15 Gambar Meme Terpopuler di Internet

Yang dimaksud dengan meme adalah sebuah gambar, gambar bergerak, ataupun video yang banyak digunakan untuk mengekspresikan sebuah humor, candaan, sindiran, ataupun hal-hal lain di internet. Biasanya, gambar-gambar tersebut juga dilengkapi dengan teks tertentu untuk memperjelas makna yang terkandung di dalamnya.

Fenomena internet meme (baca: "miim") di dunia maya belakangan ini benar-benar luar biasa dan sudah menjadi bagian dari budaya modern. Tak hanya itu, ada beberapa website seperti 9gag, 4chan, Reddit, 1cak, dan lain-lain yang memuat sebagian besar informasi mereka dalam bentuk meme. Hebatnya lagi, website tersebut cukup populer dan dikunjungi oleh jutaan user setiap harinya. Nah, kali ini, Top10Indo akan menyajikan daftar gambar meme paling populer yang banyak digunakan di seluruh dunia, baik dalam forum, dalam jejaring sosial, blog, dan lain-lain.

Image Credits: Flickr.com via Creative Commons

15. Overly Attached Girlfriend


Meme ini digunakan untuk menunjukkan seorang wanita yang sangat posesif (pencemburu, sangat merasa memiliki) pada pacarnya. Wanita tersebut merasa sudah memiliki sang pacar, dan tidak segan-segan untuk melakukan hal-hal yang terdengar aneh dan sedikit mengerikan untuk membuat sang pacar tidak pergi dari sisinya. Gambar meme Overly Attached Girlfriend berasal dari video seorang wanita bernama Laina Walker dalam sebuah video YouTube yang berjudul "JB Fanvideo" yang dibuat untuk kontes yang diadakan oleh Justin Bieber.


14. Doge


Sebuah meme yang sangat populer di tahun 2013. "Doge" pada dasarnya adalah gambar sebuah anjing Shiba dengan ekspresi wajah yang lucu, alis naik, seolah sedang memikirkan sesuatu. Doge digunakan untuk mendeskripsikan sesuatu, dan seolah-olah deskripsi tersebut terjadi di dalam pikiran sang anjing. Kata-kata tersebut sederhana, dan terkadang mengandung kesalahan dalam segi tata bahasa. Contohnya untuk mendeskripsikan sebuah film horor terbaik, sang pembuat meme akan meletakkan tulisan "wow", "much horror", "so scare". Meme Doge diambil dari foto seekor anjing bernama Kabosu milik seorang guru bernama Atsuko Sato.


13. Scumbag Steve


Scumbag Steve adalah gambar meme yang digunakan untuk menunjukkan seseorang yang sangat menyebalkan, tidak tahu berterimakasih, dan tidak ragu untuk membuat orang lain kesusahan demi kesenangannya sendiri. Meme ini menggambarkan seorang anak muda dengan wajah merah, berdiri di depan pintu dengan wajah kemerahan. Topi yang dipakai oleh Scumbag Steve ini bahkan dikembangkan menjadi meme tersendiri untuk melambangkan sesuatu yang memiliki karakter seperti Scumbag Steve (contoh, di atas gambar otak terdapat topi Scumbag Steve, dengan teks yang menunjukkan bahwa sang otak ingin mempersulit kita dengan kekhawatiran dan ketakutan). Sosok asli Scumbag Steve adalah seorang pria yang tinggal di Amerika Serikat dan bernama Blake Boston.


12. Good Guy Greg


Kebalikan dari Scumbag Steve, Good Guy Greg adalah meme yang digunakan untuk mendeskripsikan seseorang yang sangat baik, suka menolong dan membantu orang lain. Good Guy Greg menggambarkan sosok laki-laki yang sedang merokok dan tersenyum di hadapan kamera. Hingga saat ini, sudah ada beberapa orang yang mengaku bahwa ia adalah sosok yang ada dalam gambar Good Guy Greg, namun belum ada yang bisa memastikan manakah orang yang asli dalam gambar tersebut.


11. Success Kid


Sebuah meme yang digunakan untuk menggambarkan keberuntungan dan kesuksesan yang sering tidak terduga. Success Kid menunjukkan seorang balita yang mengepalkan tangannya, dengan ekspresi wajah puas. Foto ini sebenarnya adalah hasil jepretan seorang fotografer bernama Laney Griner, dengan putranya yang saat itu masih berusia 11 bulan, Sammy, sebagai modelnya. Foto ini pertama kali diunggah di akun Flickr sang fotografer di tahun 2007 dan diangkat menjadi sebuah meme pada tahun 2011.


10. Bad Luck Brian



Kebalikan dari Success Kid, Bad Luck Brian adalah meme yang menggambarkan nasib sial yang menimpa seseorang. Foto ini menggambarkan seorang pemuda yang nampak culun, dengan senyuman yang terkesan bodoh dan menimbulkan rasa kasihan. Pada tahun 2012, diketahui bahwa identitas Bad Luck Brian adalah seorang pemuda bernama "Kyle", dan foto tersebut diambil di acara pemotretan kelas saat ia berada di kelas 7.


