10 Game PlayStation 2 Terbaik

Berikut ini adalah daftar game-game PlayStation 2 (PS2) terbaik sepanjang masa, yang bisa membuat anda mengenang masa-masa indah bersama konsol yang kini sudah tidak lagi diproduksi.  Memang, setelah booming konsol PlayStation (PSX) di akhir tahun 90-an, PlayStation 2 dianggap sukses meneruskan kejayaan pendahulunya.  Konsol produksi Sony ini terbukti mampu melahirkan game-game bersejarah dan penuh kenangan.

Jika beberapa waktu lalu kami merilis artikel tentang "10 Game PlayStation 1 Terbaik", kali ini kami akan fokus membahas game-game berkualitas dari sang adik.  Nah, apa sajakah game PS2 yang bisa membuat anda merasa kagum, tertawa, dan tentu saja terhibur?  Berikut daftarnya dari Top10Indo  :

by William Hook, Flickr.com, Creative Commons



10.  Resident Evil 4



Rating  : 9,3 (Gamespot)

Penggemar game zombie tentu sudah sangat hafal dengan serial Resident Evil.  Nah, untuk konsol Playstation 2, game Resident Evil 4-lah yang dianggap sebagai game terbaik.  Dalam game ini, anda berperan sebagai Leon S. Kennedy yang berusaha membebaskan seorang putri presiden yang diculik.  Berbeda dari sebelumnya, musuh yang anda hadapi kali ini bukanlah zombie, tapi sekelompok penduduk desa yang brutal (kanibal?) dan haus darah bernama Los Ganados.  Selain itu, ada juga berbagai monster-monster lain, seperti manusia gergaji mesin, penyihir, dan makhluk lainnya.  Dari sudut pandang sebagai game action, Resident Evil 4 sangat seru untuk dimainkan, serta memiliki jalan cerita yang bisa membuat anda merasa terus penasaran untuk menyelesaikannya.



9.  Winning Eleven 8



Rating : 9,3 (Gamespot)

Pecinta game PlayStation pasti sudah hafal dengan nama besar Jikkyou Winning Eleven.  Game ini dinobatkan sebagai salah satu  game sepakbola terbaik yang sangat populer dan setiap kali kita berkunjung ke sebuah rental PS, pasti selalu ada saja yang memainkannya.  Kelebihan utama Winning Eleven sebagai sebuah game sepakbola adalah gameplaynya yang cepat dan lancar, serta mode Master League yang memungkinkan kita melakukan aktivitas jual beli pemain.  Di antara seri-seri lainnya, Winning Eleven 8 yang dirilis pada tahun 2005 dianggap mempunyai kualitas yang paling prima.



8.  Tekken Tag Tournament



Rating : 9,6

Tekken Tag Tournament adalah salah satu game pertama yang diluncurkan untuk konsol PS2, dan saat itu sangat gencar dipromosikan.  Memang, serial Tekken telah terlebih dahulu menuai sukses besar di konsol PlayStation sehingga cukup mudah untuk meraih perhatian gamer dan fans dari permainan ini.

Tidak berbeda jauh dari pendahulunya, Tekken Tag Tournament menawarkan sebuah pertarungan 3 Dimensi yang disajikan dengan grafis memukau.  Desain karakter para petarungnya pun luar biasa keren dan bagus, sehingga membuat para gamer merasa senang memainkannya.  Sebut saja beberapa nama besar seperti Hwoarang, Jin Kazama, Xiaoyu, Nina Williams, dan masih banyak lagi.



7.  Guitar Hero II



Rating: 9,5 (IGN)

Tak banyak game bertema musik yang bisa sukses di pasaran.  Jangankan sukses, game-game jenis ini biasanya juga sangat sedikit penggemarnya, bahkan dibilang gagal dijual.  Anggapan ini dipatahkan oleh serial Guitar Hero, yang menuai kesuksesan dan kejayaan di konsol PlayStation 2.  Tidak hanya sukses secara penjualan, Guitar Hero II bahkan layak disebut sebagai salah satu game PS2 terbaik.

Memainkan game ini bisa membuat anda merasa seolah-olah menjadi rockstar di atas konser musik.  Musik yang disajikan benar-benar berkualitas, ditambah lagi tingkat kesulitan yang sangat menantang untuk diselesaikan.  Benar-benar suatu game yang unik, berbeda, dan berkualitas.



6.  Gran Turismo 4



Rating : 9,5 (IGN)

Hingga saat ini, ada beberapa judul video game balap yang bisa bersaing dan mempunyai banyak fans, seperti Gran Turismo, Need For Speed, dan Forza.  Untuk konsol PS2, Gran Turismo-lah yang layak dianggap sebagai game balap terbaik.

