10 Lagu Kartun Tahun 90an Terbaik

Bagi anda yang lahir di akhir tahun 80-an dan awal 90-an pasti hafal dengan berbagai acara film kartun yang ditayangkan setiap hari Minggu pagi antara tahun 1995 hingga awal 2000-an.  Di masa itu, acara untuk anak-anak murni didominasi oleh kartun-kartun semacam Sailor Moon, Doraemon, Power Rangers, Dragon Ball, Kobo Chan, dan lain-lain.  Acara-acara ini hanya ditayangkan satu kali dalam seminggu, kebanyakan di hari Minggu pagi dari jam setengah tujuh hingga sebelas siang.  Berbeda dengan acara anak-anak sekarang yang didominasi oleh percintaan dan patah hati, di masa lalu tema persahabatan dan petualangan menjadi tema utama.  Selain jalan cerita yang masih membekas, tentu saja lagu-lagu acara ini yang juga diterjemahkan ke Bahasa Indonesia masih melekat di kepala kita.  Apa sajakah 10 lagu terbaik kartun tahun 90-an?  Berikut daftarnya dari Top10Indo  :

Image Credit :
http://xxmariisa23xx.deviantart.com/art/Sailor-Moon-Wallpaper-141579890



1.  Sailor Moon



Sailor Moon adalah cerita tentang petualangan Usagi Kusino, seorang anak SMP yang memiliki kekuatan untuk berubah menjadi seorang "Sailor", semacam tokoh super hero yang membasmi kejahatan.  Ditemani kucingnya, Luna, Usagi membasmi musuh-musuhnya dengan kekuatan bulan.  Seiring dengan perjalanan waktu, Usagi akhirnya mendapatkan teman-teman wanita lain yang juga bisa berubah menjadi Sailor, di antaranya Ami (Sailor Merkurius), Rei (Sailor Mars), Sailor Jupiter, Sailor Uranus, dll.  Usagi juga sering dibantu oleh Tuxedo Bertopeng yang sebetulnya adalah Mamoru, kakak senior Usagi yang tampan.




"Untuk melawan semua kejahatan
Kekuatanku harus digunakan
Menegakkan segala kebenaran
Ini keajaiban alam
Aku mempercayainya
Ini keajaiban alam"


2.  Wedding Peach



Hampir sama seperti Sailor Moon, Wedding Peach juga berkisah tentang sekelompok gadis SMP yang bisa berubah menjadi ksatria wanita bergaun pengantin yang membasmi kejahatan.  Berbekal "wedding ring", seorang gadis bernama Momoko Hanasaki bisa berubah menjadi "Wedding Peach" untuk melawan Ratu Iblis.  Ia ditemani oleh Yuri dan Hinagiku yang bisa berubah menjadi "Angel Lily" dan "Angel Daisy".  Film kartun ini ditayangkan di Indosiar setiap hari Minggu pagi dan Rabu sore.




Impian yang indah khayalan yang tinggi
Kabulkanlah Wedding Dress
Seperti namamu cinta yang sejati
Akankahku temukan
Ingin ku sampaikan irama hatiku
Dan sedikit keinginan
Mataku berputar diantara bunga dan cahayanya sang surya
Kudapatkan kusadari keadaan ini
Anak wanita kan percaya kepada mimpi
Kukan melindungi kebenaran ini
Dan gemerlapnya Wedding Ring
Air mata ini menjadi pelangi senyuman bidadari
Air mata ini menjadi pelangi senyuman bidadari


3.  Kobo Chan



Kobo-Chan diadaptasi dari komik Jepang yang berkisah tentang anak berusia 5 tahun yang lugu bernama Kobo.  Ia adalah anak tunggal dari pasangan suami istri biasa di Jepang, di mana sang ayah adalah pegawai kantoran dan sang ibunya adalah ibu rumah tangga.  Di rumahnya juga tinggal kakek dan neneknya, serta Paman Takeo yang bertubuh gendut.  Walaupun jalan ceritanya sangat sederhana dan tidak ada petualangan fantastis melawan monster, Kobo-Chan tetap menjadi sebuah hiburan yang enak ditonton.  Kepolosan dan keluguan seorang anak berusia 5 tahun ketika bermain di taman hiburan atau berinteraksi bersama teman-temannya bisa menjadi selingan yang menyenangkan di tengah berbagai acara yang penuh dengan kekerasan dan intrik.



