Perdagangan Mata Uang Kripto – Part 1




Cryptocurrency (mata uang kripto)

Banyak sekali istilah-istilah yang ada dalam dunia cryptocurrency trading  (perdagangan mata uang kripto). Agar memiliki pengetahuan dan wawasan yang benar mengenai perdagangan mata uang kripto, kita harus memahami kata demi kata dari istilah dalam perdagangan mata uang kripto. Oleh karena itu, berikut dijelaskan mengenai beberapa istilah dan penjelasannya yang berkaitan dengan cryptocurrency trading (perdagangan mata uang kripto).

Exchange



Cryptocurrency Exchange

Exchange merupakan tempat pertukaran mata uang digital atau mata uang kripto (pasar online) di mana seseorang dapat membeli dan menjual serta mentransaksikan mata uang kripto. Anda dapat mengunjungi banyak sekali exchange (pasar mata uang kripto). Hanya dengan mendaftar lalu menyetorkan sejumlah uang, Anda langsung dapat memulai untuk melakukan transaksi di exchange. 

Saat ini, banyak sekali jumlah exchange mata uang kripto yang ada di dunia. Semuanya menawarkan layanan yang serupa, sistem yang serupa, dan perdagangan yang serupa juga. Perbedaannya mungkin terletak pada koin/mata uang kripto yang diperdagangkan. Di salah satu exchange, koin masuk dalam daftar list yang diperdagangkan sementara di exchange lain tidak ada. Beberapa exchange utama yaitu sebagai berikut.

§  Coinbase/GDAX (berbasis di San Francisco, AS)
§  Binance (berbasis di Taiwan)
§  Poloniex (berbasis di Wilmington, AS)
§  Kraken (berbasis di San Francisco, AS)
§  Bittrex (berbasis di Seattle, AS)
§  Bitfinex (berbasis di Hong Kong, China)
§  Bitstamp (Berbasis di Luxemburg)
§  Bithumb (berbasis di Seoul, Korea Selatan)

Biasanya seseorang akan memilih exchange yang ada di negaranya. Hal ini karena exchange dapat melakukan transaksi menggunakan mata uang negara tersebut. Seperti Bithumb, melayani transaksi khusus kripto di Korea Selatan. Dan juga bursa/pasar/exchange lain di banyak negara lainnya.

Bid Price (Harga Penawaran)

Harga tawaran mengacu pada harga maksimum yang tawarkan seseorang untuk aset kripto tertentu. Harga tawaran Bitcoin misalnya, seseorang menawar pada harga $8.000. Seseorang tersebut menawar sejumlah Bitcoin (BTC) pada harga $8.000 per 1 Bitcoin. Hal inilah yang menyebabkan kenaikan dan penurunan harga mata uang kripto, karena harga mata uang kripto bergantung pada permintaan dan penawaran terhadap mata uang kripto tertentu.

Ask Price (Harga Permintaan)

Harga yang diminta mengacu pada harga minimum dimana seseorang bersedia menjual asset (mata uang kripto). Misalkan harga yang diminta untuk 1 bitcoin adalah $8.100, maka asset (mata uang kripto) akan terjual saat harga menyentuh $8.100.

Bid / Ask Spread

Bid / Ask Spread merupakan selisih dari harga penawaran dan harga permintaan untuk suatu aset mata uang kripto. Misalkan harga penawaran $8.100 dan harga permintaan $8.000, maka selisih $100 itulah yang merupakan spread. Spread ini merupakan keuntungan yang didapatkan oleh market maker (orang yang menentukan harga sendiri saat menjual/membeli). Ketika likuiditas aset meningkat, spread akan turun.

Wallets (Dompet Mata Uang Kripto)

Cryptocurrency Wallets
Dompet untuk mata uang kripto merupakan program perangkat lunak atau perangkat fisik yang digunakan untuk menyimpan private key Anda. Private key tersebut merupakan “kata sandi” yang unik, memungkinkan Anda mengakses mata uang kripto Anda di blockchain. Setiap exchange akan mempunyai wallets (dompet mata uang kripto) sendiri-sendiri. 

Anda dapat menyimpan aset (mata uang kripto) di wallets (dompet) yang disediakan oleh exchange. Anda juga dapat menyimpan mata uang kripto Anda dalam dompet dalam perangkat keras/hardware dan menghubungkan perangkat tersebut ke PC Anda (melalui USB atau yang lainnya) setiap kali Anda ingin melakukan transaksi.

