10 Film Horor Indonesia Terbaik

Di dalam artikel ini, anda bisa membaca daftar 10 film horor Indonesia terbaik yang pernah diproduksi.  Memang, film horor Indonesia belakangan ini sangat marak diproduksi.  Sayangnya, justru film-film ini tidak lagi menjadi sebuah film horor yang berkualitas, dan bahkan gagal membuat para penonton merasa takut.  Film-film horor Indonesia saat ini justru terlalu menjual unsur sensualitas artis-artis seksi di dalamnya, dengan berbagai adegan vulgar yang sama sekali tidak relevan dengan adegan film.  Bahkan, beberapa produser tidak segan-segan memakai jasa bintang film porno di dalam film horor Indonesia.

Namun, di antara film-film horor kontroversial tersebut, masih ada beberapa film horor Indonesia yang kualitasnya cukup baik.  Sangat seram, didukung dengan akting yang kuat, serta unsur-unsur sinematografi yang bagus.  Berikut ini adalah daftar 10 film horor Indonesia terbaik versi Top10Indo

by archus7 on DeviantArt, Creative Commons



1.  Pengabdi Setan (1982)



Sutradara  :  Sisworo Gautama Putra
Aktor  :  Ruth Palupessi, H.I.M Damsyik, W.D. Mochtar

Film horor klasik ini luar biasa mengerikan.  Pengabdi Setan bercerita tentang keluarga penyembah iblis, yang sering melakukan berbagai ritual sesat dan praktik-praktik yang bertentangan dengan ajaran agama.  Bagian paling menyeramkan dari film ini adalah ketika para pelayan keluarga tersebut bangkit dari kubur dan mencoba menyerang orang-orang di sekitarnya.  Istilahnya, zombie versi Indonesia.  Walaupun dibuat dengan teknologi seadanya, film ini justru jauh lebih seram dari film-film Indonesia yang beredar saat ini.



2.  Beranak Dalam Kubur (1971)



Aktor  : Suzanna, Dicky Suprapto, Mieke Wijaya

Nama Suzanna memang sudah menjadi legenda di dunia perfilman Indonesia, khususnya dalam film-film horor.  Dalam film "Beranak Dalam Kubur", Suzanna memerankan sesosok wanita yang meninggal dalam keadaan hamil.  Ia pun kemudian bangkit sebagai Sundel Bolong yang menghantui masyarakat sekitar dan meminta korban jiwa.  Film ini cukup seram, selain karena akting Suzanna yang benar-benar hebat, juga didukung dengan skenario yang kuat serta kemunculan sosok hantu yang tidak terduga.  Sepanjang film ini, anda akan terus merasa terteror dan dihantui oleh sosok Sundel Bolong Suzanna.



3.  Jelangkung (2001)



Sutradara  : Rizal Mantovani, Jose Purnomo
Pemain  :  Winky Wiryawan, Harry Pantja

Jelangkung boleh disebut sebagai pionir film horor modern Indonesia.  Kualitas film ini pun sama sekali tidak mengecewakan, memiliki skenario kuat dan cukup bisa membuat anda merinding setelah menyaksikannya.  Film ini berkisah tentang sekelompok anak muda yang secara tidak sengaja telah membuat sesosok arwah Jelangkung marah.  Jelangkung itu pun menghabisi para anak muda tersebut satu demi satu, dengan cara-cara yang sangat mengerikan.



4.  Keramat (2009)



Sutradara  :  Monty Tiwa
Aktor  :  Poppy Sovia, Migi Parahita

Keramat adalah sebuah film horor Indonesia yang dibuat dengan perspektif yang cukup berbeda dan kreatif. Film ini berkisah tentang sebuah tim pra-produksi yang berniat membuat film di daerah Bantul, Yogyakarta.  Sepanjang survei lokasi, tim tersebut terus dihantui oleh berbagai fenomena aneh, misalkan gamelan yang berbunyi sendiri di tengah malam, penampakan hantu dengan baju adat Jawa, serta suara tangisan yang mengerikan.  Intinya, hantu-hantu tersebut berusaha mencegah agar shooting film tidak dilakukan.  Namun, karena tim tersebut nekat dan tidak mau pergi, akhirnya para makhluk halus itu pun menjadi tidak terima dan berbalik menyerang.



