10 Tips Bermain Harvest Moon

Berikut ini adalah berbagai tips ampuh yang bisa digunakan untuk bermain Harvest Moon dalam versi apapun.  Seperti yang kita ketahui, ada banyak game Harvest Moon yang dirilis untuk berbagai konsol, seperti Playstation, Playstation 2, Nintendo DS, Nintendo 64, dan masih banyak lagi.  Game Harvest Moon juga sangat dikenal di Indonesia, karena permainan ini termasuk sebagai salah satu game simulasi terbaik di dunia.  Walaupun ada berbagai versi dan judul, inti dari permainan ini hanya satu, mengelola sebuah pertanian sesukses mungkin sambil tetap menjaga hubungan baik dengan para penduduk desa.  Nah, dalam artikel ini kita akan membahas berbagai trik dan tips umum untuk membuat anda lebih sukses dalam bermain Harvest Moon, tentu saja tanpa menggunakan cheat atau kode tertentu.  Berikut 10 tips bermain Harvest Moon versi Top10Indo  :

by JMikeR on DeviantArt, Creative Commons



10.  Fokus untuk mencari uang di tahun pertama



Saat periode awal bermain Harvest Moon, hal yang paling tepat untuk dilakukan adalah mencoba untuk mencari uang sebanyak-banyaknya.  Jangan terlalu fokus untuk memberi hadiah-hadiah mahal pada gadis yang anda sukai.  Gunakanlah waktu sebaik mungkin untuk memetik tanaman-tanaman liar yang bisa menghasilkan uang.  Setelah berhasil, cobalah secepatnya membeli bibit tanaman yang paling menguntungkan dan bisa membuat anda lebih cepat kaya.  Satu poin lagi, cobalah untuk membeli keranjang (Basket) secepat mungkin, karena hal ini sangat mempermudah anda dalam mengumpulkan berbagai macam tanaman tanpa harus bolak-balik ke ladang pertanian.



9.  Save setiap hari

Sangat penting untuk menge-save game anda setiap hari karena hal ini sangat berguna untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, contohnya badai.  Dalam game Harvest Moon, badai bisa merusak tanaman yang sudah susah payah anda tanam dan bisa membuat hewan peliharaan yang ada di luar menjadi sakit.  Jika anda menge-save game setiap hari, maka cara untuk menghindari badai cukup mudah, hanya dengan melakukan load game saja.  Hal ini juga penting jika misalkan anda melewatkan berbagai peristiwa penting seperti festival dan hari ulang tahun atau perayaan tertentu.



8.  Bersihkan kebun anda sesegera mungkin


Membersihkan kebun memang sangat penting, apalagi di awal-awal musim di mana anda memerlukan lahan kosong untuk menanam berbagai macam bibit tanaman.  Masalahnya, ada sangat banyak yang harus dibersihkan, mulai dari rumput liar, kayu, hingga bebatuan kecil.  Oleh karena itu, luangkanlah waktu khusus untuk hal ini.  Biasanya saya melakukannya di malam hari, saat semua pekerjaan harian seperti memetik tanaman liar dan bersosialisasi dengan warga sudah selesai.  Bersihkan setidaknya satu petak kosong, dan cobalah untuk mandi di Hot Spring sebelum tidur.  Jika uang anda sudah banyak dan tidak ingin repot, tanami saja tanah yang kosong dengan rumput (grass) yang bisa dibeli di Super Market.



7.  Tidak perlu terburu-buru untuk menikah



Banyak pemain Harvest Moon yang ingin secepatnya menikah dan berkonsentrasi terlalu banyak untuk membuat hati sang gadis pujaan menjadi berwarna merah tua.  Tips dari saya dalam bermain Harvest Moon, tidak perlu untuk terburu-buru menikah.  Sama seperti di kehidupan nyata, anda harus lebih fokus dulu ke karir, kumpulkan banyak uang, upgrade semua kandang dan peralatan.

Dengan hal ini, anda juga bisa melakukan "survei" dan menjalin hubungan baik dengan semua gadis desa.  Biasanya yang saya lakukan adalah menjalin hubungan baik ke semua gadis dengan memberi mereka banyak hadiah.  Saat hati mereka semua sudah merah, anda tinggal memilih salah satu yang paling tepat untuk dijadikan istri.



