10 Cara Agar Awet Muda

Selalu terlihat muda, segar, cantik, ataupun tampan adalah keinginan banyak orang.  Namun tentu saja, kita tidak mungkin menghalangi sang waktu dan proses penuaan yang bisa mengubah penampilan fisik kita.  Hal ini tidak berarti kita harus menerima keadaan apa-adanya tanpa melakukan usaha-usaha apapun untuk membuat kita lebih terlihat segar dan muda.

Dalam artikel kali ini, Top10Indo akan berbicara tentang berbagai tips ampuh dan cara agar kita terlihat awet muda.  Satu hal yang perlu diingat, yang dimaksud dengan tampil muda tidaklah hanya penampilan fisik saja, namun juga jiwa dan mentalitas anda.  Tanpa berpanjang lebar lagi, berikut tipsnya:


10.  Perhatikan pola tidur anda

Tidur adalah salah satu proses penting yang harus anda perhatikan jika ingin tampak awet muda.  Idealnya, dalam satu hari setidaknya anda harus tidur selama 8 jam di malam hari.  Usahakan juga agar tidur 8 jam tersebut benar-benar nyenyak dan anda tidak perlu satu kali pun terbangun.  Jika tidur anda sempurna, maka proses regenerasi dan peremajaan sel-sel tubuh pun akan berjalan lebih baik.

Pastikan juga agar tidak tidur terlalu malam.  Membiasakan diri begadang dan tidur lewat tengah malam bisa berakibat buruk pada hati dan pankreas.  Jika anda termasuk orang yang susah tidur, mungkin artikel dari kami yang berjudul "10 Cara Mengatasi Susah Tidur" bisa berguna bagi anda.



9.  Cobalah untuk tetap aktif secara fisik


Tanda-tanda penuaan biasanya mulai nampak ketika kita sudah mulai masuk kantor dan melakukan kerja kantoran secara rutin.  Secara otomatis, hal ini mengakibatkan porsi kegiatan fisik seperti olahraga menjadi berkurang.  Jika kita kurang olahraga, tubuh pun akan terlihat lemas, kolesterol dalam tubuh menumpuk, dan kita akan terllihat lebih tua.

Sebenarnya tips untuk tetap awet muda cukup gampang.  Anda hanya perlu tetap aktif secara fisik.  Luangkan waktu setidaknya setengah jam sehari untuk melakukan olahraga ringan seperti yoga, jogging di pagi hari, atau melakukan push-up dan sit-up.



8.  Makan-makanan organik

Yang dimaksud dengan makanan organik adalah sayuran, buah-buahan, dan daging yang anda masak sendiri tanpa menggunakan bahan penyedap seperti moto dan micin yang mengandung banyak MSG.  Akan lebih baik lagi apabila sayur, buah, dan daging tersebut jauh dari bahan-bahan seperti pestisida dan zat-zat kimia lainnya.

Saat memasak makanan organik, pastikan anda menggunakan minyak goreng yang masih baru.  Tidak perlu merebus sayuran terlalu lama, agar kandungan gizi di dalamnya tidak menguap habis.  Konsumsi makanan organik akan membantu proses peremajaan sel-sel tubuh dan membuat anda tampak segar dan bersinar.



7.  Perhatikan pemilihan parfum anda


Parfum ternyata juga sangat berperan penting dalam membuat seseorang tampak awet muda.  Oleh karena itu, cobalah untuk memilih parfum dengan aroma-aroma segar, seperti parfum dengan sentuhan aroma buah-buahan seperti jeruk, anggur, dan apel adalah pilihan yang dianjurkan untuk wanita.  Untuk pria, anda bisa memilih parfum beraroma sporty, yang biasanya disediakan oleh merk-merk seperti Adidas dan Reebok.

Selain parfum, mungkin anda bisa juga menambah aroma "kemudaan" anda dengan menggunakan pewangi khusus yang dicampurkan ketika anda mandi berendam.  Salah satu aroma yang dianjurkan oleh para ahli adalah aroma yang disebut Grapefruit.



6.  Tips fashion untuk terlihat muda

Mungkin pemilihan fashion ini sedikit lebih berpengaruh pada wanita daripada pria.  Untuk pria, yang paling penting adalah memilih pakaian yang pas dengan ukuran tubuh anda, tidak kebesaran dan tidak kekecilan.  Pastikan juga untuk menjaga postur tubuh agar terlihat tegap, dan hilangkan kebiasaan untuk membungkuk atau berjalan dengan menyeret kaki.