5.  Pintu Terlarang (2009)



Sutradara  :  Joko Anwar
Aktor  : Fachry Albar, Marsha Timothy

Satu kata, mengerikan dan menegangkan.  Pintu Terlarang bercerita tentang seorang pematung sukses yang berhasil meraih banyak uang dengan menjual patung-patungnya.  Namun, ternyata ada sebuah rahasia mengerikan, yaitu di dalam setiap patung yang ia buat, selalu diisi oleh janin hasil aborsi untuk membuat patung terlihat jadi lebih hidup.  Ritual aneh ini pun pada akhirnya membawa cerita menjadi lebih menyeramkan, di mana sang pematung terus menerus diteror oleh hantu anak kecil dan dihantui oleh misteri tentang sebuah pintu terlarang yang tidak boleh dibuka.



6.  Rumah Dara (2010)



Sutradara  :  Mo Brothers
Aktor  :  Shareefa Danish, Julie Estelle

Sangat melegakan bisa melihat adanya sebuah film horor Indonesia berkualitas yang baru-baru ini diproduksi.  "Rumah Dara" adalah sebuah film "Suspense Horror", yang penuh teror dan unsur sadisme serta kanibalisme.  Film ini bercerita tentang Dara, seorang wanita yang terlihat normal namun diam-diam adalah sosok pembunuh yang gemar memotong-motong korbannya menjadi beberapa bagian.  Saking sadisnya, film ini bahkan dilarang tayang di Malaysia.  Satu hal yang patut dipuji dari film ini adalah akting para pemainnya yang benar-benar bagus dan sangat sesuai dengan atmosfer film.



7.  Tusuk Jelangkung (2003)



Sutradara  :  Dimas Djayadiningrat
Aktor  :  Marcella Zallianty, Dina Olivia

Film "Tusuk Jelangkung" adalah lanjutan dari film "Jelangkung" yang dua tahun sebelumnya dianggap sebagai sebuah sukses besar di dunia perfilman Indonesia.  Cerita yang ditampilkan masih cenderung sama, berfokus pada arwah Jelangkung yang merasa terganggu oleh segerombolan anak muda, dan pada akhirnya menghabisi nyawa mereka satu persatu.  Jika dibandingkan dengan pendahulunya, film ini tidaklah terlalu seram.  Namun film ini jauh lebih elegan dan didukung dengan aktor-aktor yang lebih kuat dalam berakting.



8.  Pocong 2 (2006)



Sutradara  :  Rudi Soedjarwo
Aktor  :  Revalina S. Temat, Ringgo Agus Rahman

Pocong boleh dibilang sebagai hantu khas Indonesia yang paling menyeramkan.  Dan sosok hantu tersebut berhasil dihidupkan dengan sempurna dalam film garapan Rudi Soedjarwo ini.  Pocong 2 bercerita tentang hantu pocong yang terus menerus menghantui apartemen yang dihuni oleh dua orang wanita.  Yang sangat spesial dari film ini adalah endingnya yang sama sekali tidak terduga, dan bisa membuat anda terus menerus merinding hanya dengan mengingatnya saja.



9.  Suster N (2007)



Sutradara  :  Viva Westi
Aktor  : Wulan Guritno, Ardina Rasti

Film "Suster N" adalah film sekuel dari "Suster Ngesot" yang dirilis di tahun yang sama.  Suster Ngesot adalah hantu khas Indonesia, di mana seorang suster yang diperkosa dan dipatahkan kakinya kembali untuk menuntut balas pada orang-orang yang masih hidup.  Kelebihan utama dalam film Suster N ini adalah unsur kejutannya yang sangat tinggi, di mana para hantu secara tidak terduga muncul di layar dan bisa membuat anda berteriak-teriak ketakutan.



10.  Kuntilanak (2006)



Sutradara  : Rizal Mantovani
Aktor  :  Julie Estelle, Ratu Felisha

Jika dibandingkan dengan film-film kuntilanak yang diperankan Suzanna, film ini jelas kalah seram.  Yang membuat film ini pantas masuk ke dalam daftar 10 film horor Indonesia terbaik adalah akting Julie Estelle dan Ratu Felisha yang benar-benar meyakinkan dan membuat kita seolah-olah ikut terlibat di dalam film.  Apalagi, film ini juga mengambil beberapa legenda dan mitos dari daerah Jawa Tengah, yang membuat kita mau tidak mau terus mengingatnya, bahkan setelah film ini berakhir,

Artikel Lainnya