10 Universitas Terbaik di Yogyakarta Tahun 2018


Masih bingung menentukan kuliah di mana? Ada berbagai kampus berkualitas yang tersebar di berbagai kota. Salah satu kota yang cocok untuk menjadi tempat tinggal sekaligus kuliah adalah Yogyakarta. Bukan tanpa alasan kota ini mendapat julukan Kota Pelajar. Setiap tahun, ribuan mahasiswa dari berbagai daerah datang ke Yogyakarta untuk menuntut ilmu. Berikut ini adalah 10 universitas terbaik di Yogyakarta tahun 2018.

10. Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta


Berkat peningkatan kualitas secara terus-menerus, universitas ini berhasil masuk dalam daftar 10 besar kampus terbaik di Yogyakarta. Ada berbagai program studi yang dibuka untuk calon mahasiswa, baik di bidang sains maupun sosial. Program studi yang menjadi favorit adalah Pertambangan dan Perminyakan. Mahasiswa tidak hanya diajari secara teori, tetapi juga praktik.

Dulunya, universitas ini berstatus swasta. Lalu sejak tahun 2014, UPN Veteran Yogyakarta resmi berstatus negeri. Bagaimana dengan peringkatnya secara nasional dan internasional? Kampus ini meraih peringkat ke-14 sebagai universitas terbaik di Indonesia dan ke-6128 di dunia.

9. Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW)


Universitas ini cocok untuk mahasiswa yang tidak hanya ingin mendalami akademis, tetapi juga keagamaan. Sesuai namanya, Universitas Kristen Duta Wacana melandaskan pendidikan pada nilai-nilai agama Kristen. Walaupun demikian, mahasiswa yang beragama non-Kristen tetap diterima dan dipersilakan untuk beribadah sesuai kepercayaannya.

Fakultas yang menjadi favorit di UKDW adalah Kedokteran. Setiap tahun, ada banyak sekali calon mahasiswa yang mendaftar ke sana. Seleksinya pun tidak main-main. Hanya para pendaftar terbaik yang diluluskan untuk menjaga kualitas fakultas tersebut. Tidak heran apabila UKDW menduduki peringkat ke-72 di Indonesia dan ke-5949 di dunia.

8. Institut Sains dan Teknologi (Akprind)


Tertarik untuk memelajari bidang eksakta, terutama sains dan teknologi? Akprind adalah salah satu pilihan yang tepat. Selama bertahun-tahun, universitas ini konsisten mencetak berbagai prestasi. Salah satunya adalah Juara 2 dalam kontes mobil hemat energi dengan tema Indonesia Energy Marathon Challenge (IEMC) yang diselenggarakan tahun 2014 di Surabaya.

Selain itu, pihak kampus mendorong para mahasiswa untuk memelajari soft skill melalui sejumlah organisasi mahasiswa. Jadi, para lulusan Akprind dapat memiliki prospek kerja yang lebih tinggi. Hal tersebut membuatnya meraih peringkat ke-58 sebagai universitas terbaik di Indonesia dan ke-4768 di dunia.

7. Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta


Ingin memperdalam agama Islam? Pertimbangkanlah untuk mendaftar di UIN Sunan Kalijaga. Sesuai namanya, universitas ini mengajari para mahasiswa untuk mengamalkan ajaran Islam dengan berpedoman pada Sunan Kalijaga, salah satu anggota wali songo. Fakultas dan jurusan yang dibuka pun sebagian bercorak keislaman.

Universitas ini berhasil meraih ranking ke-55 di Indonesia dan ke-4678 di dunia. Jika ingin mendaftar di UIN Sunan Kalijaga, persiapkan diri dengan baik karena tes masuknya cukup ketat. Sebab, banyak mahasiswa yang mendaftar padahal yang diterima hanya sekian persen.

6. STMIK AMIKOM


Masih ingat pada film animasi berjudul "Battle of Surabaya"? Film tersebut terwujud berkat kerja keras mahasiswa AMIKOM. Tidak heran apabila universitas ini semakin populer. Setiap tahun, banyak mahasiswa yang meraih prestasi di berbagai bidang, khususnya yang berhubungan dengan multimedia.

STMIK AMIKOM meraih peringkat ke-44 sebagai universitas terbaik di Indonesia. Bagaimana dengan posisinya di dunia? Secara internasional, AMIKOM berhasil meraih ranking ke-4016. Hal itu terwujud berkat peningkatan kualitas yang dilakukan tiap tahun, baik dari sistem pendidikan maupun fasilitas penunjang.

5. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)


UMY terkenal sebagai salah satu universitas islam terbaik di Yogyakarta. Bahkan, kampus ini berhasil meraih peringkat ke-30 di Indonesia dan ke-3038 di dunia. Hal itu terjadi berkat prestasi-prestasi yang diraih oleh para mahasiswa. Salah satunya adalah penghargaan internasional yang diraih oleh Paduan Suara Mahasiswa "Sunshine Voice" UMY.

Selain itu, para mahasiwa UMY berhasil menyabet medali emas dan perak dalam ajang Festival Paduan Suara Internasional 8th Grand Prix Pattaya di Thailand. Tidak hanya itu, mahasiswa UMY juga berhasil menciptakan laundry ramah lingkungan yang disebut ECOLY, Ecotrash Laundry.

4. Universitas Ahmad Dahlan (UAD)


Setiap tahun, banyak mahasiswa dari berbagai daerah yang datang ke Yogyakarta untuk kuliah di UAD. Kampus ini memang telah meraih reputasi yang baik di mata masyarakat. UMY juga berhasil meraih peringkat ke-27 sebagai universitas terbaik di Indonesia. Sedangkan secara internasional, peringkatnya adalah 2933 di dunia.

Apa saja prestasi yang telah diraih oleh mahasiswa UMY? Salah satu prestasi yang patut disorot adalah suksesnya Tim Robot UAD dalam Kontes Robot Indonesia Regional III DIY-Jateng. Tidak hanya itu, berbagai program studi yang dimiliki UMY juga telah meraih akreditasi A. Jadi tidak perlu ragu pada kualitasnya.

3. Universitas Islam Indonesia (UII)


Para mahasiswa UII dikenal memiliki akhlak yang baik karena diajari untuk mengamalkan agama Islam. Tidak hanya itu, mereka juga difasilitasi secara lengkap untuk belajar secara akademis maupun praktik. Tidak heran apabila lulusannya memiliki prospek kerja yang baik dan di‎nilai berkualitas. Hal itulah yang membuat UII masuk dalam daftar 3 besar universitas terbaik di Yogyakarta.

Selain itu, UNY juga berhasil meraih ranking 25 sebagai universitas terbaik di Indonesia. Secara internasional, rankingnya adalah 2966. Pencapaian itu diraih berkat peningkat kualitas kampus yang terus-menerus. Bahkan, UII dijuluki sebagai Universitas Swasta Terbaik di Yogyakarta.

2. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)


Tertarik menjadi guru atau tenaga pendidik lainnya? UNY adalah salah satu universitas yang tepat. Selama bertahun-tahun, kampus ini telah melahirkan banyak tenaga pendidik yang berkualitas. Jurusan yang dibuka pun beragam, mulai dari Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Seni Rupa, Pendidikan Olahraga, dan sebagainya.

Mahasiswa lulusan UNY dianggap memiliki prospek kerja yang bagus. Sebab mereka tidak hanya diajari secara akademis, tetapi juga harus praktik mengajar langsung di sekolah-sekolah. Tidak heran apabila para lulusannya dinilai berkualitas. Berkat itu, UNY berhasil meraih peringkat ke-20 sebagai universitas terbaik di Indonesia dan ke-2815 di dunia.

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)


Siapa yang tidak kenal dengan UGM? Universitas ini memiliki nama besar yang terkenal di mana-mana. Tidak hanya menjadi ranking 1 di Yogyakarta, tetapi juga ranking 1 di Indonesia! Sementara itu, peringkatnya di dunia adalah 781. Jadi kualitas sistem pendidikannya tidak perlu diragukan lagi. Fasilitas penunjang perkualiahannya juga dinilai lengkap.

Setiap tahun, ribuan mahasiswa dari berbagai daerah datang ke Yogyakarta untuk kuliah UGM. Mereka diajari secara akademis maupun praktik. UGM memiliki program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang mengirim para mahasiswa ke berbagai daerah di Indonesia untuk menerapkan ilmunya. Tunggu apalagi? Kalau ingin menjadi bagian dari UGM, persiapkan diri dengan baik. Sebab, tes masuknya dikenal sangat ketat. Hanya sekian persen dari pendaftar yang diterima.