10 Universitas Terbaik di Dunia

Apa sajakah 10 perguruan tinggi terbaik di dunia?  Berdasarkan data yang dirilis oleh sebuah surat kabar pendidikan terbesar di Inggris yang bernama Times Higher Education, berhasil didapatkanlah daftar universitas terbaik di dunia tahun 2013 yang dirilis pada awal bulan Juni 2013.  Berdasarkan penelitian, Times Higher Education pun merilis daftar 400 perguruan tinggi paling berkualitas pada periode 2013

Nah, pada artikel kali ini, Top10Indo akan membahas 10 universitas yang berhasil menduduki peringkat teratas daftar ini.  Ranking disusun berdasarkan beberapa faktor, antara lain kualitas pengajaran, kualitas riset, fasilitas dan infrastruktur, jumlah pelajar dan pengajar asing, serta reputasi universitas tersebut di dunia internasional.  Langsung saja, berikut daftarnya:

Image Credit: Wikimedia Commons


10.  University of Chicago


Skor keseluruhan  :  90,4

Universitas yang terletak di Amerika Serikat ini dikenal memiliki lebih banyak mahasiswa S-2 dan S-3 daripada mahasiswa S-1.  Hal inilah yang membuat University of Chicago mendapatkan skor yang sangat tinggi untuk jumlah jurnal dan penelitian ilmiah yang dipublikasikan.  Universitas ini sudah didirikan sejak tahun 1890  oleh salah satu tokoh ternama Amerika Serikat, John D. Rockefeller.

Lulusan ternama dari University of Chicago antara lain adalah Goldman Sachs (salah satu businessman terkaya di dunia), Paul Wolfowitz (Presiden Bank Dunia), dan William Mackenzie King (perdana menteri Kanada).



9.  University of California, Berkeley


Skor keseluruhan : 90,5

University of California unggul tipis dari University of Chicago dalam daftar ranking universitas terbaik di dunia.  Jika menilik sejarahnya, memang perguruan tinggi ini pantas masuk sebagai yang paling berkualitas.  Vitamin E pertama kali ditemukan di universitas ini, virus flu juga diidentifikasi oleh ilmuwan dari sini, dan hukum perceraian Amerika Serikat juga dirumuskan oleh para ahli di Universitas California.

Sejauh ini, sudah ada setidaknya 20 alumni University of California yang menjadi penerima hadiah nobel.  Perguruan tinggi ini memiliki sekitar 36.000 mahasiswa, dan 10.000 di antaranya belajar di jenjang S-2 serta S-3.



8.  Imperial College London


Skor keseluruhan:  90,6

Imperial College London adalah satu dari tiga universitas non-Amerika Serikat yang berhasil masuk dalam daftar 10 besar universitas terbaik di dunia.  Universitas ini memiliki sejarah yang cukup panjang dan sudah berdiri lebih dari satu abad, tepatnya didirikan pada tahun 1907.  Saat itu, Imperial College masih menjadi bagian dari University of London dan baru pada tahun 2007 meraih status sebagai universitas independen.

Universitas ini hanya mempunyai 4 fakultas yang dinilai menjadi spesialisasinya, yaitu fakultas sains, fakultas kedokteran (medicine), fakultas teknik, dan fakultas bisnis.  Imperial College London memiliki satu gedung universitas utama dan 7 kampus yang menampung kurang lebih 12 ribu mahasiswa lokal dan asing.



7.  University of Cambridge


Skor keseluruhan : 92,6

Universitas Cambridge adalah universitas tertua dalam daftar ini, berlokasi Cambridge, Inggris.  Universitas ini sudah berdiri sejak tahun 1209 dan alumninya pun bukanlah tokoh sembarangan yang memegang peranan penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan dunia.  Sebut saja Isaac Newton dengan teori gravitasinya, Charles Darwin dengan teori evolusinya, dan Alan Turing yang berhasil menciptakan prototipikal rumus komputer pertama di dunia.  Tak heran jika University of Cambridge selalu masuk ke dalam daftar 10 besar universitas terbaik dunia dalam berbagai versi.  Dibandingkan universitas lain, Cambridge memiliki skor untuk jumlah pengajar dan staf asing yang cukup tinggi, yaitu 83,6.



6.  Princeton University


Skor keseluruhan : 92,7

Berlokasi di Princeton, Amerika Serikat, perguruan tinggi ini sudah berdiri sejak tahun 1746.  Princeton juga termasuk sebagai universitas swasta yang masuk ke dalam daftar Ivy League (universitas-universitas paling elit di Amerika Serikat) dan sejauh ini sudah menghasilkan 30 penerima hadiah Nobel yang tersebar di seluruh dunia.

