10 Universitas Terbaik di Medan Tahun 2018


Berencana untuk kuliah di Medan? Kota yang terletak di Sumatra Utara ini memiliki banyak kampus berkualitas, baik negeri maupun swasta. Masing-masing memiliki keunggulan tersendiri. Ada yang lebih unggul secara akademis atau faktor-faktor penunjang lainnya. Langsung saja, berikut ini adalah 10 universitas terbaik di Medan.

10. Institut Teknologi Medan (ITM)


Kampus ini cocok bagi mahasiswa yang berminat di bidang teknologi. Ada berbagai fakultas yang membuka pendaftaran. Di antaranya adalah Fakultas Teknologi Mineral, Fakultas Teknologi Industri, serta Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan. Masing-masing dilengkapi dengan laboratorium yang mendukung kegiatan pembelajaran. Jadi, para mahasiswa bisa memperoleh ilmu dengan maksimal karena bisa melakukan praktik.

Setiap tahun, Institut Teknologi Medan membuka beberapa gelombang pendaftaran. Banyak calon mahasiswa yang mendaftar, tetapi hanya sekian persen yang diterima. Jadi persiapkan diri dengan baik apabila ingin menjadi bagian dari ITM. Hal itu bisa menjadi kebanggaan tersendiri, sebab Institut Teknologi Medan menempati daftar 10 besar universitas terbaik di Medan.

9. Universitas HKBP Nommensen


Berkat prestasinya, kampus ini menduduki peringkat ke-9 sebagai universitas terbaik di Medan. Gedung kampusnya dibagi menjadi dua cabang, yakni di Kota Medan dan Kota Siantar. Pembagian tersebut dilakukan berdasarkan jurusan yang dipilih. Tidak perlu khawatir, masing-masing kampusnya bisa diakses dengan cukup mudah melalui berbagai transportasi.

Universitas HKBP Nommensen memiliki sejumlah fakultas. Di antaranya adalah Fakultas Hukum, Ekonomi, Ilmu Sosial dan Politik, Bahasa dan Seni, serta Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Kampus ini juga membuka fakultas di bidang eksakta seperti Fakultas Kedokteran, Pertanian, Peternakan, dan Teknik. Setiap fakultas dilengkapi oleh tenaga pengajar yang ahli. Jadi, ilmu yang disampaikan ke mahasiswa bisa dipercaya dan dipertanggungjawabkan.

8. Universitas Methodist Indonesia (UMI)


Kampus ini menduduki peringkat ke-8 sebagai universitas terbaik di Medan. Setiap tahunnya, banyak mahasiswa dari berbagai daerah yang mendaftar ke sana. Terdapat beberapa gelombang pendaftaran yang bisa diikuti. Jika berminat untuk menjadi bagian dari UMI, jangan sampai ketinggalan informasi.

Universitas Methodist Indonesia membuka beberapa fakultas di bidang sains maupun sosial. Di antaranya adalah Fakultas Sastra, Ekonomi, Kedokteran, Pertanian, dan Ilmu Komputer. Masing-masing dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Jadi, para mahasiswa dapat menuntut ilmu dengan maksimal.

7. STMIK STIE Mikroskil


Tertarik pada bidang ilmu teknologi? Medan memiliki beberapa universitas yang berfokus pada bidang tersebut, salah satunya adalah STMIK STIE Mikroskil. Kampus ini berhasil meraih posisi ke-7 di kotanya. Hal tersebut tidak lepas dari berbagai prestasi yang telah diraih para mahasiswa.

STMIK STIE Mikroskil memiliki sejumlah jurusan yang berkualitas. Di antaranya adalah Teknik Informasi, Sistem Informasi, Manajemen, dan Akuntansi. Ingin menjadi salah satu mahasiswanya? Bersiaplah menghadapi tes masuk yang cukup ketat.

6. Universitas Islam Sumatera Utara (UISU)


Sesuai namanya, Universitas Islam Sumatra Utara melandaskan pendidikan pada agama Islam. Para mahasiswa tidak hanya diajari teori dan praktik, tetapi juga nilai-nilai keagamaan. Tidak heran apabila para lulusannya memiliki akhlak yang baik dan keahlian di bidang masing-masing.

Universitas Islam Sumatra Utara membuka sejumlah fakultas di berbagai bidang. Di bidang sosial, ada Fakultas Ekonomi, Sastra, Hukum, Agama Islam, juga Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Bagaimana dengan bidang sains? Ada Fakultas Teknik, Kedokteran, dan Pertanian. Masing-masing dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai.