Untuk wanita, agar terlihat lebih muda anda bisa menggunakan lipgloss sebagai pengganti lipstick.  Selain itu, sweater dan kemeja bermodel V-neck (leher berbentuk V) juga sangat membantu anda tampak jauh lebih muda dan segar.  Gaya rambut pendek juga secara dramatis bisa mengubah penampilan anda menjadi lebih segar dan tampak ceria.



5.  Jaga agar gigi anda tampak putih


Senyum yang lebar dan indah adalah kunci agar anda terlihat menarik di mata orang lain.  Jika senyuman anda dihiasi dengan gigi yang berwarna putih bersih, tentu wajah anda akan nampak lebih segar dan membuat penampilan keseluruhan menjadi lebih awet muda.  Oleh karena itu, usahakanlah untuk secara rutin menggosok gigi anda dan melakukan flossing agar gigi selalu putih.

Langkah yang harus diambil untuk membuat gigi selalu putih adalah dengan mengurangi kafein yang terkandung pada kopi serta rokok.  Selain itu, anda bisa juga membeli pasta gigi khusus untuk memutihkan gigi dan mengunjungi dokter gigi secara teratur.



4.  Gunakan moisturizer dan sunblock

Moisturizer atau pelembab adalah salah satu produk yang harus selalu siap sedia di dalam tas anda.  Pastikan untuk memberi pelembab pada wajah anda sebelum beraktivitas.  Ini akan membuat wajah anda selalu tampak segar setiap saat, dan tentu saja pada akhirnya anda akan terlihat lebih awet muda di mata orang lain.

Pilih juga moisturizer yang sekaligus berfungsi sebagai sunblock yang bisa menangkal dampak negatif dari sinar matahari.  Sinar matahari memiliki kandungan ultraviolet yang sangat tinggi, yang bisa menimbulkan bercak-bercak dan mempercepat proses pengeriputan kulit.



3.  Jangan stress


Proses penuaan juga erat hubungannya dengan kondisi psikologis anda.  Mungkin anda sudah melakukan berbagai tips yang secara fisik bisa mencegah penuaan, namun apabila anda tidak memperhatikan kondisi psikologis, maka tampil awet muda akan sulit untuk dicapai.  Salah satu faktor psikologis yang harus anda perhatikan adalah tingkat stress anda.

Di zaman modern ini, memang manusia cenderung hidup dalam tingkat kesibukan yang tinggi, dikelilingi oleh keramaian, dan dituntut untuk memenuhi harapan-harapan sosial.  Hal ini pasti bisa menjadi pemicu stress.  Oleh karena itu, lakukanlah berbagai hal yang bisa mengurangi stress, seperti rekreasi, melakukan meditasi dengan benar, dan menghabiskan waktu dengan orang-orang yang anda cintai.



2.  Konsumsi vitamin C untuk mencegah kerutan di wajah

Mengonsumsi vitamin C adalah salah satu cara ampuh agar awet muda.  Vitamin C bisa meningkatkan daya tahan tubuh, membuat kulit tetap segar, serta mencegah keriput pada kulit.  Dianjurkan setidaknya untuk mengonsumsi 75 miligram vitamin C setiap harinya, dan lebih baik lagi apabila vitamin C tersebut didapatkan dari bahan-bahan organik dan alami.

Jeruk dan anggur adalah sumber vitamin C yang tepat.  Selain itu, kedua buah-buahan ini bisa dengan mudah anda simpan di lemari es, dan anda bawa ke tempat anda melakukan aktivitas.  Di tengah-tengah istirahat makan siang, anda bisa mengonsumsi buah-buahan ini untuk memenuhi asupan vitamin C dalam tubuh.



1.  Bahagia dan berpikir positif


Salah satu faktor paling penting agar anda merasa muda dan terlihat muda adalah dengan hidup bahagia dan mengembangkan pola pikir positif.  Apabila anda bahagia, maka jiwa anda akan selalu muda, begitu juga dengan semangat muda anda yang akan terus terjaga.  Hal ini sangat berpengaruh pada penampilan fisik yang pada akhirnya akan menjadi parameter penilaian orang lain.

Yang terpenting, jangan terlalu banyak mengkhawatirkan masa depan.  Cobalah untuk berpikir positif dan mengambil hikmah dari setiap kejadian yang anda alami.  Habiskan waktu bersama orang-orang tercinta, karena hal ini sangat bermanfaat membuat anda merasa bahagia dan bisa berpikir positif.