10 Ciri Suami Yang Baik

Pernakah anda berpikir, apakah pacar anda saat ini memiliki ciri-ciri seorang suami yang baik?  Tentu saja, hal ini menjadi sebuah pertimbangan penting sebelum anda membawa hubungan asmara ke jenjang yang lebih serius.  Sudah sewajarnya apabila setiap wanita ingin mendapatkan calon suami ideal, yang bisa memimpin rumah tangga sekaligus berbagai suka dan duka.

Dalam artikel ini, Top10Indo akan membagi beberapa ciri-ciri dan tanda seorang suami yang baik.  Cobalah anda amati, apakah ciri-ciri ini ada pada pacar anda saat ini, atau bahkan pada diri suami anda.  Tanpa berpanjang lebar lagi, berikut ciri-cirinya:

Image Credit: CreatedImage.com via Creative Commons


10.  Punya prinsip moral yang terpuji

Seorang calon suami yang baik adalah pria yang bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk ditinjau dari berbagai hal, baik norma sosial, norma agama, dan norma kesusilaan.  Ia meyakini bahwa seseorang harus bertindak baik dan lurus, serta menjauhi hal-hal yang dianggap negatif oleh masyarakat seperti minum-minuman keras, seks bebas, atau berbagai tindakan kriminal lainnya.

Perhatikanlah, apakah pacar atau pria idaman anda saat ini memiliki nilai-nilai yang tegas soal masalah moralitas ini.  Sebagai pemimpin rumah tangga, seorang suami akan menjadi contoh istri dan anak-anaknya.  Oleh karena itu, sudah sewajarnya jika anda ingin suami anda bisa menjadi teladan dalam segi nilai-nilai moral.



9.  Bisa mengontrol emosi 


Kontrol emosi wajib dimiliki oleh seorang pria, karena hal inilah yang membedakan antara seorang pria dan wanita.  Menurut nilai-nilai sosial di masyarakat saat ini, pria harus bisa meredam rasa marah, rasa sedih, bahkan rasa bahagia ketika dia sedang berada di depan orang lain.  Seorang pria yang bisa mengontrol emosi menunjukkan bahwa ia adalah sosok yang dewasa dan bisa menempatkan diri dengan baik.

Untuk bisa memimpin rumah tangga, seorang pria harus bisa memimpin dirinya terlebih dahulu.  Salah satu tanda bahwa pria bisa memimpin dirinya adalah dengan menunjukkan perilaku yang senantiasa terkontrol dan tidak mengumbar emosi.  Pria yang pandai mengontrol emosi biasanya juga memiliki sifat sabar dan rendah hati.



8.  Pengertian dan mau mendengarkan anda

Seorang suami adalah sosok belahan jiwa bagi istrinya.  Ia harus bisa mendukung, membantu, sekaligus menyanyangi sosok sang istri.  Untuk bisa melangkah ke tahap menyanyangi, anda harus memastikan bahwa pria tersebut bisa memahami, mau mendengarkan, dan penuh pengertian terhadap kondisi yang sedang anda alami.

Bayangkan apabila seorang pria tidak bisa memahami dan mendengarkan anda.  Bisa dipastikan, rumah tangga anda nantinya akan kurang harmonis.  Oleh karena itu, sebelum anda menerima pinangan seorang pria, pastikan dia adalah sosok yang penuh pengertian dan mau mendengarkan keluh-kesah anda.



7.  Menganggap anda sebagai sosok yang spesial dalam hidupnya


Jika seorang suami benar-benar mencintai anda, maka ia akan menganggap anda sebagai sesuatu yang sangat spesial dan menjadi salah satu prioritas utama dalam hidupnya.  Anda bisa mengamati hal ini dari masa pacaran, apakah ia terlihat bangga ketika berjalan dengan anda?  Apakah ia dengan sukarela memperkenalkan diri anda ke kalangan keluarga dan teman-temannya?

Jika seorang suami menganggap seorang wanita sebagai sosok yang spesial dalam hidupnya, maka sang wanita tak perlu lagi meragukan kesetiaan sang suami.  Sang suami pun pasti rela berkorban melakukan apa saja demi kebahagiaan keluarga dan istrinya.



6.  Setia

Kesetiaan sudah tentu menjadi sebuah harga mati dalam sebuah hubungan rumah tangga.  Perselingkuhan yang terjadi dalam hubungan suami-istri tentu saja sudah tidak bisa dibenarkan dari segi apapun.  Oleh karena itu, wajar jika anda mencari sosok pria yang setia untuk dijadikan sebagai calon suami.  Kesetiaan ini bisa diamati dari caranya berbicara, kejujuran, dan keterbukaannya pada anda.

