10 Cara Mengatasi Sakit Gigi

Sakit gigi bisa menjadi sebuah penyakit yang benar-benar mengganggu aktivitas keseharian kita.  Bagaimana tidak, sakit gigi memiliki efek langsung pada syaraf-syaraf dalam tubuh, dan akibatnya tak hanya gigi yang terasa ngilu, namun juga kepala dan daerah di sekitar mata.  Nah, dalam artikel kali ini, Top10Indo akan berbagi cara dan tips ampuh untuk mengatasi sakit gigi.

Secara umum, ada tiga metode berbeda untuk mengatasi sakit gigi: metode alami, metode medis, dan pencegahan.  Anda bisa memilih untuk menggunakan salah satu metode tersebut, atau menggabungkan berbagai cara dari ketiga metode yang berbeda tersebut.  Langsung saja, berikut caranya:

by John Dill, Flickr.com via Creative Commons


10.  Penggunaan bawang putih

Bawang putih dikenal sebagai bahan alami paling ampuh untuk mengatasi sakit gigi.  Ini karena bawang putih memiliki kandungan antibiotik alami yang bisa membunuh kuman-kuman penyebab sakit gigi.  Selain itu, bawang putih juga memiliki zat anti bakterial bernama "Allicin" dalam jumlah cukup tinggi yang sangat efektif untuk mengurangi serbuan dari bakteri.

Cara penggunaan bawang putih sebagai obat sakit gigi cukup mudah.  Tumbuk bawang putih hingga halus, beri sedikit garam pada tumbukan tersebut, dan oleskan tumbukan bawang putih pada gigi yang sakit.  Anda akan merasakan sedikit sensasi panas di sekitar mulut, dan itu adalah pertanda bahwa zat alami pada bawang putih mulai bereaksi untuk membasmi kuman gigi.



9.  Kompres es


Kompres es memang tidak bisa menyembuhkan sakit gigi secara permanen, namun yang jelas metode ini bisa mengurangi rasa sakit yang menyengat di gigi anda.  Selain mudah, murah, dan cepat, efek samping dari penggunaan kompres es untuk mengatasi sakit gigi sama sekali tidak ada.

Cara membuat kompres es pun cukup mudah.  Masukkan es ke dalam botol minuman atau tempat makanan yang berukuran kecil.  Pastikan agar tempat tersebut terisi penuh.  Setelah itu, balutlah botol minuman tersebut dengan kain handuk kecil.  Gunakan botol minuman berisi es yang sudah dibalut handuk untuk mengompres gigi yang sakit dari luar.



8.  Air garam hangat

Air garam yang hangat merupakan salah satu alternatif termudah dan murah untuk mengatasi sakit gigi secara alami.  Cara pembuatannya hampir sama seperti membuat larutan oralit.  Rebus air hingga hangat (suam-suam kuku).  Tambahkan dua sendok teh garam, dan kemudian gunakanlah larutan air garam tersebut untuk berkumur-kumur.

Sama seperti bawang putih, air garam memiliki khasiat untuk membersihkan mulut dari berbagai bakteri penyebab rasa sakit.  Untuk hasil yang lebih maksimal, anda bisa melumuri gigi yang sakit dengan minyak zaitun (olive oil) setelah berkumur-kumur).



7.  Penggunaan Painkiller


Painkiller adalah obat pembunuh rasa sakit yang bisa secara sementara menghilangkan rasa sakit gigi.  Biasanya, obat-obat ini tidak dijual dengan bebas dan harus dibeli dengan resep dokter.  Salah satu painkiller dosis rendah yang bisa anda beli tanpa resep adalah "Paracetamol" yang juga berfungsi untuk mengobati sakit kepala.

Walaupun memiliki efek yang sangat ampuh, painkiller seperti "Tylenol" dan "Ibuprofen" tidak bisa mengobati sakit gigi secara permanen.  Sakit itu akan kembali muncul setelah dosis obat habis, apabila bakteri-bakteri dalam mulut tidak dibasmi secara total.



6.  Bersihkan mulut anda secara menyeluruh

Menjaga kebersihan mulut dan gigi merupakan metode pencegahan sekaligus langkah yang harus diambil ketika anda sedang mengalami sakit gigi.  Mulut dan gigi yang bersih otomatis terbebas dari bakteri, dan bakteri-bakteri inilah yang menyebabkan gigi anda berlubang.  Oleh karena itu, disarankan untuk menggosok gigi secara teratur, sebelum tidur, saat bangun tidur, dan sesudah makan.

