10 Cara Menulis Artikel Yang Baik

Kemampuan menulis artikel yang baik sangat diperlukan dalam berbagai bidang, terutama apabila anda bekerja sebagai jurnalis, sastrawan, ataupun internet marketer.  Memang untuk membuat tulisan yang menarik sekaligus bermanfaat memerlukan banyak latihan dan usaha.  Selain itu, anda juga harus memperhatikan pula beberapa kaidah atau aturan yang bisa membuat artikel yang anda tulis terlihat profesional dan enak dibaca.  Nah, berikut ini kami beri tips menarik tentang 10 cara menulis artikel yang baik  :

Image Credit : Wikimedia Commons




10.  Bahasa yang mudah dipahami

Salah satu ciri artikel yang baik adalah penggunaan bahasa yang mudah dipahami.  Jangan membuat artikel dengan bahasa yang berbelit-belit, dengan berbagai istilah ilmiah dan asing yang membuat pembaca anda merasa bingung.  Pergunakanlah bahasa yang banyak digunakan sehari-hari dalam percakapan Bahasa Indonesia.

Bahasa yang mudah dipahami akan membuat pembaca merasa betah menikmati artikel anda.  Gunakanlah kalimat-kalimat pendek dengan makna sejelas mungkin.  Tidak perlu untuk mencoba terlihat pintar dengan menggunakan berbagai istilah sulit.




9.  Tata bahasa yang formal dan baku



Walaupun bahasa yang digunakan sederhana dan mudah dipahami, anda juga tetap harus ingat untuk menggunakan bahasa yang baku.  Artinya, gunakanlah kata-kata formal yang terdapat dalam kamus.  Jangan sekalipun menyingkat kata, misalkan kata "yang" menjadi "yg", "dan" menjadi "dn", "atau" menjadi "atw", dan sebagainya.

Jika anda menggunakan bahasa yang baku, artikel yang anda tulis pasti terkesan lebih profesional.  Tidak hanya itu, search engine seperti Google juga akan lebih mudah menemukan artikel anda.  Akibatnya, artikel tersebut akan dibaca lebih banyak orang dan lebih mudah menjadi populer.



8.  Pemilihan judul yang menarik dan memancing pembaca

Perhatikanlah berbagai artikel yang dimuat dalam website "Kompas" atau "Detik".  Pasti artikel-artikel di website tersebut memiliki judul yang sangat menarik dan mengundang pembaca untuk mengunjunginya.  Pemilihan judul yang menarik mutlak diperlukan, terutama jika anda menulis untuk tujuan mendapatkan uang dari blog.

Kombinasikanlah juga judul yang anda tulis dengan kata kunci yang populer di Google.  Dengan melakukan hal ini, selain artikel menjadi lebih berkualitas, anda pun akan lebih mudah dalam mendapatkan pembaca.  Dampak jangka panjangnya, artikel anda bisa menjadi lebih terkenal.  Tips untuk memilih judul yang baik ini juga sangat berguna untuk meningkatkan Page Rank website/ blog anda.



7.  Penulisan kata dan tanda baca yang benar



Pastikanlah untuk menulis artikel dengan ejaan yang benar.  Terutama dalam menuliskan nama, cek ulang apakah anda sudah menuliskannya dengan benar.  Pastikan juga anda menggunakan tanda baca yang benar, seperti penggunaan titik, koma, tanda petik, tanda seru, dan lain sebagainya.  Artikel yang ditulis dengan banyak kesalahan ejaan akan terkesan sangat tidak profesional dan membuat pengunjung tidak betah membacanya.

Satu tips dari kami, pastikan untuk mengecek ulang setiap artikel yang sudah selesai anda tulis.  Baca lagi dari awal sampai akhir, periksa apakah ada kesalahan dalam ejaan maupun penulisan.



6.  Kreatif

Cobalah untuk membuat artikel dengan menggunakan imajinasi anda.  Tengoklah topik utama anda dari sisi yang berbeda, sehingga para pembaca nantinya akan mendapatkan sudut pandang yang kreatif.  Tulis artikel yang walaupun topiknya sudah banyak dibahas, namun masih segar dan fresh.  Cobalah untuk mencari celah-celah suatu tema yang kira-kira belum banyak ditulis oleh orang lain.

