10 Universitas Terbaik di Jakarta Tahun 2018


Tertarik kuliah di Jakarta, ibukota Indonesia? Banyak universitas berkualitas yang berada di sana. Masing-masing dilengkapi dengan sistem pendidikan dan fasilitas penunjang yang baik. Selain itu, para mahasiswa yang tinggal di Jakarta akan dilatih mentalnya secara tidak langsung. Sebab, kehidupan di ibukota cenderung keras. Langsung saja, berikut ini adalah 10 universitas terbaik di Jakarta tahun 2018.

10. Universitas Bakrie


Berkat kualitasnya yang terus meningkat, Universitas Bakrie berhasil meraih peringkat sepuluh besar di Jakarta. Tidak hanya itu, universitas ini juga meraih peringkat ke-48 di Indonesia dan ke-4167 di dunia. Tidak perlu ragu pada kualitasnya, sebab setiap tahun Universitas Bakrie meluluskan banyak mahasiswa dengan prospek kerja yang tinggi.

Tertarik untuk survey langsung ke kampus ini? Datang saja ke Kawasan Rasuna Epicentrum, Jalan HR Rasuna Said Kav C-22, Kuningan, Jakarta Selatan. Di sana terdapat 10 program studi S-1 dan 1 program Magister. Semuanya telah terakreditasi oleh BAN-PT.

9. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta


Sesuai namanya, universitas ini berlandaskan nilai-nilai luhur agama Islam. Para mahasiswa mendapat pendidikan yang lengkap, baik secara akademis maupun keagaaman. Para lulusannya dipercaya memiliki kualitas yang bagus. Tidak heran apabila setiap tahun, ada banyak calon mahasiswa yang mendaftar.

Tidak perlu ragu dengan kualitas UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Pihak kampus menyediakan fasilitas yang lengkap agar para mahasiswa lebih optimal dalam meraih prestasi. Buktinya, universitas ini berhasil menyabet peringkat ke-9 di Jakarta dan ke-45 di Indonesia. Bagaimana dengan posisinya secara internasional? Kampus ini meraih peringkat ke-4072 di dunia.

8. Universitas Trisakti


Siapa yang tidak mengenal Universitas Trisakti? Kampus ini merupakan universitas swasta terbesar yang didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia. Kampus ini juga memiliki peran besar dalam pergerakan mahasiswa tahun 1998. Hingga kini, nama Universitas Trisakti diingat dalam sejarah "Tragedi Trisakti".

Ada berbagai jurusan yang dibuka untuk para calon mahasiswa, baik di bidang eksakta maupun non-eksakta. Beberapa di antaranya adalah Jurusan Hukum, Sastra Inggris, Kedokteran Gigi, dan sebagainya. Universitas Trisakti berhasil meraih posisi ke-42 di Indonesia dan ke-3871 di dunia.

7. Universitas Esa Unggul


Universitas ini berdiri pada tahun 1993 di bawah naungan Yayasan Pendidikan Kemala. Selama bertahun-tahun, Universitas Esa Unggul telah meraih kepercayaan masyarakat. Para lulusannya dikenal terampil dalam dunia kerja karena telah menerima pendidikan dengan baik.

Berkat prestasinya, Universitas Esa Unggul dinobatkan sebagai peringkat ke-7 daftar kampus terbaik di Jakarta. Kampus ini juga berhasil meraih ranking ke-40 di Indonesia dan ke-3726 di dunia. Tidak heran apabila setiap tahun ada banyak calon mahasiswa yang tertarik mendaftar ke sana.

6. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya


Kampus ini didirikan oleh Yayasan Atma Jaya pada 1 Juni 1960. Gedung kampusnya dibagi menjadi dua tempat. Kampus utamanya terletak di daerah Semanggi, Jakarta Selatan sedangkan yang lainnnya berlokasi di daerah Pluit, Jakarta Utara. Masing-masing tempat cukup mudah diakses oleh mahasiswa.

Selama puluhan tahun, Unika Atma Jaya telah mencetak prestasi secara nasional maupun internasional. Hal tersebut membuatnya meraih peringkat ke-6 sebagai universitas terbaik di Jakarta. Unika Atma Jaya juga berhasil meraih peringkat ke-35 di Indonesia dan ke-3401 di dunia.

5. BINUS University


Familiar dengan namanya? BINUS University memang populer karena telah mencetak prestasi di kancah nasional maupun internasional. Hal tersebut membuatnya masuk dalam daftar 5 besar universitas terbaik di ibukota. BINUS University juga meraih peringkat ke-33 di Indonesia dan ke-3338 di dunia.

