10 Tokoh Kartun Favorit Semasa Kecil

Siapa sajakah tokoh kartun dan anime favorit anda semasa kecil?  Jika kebetulan anda lahir di akhir tahun 80-an dan awal 90-an pasti akan hafal dengan daftar 10 tokoh kartun berikut ini.  Memang, daftar yang kami buat didominasi oleh tokoh-tokoh dari film akhir tahun 90-an dan awal 2000-an, di mana saat itu film kartun dan anime boleh dibilang sedang jaya-jayanya di Indonesia.  Langsung saja, berikut 10 tokoh kartun favorit semasa kecil versi Top10Indo  :

By David Pursehouse, Flickr.com.  Creative Commons



10.  Pikachu



Siapa sih yang tidak kenal dengan tokoh lucu berwarna kuning ini?  Pikachu menjadi idola banyak anak kecil di dunia, termasuk anak-anak Indonesia.  Petualangannya bersama Ali dalam menjelajah dunia Pokemon benar-benar seru dan sangat menarik untuk diikuti.  Pikachu mengemban misi untuk mengumpulkan data seluruh Pokemon yang total berjumlah 151 sekaligus membasmi para penjahat yang mencoba merusak kedamaian.

Pikachu pantas disebut sebagai tokoh kartun favorit karena penampilannya yang menggemaskan.  Walaupun tidak bisa berbahasa manusia, Pikachu dikenal sebagai Pokemon yang paling setia dalam menemani perjalanan Ali dan kawan-kawannya.



9.  Son Goku



Pecinta Dragon Ball pasti kenal baik dengan sosok Son Goku.  Bagaimana tidak, ia adalah karakter utama dari anime legendaris ciptaan Akira Toriyama ini.  Dalam Dragon Ball, kita bisa mengikuti perkembangan Son Goku mulai dari kecil, remaja, hingga menikah dan punya anak.  Di sepanjang hidupnya, Goku juga selalu menghadapi berbagai petualangan dan pertempuran seru yang menarik untuk diikuti.

Saat ini, Goku bisa disebut sebagai salah satu tokoh anime paling kuat.  Konon, kekuatannya bisa disejajarkan dengan Superman, jika yang digunakan pembanding adalah tokoh-tokoh superhero.  Selain kuat, Goku juga adalah seorang yang sangat baik hati, polos, dan menyayangi teman serta keluarganya.  Pantas saja jika akhirnya banyak yang mengidolakan tokoh ini.



8.  Cardcaptor Sakura  (Sakura Kinomoto)



Sakura Kinomoto adalah anak sekolah menengah (SMP) yang memiliki kekuatan spesial untuk menangkap monster-monster ke dalam kartu.  Monster-monster jahat yang sudah ditangkap ini kemudian bisa ia jinakkan dan ia pergunakan untuk melawan monster-monster lainnya.

Cerita Card Captor Sakura memang sangat unik dan lucu.  Banyak tokoh-tokoh di dalamnya yang masih membekas di ingatan kita, seperti Li Shaoran dan Kero, hewan lucu peliharaan Sakura.  Serial ini pertama kali ditayangkan di TPI pukul 6 pagi, dan sejak itu mendapat sambutan yang cukup meriah dari anak-anak Indonesia.



7.  Power Rangers



Power Rangers memang bukan termasuk tokoh anime atau kartun, namun saya merasa harus memasukkan sekelompok jagoan ini sebagai salah satu tokoh favorit semasa kecil.  Bagaimana tidak, Power Rangers menjadi tontonan wajib setiap hari minggu pagi, dan kita pasti akan kecewa jika acara ini tidak ditayangkan karena ada pertandingan tinju dunia.

Dari sekian banyak Ranger, biasanya anak laki-laki akan memfavoritkan Jason (Ranger Merah), sedangkan anak wanita akan memilih Kimberly (Ranger Pink).  Cerita menjadi semakin seru ketika Tommy (Ranger Hijau/ Putih) ikut bergabung dengan para Rangers dalam usaha mereka melawan para penjahat yang dipimpin oleh Rita Repulsa.



6.  Ninja Hattori



Ninja Hattori adalah salah satu manga paling tua yang pernah beredar di Indonesia, yang pertama kali dibuat di tahun1950-an.  Film kartunnya yang tayang pada hari minggu pagi juga disukai oleh anak-anak karena ceritanya yang simpel, lucu, dan mengandung banyak pesan bermanfaat.

