10 Tips Cara Menambah Berat Badan

Untuk menambah berat badan secara alami dan sehat, diperlukan ketelatenan dan kedisiplinan.  Anda perlu membiasakan gaya hidup sehat, olahraga, dan mengonsumsi makanan bergizi untuk mencapai berat badan yang ideal.  Dalam beberapa kesempatan, anda bisa juga menambahkan suplemen protein ke dalam makanan untuk mempercepat proses menambah berat badan.  Nah, berikut ini adalah 10 tips cara menambah berat badan versi Top10Indo  :

Image Credit : Flickr.com, Creative Commons


1.  Konsumsi lebih banyak kalori

Tips untuk menambah berat badan sebenarnya cukup mudah  :  makan lebih banyak.  Pilih makanan yang memilki kandungan kalori yang besar, namun tidak membuat anda merasa cepat kenyang ketika mengonsumsinya.  Untuk laki-laki, jumlah kalori rata-rata per hari yang dibutuhkan adalah sekitar 2.200 kalori, sedangkan untuk wanita sekitar 1.900 kalori.  Jika anda ingin menambah berat setengah kilo dalam satu minggu, tiap harinya anda perlu menambahkan 1.000 kalori dalam porsi makan anda.

Cara ini sebenarnya adalah metode paling mudah untuk menambah berat badan.  Cobalah untuk menambah porsi makan anda dan frekuensi makan, dari sehari tiga kali mungkin menjadi sehari lima kali.  Konsumsi juga snack berkalori tinggi seperti coklat di sela-sela aktivitas anda.



2.  Perhatikan menu makanan anda



Seperti yang disebutkan di atas, pilihlah menu makanan yang mengandung kalori tinggi tapi tidak membuat anda cepat kenyang.  Contoh, jangan konsumsi roti, tapi makanlah ikan dan daging.  Usahakan pula untuk memasukkan bahan-bahan yang mengandung protein dan karbohidrat yang tinggi dalam makanan anda.  Produk-produk seperti susu, mentega, dan es krim sangat membantu anda dalam menambah berat badan.  Kacang-kacangan juga mengandung protein dalam jumlah yang tinggi, dan sangat berguna untuk pembentukan massa otot serta meningkatkan berat badan.



3.  Seimbangkan konsumsi protein dan karbohidrat

Karbohidrat memang dikenal memiliki fungsi yang manjur dalam menambah berat badan.  Namun, karbohidrat tidak berperan dalam pembentukan otot dan hanya menambah jumlah lemak dalam tubuh anda. Sebaliknya, jika anda terlalu banyak mengonsumsi protein tanpa diimbangi oleh konsumsi karbohidrat, semua protein yang anda konsumsi akan digunakan tubuh untuk aktivitas sehari-hari.  Akibatnya, tidak akan ada protein yang tersisa untuk pembentukan otot.

Jika anda benar-benar ingin menambah berat badan, seimbangkanlah konsumsi protein, karbohidrat, dan lemak.  Konsumsi yang seimbang tidak hanya mempermudah dalam proses penambahan berat badan, namun juga membuat tubuh anda menjadi lebih sehat.



4.  Konsumsi snack yang bergizi



Cobalah untuk membelli snack-snack yang bergizi tinggi dalam jumlah banyak seperti coklat batangan, keju, brownies, milkshake, yoghurt, buah-buahan kerin, dan sebagainya.  Konsumsilah snack-snack tersebut di waktu luang anda.  Hindari snack-snack junk food yang mengandung banyak bahan pengawet dan zat kimia seperti softdrink dan potato chips.



5.  Banyak-banyak minum

Mengonsumsi cairan dalam jumlah banyak bisa membantu anda dalam meningkatkan berat badan.  Selain mengonsumsi air putih, anda bisa juga menggantinya dengan jus buah, susu, milkshake, dan minuman-minuman alami lainnya.  Berusahalah untuk menghindari minuman dengan kandungan gula terlalu banyak seperti softdrink dan sirup.



6.  Olahraga intensif



Pilihlah olahraga-olahraga yang bisa membuat otot-otot anda tumbuh.  Kebanyakan dari berbagai tipe olahraga ini sangat simpel dan bisa anda lakukan sendiri di rumah, contohnya push-up, sit-up, bench-press, dan angkat beban.  Akan lebih baik lagi jika anda bisa pergi ke gym dan melakukan olahraga ini di bawah bimbingan instruktur yang berpengalaman.

Ingat, olahraga harus dilakukan secara rutin dan intensif.  Hal ini bertujuan untuk membuat anda tetap sehat dan menyeimbangkan diri anda dengan pola makan yang mengandung banyak kalori.  Jangan sampai berat anda bertambah, namun hanya lemak yang anda dapatkan.  



7.  Hindari olahraga kardio

Hindari olahraga-olahraga berjenis kardio, yaitu tipe olahraga yang menuntut anda untuk banyak berlari.  Contohnya, fitness, aerobik, sepakbola, basket, dan sebagainya.  Olahraga-olahraga ini berpotensi untuk menurunkan berat badan anda dan sangat sedikit berkontribusi dalam pembentukan massa otot.  Selain itu, olahraga-olahraga kardio juga memiliki resiko besar yang bisa mencederai anda.



8.  Berikan jeda dan waktu untuk beristirahat bagi otot-otot anda

Jangan pernah melakukan latihan untuk otot-otot yang sama dalam dua hari berturut-turut.  Hal ini bisa menyebabkan kontraksi dan kelelahan pada otot jika dilakukan terus menerus dalam waktu yang sama.  Oleh karena itu, anda harus membuat jadwal olahraga yang baik dan benar, dan pastikan untuk memberi waktu istirahat setidaknya 48 jam untuk otot anda.  Jangan salah, proses mengistirahatkan otot justru bisa mempercepat pembentukan dan penambahan massa otot yang sangat berpengaruh dalam menambah berat badan anda.



9.  Tidur cukup



Untuk mencapai hasil maksimal dari pola makan teratur dan olahraga, anda perlu tidur setidaknya 8 sampai 9  jam per hari.  Saat tidur, badan anda akan sepenuhnya beristirahat dan memberi kesempatan bagi sel-sel baru untuk tumbuh, berkembang, dan membangun proses pembentukan lemak serta otot.  Cobalah juga untuk tidur siang secara teratur, antara 30 menit hingga 1 jam setiap harinya.  Kurangi begadang, dan pastikan untuk beristirahat di kamar yang gelap dan nyaman untuk hasil yang lebih maksimal.



10.  Konsisten dan disiplin



Ingat, anda harus melakukan semua langkah-langkah ini secara konsisten dan disiplin, setiap hari selama beberapa bulan ke depan.  Proses untuk menambah berat badan tidak bisa hanya dilakukan dalam hitungan hari atau minggu.  Anda memerlukan setidaknya dua bulan hidup sehat seperti instruksi di atas untuk bisa melihat efek awalnya.  Jangan mudah memberi alasan untuk melewatkan sehari jadwal olahraga.  Cobalah untuk disiplin, dan jika anda melakukannya dengan baik dan benar, anda tidak hanya mendapatkan berat badan yang ideal, namun juga tubuh yang sehat.