10 Film Kartun Animasi Terbaik

Para pecinta Pixar dan Walt Disney tentu masing-masing sudah mempunyai daftar dan pendapat pribadi tentang film kartun animasi yang pantas mendapat gelar "terbaik".  Ya, walaupun kebanyakan film animasi tiga dimensi ditargetkan untuk anak-anak, namun banyak juga  orang dewasa yang ikut tertarik untuk menontonnya.  Ini karena film animasi tersebut tidak hanya lucu dan menghibur, namun juga memiliki jalan cerita yang bahkan juga bisa dinikmati oleh orang dewasa.  Nah, dalam artikel ini, Top10Indo akan membahas daftar film kartun animasi 3 dimensi terbaik yang pernah diproduksi.  Selain memukau, film-film ini juga layak untuk disaksikan karena memiliki kualitas yang sangat bagus.  Berikut daftarnya:

Image Credit: Flickr.com, Creative Commons



10.  Despicable Me



Siapapun yang sudah menonton film "Despicable Me" pasti gemas melihat ulah Agnes, anak kecil polos yang sangat lucu.  Film "Despicable Me" yang versi keduanya juga akan dirilis di pertengahan tahun 2013 ini memiliki petuah yang sangat indah:  rasa cinta kasih pada akhirnya akan selalu bisa mengalahkan kebencian, kejahatan, dan dendam yang tersimpan selama sekian tahun.

Film ini bercerita tentang seorang penjahat bernama Gru yang mengadopsi anak-anak kecil dari panti asuhan, salah satunya bernama Agnes.  Pada awalnya, Gru berniat menggunakan anak panti asuhan tersebut untuk melaksanakan suatu rencana jahat.  Apa yang dilakukan Agnes hingga akhirnya bisa mengubah pikiran ilmuwan super jahat ini?



9.  Monster Inc.



Banyak yang beranggapan bahwa "Monster Inc." adalah salah satu pelopor film tiga dimensi pertama di dunia.  Ya, film yang diproduksi pada tahun 2001 ini meraih sukses besar di pasaran sejak hari pertama dirilis di bioskop.  Cerita dalam "Monster Inc." sebenarnya cukup sederhana, di mana ada sepasang sahabat monster bernama Sullivan dan Mike yang memiliki tugas untuk menakuti sebanyak mungkin anak kecil.  Semakin tinggi ketakutan anak tersebut, meteran yang mereka bawa akan terisi semakin penuh.  Namun akhirnya tujuan mereka untuk menakut-nakuti anak kecil berubah menjadi sebuah petualangan seru untuk menyelamatkan seorang gadis lucu bernama Boo.



8.  Shrek



Film Shrek yang hingga saat ini sudah dirilis hingga seri ketiga bisa disebut sebagai salah satu film animasi 3 dimensi terbaik.  Film ini berkisah tentang kekuatan cinta dan arti sebenarnya dari sebuah cinta.  Shrek menunjukkan bahwa yang paling utama dari rasa cinta bukanlah penampilan fisik, namun komitmen dan kemauan untuk saling menyayangi.

Film ini berkisah tentang kehidupan seorang ogre (raksasa penunggu rawa) bernama Shrek.  Ia terlibat dalam suatu misi, menyelamatkan seorang putri cantik dari menara yang dijaga oleh naga.  Jika anda mengikuti film Shrek, maka anda bisa melihat perkembangan sang Ogre, mulai dari petualangan yang menyeramkan, menikah, hingga akhirnya mempunyai banyak anak yang lucu.



7.  How to Train Your Dragon



Film ini bercerita tentang petualangan seorang anak kecil dan naganya.  Dalam cerita ini, naga adalah makhluk yang paling diburu karena merusak pedesaan dan menghancurkan pemukiman manusia.  Seorang anak kecil bernama Hiccup, kebetulan berhasil menemukan seorang naga yang sedang terluka.  Alih-alih membunuh sang naga tersebut, Hiccup merasa tidak tega dan akhirnya bersahabat baik dengan sang naga yang diberi nama Toothless.  How to Train Your Dragon adalah salah satu film animasi paling sukses dan memiliki jalan cerita yang memukau.  Film ini bahkan dinominasikan untuk meraih Academy Award dan berhasil meraih keuntungan lebih dari 500 juta Dollar Amerika.



