10 Game Simulasi Terbaik

Berikut ini adalah daftar game simulasi pc terbaik dengan berbagai tema yang bisa anda mainkan, mulai dari simulasi kehidupan, simulasi kota, hingga simulasi pesawat terbang dan berbagai kendaraan lainnya.  Yang jelas, dalam memainkan game simulasi anda dituntut untuk lebih teliti, cermat, dan tidak asal mengambil keputusan.  Game-game simulasi juga erat hubungannya dengan berbagai game strategi PC yang memerlukan otak untuk memainkannya.  Langsung saja, inilah peringkat 10 game simulasi terbaik versi Top10Indo  :

Image Credit : Flickr.com, Creative Commons


10.  Zoo Tycoon



Bagi anda yang suka dengan berbagai macam binatang, game Zoo Tycoon adalah sebuah pilihan tepat bagi anda.  Dalam Zoo Tycoon 1 dan 2, anda diharuskan untuk membangun sebuah kebun binatang dan mengisinya dengan berbagai satwa langka.  Satwa-satwa tersebut harus dirawat secara khusus, diperhatikan kondisi kandang serta makanannya, sehingga mereka bisa tumbuh dan beranak pinak dengan bahagia.

Namun itu saja belum cukup.  Anda juga harus menjaga agar kebun binatang anda tetap "sehat" secara finansial, dengan cara mendatangkan pengunjung sebanyak-banyaknya.  Anda harus membangun berbagai fasilitas, mulai dari restoran hingga wisata safari sehingga pengunjung benar-benar puas mengunjungi kebun binatang anda.  Satu hal lagi, anda juga bisa mengembang-biakkan hewan-hewan dari zaman pra sejarah seperti dinosaurus dan paus biru dalam game ini.



9.  Spore



Spore sepintas memang terlihat mirip dengan Zoo Tycoon, namun game simulasi yang satu ini sedikit lebih fantastis dan penuh dengan khayalan.  Dalam "Spore", anda bisa mendesain sendiri monster anda, mengembang-biakkannya dan mengawinkannya dengan monster lain untuk mendapatkan keturunan yang lebih kuat dan keren.

Pecinta game seperti Digimon dan Monster Rancher sudah pasti sangat menyukai game spore ini.  Bagaimana tidak, game ini menuntut kejelian dan ketelitian anda, karena tugas untuk merawat monster tentu saja bukanlah tugas yang mudah.



8.  Football Manager



Pernahkah anda bermimpi menjadi seorang manager dan mengelola sebuah klub sepak bola profesional?  Yap, Football Manager adalah sebuah permainan yang tidak hanya bisa digolongkan sebagai game sepak bola terbaik, namun juga game simulasi terbaik.  Di sini, anda harus benar-benar cermat dalam mengelola sebuah klub sepak bola.  Anda harus bisa memenangkan berbagai pertandingan, sekaligus mengatur berbagai unsur dalam sebuah klub, mulai dari transfer pemain hingga jadwal latihan.

Bagi pecinta sepak bola, Football Manager adalah sebuah game yang bisa membuat anda betah memainkannya selama ratusan jam.  Sangat adiktif, namun juga edukatif!



7.  The Movies



The Movies adalah sebuah game unik yang menuntut anda untuk menjadi seorang sutradara dalam sebuah rumah produksi.  Seperti judulnya, anda dituntut untuk memproduksi sendiri film anda dan memasarkannya ke masyarakat umum.  Tapi tunggu dulu, membuat sebuah film tidaklah mudah.  Anda harus menemukan aktor yang tepat, menjaga mood mereka, menemukan penulis skenario yang baik, dan memasarkan film anda dengan cerdas.

Apabila anda berhasil melakukan semua itu dengan baik, bersiaplah untuk menerima penghargaan semacam Piala Oscar.  Satu poin lagi yang menarik, anda bisa merekam semua film yang anda buat dan menontonnya lagi, atau bahkan men-share movie tersebut ke berbagai jejaring sosial.



6.  Sim City



SimCity adalah sebuah game simulasi dengan tingkat kesulitan yang sangat tinggi.  Game ini menuntut anda untuk membangun sebuah kota yang ideal, yang memiliki berbagai fasilitas dan teknologi canggih namun tetap ramah lingkungan.  Untuk bisa menyelesaikan campaign dalam SimCity, diperlukan strategi yang tepat sekaligus kesabaran dan ketelitian.

