masuk sejumlah nominasi penghargaan, dan laris di televisi kabel, VHS, DVD, dan Blu-ray. Film ini masuk 100 Years...100 Movies 10th Anniversary Edition yang disusun American Film Institute

Apakah film tahun 90-an kesukaanmu ada dalam daftar di atas? jangan lupa share artikel ini sebanyak-banyaknya pada orang-orang terdekatmu yang juga suka nonton film!