Bagi penggemar mobil, Gran Turismo 4 adalah sebuah game yang benar-benar memuaskan.  Ada kurang lebih 700 mobil yang bisa anda pilih dan modifikasi untuk diadu dalam 100 lebih lintasan balap di berbagai negara.  Fitur-fitur yang ditawarkan dalam game ini juga super keren, dan anda bisa benar-benar merasa seperti seorang King of the Road ketika memainkannya.



5.  Kingdom Hearts



Rating: 9,0 (IGN)

Bagi anda pecinta game third person action pasti sudah sangat familiar memainkan Kingdom Hearts series di konsol Playstation 2.  Game ini terbilang cukup revolusioner dan berani karena mengadaptasi konsep yang benar-benar berbeda, yaitu menggabungkan karakter anime a la Final Fantasy dengan berbagai karakter Walt Disney seperti Gufi, Mickey Mouse, dan Donald Duck.

Mungkin banyak orang yang menganggap Kingdom Hearts sebagai sebuah game yang kekanak-kanakkan.  Tapi jangan salah, game ini memiliki jalan cerita yang serius dan mengharukan.  Belum lagi gameplay yang luar biasa, di mana anda bisa melakukan berbagai macam magic yang sangat mengagumkan dan unik.  Sangat revolusioner!



4.  Grand Theft Auto: San Andreas (GTA Series)



Rating: 9,6 (Gamespot)

Serial Grand Theft Auto (GTA) tentu saja sudah dikenal luas oleh para gamer di seluruh dunia, karena game ini merupakan salah satu game open world terbaik yang pernah diproduksi.  Ada tiga versi GTA yang dirilis untuk konsol PS2, yaitu GTA III, GTA Vice City, dan GTA San Andreas.  Semuanya sangat mengagumkan dan menjanjikan gameplay yang mengasyikkan.

Di antara ketiga seri tersebut, GTA San Andreas-lah yang dinilai paling unggul.  Selain memiliki berbagai fitur baru, game ini juga menjanjikan sebuah kota yang sangat menarik untuk dieksplorasi, San Andreas.  Anda bisa melakukan apapun, mulai dari balap mobil, pencurian, hingga teror masal.  Sungguh sebuah game yang cocok untuk menghilangkan stres.



3.  Devil May Cry



Rating: 9,1 (Gamespot)

Kesuksesan Devil May Cry yang hingga saat ini dikenal sebagai salah satu game action adventure paling populer tidak lepas dari serial pertamanya yang dirilis untuk konsol PS2.  Dirilis pada tahun 2001, Devil May Cry membuat sebuah gebrakan baru dalam genre action-adventure.  Di sini anda tidak hanya sekedar berjalan dan membantai musuh.  Ada jalan cerita yang menarik, musuh-musuh yang keren, serta berbagai magic dan skill yang bisa anda gunakan untuk membantai mereka.  Game ini sangat memuaskan, asyik dimainkan, dan memiliki kontrol yang sangat responsif.  Memainkan Devil May Cry membuat anda merasa berada dalam dunia fantasi dan berperan melawan setan-setan kejam dan jahat.



2.  Final Fantasy X



Rating: 9,3 (Gamespot)

Banyak yang berpendapat bahwa Final Fantasy X merupakan serial Final Fantasy yang pertama dirilis untuk PS2 sekaligus yang terbaik.  Ya, kisah petualangan seorang gadis summoner  bernama Yuna dan kekasihnya yang bernama Tidus menjadi daya tarik tersendiri dari game ini.

Selain grafis yang meningkat drastis dari serial Final Fantasy yang diproduksi di konsol PSX, FF X juga menjanjikan sistem battle yang asyik serta para Guardian Force yang bisa diajak berkomunikasi.  Game ini juga sangat panjang dan memiliki banyak side-quest untuk diselesaikan.  Yang jelas, anda sama sekali tidak akan bosan menikmati keindahan game karya Square Soft ini.



1.  Metal Gear Solid 3



Rating: 9,6 (IGN)

Grafis yang memukau, gameplay yang menantang, serta adanya jalan cerita yang menarik membuat Metal Gear Solid menjadi sebuah game action yang sempurna.  Sangat layak untuk menyebut game ini sebagai salah satu game terbaik PlayStation 2 karena selama kurang lebih 15 jam memainkan story mode, anda akan mendapatkan kepuasan yang luar biasa.

Seperti dalam Metal Gear Solid seri sebelumnya, di game ini anda diharuskan untuk melakukan stealth atau membasmi musuh secara diam-diam.  Di sini anda tidak bisa seenaknya muncul dan menghabisi musuh tersebut, melainkan harus menggunakan berbagai strategi yang menguras  otak, namun sangat memuaskan ketika berhasil dijalankan dengan sempurna.

Artikel Lainnya