10 Cara Mengatasi Muka Berminyak

Bagaimanakah cara alami dan paling ampuh untuk mengatasi muka berminyak?  Bagi sebagian orang, kandungan minyak di dalam wajah mereka lebih tinggi dibandingkan orang lainnya.  Akibatnya, wajah jadi lebih mudah terlihat berminyak.  Tentu saja, minyak berlebih pada kulit wajah bisa menimbulkan berbagai efek negatif, seperti jerawat, wajah cepat kotor, dan penampilan yang terlihat berantakan.

Namun jangan khawatir, ada berbagai cara simpel dan sangat mudah untuk mengatasi dan mencegah muka berminyak.  Cara-cara ini bahkan cenderung murah untuk dilakukan, dan pasti berefek positif asalkan anda disiplin dan telaten dalam melakukannya.  Langsung saja, berikut cara mengatasi muka berminyak versi Top10Indo:



10.  Kurangi stress

Sebelum mencoba melakukan pencegahan dari luar, cobalah terlebih dahulu untuk mengetahui penyebab internal dari dalam tubuh anda.  Stress yang berlebih bisa menjadi penyebab wajah terlihat makin berminyak dan juga sangat berpotensi menimbulkan jerawat.  Hal ini terjadi karena pikiran dan tubuh kita saling terhubung satu sama lain.  Jika pikiran stress, tubuh akan memproduksi hormon dalam jumlah berlebih, sehingga kelenjar minyak di dalam kulit pun juga dikeluarkan secara berlebih.  Selain stress, jangan terlalu banyak bersedih serta galau.  Mungkin artikel dari Top10Indo tentang "10 Cara Menghilangkan Rasa Galau" berikut bisa membantu anda mengurangi rasa stress.



9.  Rajin mencuci muka



Jika anda memiliki wajah yang berminyak dan ingin mencoba mengurangi efeknya, anda harus rajin-rajin mencuci muka setidaknya dua kali sehari.  Selalu cuci muka ketika anda pertama kali bangun tidur, dan lakukan hal yang sama ketika anda akan tidur.  Setiap pulang dari bepergian, langsung cuci muka anda sebelum melakukan aktivitas lain setibanya di rumah.

Saat mencuci muka, sangat disarankan anda menggunakan air hangat.  Air hangat selain lebih efektif untuk membersihkan minyak di wajah anda juga membuat pori-pori lebih rileks dan mudah mengeluarkan kotoran. Pilih juga jenis sabun yang cocok dengan kulit muka anda.



8.  Jangan makan terlalu banyak makanan berminyak

Hal ini tentu saja sudah bisa ditebak.  Untuk mengurangi minyak di muka anda, maka konsumsi minyak dari luar juga harus diminimalisir.  Cobalah untuk sesedikit mungkin memakan makanan yang digoreng, terutama yang di dalamnya juga mengandung banyak minyak alami seperti kacang-kacangan.  Konsumsi makanan berlemak yang berlebihan juga berpotensi meningkatkan kadar minyak di wajah anda.

Sebenarnya bukan hal yang sulit untuk menghindari makanan yang berminyak.  Saat ini, sudah diketahui bahwa makanan dengan kandungan minyak berlebih tidak hanya menyebabkan jerawat, namun yang lebih parah lagi makanan tersebut juga menyebabkan kanker dan sakit jantung.  Jadi tak ada ruginya kan mengurangi makanan berminyak?



7.  Banyak makan sayuran



Jika makanan yang digoreng adalah jenis makanan yang harus dihindari, apa yang harus anda konsumsi agar kulit tidak berminyak dan terlihat sehat?  Sangat muda: sayur-sayuran segar.  Ya, biasakanlah untuk makan sayur-sayuran secara teratur karena ini memiliki efek yang baik bagi kulit anda.  Selain membuat kulit tampak lebih bersinar, sayur-sayuran juga memperlancar pencernaan dan membuat tubuh anda lebih sehat.

Sangat direkomendasikan untuk membiasakan diri mengonsumsi tomat, mentimun, wortel dan seledri.  Sayuran tersebut bisa dikonsumis mentah (sebagai lalapan), dibuat jus, diolah menjadi salad, atau dimasak sebagai sup.  Jika anda melakukannya secara teratur, kulit wajah akan terlihat lebih halus dan berseri.



