10 Game Petualangan PC Terbaik

Jika anda penggemar game PC, pastinya anda sangat suka memainkan game-game bertema petualangan alias action adventure.  Ya, game-game jenis ini terbilang cukup seru karena ada banyak musuh yang harus dihadapi, dunia yang harus dijelajahi, dan misi yang harus diselesaikan.  Game-game petualangan biasanya juga menuntut anda untuk berpikir dan menentukan strategi.

Pada kesempatan ini Top10Indo akan mengulas 10 game petualangan PC terbaik yang dibuat berdasarkan ranking IGN, salah satu website review game terbesar di dunia.  Nah, dari kesepuluh game ini, manakah yang sudah pernah anda mainkan dan tamatkan?

by AlexOakenshield, DeviantArt.com via Creative Commons


10.  Mafia II


Mafia adalah sebuah game yang diadaptasi dari perkumpulan organisasi kriminal di Italia.  Berbeda dengan di Amerika Serikat, organisasi kriminal ini mempunyai posisi elit di mata masyarakat.  Di sini, anda harus berusaha menyelesaikan misi-misi kriminal dengan gaya seelegan mungkin.  Selain berhadapan dengan penegak hukum, anda juga harus melawan keluarga mafia lain yang mengancam kesuksesan.

Game Mafia II memiliki konsep seperti Grand Theft Auto (GTA), hanya saja sedikit serius.  Anda bisa menjelajah kota, berbuat onar, mengemudi, dan melakukan berbagai misi seperti pembunuhan, penyelundupan obat bius, hingga terorisme.



9.  Amnesia The Dark Descent


Game ini mungkin menjadi salah satu game horor paling seram yang pernah diproduksi dalam lima tahun terakhir, bahkan dianggap jauh lebih seram dari serial yang sudah punya nama besar seperti Resident Evil dan Silent Hill.  Ini karena game Amnesia The Dark Descent benar-benar realistis dan penuh dengan unsur kejutan menyeramkan.

Di game ini, anda berperan sebagai manusia biasa yang tidak bisa menggunakan senjata api untuk melawan monster dan hantu yang bergentayangan.  Pilihan anda hanya satu, lari dan bersembunyi dari monster tersebut, sembari mencari petunjuk untuk keluar dari dunia yang menyeramkan ini.  Masalahnya hanya satu, anda memiliki fobia terhadap gelap.  Jika terlalu lama bersembunyi, detak jantung anda akan berdegup kencang, dan ini bisa menyebabkan monster dan hantu tersebut mendeteksi keberadaan anda.  Sangat menarik, seru, dan menantang!



8.  Just Cause 2


Apakah anda ingin memainkan game yang penuh dengan adu tembak, ledakan, dan kehancuran?  Jika ya, maka Just Cause 2 adalah game yang wajib anda mainkan.  Hampir sama seperti GTA, anda berperan sebagai agen rahasia Rico Rodriguez yang bebas berkelana di sebuah pulau tropis.  Di sini, anda harus berusaha menggulingkan pemerintah dan militer lokal yang korup.

Semakin banyak kekacauan yang anda ciptakan, semakin cepat pula progres petualangan anda.  Semakin banyak gedung yang dihancurkan, tentara yang dibunuh, dan bangunan yang diledakkan, maka anda akan mendapatkan poin yang makin tinggi.  Benar-benar sebuah game petualangan yang sangat cocok untuk menghilangkan stress.



7.  Tomb Raider


Diproduksi di awal tahun 2013, Tomb Raider versi PC ini adalah pengembangan dari game petualangan yang sangat populer di versi PlayStation.  Di sini, anda berperan sebagai Lara Croft muda, di awal periodenya dari seorang gadis biasa hingga berkembang menjadi seorang penjelajah ulung.  Tentu saja, grafis yang ditampilkan dalam game ini jauh lebih memukau.

Tomb Raider versi PC ini juga menjanjikan petualangan seru, reruntuhan kuil untuk dijelajahi, serta hewan-hewan liar dan penjahat untuk dibasmi.  Kali ini, Lara Croft tak hanya bertarung dengan menggunakan senjata api, namun juga panah, pisau belati, dan seni beladiri tangan kosong.



6.  Deus Ex: Human Revolution


Satu lagi pengembangan game yang serial originalnya sudah lebih dulu populer.  Deus Ex: Human Revolution adalah game bertema science fiction, sebuah petualangan di dunia masa depan melawan robot, alien,  dan manusia-manusia berteknologi canggih.  Penggemar seri Star Trek dan Star Wars pasti sangat menggemari game ini.

