10 Tempat Wisata Terindah di Korea Selatan

Sebagai salah satu tujuan wisata terpopuler di Asia, Korea Selatan memiliki berbagai tempat wisata yang keindahannya layak dipuji. Tempat-tempat ini bahkan kerap muncul dalam drama-drama K-pop yang sering kita saksikan di televisi, beberapa bahkan dipakai sebagai setting videoklip musisi ternama dari Negeri Ginseng tersebut.

Jika anda berencana untuk mengunjungi Korea Selatan dalam waktu dekat, tak ada salahnya membaca artikel dari Top10Indo berikut ini. Di sini kami akan menyajikan lokasi yang layak untuk dikunjungi karena memiliki keindahan alam, nuansa historis, ataupun kesan romantis yang pastinya akan sangat berkesan.


10. Lotte World

Image Credit: Wikimedia Commons
Lotte World adalah sebuah theme park (taman hiburan) indoor / dalam ruangan terbesar di dunia yang tercatat dalam Guinness World Record dan selalu buka sepanjang tahun. Tempat ini juga memiliki sebuah taman hiburan di luar ruangan yang disebut dengan "Magic Island", sebuah pulau buatan di tengah-tengah danau yang dihubungkan oleh monorail, di mana di dalamnya terdapat pusat perbelanjaan, hotel mewah, museum rakyat Korea, fasilitas olahraga, dan bioskop.

Dibuka pada tanggal 12 Juli 1989, Lotte World adalah kompleks taman hiburan terbesar di Seoul, Korea Selatan. Tempat ini menerima lebih dari 8 juta pengunjung setiap tahun dan dianggap sebagai salah satu taman hiburan kelas dunia di Asia selain Tokyo Disney Resort.


9. Seoraksan (Gunung Seorak)


Seoraksan adalah gunung tertinggi di pegunungan Taebaek di provinsi Gangwon di timur Korea Selatan. Tempat ini terletak di taman nasional dekat kota Sokcho. Setelah gunung berapi Hallasan di Pulau Jeju dan Gunung Jiri di bagian selatan, Seoraksan adalah gunung tertinggi ketiga di Korea Selatan.

Puncak Daechongbong Seoraksan mencapai ketinggian lebih dari 1.700 meter. Rantai pegunungan Taebaek sering dianggap sebagai tulang punggung semenanjung Korea yang di dalamnya terdapat banyak legenda menarik.


8. Namiseom Island (Winter Sonata)


Bagi pecinta drama romantis Korea, Nami Island adalah tempat yang wajib dikunjungi. Tempat ini adalah salah satu lokasi di mana drama Winter Sonata difilmkan. Tentu saja, kesan romantis dan indah bisa mengingatkan anda pada adegan dalam film.

Namiseom Island adalah pulau buatan yang dibangun saat konstruksi bendungan Cheongpyeong. Pulau ini berbentuk setengah lingkaran dan di atasnya terdapat makam Jenderal Nami, tokoh yang memimpin kemenangan besar melawan pemberontak dalam masa pemerintahan Dinasti Joseon.


7. Everland


Dioperasikan oleh Samsung Group, Everland adalah taman hiburan terbesar di Korea Selatan dengan luas mencapai 100 hektar. Dengan 8,6 juta pengunjung per tahun, lpkasi ini berada di peringkat keempat dunia sebagai taman yang paling banyak dikunjungi. 

Taman ini adalah memiliki lebih dari 40 wahana dan atraksi mewah. Selain itu ada pula 'Safari World' yang menampilkan harimau putih, harimau loreng, singa dan beruang. Safari World ini bahkan memungkinkan para pengunjung untuk berinteraksi dengan beberapa hewan secara langsung.


6. Cheong Wa Dae


Cheongwadae adalah kantor eksekutif dan kediaman resmi Presiden Republik Korea. Kalimat tersebut bisa  secara harfiah diterjemahkan sebagai "paviliun beratap biru."

Sesuai dengan namanya, hal yang paling pertama kali tampak menonjol dari bangunan ini adalah genting atapnya yang berwarna biru, berpadu indah dengan arsitektur yang elegan, dilatarbelakangi panorama pegunungan Bugaksan yang membentang indah.

