10 Universitas Terbaik di Solo Tahun 2018


Ingin kuliah di kota yang biaya hidupnya murah? Solo adalah salah satu pilihan yang patut dipertimbangkan. Para mahasiswa di kota ini tidak perlu merogoh banyak uang untuk bertahan hidup. Dengan rendahnya harga-harga di sana, mereka bisa menghemat uang selama kuliah. Kota ini juga memiliki sejumlah universitas yang berkulitas. Berikut ini adalah 10 universitas terbaik di Solo tahun 2018.

10. Universitas Tunas Pembangunan (UTP)


Kampus ini didirikan pada 17 Juli 1980 oleh para eks Tentara Pelajar Brigrader 17 Surakarta yang merupakan bagian dari Yayasan Perguruan Tinggi Tunas Pembangunan. Gedung kampusnya dibagi menjadi dua lokasi, yakni di Jalan Balekambang Lor dan di Jalan Walanda Maramis. Pembagian tersebut dilakukan berdasarkan pilihan fakultas.

Universitas Tunas Pembangunan memiliki empat fakultas yaitu Fakultas Ekonomi, Pertanian, Teknik, serta Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Masing-masing dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai. Tenaga pendidik di universitas ini juga dikenal ahli dalam bidang masing-masing.

9. Universitas Surakarta (UNSA)


Kampus ini adalah pengembangan dari Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Solo yang berada di bawah naungan Yayasan Perguruan Tinggi Surakarta. Namanya berubah menjadi Universitas Surakarta sejak 22 Oktober 1998. Selama bertahun-tahun, universitas ini telah mencetak banyak lulusan berkualitas. Tidak heran apabila UNSA meraih peringkat ke-9 di Solo.

Kampus UNSA berada di Jalan Raya Lawu, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Ada beberapa fakultas yang dibuka untuk mahasiswa. Di antaranya adalah Fakultas Hukum, Ekonomi, Hukum, Sastra dan Bahasa, serta Ilmu Sosial dan Politik. Sedangkan di bidang sains, ada Fakultas Teknik.

8. Universitas Slamet Riyadi (UNISRI)


Universitas ini berdiri pada 21 Juni 1980. Tanggal tersebut mengacu pada pendirian Yayasan Perguruan Tinggi (YPT) Slamet Riyadi Surakarta. Tetapi secara de facto, Universitas Slamet Riyadi telah berdiri sejak 20 Juni 1977 di bawah pengelolaan Yayasan Pendidikan Surakarta Hadiningrat (YPSH).

Gedung kampusnya terletak di Jalan Sumpah Pemuda 18, Kadipiro, Surakarta. Ada 6 fakultas yang dibuka untuk mahasiswa S-1. Di antaranya adalah Fakultas Ekonomi, Hukum, Ilmu Sosial dan Politik, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Teknologi dan Industri Pangan, serta Pertanian. Selain itu, ada pula satu program Pascasarjana.

7. Universitas Setia Budi (USB)


Kampus ini menduduki posisi ke-7 sebagai universitas terbaik di Solo. Sejak berdiri pada 11 November 1997, Universitas Setia Budi memang terus berusaha meningkatkan kualitasnya. Ada 5 fakultas yang dimiliki, yaitu Fakultas Psikologi, Ekonomi, Teknik, Farmasi, dan Ilmu Kesehatan. Masing-masing dilengkapi dengan fasilitas yang memadai.

Tertarik untuk mengunjungi Universitas Setia Budi? Gedung kampusnya terletak di Jalan Letjen. Sutoyo, Mojosongo, Surakarta, Jawa Tengah. Setiap tahun, UMB membuka beberapa gelombang pendaftaran. Banyak calon mahasiswa dari berbagai daerah yang mendaftar. Jika ingin menjadi bagian dari UMB, jangan sampai ketinggalan informasi tentang tanggal tes masuknya.

6. Universitas Sahid Surakarta (USAHID)


Pada 17 Desember 1997, universitas ini didirikan oleh Yayasan Kesejahteraan, Pendidikan dan Sosial Sahid Jaya. Gedung kampusnya berada di Jalan Adi Sucipto No. 154, Jajar, Solo. Pihak universitas melengkapinya dengan sarana dan prasana yang lengkap. Para mahasiswa dapat menikmati fasilitas laboratorium, perpustakaan, dan lain-lain.

Apa saja program studi yang terdapat di Universitas Sahid Surakarta? Di bidang sosial, ada Program Studi Psikologi, Komunikasi, dan Ilmu Administrasi Bisnis. Sedangkan di bidang sains ada Program Studi Keperawatan, Informatika, serta Program Profesi Ners dan Industri. Program Studi di bidang seni juga ada, yaitu Desain Komunikasi Visual dan Interior.