Selain membersihkan dengan odol dan pasta gigi, anda bisa juga menggunakan "dental floss" atau "benang gigi" untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.  Pastikan juga untuk tidak melupakan kebersihan area gusi, lidah, dan langit-langit mulut anda.



5.  Peppermint


Peppermint tidak hanya biasa ditemukan dalam permen karet, namun ternyata banyak juga ditemukan sebagai campuran obat-obat alami, termasuk obat sakit gigi.  Selain memiliki rasa segar yang menimbulkan sensasi dingin di mulut, peppermint juga terbukti ampuh untuk membunuh dan menghambat laju bakteri penyebab sakit gigi.

Anda bisa mengunyah daun peppermint, menumbuknya hingga halus dan mengoleskannya ke gigi yang sakit, atau menggunakannya sebagai campuran dalam teh herbal.  Rasa sensasi mentol yang dingin dari peppermint juga berfungsi mengurangi rasa sakit dengna cukup signifikan.



4.  Mengurangi makanan manis

Memang nasihat ini mungkin sudah sering kita dengar dari para orang tua kita.  Jika kita ingin sehat, hindarilah makan makanan yang manis seperti permen.  Ternyata, nasihat ini bukan sekedar mitos.  Makanan manis memiliki kandungan glukosa dan karbohidrat yang tinggi, dan zat-zat ini ternyata bisa mengikis email yang melindungi gigi dan menyebabkan gigi menjadi rusak.

Bagi anda yang hobi makan-makanan manis, cobalah untuk sedikit menguranginya.  Bila anda makan sesuatu yang sangat manis dan lengket seperti dodol, wajik, atau kue-kue tradisional Indonesia  lainnya, sempatkanlah untuk menggosok gigi anda sesudahnya.



3.  Kunyah daun jambu biji


Mungkin metode ini terkesan aneh, namun terbukti merupakan obat alami paling manjur untuk mengatasi sakit gigi selain bawang putih.    Caranya pun cukup mudah, ambil beberapa lembar daun jambu biji, lalu kunyah di dalam mulut hingga air dalam daun tersebut keluar.  Arahkanlah air daun di dalam mulut anda pada gigi yang sakit.

Jika anda tidak ingin mengunyah daun jambu biji mentah-mentah, rebuslah kira-kira 4-5 lembar daun di dalam air hingga mendidih.  Setelah dingin, tambahkan garam pada air rebusan tersebut, lalu gunakan air tersebut untuk berkumur-kumur.  Ingat, jangan ditelan.



2.  Tambal atau cabut gigi yang rusak

Metode yang paling ampuh jika ternyata pengobatan alami tersebut tidak efektif dalam mengatasi sakit gigi adalah dengan cara menambal gigi yang berlubang atau mencabut gigi yang sudah sama sekali rusak.  Ingat, jangan menunda-nunda untuk melakukan pencabutan atau penambalan, karena semakin lama anda menunda, semakin banyak bakteri yang berkembang biak dalam mulut anda.

Ada banyak orang yang merasa takut untuk melakukan penambalan atau pencabutan gigi.  Padahalm langkah ini sangat penting dan harus segera diambil jika gigi anda mengalami kerusakan.  Jangan khawatir, saat ini pengobatan dan pembiusan sudah sangat canggih sehingga rasa sakit yang anda rasakan akan sangat minimal.



1.  Kunjungi dokter gigi secara teratur


Pastikan untuk melakukan kunjungan ke dokter gigi secara berkala, setidaknya 2 kali dalam satu tahun.  Kunjungan dan konsultasi secara teratur bisa membuat kesehatan mulut dan gigi anda lebih termonitor, sehingga berbagai penyakit dan kerusakan gigi akan lebih mudah terdeteksi.  Sangat disarankan juga untuk melakukan pembersihan gigi secara medis setiap kali anda mengunjungi dokter gigi.

Mengunjungi dokter gigi secara teratur bisa dibilang sebagai langkah pencegahan yang cukup ampuh untuk mengatasi sakit gigi.  Oleh karena itu, pastikan anda meluangkan waktu di tengah-tengah kesibukan anda untuk mengunjungi dokter gigi.  Semoga tips dari kami bermanfaat bagi anda!