"Nipong nipong cha cha cha cha cha
Kobo duduk di atas batu
Nipong nipong cha cha cha cha cha
Tralala Galileo"


4.  Chibi Maruko Chan



Hampir sama dengan Chibi Maruko Chan, film ini juga berkisah tentang kehidupan gadis kecil biasa di Jepang bernama Momoko Sakura (biasa dipanggil Maruko).  Agak berbeda dengan Kobo-Chan, Maruko agak sedikit lebih "licik" (mungkin karena ia sudah duduk di kelas 5 SD), walaupun terkadang kepolosannya juga bisa membuat kita tertawa.  Terkadang Maruko bisa saja mencari alasan untuk mendapatkan uang jajan lebih, atau berpura-pura sakit untuk tidak ikut acara marathon di sekolah.  Maruko tinggal bersama ayah-ibunya, kakek-nenek, dan kakak wanita yang sangat sering ia ajak bertengkar.  Maruko juga mempunyai seorang sahabat baik bernama Tamae, seorang gadis pemalu dengan rambut berkepang dan mengenakan kacamata tebal.



"Hal yang menyenangkan hati
Banyak sekali bahkan kalau kita bermimpi
Sekarang ganti baju
Agar menarik hati ayo kita mencari teman"


5.  Hamtaro



Anime satu ini bercerita tentang kehidupan Hamtaro, seorang hamster lucu milik seorang gadis bernama Haruna.  Walaupun tampak seperti hamster peliharaan biasa yang hanya makan, minum, dan tidur di kandang, sebenarnya Hamtaro sering diam-diam menyelinap untuk berpetualang bersama teman-teman hamsternya, seperti Boss (pemimpin gerombolan Hamster),  Ribbon (hamster putih berpita), Panda (hamster yang mirip panda), dan masih banyak lagi.  Binatang yang sangat gemar melahap biji bunga matahari ini sering membuat kita gemas karena tingkahnya yang sangat lucu.



"Tukutuk lewat lorong sempit
Tukutuk Hamtaro berlari
Apa yang paling dia senangi?
Biji bunga matahari..."


6.  Digimon



Salah satu film kartun hari Minggu yang dianggap paling keren, ditayangkan oleh Indosiar yang saat itu sedang gencar-gencarnya menanyangkan film kartun berkualitas.  Digimon berkisah tentang petualangan tujuh anak SD di dunia digital, dipimpin oleh Taichi dan Yamato.  Ketujuh anak tersebut masing-masing mempunyai partner Digimon dengan bentuk dan kekuatan yang berbeda-beda.  Taichi berpasangan dengan Agumon, Yamato dengan Gabumon, Sora dengan Biyomon, Mimi dengan Palmon, Joe dengan Ikkakumon, dan Takeru dengan Patamon.  Seiring dengan berjalannya waktu, Digimon-Digimon ini mengalami proses evolusi dan berubah menjadi lebih kuat.  Contohnya Agumon yang berubah menjadi Greymon, atau Gabumon yang menjadi Garurumon.  Proses perubahan inilah yang membuat Digimon menjadi sangat keren. Kesuksesan anime ini berlanjut dengan ditayangkannya seri kedua dan ketiga dari Digimon di Indonesia.



"Setelah mimpi panjang tiada akhir
Di dunia sepi hingga pikiran bersemangat
Kelihatannya akan kalah
Tapi kepak sayap tiada kabarnya
Tinggal berkhayal pasti kan bisa terbang
Oh, sayangku..."


7.  Doraemon



Salah satu film kartun/ anime tertua yang masih terus ditayangkan hingga saat ini.  Boleh dibilang, Doraemon adalah sebuah karya jenius dari Fujiko F. Fujio yang bercerita tentang mimpi-mimpi anak SD yang indah dan naif.  Doraemon adalah robot kucing dari abad ke-22 yang kembali ke abad 20 untuk membantu Nobita, seorang pelajar kelas 5 SD.  Nobita adalah pelajar yang malas, selalu mendapat nilai jelek, dan tidak pandai berolahraga.  Ia sangat sering dijahili oleh teman sebayanya, terutama oleh Giant dan Suneo.  Nobita juga mempunyai teman perempuan yang sangat baik bernama Shizuka.  Doraemon bertujuan mengubah nasib Nobita menjadi lebih baik dengan peralatan canggih dari abad-22, seperti "Pintu Ke Mana Saja", "Baling-Baling Bambu", atau "Mesin Waktu" dari kantong ajaibnya.  Sayang semua itu sering dimanfaatkan oleh Nobita untuk hal-hal iseng dan tidak berguna.  Namun, Doraemon adalah salah satu kartun yang bercerita tentang persahabatan, impian, dan konsekuensi akan sebuah tindakan dengan sangat baik.



