10 Manga Terbaik Sepanjang Masa

Manga atau komik Jepang adalah salah satu bentuk hiburan yang mulai diterima di dunia internasional.  Jangan salah, manga bahkan bisa bersaing dengan komik-komik superhero Amerika terbitan Marvel dan D.C. Comics.  Di Indonesia, manga bahkan bisa disebut sebagai bentuk literatur paling populer yang dibaca oleh anak muda.

Kira-kira, apakah manga terbaik yang pernah dibuat sepanjang masa?  Top10Indo akan menghadirkan daftar khusus untuk menjawab pertanyaan tersebut.  Daftar ini dibuat berdasarkan jumlah penjualan manga tersebut melalui majalah Shonen Jump sejak pertama kali dirilis.  Langsung saja, berikut rankingnya:

10.  Hunter X Hunter

Total penjualan:  60 juta kopi

by xmoltarx on Flickr.com via Creative Commons

Huneter X Hunter  bercerita tentang kehidupan karakter utama, Gon, yang ingin bertemu dengan ayahnya yang sama sekali belum pernah ia lihat.  Untuk memenuhi keinginannya, Gon pun memutuskan untuk menjadi seorang Hunter, sebuah pekerjaan elit bergaji tinggi, namun sangat berbahaya. Seorang hunter tak hanya harus memiliki kemampuan fisik yang tinggi, namun juga harus cerdas dalam menganalisa situasi untuk menuntaskan misinya dengan sukses.

Petualangan Gon bersama teman-temannya dalam menghadapi musuh-musuh yang unik dan kuat menjadi daya tarik tersendiri bagi pembaca.  Buktinya, Hunter X Hunter  sampai saat ini masih berlanjut kisahnya, dan mampu masuk dalam daftar manga paling laris walaupun sempat berhenti dirilis cukup lama, selama kurang lebih dua tahun.



9.  Fist of the North Star

Total penjualan:  60 juta kopi


Manga yang satu ini bisa disebut sebagai manga klasik, karena pertama kali dirilis pada tahun 1983 dan berakhir pada tahun 1988.  Bersetting di dunia tahun 90-an yang hancur karena perang nuklir, cerita berpusat pada kehidupan Kenshiro yang bertarung dengan teknik "Hokuto Shinken"  untuk melawan berbagai musuh kuat

Fist of the North Star menyajikan pertarungan yang seru dan penuh darah.  Sejak serial pertamanya dirilis, manga ini mendapat tanggapan yang sangat positif.  Tak heran, versi anime-nya pun langsung muncul dan juga meraih sukses yang sangat besar.



8.  Captain Tsubasa

Total penjualan:  70 juta kopi


Captain Tsubasa mulai dikenal di Indonesia sejak animenya ditayangkan pada awal tahun 2000-an.  Namun jangan salah, manga ini sebenarnya sudah ditulis sejak tahun 1981 dan berakhir pada tahun 1988, disajikan dalam 37 volume.

Dalam manga ini, anda bisa mengikuti kehidupan Tsubasa Ozora dalam mengejar mimpinya sebagai pemain sepak bola profesional,  Mulai dari level SD, tingkat nasional, mewakili Jepang di dunia internasional, hingga bermain di klub-klub raksasa dunia.  Tak hanya dari manga saja, serial Captain Tsubasa juga meraih sukses besar dari penjualan game dan animenya.



7.  JoJo's Bizarre Adventure

Total penjualan:  77 juta kopi


Pertama kali dirilis pada tahun 1988, JoJo's Bizarre Adventure adalah manga yang masih belum tamat hingga saat ini.  Cerita berkisah tentang kehidupan keluarga Joester, di mana dalam setiap volume akan berfokus pada petualangan salah satu anggota keluarga Joester dalam menyelesaikan berbagai misi yang penuh dengan drama.

Manga ini dikategorikan sebagai sebuah battle manga, di mana di dalamnya terdapat berbagai adegan pertempuran fantastis yang tidak bisa ditemui di dunia nyata.  Perpaduan humor, gambar yang bagus, dan cerita yang menyentuh membuat JoJo's Bizarre Adventure layak dinobatkan sebagai salah satu yang terbaik sepanjang masa.



6.  Bleach

Total penjualan:  78 juta kopi


Ditulis oleh Tite Kubo, Bleach berkisah tentang petualangan seorang Ichigo Kurosaki sebagai seorang Shinigami alias penghubung antara dunia orang mati dan dunia orang hidup.  Bleach menggabungkan unsur humor, drama, dan pertempuran menjadi sebuah cerita yang sangat menarik untuk disimak.  Tak hanya digemari oleh pria, manga ini juga termasuk sebagai salah satu yang paling disukai oleh pembaca wanita.