Secara fasilitas dan infrastruktur, Princeton memang luar biasa berkelas.  Kampus ini berdiri di atas area seluas lebih dari 500 hektar dan area sebesar itu digunakan untuk menampung "hanya" 5.000 mahasiswa S-1 dan 2.500 mahasiswa pascasarjana.



5.  Massachusetts Institute of Technology (MIT)


Skor keseluruhan:  93,1

Universitas yang dikenal sebagai kampusnya orang-orang paling jenius dalam bidang teknologi ini terletak di Cambridge, Amerika Serikat.  Selama perjalanan panjangnya sejak didirikan 150 tahun yang lalu, MIT sudah melahirkan lebih dari 70 penerima nobel.  Tentu saja, kebanyakan penerima nobel tersebut adalah ilmuwan jenius yang bergerak dalam bidang sains dan teknologi.

Walaupun dikenal sebagai sebuah institut teknologi, MIT juga ternyata memiliki jurusan ilmu sosial, seni dan manajemen.  Semua fakultas tersebut berdiri di area seluas 168 hektar di sekitar sungai Charles, dan berhasil mengakomodasi lebih dari 10.000 mahasiswa asing dan lokal.



4.  Harvard University


Skor keseluruhan:  93,6

Memang sedikit mengejutkan melihat Harvard yang biasanya bertengger di posisi pertama ranking universitas terbaik dunia kini "hanya" duduk di peringkat keempat.  Ya, universitas ini memang reputasinya sudah luar biasa terkenal.  Bahkan saking terkenalnya, ada jaminan bahwa anda akan menjadi seorang jutawan apabila berhasil masuk Harvard.

Didirikan oleh John Harvard pada tahun 1636, universitas ini sudah melahirkan tokoh-tokoh yang sudah berhasil mengubah dunia.  Sebut saja Ban Ki-moon, F.D.  Roosevelt, Benazir Bhutto, bahkan Mark Zuckerberg pun pernah mencicipi pendidikan di Harvard University.



3.  Stanford University


Skor keseluruhan:  93,7

Stanford berhasil unggul tipis dari Harvard dalam daftar 10 perguruan tinggi terbaik di dunia versi Times Higher Education ini.  Memang jika ditilik prestasinya belakangan ini, Stanford sudah bisa menyamai bahkan di beberapa bidang mengungguli Harvard University.  Reputasinya sebagai universitas dengan sekolah bisnis terbaik di dunia pun terdengar kian populer.

Universitas yang didirikan pada tahun 1891 ini terbilang sangat selektif dalam menyaring mahasiswanya.  Dari seluruh pelamar, Stanford rata-rata hanya menerima 7 persen dari total pelamar tersebut.  Alumninya pun bukan main-main, di antaranya adalah pendiri Google dan Hewlett Packard.



2.  University of Oxford


Skor keseluruhan:  93,7

University of Oxford berhasil berbagai posisi kedua dengan Stanford University karena total skor yang sama persis, sejumlah 93,7.  Universitas tua yang berlokasi di Oxford, Inggris ini dikenal melahirkan politikus-politikus top dunia.  Terhitung 26 perdana menteri Inggris dan setidaknya 30 kepala negara adalah alumni University of Oxford.

Sudah berdiri sejak abad ke-13, Oxford dikenal sebagai universitas tertua nomor tiga di dunia.  Universitas ini memiliki mahasiswa asing dari seluruh penjuru dunia dan mendapatkan nilai nyaris sempurna (98,1) untuk riset yang sudah dijalankan dengan sukses dan dipublikasikan secara internasional.



1.  California Institute of Technology


Skor keseluruhan: 95,6

Di tahun 2013 ini, California Institute of Technology atau yang lazim disebut Caltech ini berhasil merebut predikat sebagai universitas terbaik di dunia.  Wajar, kampus yang terletak di dekat industri film terbesar di dunia, Hollywood, ini memiliki prestasi yang sangat gemilang dan berhasil mengalahkan MIT di berbagai kompetisi teknologi internasional.

Caltech sejauh ini telah menghasilkan lebih dari 30 alumni penerima Nobel.  Mahasiswa-mahasiswa dan tokoh dari California Institute of Technology ini juga berperan besar dalam membuat kota California mendapat julukan sebagai "Silicon Valley" alias pusat industri perkomputeran dan teknologi terbesar di dunia.

Benar-benar luar biasa bukan sejarah dan kualitas universitas-universitas terbaik di dunia ini?  Jika anda memiliki tekad kuat dan mau bekerja keras, bukan tidak mungkin anda mengenyam kesempatan untuk belajar di salah satu perguruan tinggi ini.  Baca pula artikel "10 Cara Memperoleh Beasiswa Keluar Negeri" dari kami untuk menambah referensi dan pengetahuan anda.

Artikel Lainnya