5. Universitas Nahdlatul Ulama (UNU)


Universitas Nahdlatul Ulama terletak di Jalan Dr. Wahidin 5/VI, Solo. Pendirinya adalah Yayasan Perguruan Tinggi Islam Nadhatul Ulama Surakarta. Sejak berdiri pada 2 Agustus 1960, kampus ini berusaha mencetak lulusan yang berkualitas. Para mahasiswa tidak hanya diajari secara teori dan praktik, tetapi juga secara keagamaan. Kampus ini memang dikelola oleh orma besar Nadhatul Ulama.

Tertarik untuk mendaftar di Universitas Nahdlatul Ulama? Sebaiknya ketahui lebih lanjut fakultas-fakultas yang disediakan. Ada Fakultas Agama Islam, MIPA, Teknik, Ekonomi, Hukum, hingga Program Pascasarjana Magister Pendidikan Islam (MPI). Masing-masing dilengkapi dengan sistem pendidikan dan fasilitas penunjang yang baik.

4. Universitas Kristen Surakarta (UKS)


Sesuai dengan namanya, universitas ini berlandaskan nilai-nilai luhur agama Kristen. Para mahasiswa diajari untuk mengamalkan ajaran agama baik dalam kegiatan perkuliahan maupun sehari-hari. Ada tiga fakultas yang dibuka, yaitu Fakultas Teologia, Ekonomi, dan Teknik. Gedung kampusnya terletak di Jalan RW Monginsidi, 36-38, Margoyudan, Surakarta.

Pada awalnya, universitas ini bernama Institut Agama Kristen Surakarta. Institut tersebut didirikan oleh YPTK Wolter Monginsidi pada 25 Agustus 1983. Lalu pada 1 Juli 1991, namanya berubah menjadi Sekolah Tinggi Agama Kristen Surakarta. Barulah pada 18 Juni 1996, namanya diubah lagi menjadi Universitas Kristen Surakarta hingga sekarang.

3. Universitas Islam Batik (UNIBA)


Berkat prestasinya yang terus meningkat, UNIBA berhasil masuk dalam daftar 3 besar universitas terbaik di Solo. Kampus ini berdiri pada 30 Juli 1983 dengan nama Universitas Islam Kyai Mojo. Barulah pada 28 Maret 1989, namanya diubah menjadi Universitas Islam Batik Surakarta hingga sekarang.

Ada tiga fakultas yang bisa dipilih, yakni Fakultas Ekonomi, Hukum, serta Pertanian dan Pascasarjana. Jika tertarik untuk mengetahui informasinya lebih lanjut, kunjungi saja UNIBA secara langsung. Gedung kampusnya terletak di Jalan KH. Agus Salim No. 10 Surakarta. Lokasi tersebut bisa diakses dengan cukup mudah melalui berbagai transportasi.

2. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)


Saat ini UMS menyediakan 12 fakultas, 44 program studi diploma hingga doktoral, 4 program profesi, 8 program kelas internasional, dan 2 program double degree internasional. Banyak bukan? Tidak heran apabila jumlah mahasiswa UMS juga banyak. Setiap tahun, ada 20.000-an mahasiswa diploma dan strata satu dan 4.000-an mahasiswa pascasarjana.

Fakultas yang disediakan juga beragam. Ada Fakultas Kedokteran, Agama Islam, Ilmu Kesehatan, Geografi, Psikologi, Teknik, Ekonomi dan Bisnis, Farmasi, dan sebagainya. Gedung Universitas Muhammadiyah Surakarta terletak di Jalan Ahmad Yani Tromol Pos 1 Pabelan Kartasura Surakarta, Jawa Tengah.

1. Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS)


Inilah kampus terbaik di Solo! Siapa yang tidak mengenal UNS? Setiap tahun, ribuan calon mahasiswa berlomba-lomba untuk menjadi bagian darinya. UNS telah memiliki reputasi yang baik di masyarakat. Pada awalnya, universitas ini merupakan gabungan dari 5 perguruan tinggi Solo yang berdiri pada 1976. Penggabungan tersebut dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Solo.

Tertarik untuk menjadi mahasiswa UNS? Ada 9 fakultas yang dapat dipilih. Di bidang eksakta, ada Fakultas Kedokteran, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Pertanian, serta Teknik. Sedangkan di bidang non-eksakta, ada Fakultas Sastra dan Seni Rupa, Ekonomi dan Bisnis, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Ilmu Sosial dan Politik, serta Hukum. Masing-masing memiliki akreditas yang baik.