9. Grumpy Cat




Grumpy Cat adalah foto seekor kucing dengan wajah muram yang kemudian menjadi viral dan diangkat menjadi sebuah meme. Gambar Grumpy Cat yang disertai dengan teks biasanya dipakai untuk mengekspresikan kemarahan dan ketidakpedulian terhadap sesuatu (diikuti dengan sarkasme). Foto Grumpy Cat pertama kali dipublikasikan oleh pemiliknya, Bryan Bundesen dan langsung mendapat jutaan views hanya dalam beberapa hari saja.


8. True Story


Sebuah meme yang digunakan untuk menunjukkan bahwa cerita yang diupload oleh seseorang (biasanya dalam bentuk Rage Comics) adalah sebuah cerita yang benar-benar terjadi. Biasanya, meme ini dipasang di bagian akhir cerita untuk meyakinkan para pembaca. "True Story" diambil dari sosok Barney Stinson dalam serial TV "How I Met Your Mother", di mana ia sedang mengangkat sebuah gelas wine dengan tangan kanannya.


7. Philosolaptor


Meme ini menampilkan sosok raptor (sejenis dinosaurus) yang sering mengajukan berbagai pertanyaan filosofis, paradoks, dan retoris yang berkaitan dengan kehidupan manusia, alam semesta, dan hal-hal eksistensial lainnya. Seiring dengan berjalannya waktu, meme Philosolaptor juga digunakan untuk mempertanyakan berbagai hal yang sifatnya lebih ringan. Meme ini pada awalnya adalah sebuah desain kaos yang dibuat pada tahun 2008.


6. Y U No


Sebuah gambar meme yang dipakai untuk mengekspresikan kekesalan dalam bentuk pertanyaan sugestif. Y U No ("Why You No?", atau "Why don't you?") dalam bahasa Indonesia berarti  "Mengapa kamu tidak....?". Meme ini berasal dari sebuah manga Jepang berjudul Gantz, pada adegan dalam chapter 55 dan dipublikasikan pada tahun 2002.


5. You Don't Say?




You Don't Say adalah sebuah meme yang dipakai untuk menunjukkan keheranan (dalam bentuk sarkasme) karena orang lain mengungkapkan sesuatu yang kebenarannya sudah jelas-jelas diketahui. Misalkan ada seseorang yang berkata, "Eh, jangan hujan-hujanan ya, nanti bajumu basah!." Kalimat tersebut bisa direspon dengan meme You Don't Say. Meme ini berasal dari foto Nicholas Cage dalam film Vampire's Kiss yang ditayangkan pada tahun 1988.


4. Forever Alone


Satu lagi meme yang juga sering digunakan dalam Rage Comics. Forever Alone Guy menunjukkan seseorang yang selalu sendiri, biasanya sering diasosiasikan dengan seorang jomblo (tidak mempunyai pacar). Belum diketahui secara pasti siapa yang pertama kali menciptakan meme ini, namun menurut berbagai sumber Forever Alone pertama kali dipublikasikan dalam website FunnyJunk pada tahun 2010.


3. Me Gusta


"Me Gusta" adalah sebuah kata dalam bahasa Spanyol yang berarti "I Like It" atau "Gue suka!". Meme ini menunjukkan ekspresi seseorang yang terlihat puas, sedikit menyeramkan, dan biasanya dipakai untuk mengekspresikan kepuasan setelah melihat, mengalami, atau merasakan sesuatu. Meme ini pertama kali dibuat oleh Matt Oswald pada tahun 2010 dan secara perdana diupload dalam website 4chan.


2. Trollface


Salah satu meme yang sangat populer dan hampir selalu ditemui dalam setiap Rage Comics. Trollface menunjukkan wajah yang sedang tersenyum lebar, dengan mata menyipit. Ekspresi yang ditunjukkan dalam Trollface seolah menunjukkan ekspresi jahil, iseng, dan merencanakan sesuatu yang tidak terduga. Trollface diciptakan oleh Carlos Ramirez hanya dengan menggunakan Microsoft Paint, dan kemudian diunggah ke akun DeviantArt miliknya.


1. Wajah Yao Ming



Versi kartun dari wajah pebasket Yao Ming ini biasanya sering diikuti dengan kata-kata "B*tch, please!". Meme ini digunakan untuk merespon sebuah pernyataan yang jelas-jelas salah, tidak sesuai dengan fakta, dan terkesan bodoh. Gambar meme yang sangat populer ini diambil dari foto dalam sebuah konferensi pers di tahun 2009, saat Yao Ming tertawa karena kata-kata rekan setimnya, Ron Artest. Meme ini penggunannya sudah sangat universal dan sangat lazim ditemukan dalam Rage Comics.