10 Universitas Terbaik di Asia Tenggara 2013

Berikut ini adalah daftar 10 universitas terbaik di Asia Tenggara versi Webomatric terbaru tahun 2013.  Peringkat ini disusun berdasarkan berbagai kriteria, seperti performa akademik, jumlah jurnal yang dipublikasikan, dan terutama pada kualitas website universitas tersebut.  Sama seperti daftar 3 tahun yang lalu, peringkat teratas masih diduduki oleh National University of Singapore.  Thailand menjadi negara yang paling banyak memasukkan universitasnya di daftar 10 besar ini dengan 5 universitas.  Singapura dan Malaysia masing-masing berhasil memasukkan dua universitas, sedangkan di tahun 2013 ini, Indonesia hanya diwakili oleh satu universitas di peringkat 10.  Berikut adalah daftar lengkapnya.

By mailer_diablo (Self-taken (Unmodified)) [GFDL (http://www.gnu.org/copyleft/fdl.html) or CC-BY-SA-3.0 (http://creativecommons.org/licenses/by-sa/3.0)], via Wikimedia Commons



1.  National University of Singapore



Negara  :  Singapura
Peringkat Dunia  :  86
Website  :  http://www.nus.edu.sg/

Selama tiga tahun terakhir, National University of Singapore (NUS) menjadi universitas dengan peringkat tertinggi di Asia Tenggara.  Hal ini memang sangat pantas, mengingat kualitas para pengajar dan fasilitas di NUS sangatlah lengkap.  Di universitas ini, beragam bidang studi ditawarkan, mulai dari sains, teknik, ilmu sosial, bahasa, bahkan seni dan grafis.  NUS juga termasuk satu dari 10 universitas terbaik dalam fakultas bisnis dan kewirausahaan.  Biaya pendidikan di NUS untuk mahasiswa asing tergolong cukup mahal, berkisar antara 15.000 hingga 22.000 Dollar Singapura per tahun.  Namun jangan khawatir, Universitas ini menyediakan banyak beasiswa, program pinjaman, dan program kerja untuk membayar uang kuliah baik berupa part time maupun full time.  Cukup banyak pula mahasiswa asal Indonesia yang belajar di universitas ini.


2.  Chulalongkorn University



Negara  :  Thailand
Peringkat Dunia  :  169

Universitas yang berlokasi di Bangkok ini memang dikenal sebagai salah satu Universitas top di Asia Tenggara.  Universitas ini bahkan beberapa waktu yang lalu berhasil mendatangkan Barrack Obama untuk memberikan pidato bagi para mahasiswanya.  Universitas yang diklaim sebagai universitas no. 1 di Thailand ini juga memiliki banyak pilihan jurusan kuliah, mulai dari bisnis, sains, teknik, ilmu sosial dan filsafat, bahasa, bahkan cultural studies.  Total ada sekitar 500 mahasiswa asing yang belajar di universitas ini.  Karena universitas ini didanai oleh pemerintah, biaya kuliah per tahun relatif lebih murah dan berbeda-beda di tiap fakultas.  Silakan kunjungi websitenya untuk informasi lebih detail.


3.  Mahidol University



Negara  :  Thailand
Peringkat Dunia  :  246

Universitas ini juga berlokasi di Bangkok dan sangat terkesan megah dari luar.  Mahidol University ini sudah tergolong cukup tua karena didirikan sejak tahun 1888.  Total, ada 17 fakultas di universitas ini dengan beragam disiplin, namun salah satu fakultas terbaiknya adalah fakultas medis dan kedokteran.  Ada banyak mahasiswa asing yang belajar di universitas ini.  Selain program berbahasa Inggris, mahasiswa asing juga bisa memilih program yang diajarkan dalam bahasa Thailand, dengan biaya pendidikan yang lebih murah.  Informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran dan beasiswa bisa dikunjungi di website universitas ini.


4.  Kasetsart University



Negara  :  Thailand
Peringkat Dunia  :  299

Walaupun merupakan salah satu universitas dengan peringkat tertinggi di Asia Tenggara, Kasetsart University hanya menawarkan 4 fakultas bagi mahasiswa asing tingkat S-1, yaitu fakultas Pertanian, Ekonomi, Humaniora, dan Teknik.  Universitas yang terletak di Bangkok ini juga belum seratus persen menerjemahkan silabus dan detail tentang fakultas ke bahasa Inggris.  Sejauh ini, belum terlalu banyak mahasiswa asing yang mendaftar ke universitas ini.