Dirilis pertama kali pada tahun 2001, dengan cepat Bleach mampu menjaring banyak penggemar.  Petualangan Ichigo yang kocak namun penuh makna memang merupakan sebuah hiburan yang bisa dinikmati oleh pembaca dari berbagai kategori usia.



5.  Slam Dunk

Total penjualan:  117 juta kopi


Serial ini bercerita tentang kehidupan seorang berandalan SMA, Hanamichi Sakuragi.  Secara tidak sengaja, Hanamichi bergabung dengan klub basket untuk membuat gadis yang disukainya menjadi terkesan.  Ternyata, keputusannya menjadi salah satu hal terpenting dalam hidupnya.  Ia berubah dari sekedar berandalan menjadi seorang atlet basket yang tangguh.

Walaupun bertema olahraga, unsur komedi dan drama dalam komik Slam Dunk juga cukup kuat, sehingga manga ini tetap bisa diikuti bagi mereka yang tidak menyukai basket.  Manga yang disajikan dalam 31 seri ini juga dirilis dalam bentuk anime yang sukses meraih rating tinggi di berbagai negara.



4.  Naruto

Total penjualan:  135 juta kopi


Siapa yang tidak mengenal petualangan Naruto, seorang ninja muda yang bandel, badung, namun sangat setia kawan?  Bersama dengan serial One Piece, Naruto bisa disebut sebagai salah satu manga paling populer dalam dekade ini.  Berdasarkan survei, 8 dari 10 orang akan menyebut kata "Naruto" setiap kali mereka diminta menyebutkan hal-hal yang berkaitan dengan kata "manga".

Tidak berlebihan jika Naruto dianggap sebagai manga terbaik sepanjang masa.  Serial ini menyajikan sebuah cerita yang sangat menarik untuk diikuti, walaupun cukup panjang dan memiliki lebih dari seratus tokoh yang berbeda.  Kita lihat saja, apakah di masa depan Naruto mampu mengambil alih predikat sebagai yang nomor satu dalam daftar ini.



3.  Kochikame

Total penjualan:  153 juta kopi


Mungkin beberapa dari anda belum pernah mendengar judul ini, namun jangan salah, Kochikame memegang rekor dari Guinness World sebagai serial komik Jepang paling lama diproduksi.  Pertama kali ditulis pada tahun 1976, manga ini masih belum tamat hingga saat ini.  Cerita-cerita terbarunya masih secara rutin diterbitkan di majalah Shonen Jump.

Kochikame adalah sebuah manga komedi yang bercerita tentang tugas sehari-hari seorang polisi Jepang yang pemalas.  Ada berbagai kisah lucu yang bisa anda ikuti, dan berbagai kekonyolan dan polah sang polisi pasti tak akan pernah membuat anda berhenti tertawa.



2.  One Piece

Total penjualan:  270 juta kopi


Karya masterpiece Eiichiro Oda ini memang luar biasa.  One Piece yang bercerita tentang kehidupan bajak laut bertopi jerami, Luffy, menjadi hit di berbagai negara.  Petualangan bajak laut yang jenaka namun baik hati ini menjadi sangat populer, tak hanya di negara-negara Asia, melainkan juga di negara-negara Amerika dan Eropa.

Daya tarik dari One Piece tentu saja adalah desain karakter yang unik dan cerita yang bisa membuat anda tertawa sampai lemas, atau bahkan terkadang menguras air mata.  Tak hanya itu, One Piece juga dianggap sebagai serial manga tersukses yang diadaptasi ke dalam bentuk video game.



1.  Dragon Ball

Total penjualan:  350 juta kopi


Walaupun serial terakhirnya sudah berakhir sejak tahun 1996 yang lalu, hingga sekarang karya Akira Toriyama ini masih sering diperbincangkan.  Tak hanya sekedar di Jepang, bahkan di level dunia.  Tokoh utama Dragon Ball, Goku, dianggap sebagai tokoh anime terkuat sepanjang masa, bahkan bisa disandingkan dengan sosok ciptaan negara barat, seperti Superman dan Batman.

Dragon Ball bercerita tentang petualangan Son Goku dalam usahanya menyelamatkan dunia dari berbagia penjahat.  Ia harus melawan berbagai petarung, monster, alien, dan makhluk-makhluk lain yang berusaha memusnahkan peradaban umat manusia.  Selain memiliki unsur pertempuran yang seru, desain karakter yang keren, dan humor yang menarik; Dragon Ball juga menyajikan cerita yang mengharukan dan memiliki makna yang sangat berkesan bagi para pembaca.