6.  Olahraga dan relaksasi

Seperti yang sudah dibahas di atas, kandungan minyak di wajah akan bertambah apabila kita berada dalam kondisi stress dan pikiran suntuk, serta pikiran kita tidak sehat.  Nah, untuk membuat pikiran dan metabolisme tubuh senantiasa sehat, kita juga harus melakukan olahraga secara teratur.  Dengan berolahraga, metabolisme produksi hormon akan lebih terkontrol dan merata, sehingga akhirnya tidak terlalu banyak hormon minyak yang diproduksi di wajah.  Lakukan secara teratur olah raga yang anda sukai seperti senam, joging, atau olahraga ringan lainnya.  Apabila anda bisa melakukan meditasi dengan baik dan benar, hal ini juga bisa membantu membuat kulit anda tampak lebih indah.



5.  Jangan terlalu banyak menyentuh wajah anda

Apapun kondisinya, jangan terlalu banyak menyentuh wajah anda.  Jika harus menyentuhnya, maka lakukan hal itu ketika sedang mencuci muka, dengan tangan dalam keadaan bersih.  Wajah yang berminyak akan lebih mudah kotor dan makin terlihat berminyak apabila ada kotoran yang menempel.  Jari-jari anda sangat rawan kotor, apalagi telapak tangan.  Oleh karena itu, jangan terlalu sering menyentuh wajah.

Godaan untuk menyentuh wajah biasanya makin tinggi jika anda dalam kondisi berjerawat.  Jika ini terjadi, jangan sekali kali memencet atau mengeluarkan jerawat dengan tangan anda.  Selain bisa menyebabkan jerawat makin parah, hal ini juga mengakibatkan infeksi dan membuat kulit rusak.



4.  Perhatikan pemakaian kosmetik



Terutama apabila anda seorang wanita, anda harus benar-benar memperhatikan kosmetik yang anda pakai, terutama yang anda gunakan di seluruh wajah seperti bedak.  Jangan sampai ketika anda menggunakan kosmetik tersebut, wajah justru terlihat semakin berminyak dan ini bisa mengakibatkan efek samping yang lain seperti jerawat dan kerusakan kulit.

Untuk anda dengan kulit berminyak, disarankan untuk memilih kosmetik yang terbuat dari water-based (air) dan bukan oil based (minyak).  Kosmetik yang mengandung minyak akan membuat wajah anda makin berminyak, dan dalam jangka panjang bisa menyebabkan jerawat.



3.  Banyak minum air putih



Tips ini sangat simpel namun cenderung dilupakan oleh banyak orang.  Minum setidaknya 8 gelas air putih setiap harinya.  Selain membuat tubuh lebih sehat, air putih juga berfungsi membilas kandungan minyak berlebih pada tubuh anda.  Air putih juga sangat berguna untuk kesehatan kulit, dan diperlukan untuk menjaga keseimbangan hormonal di kulit wajah.

Kurang minum air putih tidak hanya membuat wajah anda terlihat semakin berminyak, namun bisa juga menimbulkan jerawat.  Apabila asupan air putih di dalam tubuh kurang, kulit akan menjadi kering, dan akibatnya minyak-minyak di wajah akan semakin terlihat jelas.



2.  Gunakan bahan-bahan alami untuk membersihkan muka

Selain menggunakan sabun pencuci muka khusus untuk kulit berminyak, anda juga bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk mengurangi kadar minyak di wajah.  Walaupun agak sedikit repot dalam pembuatannya, bahan alami memiliki khasiat yang lebih manjur dan tidak memiliki kandungan bahan kimia yang berpotensi menimbulkan efek samping.

Salah satu scrub alami paling mudah dibuat adalah campuran garam, gula, dan jeruk nipis.  Campurkan dua sendok makan garam, setengah perasan jeruk nipis, dan sedikit gula hingga terbentuk sebuah larutan yang agak kental.  Gunakan untuk membersihkan wajah, biarkan selama 2-3 menit, kemudian bilas dengan bersih.



1.  Konsultasi dokter



Untuk hasil yang lebih maksimal, cobalah untuk berkonsultasi ke dokter spesialis kulit atau dermatologis. Mereka tidak hanya bisa memberikan berbagai resep untuk mengatasi muka berminyak, namun juga memberikan berbagai pencegahan dari dalam agar wajah anda bebas dari jerawat dan nampak lebih segar dan bersinar.

Jika anda adalah orang yang benar-benar harus menjaga penampilan wajah, luangkanlah waktu setidaknya enam bulan sekali untuk menemui dokter kulit.  Mintalah berbagai nutrisi yang bisa membuat kulit anda sehat, bebas dari minyak, dan tampak lebih menarik.