10 Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Indonesia

Saat ini, perguruan tinggi swasta di Indonesia sudah memiliki kualitas bersaing yang hampir sebagus Perguruan Tinggi Negeri.  Terutama dari segi fasilitas dan infrastruktur, universitas-universitas swasta di Indonesia  tidak lagi bisa dipandang sebelah mata.  Mereka diperlengkapi oleh laboratorium yang canggih, website yang informatif, serta berbagai sarana pendukung belajar yang canggih.  Nah, apa sajakah Perguruan Tinggi Swasta terbaik di Indonesia?  Berikut rankingnya, dilengkapi dengan ranking webomatrics yang menilai kualitas website serta jumlah jurnal yang dipublikasikan oleh Universitas tersebut  :





10.  STMIK AMIKOM



Lokasi  :  Yogyakarta
Ranking Dunia  :  2000

Sekolah tinggi yang berfokus pada ilmu komputer ini dipandang sebagai perguruan tinggi swasta yang cukup bergengsi di Indonesia.  Hal ini karena STMIK AMIKOM memiliki spesifikasi jurusan yang jelas, tenaga pengajar yang handal, dan relasi internasional yang cukup kuat.  Bagi anda yang benar-benar serius mendalami bidang perkomputeran, STMIK AMIKOM adalah tujuan yang tepat.  Kampus ini tidak hanya memasang target untuk menjadi kampus unggulan di Indonesia, namun juga di Asia Tenggara.



9.   Universitas Bina Nusantara



Lokasi  :  Jakarta
Ranking Dunia  :  1848
Website  :  http://binus.ac.id/

Walaupun tergolong masih baru, Universitas Bina Nusantara sudah layak disebut sebagai salah satu perguran tinggi swasta terbaik di Indonesia.  Hal ini karena kualitas jurusan Teknologi Informasi yang sangat unggul, ditunjang dengan berbagai peralatan canggih serta relasi dengan berbagai universitas luar negeri.  Fasilitas yang lebih dari memadai dan atmosfer akademik yang kondusif membuat Universitas Bina Nusantara dipandang sebagai salah satu perguruan tinggi bergengsi di Jakarta.



8.  Universitas Muhammadiyah Surakarta



Lokasi  :  Surakarta (Solo)
Ranking Dunia  :  1720

Berdiri di bawah naungan yayasan Muhammadiyah, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) memiliki reputasi sebagai perguruan tinggi yang unggul di bidang seni dan IPTEK serta mencetak lulusan yang berlandaskan pada nilai-nilai Islam.  Universitas ini dikenal sebagai salah satu universitas paling bergengsi di kota Surakarta, dan sudah berdiri sejak tahun 1981.



7.  Universitas Muhammadiyah Malang



Lokasi  :  Malang
Ranking Dunia  :  1440
Website  :  http://www.umm.ac.id/

Bersama Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) juga dipandang sebagai universitas swasta paling bergengsi di Indonesia.  Selain menanamkan pembinaan di bidang akademis, Universitas Muhammadiyah Malang juga memiliki misi untuk mencetak lulusan yang memiliki budi pekerti dan nilai-nilai keislaman.  Universitas ini juga memiliki International Relation Office (Kantor Hubungan Internasional) yang aktif dalam menyelenggarakan program pertukaran mahasiswa maupun tenaga pengajar.



6.  Universitas Mercu Buana



Lokasi  :  Jakarta
Ranking  Dunia :  1277

Universitas ini dianggap sebagai salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia.  Selain memiliki infrastruktur dan kualitas yang baik, Universitas Mercu Buana telah melahirkan lulusan-lulusan yang berprestasi di bidangnya masing-masing.  Universitas ini juga baru-baru saja meraih gelar di bidang teknik dalam sebuah kompetisi internasional.  Universitas yang sudah berdiri sejak tahun 1985 ini memiliki 13 jurusan dan 5 fakultas, serta memiliki program pasca-sarjana (S2) yang berkualitas.



5.  Universitas Tarumanegara



Lokasi  :  Jakarta
Ranking Dunia  : 1260

Universitas Tarumanegara juga dikenal sebagai salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia yang menuai segudang prestasi.  Berlokasi di Jakarta Barat, Universitas Tarumanegara memiliki berbagai fakultas yang menyediakan program S1, S2, dan S3 mulai dari Ekonomi, Teknik, hingga Seni Rupa.  Kampus ini sudah berdiri sejak tahun 1959 dan lebih dikenal dengan nama UNTAR.



4.  Universitas Islam Indonesia



Lokasi  :  Yogyakarta
Ranking Dunia  :  1196
Website  :  http://www.uii.ac.id/

Perguruan tinggi yang dikenal dengan nama UII ini memiliki sejarah panjang dan menjadi salah satu universitas swasta pertama di Indonesia.  Dalam sepuluh tahun terakhir ini, UII mengalami perkembangan yang sangat pesat, terutama dalam pembangunan infrastruktur, fasilitas, dan peningkatan hubungan internasional dengan kampus-kampus di luar negeri.  Di Yogyakarta, konon kualitas UII sendiri sudah bisa disandingkan dengan Universitas Negeri semacam UGM dan UNY.  Memang, UII berhasil memanfaatkan perkembangan teknologi dan informasi untuk menjadikan kampusnya menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia.



3.  Universitas Muhammadiyah Yogyakarta



Lokasi  :  Yogyakarta
Ranking Dunia  :  1097

Nama Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) boleh dibilang memiliki pengaruh yang cukup kuat, karena berdiri di bawah naungan yayasan Muhammadiyah.  Selain fasilitas dan infrastruktur kampus yang tidak perlu diragukan lagi kualitasnya, UMY juga dikenal memiliki jaringan hubungan dengan kampus-kampus di luar negeri.  Bisa dipastikan, tiap tahun UMY mengirimkan tenaga pengajar maupun mahasiswanya untuk menuntut ilmu di luar negeri.  Selain itu, kampus ini juga memiliki fakultas kedokteran yang kualitasnya menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia.



2.  Universitas Kristen Petra



Lokasi  :  Surabaya
Ranking Dunia  :  1020

Perguruan tinggi yang berlokasi di Surabaya ini memang pantas dikategorikan sebagai salah satu Universitas Swasta terbaik di Indonesia.  Universitas Kristen Petra memiliki visi untuk mencetak lulusan yang bisa bersaing secara global dan berkomitmen pada nilai-nilai kekristenan.  Soal kualitas akademis, fasilitas, dan infrastruktur, tentunya tidak perlu diragukan lagi.  Universitas Kristen Petra juga gencar dalam membekali mahasiswanya dengan berbagai ketrampilan non-akademis dan soft skill yang akan sangat berguna selepas mereka mendapatkan gelar sarjana.



1.  Universitas Gunadarma



Lokasi  :  Depok
Ranking Dunia  :  634

Akhirnya, pertanyaan tentang perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia terjawab sudah.  Universitas Gunadarma memang pantas menyandang gelar ini, terbukti dari ranking dunia yang dimiliki oleh universitas ini.  Selain memiliki kualitas yang siap bersaing secara internasional, Universitas Gunadarma juga terus menerus menuai prestasi, yang baru-baru ini berhasil diraih adalah menempatkan mahasiswanya sebagai salah satu Google Ambassador serta menduduki peringkat kedua di Telkom Smart Campus Award.  Secara akademis, Universitas Gunadarma bahkan dikatakan bisa bersaing dengan universitas negeri bergengsi lainnya di Indonesia, seperti Universitas Indonesia dan Institut Teknologi Bandung.

Artikel Lainnya