6.  Simpan setidaknya satu tanaman khas tiap musim



Jangan jual semua tanaman yang anda panen atau yang anda kumpulkan dari pegunungan.  Simpan setidaknya satu jenis tanaman setiap musim ke dalam kulkas, khususnya tanaman-tanaman langka yang tidak bisa ditumbuhkan di ladang seperti truffle dan poisonous mushroom.  Tanaman ini nantinya mungkin berguna untuk diberikan ke orang-orang tertentu sebagai hadiah, untuk melengkapi quest, atau untuk membuat resep masakan tertentu.  Akan lebih mudah lagi jika anda sudah memiliki Hot House, di mana anda bisa menumbuhkan semua tanaman di musim apa saja.



5.  Rawat binatang dengan baik

Salah satu tujuan utama bermain Harvest Moon adalah untuk beternak dan memelihara binatang sebanyak mungkin.  Sumber utama penghasilan anda mungkin ada pada sapi dan ayam, oleh karena itu ternakkanlah mereka sebaik mungkin.  Jangan lupa untuk setiap hari memberi makan, sikatlah sapi-sapi anda, dan kumpulkan hasil panen dari binatang ini.  Oh ya, lebih baik untuk memasukkan para binatang ini ke dalam kandang, karena kalau dibiarkan di luar, ada kemungkinan mereka menjadi sakit, dan untuk memasukkannya lagi ke dalam kandang akan sangat menyita banyak waktu (khususnya sapi dan domba).  Jangan lupa untuk merawat anjing dan kuda, serta mungkin kucing dan bebek di Harvest Moon versi NDS.



4.  Manfaatkan jasa Harvest Sprites



Harvest Sprites adalah kurcaci-kurcaci kecil yang tinggal di pegunungan, dan mereka bisa membantu anda mengerjakan tugas-tugas sederhana di peternakan, seperti menyiram tanaman, melakukan panen, hingga merawat binatang peliharaan.  Hal ini sangat penting jika anda tidak ingin selamanya berkutat dengan tugas-tugas membosankan dan ingin punya lebih banyak waktu untuk bersosialisasi.  Oleh karena itu, selalu coba untuk memanfaatkan jasa Harvest Sprites, tentu saja dengan memberi mereka imbalan setiap kali mereka datang ke tanah pertanian anda.



3.  Jaga hubungan baik dengan tetangga

Sama seperti di kehidupan nyata, dalam Harvest Moon juga sangat penting untuk menjalin hubungan baik dengan tetangga.  Di Harvest Moon versi terbaru, hubungan baik anda dengan tetangga juga menjadi salah satu faktor yang diperhitungkan dalam menentukan keberhasilan anda memainkan game ini.  Satu poin lagi, menjalin hubungan baik dengan tetangga bisa memberi keuntungan khusus, karena mungkin saja mereka akan datang dan memberi anda barang-barang khusus.  Bagaimana cara paling efektif untuk melakukan hal ini?  Pastikan untuk memberi para tetangga anda hadiah di saat hari ulang tahun mereka, tentu saja hadiah tersebut harus  merupakan barang yang mereka sukai.



2.  Datang dan menangkan festival



Berbagai festival di Harvest Moon memang sangat menyenangkan untuk diikuti, karena anda tidak saja hanya bisa menonton, melainkan juga bertaruh dan memenangkan berbagai hadiah di dalamnya.  Festival hewan ternak, seperti ayam, sapi, dan kambing sangat berguna karena bisa membuat hewan-hewan anda menghasilkan hasil panen yang lebih menguntungkan, seperti telur emas dan susu emas.  Festival pacuan kuda bisa membuat anda mendapatkan banyak uang jika anda menang bertaruh.  Festival-festival lain, seperti lomba memasak dan festival tomat bisa membuat anda lebih dihormati warga jika berhasil memenangkannya.



1.  Pelajari cara paling efektif mendapatkan uang di setiap musim



Dalam Harvest Moon, ada strategi yang berbeda-beda untuk menghasilkan uang di setiap musim.  Amatilah keuntungan dan kekurangan dalam musim tertentu, dan terapkanlah hal itu untuk mendapatkan uang sebanyak mungkin.  Contohnya, musim panas adalah musim paling tepat untuk menanam nanas (Pineapple) karena buah ini bisa dijual dengan harga mahal.  Oleh karena itu, fokuslah untuk bercocok tanam.  Demikian juga dengan musim gugur (Fall), di mana anda bisa menanam Sweet Potato yang dengan cepat bisa menghasilkan uang.  Musim dingin memang terlihat membosankan, namun anda bisa menghabiskan banyak waktu di tambang untuk menjual material-material berharga mahal.

Nah itu tadi adalah berbagai tips berguna untuk bermain Harvest Moon.  Satu lagi tips yang harus anda lakukan : nikmatilah permainan ini!