Keunggulan yang ditawarkan oleh Deus Ex adalah adanya berbagai pilihan dan alternatif untuk menyelesaikan sebuah misi.  Anda bisa menyelundup diam-diam, mencari terowongan rahasia, atau secara terbuka menerobos lewat pintu masuk dan membunuh setiap musuh yang tampak.



5.  Tom Clancy Splinter's Cell Pandora Tomorrow


Game ini sebenarnya sudah cukup lama dirilis, yaitu pada tahun 2004.  Namun karena kualitasnya yang sangat bagus, game ini layak dimasukkan dalam jajaran game petualangan terbaik yang dibuat untuk konsol PC.  Ya, Tom Clancy Splinter's Cell memposisikan anda sebagai seorang agen rahasia yang harus menjalankan berbagai misi militer.

Dalam game ini, unsur stealth atau menyelinap diam-diam lebih diutamakan.  Dalam menyelesaikan misi, anda harus mengendap-endap, membunuh tentara musuh dari belakang setenang mungkin, dan mencari jalan-jalan rahasia dalam sebuah bangunan.  



4.  Prince of Persia: The Sands of Time


Jauh sebelum serial Assassin's Creed dirilis, Prince of Persia sudah terlebih dahulu mempunyai nama besar di dunia game.  Game ini bercerita tentang petualangan seorang pangeran di negara timur tengah yang harus berpetualang di negeri seribu satu malam.  Nuansa padang pasir dan musik-musik Arab terasa sangat kental dan begitu dominan.

Daya tarik Prince of Persia adalah gameplay yang seru.  Anda bisa melompat dari satu tempat ke tempat lain dengan animasi yang keren, membunuh musuh dengan killcam yang memuaskan, atau menggunakan berbagai macam magic untuk menghabisi para penjahat dan monster.



3.  Batman Arkham City


Tak banyak game superhero yang bisa sukses di pasaran.  Kebanyakan game-game jenis superhero ini dianggap mengecewakan dan tidak sebagus film atau komiknya.  Namun tidak demikian dengan game Batman Arkham City yang benar-benar berkualitas.  Saking bagusnya, game ini bahkan menyabet gelar sebagai Game of The Year 2011.

Berperan sebagai Batman, anda bisa menjelajah Arkham City dengan bebas.  Ada berbagai musuh yang harus dihadapi, mulai dari Joker, Penguin, Catwoman, dan masih banyak lagi.  Yang lebih keren, anda bisa menggunakan peralatan-peralatan keren Batman dalam petualangan dan menghabisi para musuh dengan gameplay pertarungan yang luar biasa keren.



2.  Dishonored


Satu lagi game yang mengambil setting di abad pertengahan.  Dalam game ini, anda berperan sebagai Corvo, seorang Assassin atau pembunuh bayaran yang berusaha mengembalikan nama baiknya setelah dituduh membunuh ratu kerajaan.  Ada berbagai misi pembunuhan yang harus anda lakukan, dan semuanya disajikan dalam perpaduan grafis 2 dimensi dan 3 dimensi yang benar-benar indah.

Game ini juga menitik-beratkan pada unsur stealth.  Semakin sedikit anda terdeteksi oleh musuh dan semakin sedikit jumlah orang yang anda bunuh, maka semakin baik pula ending yang anda dapatkan.  Sejauh ini, sudah ada 3 expansion pack untuk Dishonored, dan semuanya layak untuk dimainkan.



1.  Grand Theft Auto IV


Apakah game petualangan terbaik?  Tampaknya gelar ini hanya pantas diberikan pada Grand Theft Auto IV.  Game produksi Rockstar ini sering dianggap sebagai salah satu game open world terbaik dan menyajikan dunia yang luar biasa seru untuk dijelajahi.  Jauh lebih indah dari serial pendahulunya, GTA IV menjanjikan petualangan yang lebih memukau, cerita yang lebih dramatis, dan aksi yang lebih banyak.

Sama seperti pendahulunya, di sini anda berperan sebagai seorang kriminal yang berusaha menjalankan berbagai misi ilegal.  Bedanya, di sini anda diberi lebih banyak pilihan dalam menyelesaikan satu misi (misalkan untuk membunuh atau mengampuni musuh anda), dan pilihan anda nantinya juga akan berpengaruh pada jalan cerita.  Jika anda sedang tidak ingin menyelesaikan jalan cerita tertentu, anda bisa melepas lelah dengan mengemudi, melakukan berbagai aktivitas, atau sekedar membuat keonaran di Liberty City.