5. Politeknik Negeri Medan (Polmed)


Sebelumnya, kampus ini dimiliki oleh Universitas Sumatra Utara. Tetapi seiring dengan perkembangan, Politeknik Negeri Medan dapat berdiri sendiri dan memperoleh nama baru. Kampus ini merupakan salah satu universitas favorit di Medan, sebab banyak alumninya yang telah sukses, salah satunya adalah Fahlia Kurnia. Politeknik Negeri Medan juga berhasil masuk dalam daftar 5 besar universitas terbaik di Medan.

Ada berbagai jurusan yang membuka pendaftaran setiap tahunnya. Di bidang sosial, ada Jurusan Administrasi Niaga serta Perbankan dan Keuangan. Bagaiamana dengan di bidang sains? Ada lebih banyak pilihan, di antaranya adalah Jurusan Sistem Informasi, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Sipil, Teknik Listrik, Teknik Telekomunikasi, hingga Teknik Informatika dan Komputer. Masing-masing dilengkapi dengan laboratorium.

4. Universitas Medan Area (UMA)


Kampus ini memiliki sejarah yang panjang. Universitas Medan Area berhasil terbentuk berkat perjuangan rakyat Medan saat melawan penjajah. Setiap tahun, ada banyak mahasiswa dari berbagai daerah yang datang untuk kuliah di sana. Sistem pendidikan dan fasilitasnya yang bagus membuat UMA meraih peringkat ke-4 sebagai universitas terbaik di Medan.

Apa saja fakultas yang ditawarkan? Tidak perlu bingung, ada berbagai pilihan seperti Fakultas Pertanian, Ekonomi, Isipol, Hukum, Biologi, Teknik, Psikologi, hingga pendidikan untuk jenjang Pascasarjana. Setiap fakultas berhasil meraih sejumlah prestasi dalam beberapa tahun terakhir.

3. Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara


Saatnya membahas daftar 3 besar universitas terbaik di Medan! Kampus yang menduduki posisi ke-3 adalah Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara. Universitas ini berada di bawah naungan Yayasan Muhammadiyah. Misinya adalah menciptakan generasi mudah yang cerdas dan agamis. Hal tersebut didukung oleh masyarakat sekitar.

Ada berbagai fakultas yang membuka pendaftaran setiap tahunnya. Para calon mahasiswa bisa mendaftar ke Fakultas Agama Islam, Hukum, Ekonomi dan Bisnis, Ilmu Sosial dan Politik, serta Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Bagaimana dengan fakultas di bidang eksakta? Ada Fakultas Teknik, Pertanian, dan Kedokteran yang bisa menjadi pilihan.

2, Universitas Negeri Medan (UNIMED)


Nama besar Universitas Negeri Medan telah terdengar hingga ke mana-mana. Sejak berdiri pada tahun 1963, universitas ini telah mencetak banyak lulusan berkualitas. Banyak alumninya yang menjadi guru, dosen, atau tenaga pendidik yang lain. Prospek kerja para lulusan dinilai cukup tinggi. Mereka kerap diperhitungkan di lingkungan kerja.

Tertarik untuk menjadi bagian dari UNIMED? Terlebih dahulu, pilihlah salah satu dari berbagai fakultas yang disediakan. Ada Fakultas Bisnis, Teknik, Ilmu Sosial, Bahasa dan Seni, Ilmu Pendidikan, Matematika dan Pengetahuan Alam, hingga Keolahragaan. Bahkan, jenjang pendidikan di UNIMED mencapai Pascasarjana.

1. Universitas Sumatra Utara (USU)


Inilah universitas terbaik di Medan! Selain menjadi nomor 1 di kotanya, USU juga meraih peringkat pertama di Pulau Sumatra. Tidak hanya itu, kampus ini juga diperhitungkan secara nasional maupun internasional. Banyak alumninya yang telah menjadi orang sukses. Beberapa di antaranya adalah Henry Saragih dan Gatot Pujo Nugroho. Hal tersebut menambah daya tarik USU di mata calon mahasiswa. Kampus ini juga memiliki reputasi baik di masyarakat.

Ada banyak fakultas yang membuka pendaftaran. Di bidang sains, ada Fakultas Teknik, Kedokteran, Kedokteran Gigi, Pertanian, Farmasi, Keperawatan, Kehutanan, Komputer dan Teknologi Informasi, hingga Kesehatan Masyarakat. Sedangkan di bidang sosial, ada Fakultas Ekonomi, Sastra, dan Psikologi. USU juga memiliki jenjang pendidikan hingga Pascasarjana. Tunggu apalagi? Jika ingin mendaftar, jangan sampai kelewatan tes masuknya.