Hattori adalah seorang ninja Iga yang menumpang hidup di rumah Kenichi bersama adiknya Shinzo dan anjingnya Shishimaru.  Di sana, ia bertemu dengan rival beratnya, Kimimaki dan kucingnya yang selalu mencoba menjahili Kenichi.  Wajar saja jika Hattori cukup kerepotan untuk memastikan bahwa Kenichi selalu aman dari gangguan Kimimaki.



5.  Tom and Jerry



Tom and Jerry adalah film kartun favorit saya di sore hari.  Cerita dari kartun ini sebenarnya sangat simpel, yaitu usaha Tom si kucing untuk menangkap Jerry si tikus.  Namun setelah ratusan episode, ada saja intrik yang dimiliki Jerry untuk berhasil lepas dari kejaran Tom.  Film kartun ini sangat seru untuk ditonton, dan selalu berhasil membuat kita tertawa terbahak-bahak.

Sebagai anak kecil, tentunya kita mengidolakan si Jerry, tikus protagonis cerdik yang selalu berhasil menemukan 1001 cara mengakali Tom.  Namun terkadang, saya juga merasa kasihan dan dalam hati ingin satu kali saja Tom berhasil menangkap Jerry dan mewujudkan keinginannya.



4.  Kapten Tsubasa 



Ada masa di mana ketika hampir semua anak lelaki di Indonesia ingin menjadi pemain sepak bola.  Masa-masa itu adalah saat anime kartun Tsubasa menjadi hit di televisi.  Yap, anime ini bercerita tentang kisah Tsubasa Ozora menggapai impiannya menjadi seorang pesepakbola profesional, dari turnamen tingkat SD hingga bisa mewakili Jepang ke tingkat dunia.

Saat ini, mungkin akan terasa konyol apabila mengingat berbagai adegan absurd di film Tsubasa.  Tendangan super keras yang bisa merobek gawang, tendangan yang bisa mengeluarkan animasi macan, satu pertandingan yang bisa berlangsung hingga 5 episode, dan masih banyak lagi hal lainnya.  Namun bagi anak yang menyaksikan saat itu, tidak ada hal lain yang terlintas kecuali kekerenan kapten Tsubasa memimpin teman-temannya di atas lapangan.



3.  Sailor Moon



Sailor Moon adalah tokoh kartun favorit bagi anak-anak perempuan.  Yap, anime ini memang sangat feminin, penuh dengan tokoh anime cantik, kisah percintaan, dan pertempuran yang sangat "kecewek-cewekan".  Tokoh utama anime ini adalah seorang pelajar SMP bernama Usagi Tsukino yang mendapatkan kekuatan dari bulan untuk berubah menjadi seorang Sailor.

Selain Sailor Moon, ada pula berbagai Sailor lainnya yang tak kalah cantiknya.  Sebut saja Sailor Uranus, Sailor Mars, Sailor Merkurius, Sailor Jupiter, dan lain-lain.  Ada pula tokoh Tuxedo Bertopeng, seorang lelaki tampan yang kelak akan menjadi kekasih Usagi.



2.  Ksatria Baja Hitam



Satu lagi tokoh non-anime/ kartun yang harus saya masukkan dalam daftar tokoh favorit semasa kecil.  Ksatria Baja Hitam adalah salah satu film paling populer yang mungkin ditonton oleh seluruh anak Indonesia pada masa itu yang mempunyai akses ke televisi.  Ceritanya juga sebenarnya simpel dan monoton dari episode ke episode.  Ada monster jahat yang menyerang bumi, Kotaro Minami berubah menjadi Ksatria Baja Hitam, bertarung melawan musuh, menggunakan jurus maut, dan akhirnya membuat monster meledak berkeping-keping.  Bagi anak yang lahir di tahun 80-an dan 90-an, Ksatria Baja Hitam akan selalu menjadi kenangan manis yang selalu hidup dalam memori mereka.



1.  Doraemon



Nah, akhirnya kita sampai pada tokoh kartun favorit semasa kecil yang paling legendaris, Doraemon.  Yap, robot kucing dari abad ke-22 ini tampaknya akan terus hidup dan dicintai oleh anak-anak di seluruh dunia.  Petualangannya bersama Nobita, Suneo, Giant, dan Shizuka tampaknya akan menjadi cerita yang tidak pernah membosankan untuk terus ditayangkan.

Doraemon mungkin bisa dibilang sebagai satu-satunya kartun tahun 90-an yang masih tersisa dan masih ditayangkan di hari Minggu hingga saat ini.  Wajar, setiap cerita di Doraemon memang sangat lucu, kreatif, dan selalu mengandung nilai pelajaran yang bisa kita ambil hikmahnya.

Artikel Lainnya