10 Ciri-Ciri Pria Setia

Memiliki pasangan pria yang setia tentu menjadi dambaan bagi banyak wanita.  Laki-laki setia sudah pasti akan menjadi suami idaman yang bisa membuat rumah tangga anda adem ayem dan tenteram.  Nah, kira-kira, apa sajakah ciri-ciri pria setia?  Apakah tanda-tanda yang bisa diamati untuk mengukur kadar kesetiaan seorang laki-laki?  Berikut ini adalah daftar 10 ciri-ciri pria setia versi Top10Indo  :

by medium as muse on Flickr.com, Creative Commons



10.  Jujur dan berpegang teguh pada prinsipnya 

Karakter utama yang harus dicermati apabila anda ingin menilai seorang pria tergolong setia atau tidak adalah kejujurannya.  Jika selama masa pacaran ia banyak mengatakan kebohongan-kebohongan, waspadalah karena itu adalah salah satu pertanda ketidak setiaan.  Laki-laki yang setia akan selalu jujur dan terbuka terhadap pasangannya, dan juga terhadap diri sendiri.

Selain itu, pria yang setia juga berpegang teguh pada prinsip yang dianutnya, entah itu prinsip agama, prinsip moral, atau prinsip budi pekerti.  Jadi, jika anda berniat untuk menjalin rumah tangga dengan seorang pria, pastikan ia jujur dan mempunyai komitmen terhadap suatu prinsip.



9.  Menghargai wanita



Sikap setia dilandasi oleh rasa hormat pada wanita.  Seorang pria yang setia biasanya menghargai wanita dan menghargainya, baik melalui perkataan maupun tindakan.  Ia tidak akan pernah melecehkan wanita dengan kata-kata, apalagi melakukan kekerasan secara fisik.  Pria yang menghargai wanita akan senantiasa selalu bersikap gentleman, melindungi, dan menghargai pendapat wanita.  Ia percaya akan pentingnya emansipasi wanita, namun tetap memegan teguh nilai-nilai tradisional untuk menunjukkan rasa hormat terhadap wanita.



8.  Menepati janji

Seorang pria yang setia akan selalu mencoba menepati janjinya, sekecil apapun janji itu dan sesibuk apapun kondisinya.  Ia akan selalu meluangkan waktu untuk merealisasikan hal-hal yang pernah diucapkannya di depan anda, walaupun hal tersebut terkesan kecil seperti mengadakan makan malam romantis atau bersama-sama menonton bioskop.

Sebaliknya, jika seorang pria banyak menjanjikan sesuatu namun hanya sedikit yang ia tepati. maka anda patut waspada.  Selain tidak jujur, hal ini juga menunjukkan bahwa pria tersebut tidak memiliki komitmen yang cukup kuat untuk membahagiakan anda.



7.  Tidak emosional



Seorang pria yang setia selalu mengedepankan logika daripada emosi, terutama di hadapan orang lain termasuk anda sebagai pasangannya.  Apabila seorang pria mampu mengontrol emosinya untuk menjaga perasaan orang lain, hampir bisa dipastikan ia adalah pria yang setia.  Hal ini menunjukkan bahwa pria tersebut tidak hanya peduli pada dirinya sendiri dan melampiaskan emosi untuk memenuhi egonya; namun ia memilih untuk tetap diam dan menjaga keharmonisan suasana.  



6.  Family-man



Perhatikan bagaimana hubungan pria tersebut dengan keluarganya.  Seberapa dekat ia dengan saudaranya, dan seberapa hormat ia pada kedua orang tuanya.  Pria yang memperhatikan keluarganya adalah pria yang setia.  Bagaimana mungkin ia bisa memberikan cintanya dengan tulus ke wanita lain apabila ia sendiri tidak mencintai keluarganya yang tumbuh bersamanya sejak kecil.  Pria yang setia akan selalu menjalin kontak dengan keluargaanya walaupun sudah mandiri.  Ia akan sering meluangkan waktu untuk pulang menengok kedua orang tuanya, atau bahkan mungkin mengajak anda mengunjungi mereka.



5.  Tidak haus perhatian

Perhatikanlah sikap seorang pria, terutama pasangan anda apabila sedang berada di acara-acara sosial atau reuni.  Pria yang setia tidak akan mencoba menarik perhatian kawan-kawannya dengan banyak bicara menceritakan prestasi-prestasi yang diraihnya.  Apabila pasangan anda orang yang setia, ia akan lebih nyaman bersama anda, berdua menikmati acara tersebut sambil sesekali berbincang-bincang dengan para kenalan.  Pria yang setia pasti merasa sudah cukup mendapatkan perhatian dari pasangannya, dan ia tidak akan mencoba mencari hal itu dari orang lain.



4.  Tidak narsis

Pria setia tidak akan terlalu narsis atau mencintai dirinya sendiri secara berlebihan.  Waspadalah jika calon pasangan anda adalah pria yang cenderung egois, yang selalu memprioritaskan kepentingannya sendiri dan tidak pernah mau mengalah demi anda.  Ia akan terus menerus menuntut perhatian tanpa mencoba untuk mendengarkan keluhan-keluhan anda.  Pria setia sangat jauh dari hal ini.  Mereka tidak narsis, namun lebih menaruh perhatian ke orang-orang yang mereka cintai, termasuk istri.



3.  Memercayai anda



Pria yang setia biasanya justru memberi kepercayaan penuh pada anda.  Ia tidak akan terlalu rewel dan banyak bertanya ketika anda mengatakan bahwa anda akan pergi bersama teman-teman ke suatu tempat.  Ia yakin bahwa anda mencintainya, dan anda juga tidak akan berbuat selingkuh.  Biasanya rasa percaya ini juga akan selalu ia jaga dengan tidak mencoba untuk mengambil kesempatan yang berpeluang menimbulkan bibit-bibit perselingkuhan baginya.



2.  Percaya diri



Laki-laki setia akan memiliki rasa percaya diri yang tinggi.  Ia akan terlihat mantap dan secure  ketika berada dalam kondisi apapun.  Tidak ada rahasia-rahasia tersembunyi dalam hidupnya yang ia khawatirkan, karena ia merasa anda sudah mengetahui semua yang perlu anda ketahui tentangnya.  Rasa percaya diri ini tidak hanya membuatnya merasa tenang, tapi juga bisa membuat anda sebagai pasangannya juga merasa nyaman berada di dekat jenis pria seperti ini.



1.  Selalu puas dan mensyukuri yang ia miliki

Sumber utama dari perselingkuhan adalah rasa tidak puas.  Apabila pria pilihan anda selalu terlihat puas dan bersyukur, bahagialah anda karena jenis pria seperti ini kemungkinan besar adalah tipe setia.  Sikap ini tidak hanya tercermin dalam kehidupan cintanya atau hubungannya dengan anda, tapi juga terhadap pekerjaan, materi, dan hobi yang ia miliki.  Berada di dekat pria yang selalu puas dan bersyukur akan membuat hidup anda lebih tenang, bahagia, dan bisa membuat anda lebih mencintai satu sama lain.

Artikel Lainnya