Volatility

Volatility
Volatilitas merupakan salah satu kunci besar dalam dunia cryptocurrency. Volatilitas mengacu pada sejauh mana perubahan nilai aset dari waktu ke waktu. Jika pada awalnya Bitcoin (BTC) dihargai $7.000 dan dalam satu hari kemudian harganya naik menjadi $9.000 lalu turun ke harga $8.000, maka harganya dianggap sangat mudah berubah. Volatilitas yang tinggi dapat menguntungkan bagi trader harian dan dapat juga beresiko tinggi. Bagi yang menjadikan mata uang kripto sebagai alat penyimpan nilai dan/atau alat tukar hal tersebut tentu sangat beresiko.

Hodling

HODL
Hodling atau HODL adalah meme dalam komunitas perdagangan bitcoin. Hal ini dapat ditelusuri kembali pada posting suatu forum tertanggal Desember 2013. Ketika trader bitcoin GameKyuubi salah mengeja menjadi “holding” bitcoin meskipun harga jatuh. Saat ini, kata “hodling” atau “HODL” menjadi kata-kata seruan di kalangan trader ketika harga mata uang kripto turun/jatuh. Sejak lahirnya bitcoin, hodling menjadi strategi terbaik karena bitcoin selalu mencapai harga tertinggi setiap tahunnya.

FOMO

FOMO
Fear Of Missing Out (FOMO) merupakan akronim yang mengacu pada trader yang membeli koin karena mereka tidak mau ketinggalan kenaikan harga mata uang kripto yang meroket. Orang-orang takut akan kehilangan momen seperti bitcoin, jangan sampai ada bitcoin-bitcoin berikutnya yang pada awalnya harganya sangat murah bahkan kurang dari $1 dalam beberapa tahun sudah berlipat hingga ribuan kali harganya.

FUD

FUD
Fear, Uncertainty, dan Doubt (FUD) adalah tiga istilah yang mendorong pasar kripto menjadi turun. Media misalnya, memberitakan bahwa pasar bitcoin telah mati. Terkadang aka nada FUD yang dipercaya oleh banyak orang yang membuat pasar (exchange) crash. Dalam hal ini, kemunduran pasar hanya sementara karena didorong oleh berita dari media. Bitcoin telah menghadapi sejumlah FUD selama bertahun-tahun, akan tetapi masih tetap menjadi mata uang kripto terkuat dan terpopuler di dunia hingga saat ini.

Dollar-Cost Averaging

Dollar Cost Averaging with Crypto
Dollar-Cost Averaging mengacu pada praktik harga rata-rata pembelian mata uang kripto selama jangka waktu tertentu. Anda mungkin memutuskan untuk membeli 1 Bitcoin selama 1 tahun. Anda membeli 0,1 Bitcoin setiap bulan. Anda memiliki 1,2 Bitcoin pada akhir tahun dan Anda membayar rata-rata harga untuk tahun ini. Dollar-cost averaging adalah cara untuk memerangi volatilitas bitcoin. 

Anda tidak ingin membeli 1 BTC seharga $10.000 hari ini karena Anda melihat kemungkinan harga akan turun menjadi $5.000 bulan depan. Dengan mengambil rata-rata harga pembelian, secara bertahap Anda mengambil posisi untuk melindungi Anda dan aset (mata uang kripto) Anda dari perubahan harga pasar dalam jangka pendek.

Diversifikasi

Diversifikasi Portofolio Cryptocurrency
Diversifikasi merupakan suatu praktik berinvestasi dalam dunia cryptocurrency dalam berbagai aset yang berbeda. Anda dapat melakukan diversifikasi terhadap portofolio cryptocurrency Anda dengan investasi pada mata uang kripto yang besar, seperti Bitcoin, Ethereum, dan Litecoin, dan mengombinasikannya dengan mata uang kripto yang memiliki kapitalisasi pasar yang lebih kecil, misalnya NANO, NXT, dan lain-lain. Dengan melakukan diversifikasi, Anda mendapatkan stabilitas dari koin-koin dengan kapitalisasi yang besar serta bisa menikmati mata uang kripto dengan kapitalisasi kecil yang berpotensi tinggi untuk mendapatkan banyak keuntungan.

Demikian artikel berisi glosarium mengenai istilah-istilah dalam dunia cryptocurrency ini, kita lanjutkan ke part selanjutnya mengenai istilah istilah dalam dunia cryptocurrency. Terimakasih sudah berkunjung.