5.  Universiti Sains Malaysia



Negara  :  Malaysia 
Peringkat Dunia  :  307
Website  :  http://www.usm.my/

Negara tetangga kita, Malaysia, berhasil menempatkan salah satu universitasnya, yaitu Universiti Sains Malaysia di peringkat kelima daftar universitas terbaik di Asia Tenggara.  Seperti yang sudah kita ketahui, banyak sekali mahasiswa asal Indonesia yang menuntut ilmu ke negeri Jiran.  Walaupun bernama Universiti Sains", universitas ini juga menawarkan bidang studi lain seperti ilmu sosial, humaniora, dan seni.  Universitas yang berlokasi di Kelantan ini mematok biaya pendidikan antara 3000 hingga 5000 USD per tahun, ditambah biaya administrasi sekitar 700 USD dan biaya hidup sebesar 150 USD per bulan.


6.  Nanyang Technological University (NTU)



Negara  :  Singapura
Peringkat Dunia  :  315

NTU dikenal sebagai salah satu universitas paling bergengsi di Asia Tenggara, bahkan di Asia.  Tiap tahunnya, universitas ini membuka lebar-lebar kesempatan bagi mahasiswa Indonesia untuk belajar di sini.  Biaya kuliah per tahunnya relatif cukup mahal, sekitar 15.000 hingga 30.000 Dollar Singapura per tahun, namun jangan khawatir karena universitas ini menawarkan banyak program beasiswa dan pinjaman kuliah (student loan).  Prospek ke depan lulusan NTU juga sangat bagus, di mana hampir semua mahasiswanya berhasil mendapatkan pekerjaan mapan dengan gaji yang sangat memadai.


7.  Universiti Putra Malaysia



Negara  :  Malaysia
Peringkat Dunia  :  368

Satu lagi universitas dari Malaysia yang berhasil masuk ke daftar 10 besar.  Jika anda berminat untuk belajar di universitas ini, ada sebuah organisasi khusus yang bernama UPM International yang akan mengurus semua persyaratan dokumen, proses pendaftaran, pembayaran uang kuliah, hingga tahap awal beradaptasi di Malaysia.  Universitas yang terletak di Selangor ini juga dikenal memiliki banyak mahasiswa asing dari berbagai negara.


8.  Chiang Mai University



Negara  :  Thailand
Peringkat Dunia  :  383

Universitas ini berlokasi di Chiang Mai, Thailand.  Untuk program S-1, Universitas ini menawarkan program studi Nursing Science, Teknik, dan Software Engineering.  Biaya pendidikan berkisar antara 120.000 hingga 140.000 Thai Baht, dan persyaratan TOEFL minimal 500.  Untuk program S-2 (Master) universitas ini menawarkan lebih banyak program studi untuk mahasiswa asing, termasuk ilmu sosial dan humaniora.  Chiang Mai University juga banyak menawarkan beasiswa bagi mahasiswa asing yang bisa langsung anda cek di website resminya.


9.  Khon Kaen University



Negara  :  Thailand
Peringkat Dunia  :  436

Universitas ini merupakan universitas terakhir di Thailand yang masuk daftar 10 besar universitas terbaik di Asia Tenggara.  Khon Kaen University menerima banyak mahasiswa asing tiap tahunnya untuk program studi S-1 dan S-2, serta juga menawarkan berbagai macam beasiswa dan bantuan finansial.  Pendaftaran dibuka sepanjang tahun, dan mahasiswa yang diterima di tahun ajaran baru wajib melapor di minggu terakhir bulan Maret.  Untuk informasi lebih jelasnya, silakan kunjungi website resmi universitas ini.


10.  Universitas Gadjah Mada



Negara  :  Indonesia
Peringkat Dunia  :  440
Website  :  http://www.ugm.ac.id/

Satu-satunya universitas di Indonesia yang berhasil masuk ranking 10 besar Webomatric Asia Tenggara.  Jika dua tahun lalu UGM didampingi oleh ITB dan UI di daftar 10 besar, tahun ini UGM menjadi wakil tunggal Indonesia.  Untuk masalah kualitas, tentu saja sudah tidak diragukan lagi.  Universitas yang terletak di Yogyakarta ini sudah melahirkan nama-nama besar di Indonesia yang bergerak di bidang sains, teknologi, humaniora, seni, hukum, politik, dan masih banyak lagi.  Tak heran jika UGM menjadi salah satu tujuan utama para pelajar Indonesia.


Nah, itu tadi adalah daftar 10 besar universitas terbaik di Asia Tenggara.  Semoga saja di tahun depan kita bisa melihat lebih banyak lagi universitas-universitas dari Indonesia yang masuk ke daftar 10 besar.

Artikel Lainnya