Anda bisa juga membaca artikel kami tentang "10 Ciri-Ciri Pria Setia" untuk mengetahui lebih mendetail tentang berbagai hal yang mencerminkan kesetiannya.  Yang jelas, jika anda mengharapkan sosok yang setia sebagai seorang suami, maka anda juga harus senatiasa menjadi figur yang bisa menjaga kepercayaan darinya.



5.  Terbuka dan mau berbagi cerita dengan sang istri


Komunikasi yang lancar antara suami-istri juga sangat diperlukan untuk membina sebuah rumah tangga yang harmonis.  Oleh karena itu, wajar jika seorang istri meminta suami untuk terbuka dan mau berbagi cerita dengan istrinya.  Hal ini akan membuat sang istri merasa dipercaya, dan ia tidak akan menyimpan berbagai prasangka negatif pada sang suami.

Sikap keterbukaan ini sudah bisa anda amati sejak masa pacaran.  Namun ada kalanya, pria cenderung gengsi untuk membuka diri dan menceritakan masalahnya pada seorang wanita, karena tidak ingin terlihat lemah.  Oleh karena itu, terkadang sang wanita juga harus "memancing" sang pria dan dengan tulus mendengarkan keluh-kesah sang pria saat ia memutuskan untuk menceritakannya.



4.  Jujur

Sikap terbuka tidak ada artinya jika tidak dibarengi dengan kejujuran.  Kejujuran tidak sebatas dalam kata-kata saja, namun juga dalam perilaku, tindakan, dan caranya memperlakukan anda.  Tak bisa dibantah lagi, kejujuran adalah sebuah kriteria yang mutlak diperlukan oleh seorang suami yang baik.  Oleh karena itu, perhatikanlah seberapa sering ia berbohong pada anda.  Semakin banyak kebohongan yang dikeluarkannya, maka anda harus semakin banyak berpikir untuk menjadikannya sebagai seorang suami.  Yang jelas, tidak ada orang yang suka dibohongi.  Jika anda menuntut orang lain untuk bersikap jujur, maka anda juga jangan suka berbohong, termasuk membohongi diri sendiri.



3.  Penuh cinta


Pria yang benar-benar mencintai anda akan melakukan berbagai hal untuk membuat diri anda bahagia, apalagi jika anda berdua sudah terikat dalam komitmen pernikahan.  Cinta yang tulus akan membuat seorang suami mengutamakan kebahagiaan istrinya, bukan kebahagiaan pribadinya atau hawa nafsunya sendiri.  Amatilah hal ini baik-baik sebelum anda memutuskan untuk menikah dengan seorang pria.

Kadar cinta seorang pria pada diri anda bisa diukur dari seberapa besar ia rela berkorban demi diri anda.  Amati saja, seberapa banyak ia mau meluangkan waktu untuk anda?  Apakah kira-kira ia nanti mau merawat anda ketika anda sakit?  Apakah ia benar-benar mencintai diri anda seutuhnya, dan bukan hanya karena penampilan luar anda?



2.  Punya ambisi dan hidupnya terencana

Seorang calon suami yang baik adalah seorang pria yang memiliki ambisi dan mimpi dalam hidupnya.  Ambisi itu tidaklah harus muluk-muluk atau terkesan"wah"; yang penting, sang pria tersebut giat dan mau bekerja keras untuk meraihnya.  Biasanya, pria yang sudah memiliki ambisi tertentu akan memiliki hidup yang terencana dan memiliki berbagai target yang harus dipenuhi dalam jangka waktu tertentu.

Pria yang memiliki ambisi akan mampu memotivasi seluruh anggota keluarganya, dan pastinya ia akan berusaha keras membuat keluarganya lebih bahagia.  Seorang kepala keluarga yang memiliki rencana matang pasti akan lebih mapan dalam membawa keluarganya mengarungi kehidupan di masa depan.



1.  Bisa membuat anda merasa bahagia dengan berada di sisinya


Seorang suami yang baik adalah sosok pria yang bisa menjadi bijaksana layaknya seorang ayah, yang bisa mendidik istrinya seperti seorang guru, yang bisa menghibur seperti seorang anak, dan yang bisa memberi kasih sayang pada sang istri seperti seorang pemuda yang sedang jatuh cinta.  Yang jelas, seorang suami yang baik adalah yang bisa memenuhi kebutuhan sang istri dan membuatnya merasa bahagia.

Jika anda secara tidak sadar sudah merasa aman, nyaman, dan bahagia berada di sisi seorang pria; bisa dipastikan pria tersebut adalah calon suami yang baik.  Dan jika anda sudah menemukan sosok pria yang demikian, ditambah lagi dengan ciri-ciri lain yang ada dalam artikel ini, serta memiliki nilai-nilai sosial.dan religius yang sejalan dengan yang anda yakini; maka jangan ragu untuk menerima pinangannya dan menjadikannya sebagai suami anda.