SimCity merupakan salah satu serial game simulasi terlaris di dunia.  Ini karena anda tidak hanya bisa bermain secara offline, namun juga secara online.  Anda bisa membandingkan skor yang anda dapatkan dengan pemain-pemain SimCity di seluruh dunia.  Mengasyikkan sekali kan?



5.  Black & White 2



Game klasik yang satu ini memang tak boleh dilupakan apabila kita berbicara tentang game simulasi terbaik.  Yap, Black & White 2 adalah sebuah permainan di mana anda menciptakan dunia anda sendiri dan membangunnya dengan berbagai fasilitas.  Dalam game ini, anda tidak hanya berperan sebagai manajer, presiden, atau walikota.  Di sini, anda berperan sebagai seorang Dewa.

Dalam game Black & White, anda bebas membangun dunia anda.  Anda bisa menciptakan dunia yang penuh dengan teror, namun semua rakyat patuh dalam menaati perintah-perintah anda.  Sebaliknya, anda juga bisa membangun dunia yang bahagia, namun tentunya hal ini juga memiliki suatu konsekuensi tersendiri.



4.  Train Simulator 2013



Bagi penyuka kereta, Train Simulator adalah sebuah game yang bisa memuaskan hobi anda.  Game ini mengatur tentang berbagai cara dan prosedur dalam memanage sebuah stasiun kereta.  Anda harus membuat jadwal serta menentukan kereta apa saja yang harus digunakan untuk mengangkut penumpang.  Tentunya, semua ini perlu dibuat dengan  penuh pertimbangan dan analisa.

Salah satu kelebihan dari Train Simulator adalah grafisnya yang benar-benar memukau dan terlihat realistis.  Akan sangat memuaskan ketika anda berada dalam video mode dan menyaksikan rancangan rencana anda berhasil dengan baik dan kereta anda berlari dengan gagah di atas rel.



3.  Microsoft Flight Simulator X



Jika anda ingin merasakan pengalaman sebagai seorang pilot, cobalah untuk memainkan Microsoft Flight Simulator.  Yap, game simulasi ini dibuat dengan sangat realistis, hampir mendekati nyata tentang berbagai cara untuk menerbangkan pesawat dan membawanya hingga ke tempat tujuan dengan selamat. Benar-benar sebuah game yang tidak hanya mengasyikkan, tapi juga mencerdaskan.

Ada berbagai jenis pesawat yang bisa anda pilih dalam game ini.  Mulai dari jenis pesawat kecil seperti helikopter, hingga pesawat-pesawat airbus komersial berukuran besar.  Yang jelas, sensasi ketika memainkan game ini benar-benar nyata.



2.  Viva Pinata



Hampir sama seperti "Spore", Viva Pinata adalah sebuah game simulasi yang mengharuskan anda untuk mengembang-biakkan satu koloni monster.  Bedanya, game ini dibuat dengan lebih detail, mengasyikkan, dan dengan grafis yang lebih bagus.  Tak heran jika "Viva Pinata" mendapat nilai yang sangat tinggi dari IGN, sebuah website game terkenal di dunia.

Game ini menuntut anda untuk membangun sebuah taman yang indah.  Makin indah taman tersebut, makin banyak pula Pinata-Pinata (monster) yang datang ke taman anda.  Ada ratusan jenis Pinata dengan berbagai karakteristik, bentuk, dan sifat yang berbeda.  Mereka bisa anda jual untuk mendapatkan uang, anda kembang-biakkan, atau mungkin dipakai sebagai bahan makanan untuk Pinata lainnya.  Game simulasi ini merupakan gabungan dari banyak game, seperti The Sims, Zoo Tycoon, dan SimCity.



1.  The Sims



Nah, akhirnya terjawab sudah pertanyaan kita tentang game simulasi terbaik.  Yap, The Sims memang layak dinobatkan untuk meraih gelar ini.  Game yang sudah eksis sejak akhir tahun 90-an ini menjadi salah satu franchise game terbesar dan paling laris di seluruh dunia.

Dalam The Sims, anda bisa membuat sendiri karakter anda, mulai dari penampilan, sifat-sifat, hingga keahlian khusus.  Tujuan anda dalam game ini hanya satu, bertahan hidup dan memenuhi kebutuhan dasar anda.  Anda bisa bekerja, berpacaran, mempunyai anak, dan melakukan hal-hal lain yang menyenangkan.  Serial terakhir The Sims berjudul "The Sims 3" yang memiliki puluhan expansion pack dan grafis yang sangat memukau.  Dijamin, anda pasti akan betah memainkan game ini selama ratusan, bahkan ribuan jam!