7 Mesin pencari berguna selain Google

Ketika kita menggunakan internet, tentunya kita langsung membuka Google untuk mencari topik ataupun hal lain yang ingin kita baca atau untuk diketahui informasinya. Karena tanpa situs pencari selain Google, rasanya kita susah untuk menemukan website yang sesuai dengan yang kita inginkan. Misalnya kita menginginkan untuk mengetahui tentang informasi smartphone canggih dengan harga murah, tanpa bantuan situs pencari seperti Google, kita akan kesulitan mencari informasi tersebut. Kita diharuskan untuk mengetahui link website yang ada kaitannya dengan informasi smartphone canggih dengan harga murah tersebut. Setelah kita mengetahui linknya, belum tentu kita bisa mencari informasi smartphone canggih dengan harga murah di link website tersebut. Dengan adanya Google Search, semuanya lebih mudah ditemukan.

Dengan menggunakan Google Search kita bisa memperoleh informasi yang berguna sehingga kita bisa mendapatkan pengetahuan yang jarang kita ketahui. Namun kita harus berhati-hati ketika melakukan penelusuran dengan menggunakan mesin pencari, karena zaman sekarang seseorang bisa membuat informasi palsu yang jauh dari kebenaran. Oleh karena itu kita harus menyelidiki dulu kebenarannya.

Google mempunyai cara kerja dengan mengumpulkan seluruh informasi dari webmaster yang berada di seluruh dunia. Kemudian mesin pencari Google mengurutkannya berdasarkan peringkat dan tingkat relevansinya kepada pengguna dengan kata kunci yang dimasukkan ke Google. Sampai saat ini, mesin pencari Google merupakan mesin pencari yang paling populer di dunia dan tetap digunakan sampai sekarang. Bahkan mesin pencarian Google akan terus melakukan inovasi maupun perkembangan untuk dapat digunakan oleh masyarakat luas. Mesin pencarian Google merupakan sesuatu hal yang berjasa dalam kehidupan manusia. Tetapi ternyata ada mesin pencarian lain seperti Google yang berguna. Berikut ini adalah mesin pencari berguna selain Google:

1.         Yahoo

Situs pencarian Yahoo merupakan situs pencarian yang hampir mirip dengan situs pencarian Google. Bisa dikatakan bahwa Yahoo adalah saingan dari situs pencarian Google. Situs pencarian Yahoo ini telah bekerjasama dengan situs pencarian Bing. Situs pencarian Bing ini adalah situs pencarian milik Microsoft. Dengan demikian apa yang ada disitus pencarian milik Yahoo ada juga di situs pencarian milik Bing, begitu juga sebaliknya. Seperti halnya Google, Yahoo juga membuat teknologi seperti layanan e-mail, pengumpul berita  dan lain-lain.

Meskipun demikian, situs pencarian Yahoo ini ternyata tidak bisa bersaing dengan Google. Situs pencarian ini dianggap bangkrut dan perusahaan ini sudah diakuisisi oleh perusahaan mobile network yang berada di Amerika yang bernama Verizon. Meskipun Yahoo sudah dikatakan bangkrut. Situs pencarian Yahoo ini masih bisa digunakan oleh masyarakat.

2.         Bing

Meskipun situs pencarian Bing ini tidak populer di Indonesia dan masih lebih banyak yang menggunakan situs pencarian Google. Ternyata situs pencarian Bing di negara Amerika menguasai sebesar 19,8 persen pasar pencarian, hal ini merupakan jumlah yang cukup besar untuk situs pencarian. Walaupun demikian Google tetap yang lebih unggul dengan menguasai 64,5 persen dari pencarian di pasar. Meskipun Bing sekarang masih kalah dari pada Google, tapi Google harus waspada dengan apa yang akan terjadi di masa yang akan datang, mengingat bahwa Bing diciptakan oleh perusahaan rasaksa yaitu Microsoft. Bisa saja nanti Bing melakukan inovasi sehingga apa yang ada di situs pencarian Bing sedangkan di Google tidak ada di masa yang akan datang.

Selain dapat digunakan untuk melakukan pencarian, Bing juga bisa berfungsi sebagai kalkulator, catatan poin olah raga, pelacakan penerbangan, berbelanja, konversi mata uang, penerjemah dan berbagai fungsi lainnya.