Universitas ini memiliki lima kampus di Jakarta. Pembagian tempatnya dilakukan berdasarkan pilihan jurusan. Tidak perlu khawatir dengan aksesnya, BINUS University dapat didatangi dengan berbagai jenis transportasi. Hal tersebut memudahkan mahasiswa dalam menimba ilmu.

4. Universitas Mercu Buana


Sejak didirikan pada 22 Oktober 1985, universitas ini terus berusaha meningkatkan kualitasnya. Pihak kampus menyediakan tenaga pengajar dan fasilitas penunjang yang baik. Tidak heran apabila universitas ini meraih peringkat ke-28 di Indonesia dan ke-3010 di dunia. Kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

Universitas Mercu Buana memiliki empat kampus yang tersebar di berbagai lokasi. Kampus utama (Kampus A) berada di daerah Meruya, Jakarta Barat. Kampus B berada di Menteng, Jakarta Pusat. Kampus C berada di Depok, Jawa Barat. Sedangkan Kampus D berada di Bekasi, Jawa Barat. Setiap kampus dilengkapi dengan fasilitas penunjang yang baik. Para mahasiswa juga dapat mengaksesnya dengan cukup mudah melalui berbagai transportasi.

3. Universitas Terbuka


Berkat prestasinya, Universitas Terbuka berhasil masuk dalam daftar 3 besar universitas terbaik di Jakarta. Tidak hanya itu, kampus ini juga meraih peringkat ke-21 di Indonesia dan ke-2841 di dunia. Nama besar dan reputasinya yang baik telah terdengar hingga ke mana-mana. Tidak heran apabila banyak orangtua yang mendaftarkan anaknya ke sana. Universitas Terbuka dipercaya dapat memberi pendidikan yang berkualitas.

Universitas terbuka berdiri pada 4 September 1984. Sistem pendidikan yang digunakan adalam pembelajaran secara terbuka dan jarak jauh. Cara tersebut dilakukan untuk melakukan pemerataan pendidikan tinggi di Indonesia, terutama di daerah-daerah terpencil. Jadi, para mahasiswa tidak perlu datang langsung ke kampusnya untuk menuntut ilmu.

2. Gunadarma University


Universitas ini memiliki 14 kampus yang digunakan untuk kegiatan perkuliahan. Gedung-gedungnya tersebar di Jakarta dan Depok, Jawa Barat. Pihak kampus menyediakan fasilitas yang baik untuk setiap gedung. Jadi, para mahasiswa lebih optimal dalam belajar dan mencetak prestasi. Banyak mahasiswa Gunadarma University yang berhasil meraih prestasi dalam berbagai ajang nasional dan internasional.

Hingga kini, Gunadarma University terus berusaha meningkatkan sarana dan prasarananya. Hal tersebut membuatnya meraih peringkat kedua sebagai universitas terbaik di ibukota. Tidak hanya itu, Gunadarma University juga meraih peringkat ke-16 di Indonesia dan ke-2416 di dunia. Tertarik untuk menjadi bagian darinya? Sebaiknya siapkan diri dengan baik agar bisa lulus dari tes masuk Gunadarma University.

1. Universitas Indonesia


Inilah universitas terbaik pertama di Jakarta! Selain itu, UI juga meraih peringkat ke-3 di Indonesia dan ke-909 di dunia. Nama besar UI telah terdengar ke mana-mana. Tidak heran apabila setiap tahun ada banyak sekali calon mahasiswa yang mendaftar. Tes masuknya terkenal ketat, jadi hanya sekian persen pendaftar yang dapat lulus. Hal tersebut membuat mereka memiliki kebanggaan tersendiri apabila berhasil diterima. Tidak hanya dari Jakarta dan sekitarnya, para pendaftar UI juga berasal dari berbagai kota di Indonesia.

Universitas Indonesia terletak di dua lokasi, yakni Jakarta dan Depok. Kampus UI Depok membuka Fakultas Teknik, Psikologi, Hukum, Ekonomi, Farmasi, dan sebagainya. Sedangkan Kampus UI Salemba membuka Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, Program Pascasarjana Multidisiplin, Program Ekstensi, dan sebagainya. Masing-masing memiliki akreditas yang bagus. Tertarik untuk mendaftar di UI? Siapkan diri dengan baik, secara akademis maupun mental.