"Aku ingin begini, aku ingin begitu
Ingin ini ingin itu banyak sekali
Semua-semua semua dapat dikabulkan
Dapat dikabulkan dengan kantong ajaib
Hey, Baling-Baling Bambu
La la la aku sayang sekali,
Doraemon..."


8.  Dragon Ball



Satu lagi film kartun yang diadaptasi dari manga yang sangat terkenal ciptaan Akira Toriyama.  Dragon Ball adalah cerita tentang petualang  Son Goku dari masa kecil hingga dewasa dalam mengumpulkan ketujuh bola naga bernama "Dragon Ball".  Dragon Ball tersebar di seluruh dunia, namun bila ketujuh-nya dikumpulkan menjadi satu, maka seseorang bisa meminta satu permintaan apapun, bahkan menghidupkan orang mati.  Selain itu, Goku dan teman-temannya juga harus membasmi para penjahat, monster, bahkan alien yang berusaha mengganggu kedamaian di bumi.



"Cahaya cinta perlahan menyilaukan
Itulah mimpi kehidupan kedua
Mimpi itu, dari mana datangnya..
Jawabnya ada di ujung langit
Kita ke sana dengan seorang anak
Anak yang tangkas, dan juga pemberani
Bertarunglah Dragon Ball, dengan segala kemampuan yang ada,
Bila kembali dari langit,
Semoga hidup kan, jadi lebih baik..."


9.  Kapten Tsubasa



Sebuah film kartun/ anime bertema sepak bola, tentang perjalanan seorang anak dari SD hingga menjadi pemain terkenal tingkat dunia bernama Tsubasa Ozora.  Film ini bercerita tentang berbagai pertandingan sepak bola Tsubasa, mulai ketika memperkuat SD Nankatsu melawan rivalnya, SD Toho yang diperkuat oleh Hyuga.  Ia pun terus berlatih hingga akhirnya terpilih memperkuat tim nasional Jepang bersama rekan-rekannya, Ishizaki, Wakasimatsu, Wakabayashi, Misaki, Matsuyama, dll untuk berkompetisi di tingkat dunia.  Tsubasa bahkan akhirnya sempat memperkuat Barcelona di Spanyol dan bermain di klub Brasil.  Sangat seru dan menarik, terutama bagi pecinta dunia sepak bola.  Satu lagi catatan menarik, lagu film iniini dinyanyikan oleh Ade Basuki, yang juga berperan sebagai pengisi suara Tsubasa.



"Ukirkan dalam hati kapten masa depan
Lebih tangguh daripada yang kita duga
Daripada terbawa hati yang gelisah
Cobalah tuk menangis saja,
Demi meraih, masa depan terlihat
Tak perlu ragu jadilah diri yang baru
Bukan demi, tuk siapapun juga
Cukup mencoba untuk jadi lebih hebat
Dragon Screamer
(Why I do Why I do Ho!)
Bagai Naga yang terbang
(Why I do Why I do Ho!)
Cahaya Keemasan
Panggilan masa depan
Dan akan bimbing kita semua
Dragon screamer, dragon fever, no question (2X).."


10.  Mojacko



Sebuah film tentang makhluk planet bulat bernama Mojacko dengan sahabatnya di bumi.  Mojacko bisa berubah menjadi bulat gepeng, atau berbentuk seperti spons.  Saya sendiri sebagai penulis kurang ingat jalan cerita film ini, tapi yang jelas, lagu Mojacko berbahasa Indonesia sangat-sangat indah dan hingga saat ini terus terbayang di telinga saya.

"Seandainya sahabatku, dari luar angkasa
Apa yang terjadi, oh mungkinkah?
Segenap bintang utara, bermain dengan air
Mengitari planet Saturnus, bersama-sama
Kata-kata yang indah, tidaklah perlu...
Sungguh menyenangkan hati, hingga waktu pun terlupakan
Planet Venus yang indah, seperti dari emas,
Tempat yang paling indah, yang pernah kau antar..."

Nah, itu tadi adalah sepuluh lagu kartun terbaik tahun 90-an versi Top10Indo.  Yang manakah lagu favorit anda?


Disclaimer  :  This website doesn't host the uploaded video files.  No copyright infringement intended.