Ada yang mengatakan bahwa mesin pencarian Bing ini merupakan mesin pencarian terbaik selain Google dikarenakan banyak fitur berguna didalamnya seperti Bing ADS, Bing Finance, Bing Events, dan lain-lain. Bing juga terintegrasi dengan Windows, Apple dan juga Facebook.

3.         DuckDuckGo

Mesin pencari dengan nama DuckDuckGo ini merupakan mesin pencari yang baru saja berkembang pada saat ini. DuckDuckGo ini ditambahkan pada browser yang sudah terkenal pada saat ini yaitu Mozilla Firefox sebagai alternatif mesin pencari selain dari pada Google. Mesin pencari DuckDuckGo ini memiliki beberapa fitur yang menunjang dalam melakukan pencarian. Mesin ini berbeda dengan mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yahoo. Mesin ini tidak mengumpulkan dan membagikan data-data pribadi orang yang menggunakan mesin ini. Dengan menggunakan mesin pencari ini, data-data dari mesin pencari Yandex, Bing dan mesin pencari lainnya akan dikumpulkan untuk ditampilkan kepada kita.

4.         Yandex


Mesin pencari Yandex adalah mesin pencarian yang terkenal di negara Rusia. Meskipun mesin pencari Yandex ini tidak terkenal di negara Indonesia, tapi mesin pencari Yandex ini merupakan mesin pencari peringkat ke empat terbesar di dunia. Mesin pencari Yandex ini dibuat pada tahun 2000 oleh perusahaan Rusia, dengan kata lain umur dari Yandex ini sudah sekitar 18 tahunan. Mesin pencari Yandex ini selain digunakan untuk mesin pencari, mesin ini terdapat juga layanan untuk mencari video, fitur penerjemah, gambar, peta, penyimpanan cloud, email dan lain-lain.

5.         Geevv

Mesin pencari dengan nama Geevv ini memiliki keunikaan jika dibandingkan dengan mesin pencari pada umumnya. Jika kita tidak mendapatkan apa-apa selain informasi yang kita butuhkan ketika kita melakukan pencarian dengan menggunakan mesin pencari, berbeda dengan mesin pencari Geevv. Mesin pencari ini memiliki program aktivitas sosial. Dengan kata lain jika kita melakukan pencarian dengan menggunakan Geevv ini kita secara tidak langsung akan mendapatkan poin sebesar Rp 10 yang dapat dikumpulkan untuk disalurkan ke program sosial seperti pendidikan, kesehatan dan lain-lain. Dengan demikian bukan hanya informasi saja yang kita dapat melainkan kita juga berperan terhadap donasi untuk membantu mereka yang membutuhkan.

6.         Privatelle

Ada informasi yang mengatakan bahwa mesin pencari Privatelle merupakan mesin pencari yang paling aman jika dibandingkan dengan mesin pencari yang lain dalam melakukan browsing. Dengan menggunakan mesin pencari ini pengguna tidak dapat dilacak. Bahkan jika pengguna tersebut mau, pengguna tersebut dapat menggunakan filter yang ketat untuk melakukan pencarian yang lebih aman lagi. Mesin pencari lain menggunakan kata kunci sebagai Iklan atau Ads, hal ini berbeda dengan mesin pencari Privatelle yang tidak menggunakan hal demikian. Jika anda kurang puas dengan hasilnya, anda bisa menggunakan fitur yang lebih bagus lagi yaitu fitur PowerSearch yang dapat anda temukan di mesin pencari ini untuk dapat mencari sumber pencarian yang lebih banyak.

7.         Disconnect Search

Ada mesin pencari lain selain Privatelle yang dapat digunakan untuk melakukan pencarian secara aman tanpa terlacak sedikit pun. Anda bisa menggunakan Disconnect Search sebagai pilihan alternatif mesin pencari yang aman. Jika anda menggunakan mesin pencari Disconnect Search, anda bisa melakukan pencarian dengan menggunakan mesin pencarian lainnya seperti Bing dan Yahoo tanpa adanya rasa takut untuk terlacak karena keamanannya.