6.  Finding Nemo



Finding Nemo mungkin adalah sebuah film animasi yang sangat mengharukan.  Film ini berkisah tentang ikan badut bernama Nemo yang terpisah dari ayahnya, dan pada akhirnya terperangkap di sebuah akuarium di dunia manusia.  Sang ayah pun tidak tinggal diam, di mana ia berusaha mencari anaknya walaupun harus menempuh jarak ribuan kilometer.

Selain indah dan penuh perjuangan, film Finding Nemo juga penuh dengan berbagai adegan lucu yang bisa membuat anda tertawa.  Sekuel film ini nampaknya juga sedang dalam proses pembuatan, dan bakal dipastikan mendapat sambutan yang hangat dari pecinta film animasi.



5.  Up



Film ini sebenarnya sangat sederhana namun fantastis dan menyentuh.  Film Up bercerita tentang seorang kakek tua yang bermimpi untuk menjelajah dunia dengan balon udara yang diikatkan ke rumah kayunya.  Kebetulan, mimpi itu ia bangun bersama istrinya yang baru saja meninggal, sehingga sang kakek berada di puncak kesedihan.

Untung saja, datang seorang anak gemuk berseragam pramuka bernama Russel.  Secara tidak sengaja, mereka berdua terjebak dalam petualangan yang aneh, lucu, dan ajaib di sebuah hutan dan padang rumput Afrika.  Anda bisa dipastikan banyak tertawa ketika menyaksikan film ini.



4.  Toy Story 2



Pernahkah anda berpikir bahwa mainan-mainan anda sebenarnya bisa bergerak dan hidup sendiri ketika anda tidak melihatnya?  Ya, konsep inilah yang berusaha ditampilkan oleh serial Toy Story yang pertama kali dipublikasikan pada tahun 1995.  Toy Story 2 dirilis pada tahun 1999, dengan animasi yang lebih indah dan jalan cerita yang lebih menyentuh.

Film ini berkisah tentang perjuangan mainan-mainan milik seorang anak bernama Andy untuk membebaskan Woody, mainan favorit Andy yang dicuri oleh seorang kolektor barang antik.  Berbagai misi pun dilakukan oleh mainan-mainan tersebut, dipimpin oleh Buzz Lightyear, seorang miniatur astronot.  Film ini sangat seru, menegangkan, namun juga mengagumkan.



3.  The Incredibles



Mungkin kita sudah biasa menonton film superhero yang dikaruniai kemampuan khusus untuk menyelamatkan dunia.  Dalam film The Incredibles, kita akan  melihat satu keluarga yang semuanya memiliki kekuatan super dan semuanya memiliki peran penting untuk mencegah para penjahat membumi hanguskan kota tempat tinggal mereka.

The Incredibles bisa disebut sebagai salah satu film animasi terbaik karena memiliki makna yang sangat dalam.  Film ini berkisah bahwa sepenting apapun pekerjaan yang kita lakukan, keluarga adalah prioritas pertama yang harus diutamakan.



2.  Wall-E



Wall-E bisa dibilang sebagai sebuah film animasi yang paling sukses baik di pasaran maupun di antara kritikus film internasional.  Secara keseluruhan, film ini berhasil meraih keuntungan kurang lebih 521 USD.  Tak hanya itu, Wall-E juga berhasil memenangkan Golden Globe Award dan sederet penghargaan bergengsi lainnya di dunia film.

Film ini berkisah tentang kehidupan robot kecil bernama Wall-E di masa depan.  Ia menjadi satu-satunya robot yang tersisa setelah bumi mengalami kerusakan parah karena pola hidup manusia yang seenaknya.  Selain memiliki cerita yang mengharukan, Wall-E juga memiliki makna untuk mengajak kita lebih mencintai lingkungan.



1.  Toy Story 3



Serial ketiga dari Toy Story yang dirilis pada tahun 2010 ini memang pantas mendapat gelar sebagai film kartun animasi terbaik.  Ini karena Toy Story berhasil membuat banyak orang yang menyaksikannya meneteskan air mata, termasuk juga para bintang film tenar Hollywood yang pada akhirnya memberikan banyak pujian untuk Toy Story 3.

Film ini berkisah tentang kesedihan para mainan yang mulai tidak dipedulikan lagi oleh pemiliknya yang beranjak dewasa.  Mainan-mainan ini hanya menunggu nasib di gudang, kesepian, dan khawatir jika suatu saat akan dibuang oleh sang pemilik.  Bagi anda pecinta film animasi, Toy Story 3 wajib disaksikan.  Film ini tentu akan menjadi salah satu film kartun animasi paling berkesan dalam hidup anda.