Kreativitas memiliki peran yang sangat penting dalam menulis artikel yang baik.  Hal ini membuat tulisan anda terasa berbeda ketika dibaca, dan tentu saja para pembaca akan penasaran dan ingin melihat lebih banyak lagi karya-karya sang penulis.  Bacalah kolom-kolom yang ditulis Cak Nun, Butet Kertaradjasa, atau Prie G.S. di berbagai surat kabar untuk menemukan definisi yang tepat dari kata "kreatif".



5.  Referensi yang valid

Saat menulis artikel, mengaculah pada sumber-sumber yang terpercaya.  Contoh, jika anda menulis artikel tentang kesehatan, pastikan sebelumnya anda sudah melakukan riset di berbagai majalah kedokteran atau artikel yang ditulis oleh ahli kesehatan.  Jangan sampai artikel yang anda tulis akhirnya justru menyesatkan para pembaca.

Jika perlu, cantumkanlah juga referensi artikel yang anda gunakan untuk membuat pembaca menjadi lebih yakin.  Jika artikel anda berupa opini, jangan lupa pula untuk menyertakan sumber-sumber fakta yang bisa menunjang opini anda.  Pastikan juga untuk tidak mengkopi mentah-mentah artikel dari sumber yang anda gunakan.



4.  Bermanfaat dan faktual

Artikel anda akan dinilai baik dan lebih cepat populer apabila bermanfaat bagi orang lain.  Artikel yang bermanfaat tidak harus berupa artikel tips, trik, ataupun tutorial.  Artikel bermanfaat adalah artikel yang bisa memberikan informasi valid kepada para pembaca, atau yang membuat mereka merasa terhibur ketika membaca tulisan tersebut.

Artikel yang bermanfaat tidak hanya membuat para pembaca menyukai anda.  Akan banyak pula nantinya penulis-penulis lain yang menggunakan artikel tersebut sebagai bahan referensi tulisan mereka.  Pada akhirnya, artikel yang anda buat akan menjadi sangat populer.



3.  Anda memiliki passion dan keahlian yang berhubungan dengan artikel yang anda tulis



Untuk membuat artikel yang bermanfaat dan menghibur, akan lebih mudah apabila anda memiliki passion (ketertarikan) dan keahlian yang berhubungan dengan topik yang anda tulis.  Misalkan anda dikenal suka membaca buku Harry Potter, maka jika anda menulis artikel tentang review novel Harry Potter, artikel itu akan terasa lebih hidup.  Selain itu, proses menulis juga akan terasa lebih menyenangkan bagi anda.

Jika anda memiliki keahlian dan pengalaman yang berkaitan dengan topik tulisan, orang akan lebih yakin ketika membacanya.  Terutama jika artikel tersebut berupa tips, trik, dan tutorial.  Contohnya adalah artikel tentang tips berlibur ke suatu tempat, atau tips memasak masakan tertentu.



2.  Format dan bentuk fisik artikel

Format dan bentuk fisik artikel juga memegang peranan penting dalam menentukan baik buruknya suatu artikel.  Jika anda menulis untuk surat kabar, pasti sudah ditentukan jenis huruf yang harus dipilih, ukuran huruf,. serta spasi paragraf yang diperlukan.  Hal ini berguna untuk membuat pembaca merasa nyaman dan tidak cepat lelah ketika membaca artikel anda.

Jika anda memiliki blog dan website pribadi, pastikan desain artikel anda mudah dibaca.  Pilih warna yang kontras, antara background website dan warna huruf.  Pilih bentuk huruf yang mudah dibaca, dan highlight bagian-bagian yang sekiranya penting bagi para pembaca.



1.  Original, karya anda sendiri



Artikel yang baik adalah artikel original asli dari buah pikiran sang penulis.  Tidak ada salahnya apabila anda melakukan riset dan mengambil berbagai referensi dari sumber-sumber lain.  Namun ingat, jangan sampai anda mengcopy mentah-mentah, sama persis, artikel-artikel tulisan orang lain dan mengakuinya sebagai karya anda.  Selain melanggar etika, hal ini juga pasti nantinya berdampak buruk bagi popularitas website/ blog anda di mata search engine.

Seperti yang saya tulis beberapa lalu dalam artikel "Cara Membuat Blog Yang Keren", originalitas artikel mutlak diperlukan untuk membuat anda lebih populer sebagai penulis.  Selain original, artikel anda juga harus ditunjang dengan konten yang berkualitas serta bermanfaat bagi pembaca.