Bangunan-bangunan unik Cheong Wa Dae terdiri dari Kantor Pusat, Yeongbingwan (Guest House), Chunchugwan (Paviiun Musim Semi dan Gugur), Nokjiwon (rumput hijau), Bukit Mugunghwa (Rose of Sharon), dan Seven Palaces (Tujuh Istana).

Ada juga mingguan Militer yang diadakan setiap pagi hari di akhir pekan.


5. Bukchon Hanok Village


Terletak di antara dua istana, Gyeongbokgung dan Changdeokgung, desa yang terletak di Seoul ini terdiri dari puluhan rumah tradisional Korea Selatan yang terbuat dari kayu.

Area Bukchon adalah daerah perumahan tradisional di Seoul yang menyajikan kebudayaan dari 600 tahun silam bangsa Korea. Lokasinya mencerminkan pemandangan neo-Konfusianisme, sebuah filosofi yang banyak menjelaskan tentang dunia dan alam yang berkembang selama masa pemerintahan Dinasti Joseon.

Arsitektur Hanok menempatkan penekanan besar pada fitur topografi tanah. Pengaturan struktural, layout, dan unsur  estetika lainnya disajikan dengan apik, cocok bagi anda yang ingin mencoba masuk dalam kehidupan tradisional masyarakat Korea Selatan.


4. N Seoul Tower

Flickr.com via Creative Commons
N Seoul Tower terletak di Gunung Namsan. Dari atas menara ini anda bisa menyaksikan pemandangan panorama kota. Tempat ini telah menjadi simbol dari Seoul sejak pertama kali dibuka untuk umum pada tahun 1980.

N Seoul Tower baru-baru ini mengalami renovasi besar untuk menambah berbagai fasilitas yang disediakan bagi para turis. Sekarang anda bisa menemukan ruang budaya yang di dalamnya diisi dengan berbagai pertunjukan, pemutaran film, pameran lukisan serta terdapat pula restoran kelas atas dan snack bar. Tempat ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi jika anda berada di Seoul.


3. Dongdaemun


Dongdaemun adalah lokasi grosir dan dikenal sebagai distrik perbelanjaan terbesar Korea yang memiliki 26 shopping mall, 30.000 toko-toko khusus suvenir, dan 50.000 produsen. Lokasi ini buka dari pukul 10:30 pagi hingga jam 05:00 pagi, kecuali hari Senin & beberapa hari libur. Dongdaemun adalah lokasi di mana anda benar-benar dapat berbelanja sepanjang malam.

Aksesoris dan pakaian yang dijual di wilayah ini adalah jenis yang tren fashion terbaru di dunia. Barang-barang yang dijual diimpor dan diekspor mengikuti permintaan pasar internasional. Singkat kata, Dongdaemun adalah tempat yang harus dikunjungi bagi anda yang suka berbelanja baju.


2. Gyeongbokgung


Gyeongbokgung Palace bisa dibilang sebagai istana yang paling indah dan tmegah dari semua istana yang terdapat di Korea Selatan.

Kata Gyeongbokgung bisa diterjemahkan sebagai "Istana Kebahagiaan yang Bercahaya". Tempat ini sempat dibakar pada saat pendudukan Jepang tahun 1592-1598 dan memiliki nilai histori yang kuat. Gyeongbokgung terdiri dari 7.700 kamar dan sempat mengalami renovasi di masa kepemimpinan dinasti Heungseondaewongun dalam periode pemerintahan Raja Gojong.

Selain istana yang megah, ada pula National Palace Museum of Korea yang terletak di selatan Heungnyemun Gate, dan Museum Rakyat Nasional yang terletak di sebelah timur Hyangwonjeong. Kedua tempat ini juga layak dikunjungi jika anda kebetulan berada di Gyeongbokgung.


1. Myeongdong


Myeongdong adalah distrik perbelanjaan utama dan paling terkenal Seoul. Tak ada tempat yang lebih baik untuk berbelanja di Korea Selatan daripada Myeong-dong, di mana anda bisa menemukan segala macam barang bermerek internasional yang dijual dengan harga yang relatif lebih murah. 

Myeongdong juga memiliki sangat banyak restoran keluarga, restoran cepat saji, dan berbagai gerai yang menyajikan masakan Korea, Barat dan Jepang. Makanan paling terkenal dari daerah ini adalah kalguksu (mie tebal) yang wajib untuk dicoba. Singkatnya, Myeongdong sangat cocok untuk dijadikan sebagai lokasi wisata kuliner di Korea Selatan.