20 Universitas Terbaik di Indonesia Tahun 2018


Ingin kuliah di universitas yang berkualitas? Ada berbagai kampus yang bisa dipilih, baik negeri maupun swasta. Masing-masing memiliki kelebihan tersendiri. Ada yang unggul secara sistem pendidikan, fasilitas penunjang, prospek kerja setelah lulus, dan sebagainya. Berikut ini adalah 20 universitas terbaik di Indonesia tahun 2018.

20. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)


Kampus yang terletak di Yogyakarta ini menempati urutan ke-20 se-Indonesia. Secara internasional, rankingnya adalah 2815. Pencapaian tersebut sesuai dengan kualitas yang ditawarkan. Selama ini UNY terkenal sebagai kampus keguruan. Ada berbagai jurusan yang ditawarkan, seperti Pendidikan Matematika, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Olahraga, dan sebagainya. UNY juga berhasil meraih peringkat kedua sebagai universitas keguruan terbaik di Indonesia.

19. Universitas Sriwijaya (UNSRI)


UNSRI berada di Palembang, Sumatra Selatan. Selama bertahun-tahun, kampus ini telah meluluskan banyak mahasiswa berkualitas. Pendidikannya ditunjang oleh fasilitas yang memadai. Bahkan, para mahasiswa bisa menggunakan sarana bus dan kereta api di lingkungan kampus. Tidak heran apabila UNSRI menempati peringkat ke-19 di Indonesia dan ke-2711 di dunia.

18. Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang (IAIN Walisongo)


Sesuai namanya, institut ini berlandaskan nilai-nilai luhur agama Islam. Para mahasiswa tidak hanya diajari secara teori dan praktik, tetapi juga secara keagamaan. Tidak heran apabila para lulusannya memiliki kualitas yang baik secara keahlian dan akhlak. Berkat hal tersebut, IAIN Walisongo meraih peringkat ke-18 di Indonesia dan ke-2623 di dunia. Tertarik untuk mengenal universitas ini lebih jauh? Datang saja langsung ke kampusnya di Semarang.

17. Universitas Hasanudin (UNHAS)


Ingin menempuh studi di Sulawesi? Salah satu pilihan yang tepat adalah UNHAS. Universitas ini berlokasi di Makassar, Sulawesi Selatan. Setiap tahun ada berbagai fakultas yang dibuka, baik di bidang sains maupun sosial. Banyak calon mahasiswa yang tertarik mendaftar ke sana. Sebab, UNHAS disebut-sebut sebagai universitas terbaik nomor satu di Sulawesi. Secara nasional, peringkatnya adalah 17. Bagaimana dengan secara internasional? UNHAS berhasil meraih peringkat 2558.

16. Universitas Gunadarma (UG)


Jika ingin kuliah di ibukota, Universitas Gunadarma adalah pilihan yang patut dipertimbangkan. Kampus ini terletak di dua tempat, yakni Jakarta dan Depok, Jawa Barat. Para mahasiswa akan merasakan langsung tinggal di kota yang penuh kesibukan dan tuntutan. Hal tersebut dapat merangsang mereka untuk lebih keras belajar. Bagaimana dengan peringkat UG di Indonesia? Universitas ini meraih peringkat ke-16 secara nasional dan 2416 secara internasional.

15. Universitas Riau (UNRI)


Universitas yang terletak di Riau ini memiliki reputasi yang bagus karena telah meraih berbagai prestasi. Para mahasiswa didukung dan difasilitasi untuk mengikuti bermacam-macam kompetisi, baik akademis maupun non-akademis. Tidak heran apabila UNRI masuk dalam daftar tiga besar universitas terbaik di Sumatra. Selain itu, UNRI juga meraih ranking ke-15 di Indonesia dan ke-2410 di dunia.

14. Universitas Sebelas Maret (UNS)


Familiar dengan namanya? Universitas yang terletak di Solo, Jawa Tengah ini memang salah satu pilihan favorit bagi calon mahasiswa. Ada berbagai fakultas yang dibuka dan memiliki akreditasi baik. Dari segi finansial, mahasiswa UNS juga bisa lebih hemat karena biaya hidup di Solo relatif murah. Bagaimana dengan kedudukannya secara nasional? UNS meraih posisi ke-14 di Indonesia dan ke-2367 di dunia. Tidak heran apabila banyak orang yang mendaftar ke UNS setiap tahunnya.

13. Universitas Kristen Petra (UKP)


Ingin kuliah sambil belajar lebih dalam tentang agama Kristen? Universitas Kristen Petra adalah pilihan yang cocok. Sesuai namanya, kampus ini mendasarkan sistem kuliah pada nilai-nilai luhur agama Kristen. Para mahasiswa dididik untuk lebih bersimpati dan menolong sesama. Hal tersebut menjadi nilai tambah bagi UKP. Tidak heran apabila universitas ini meraih peringkat ke-13 di Indonesia dan ke-2344 di dunia.

12. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)


Jika tertarik menjadi guru atau tenaga pendidik lainnya, pertimbangkanlah untuk kuliah di UPI. Selama bertahun-tahun, universitas ini dipercaya telah meluluskan banyak calon pendidik yang berkualitas. Jurusan yang dibuka pun beragam. Para mahasiswa juga didukung oleh program mengajar langsung ke sekolah-sekolah untuk memperkaya pengalaman. Hal tersebut membuat UPI menjadi kampus keguruan terbaik di Indonesia. Secara nasional, UPI meraih peringkat ke-12. Sedangkan secara internasional, peringkatnya 2342.

11. Universitas Syiah Kuala (UNSYAH)


UNSYAH terletak di Aceh. Kampus ini terkenal akan sistem pendidikannya yang kental akan ajaran Islam. Banyak jurusannya yang berfokus pada studi keislaman. Tertarik untuk kuliah di UNSYAH? Tidak perlu ragu pada kualitasnya, sebab UNSYAH meraih posisi ke-11 di Indonesia dan ke-2329 di dunia.

10. Universitas Lampung (UNILA)


Berkat prestasinya, UNILA berhasil masuk dalam daftar 10 besar universitas terbaik di Indonesia. Universitas ini terletak di Lampung. Selama bertahun-tahun, banyak lulusan berkualitas yang telah dihasilkan. Hal itu membuat UNILA dijuluki sebagai kampus terbaik di Sumatra. Secara internasional, UNILA juga meraih peringkat ke-2078.

9. Universitas Padjajaran (UNPAD)


Selain meraih peringkat ke-9 di Indonesia, UNPAD juga meraih peringkat ke-1913 di dunia. Kampusnya terletak di dua tempat, yakni Bandung dan Jatinagor. Pembagian lokasi didasarkan pada jurusan yang dipilih. Tidak perlu khawatir, UNPAD menyediakan berbagai jurusan untuk calon mahasiswa.

8. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)


Ingin mendalami bidang teknologi saat kuliah? ITS bisa menjadi pilihan yang tepat. Universitas ini membuka berbagai jurusan di bidang teknologi. Tidak hanya diajari secara teori, para mahasiswa juga diajari untuk praktik. Banyak karya-karya teknologi berkualitas yang telah dihasilkan. Hal tersebut membuat ITS menempati ranking ke-8 di Indonesia dan ke-1887 di dunia.

7. Institut Pertanian Bogor (IPB)


Universitas ini sangat cocok untuk orang-orang yang ingin memelajari bidang pertanian. IPB terletak di Bogor, Jawa Barat. Lingkungannya yang sejuk tepat untuk menjadi lahan praktik mahasiswa pertanian. Tertarik untuk kuliah di sana? Tidak perlu ragu dengan kualitasnya, sebab IPB meraih peringkat ke-7 di Indonesia dan ke-1554 di dunia.

6. Universitas Diponegoro (UNDIP)


UNDIP dikenal sebagai universitas terbaik ke-6 di Indonesia. Bahkan secara internasional, kampus ini meraih peringkat ke-1528. Di mana letak kampusnya? UNDIP berlokasi di Tembalang, Semarang, Jawa Tengah. Setiap tahun banyak mahasiswa yang datang dari berbagai daerah untuk kuliah di UNDIP.

5. Universitas Brawijaya (UNIBRAW)


Universitas ini terletak di Malang, Jawa Timur. Berkat kualitasnya yang terus meningkat, UNIBRAW meraih peringkat ke-5 di Indonesia.

4. Universitas Airlangga (UNAIR)


UNAIR berlokasi di Surabaya, Jawa Timur. Universitas ini meraih posisi ke-4 di Indonesia dan ke-1440 di dunia.

3. Universitas Indonesia (UI)


Berkat kualitas kampus dan mahasiswanya, UI berhasil meraih peringkat ke-3 di Indonesia dan ke-909 di dunia. Lokasinya dibagi menjadi dua tempat, yaitu Depok (Jawa Barat) dan Salemba (Jakarta).

2. Institut Teknologi Bandung (ITB)


ITB berhasil meraih peringkat ke-2 sebagai universitas terbaik di Indonesia. Secara internasional, peringkatnya adalah 819 di dunia. Kampus ITB terletak di Bandung yang lingkungannya sejuk dan nyaman.

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)


Inilah universitas terbaik di Indonesia! Selama puluhan tahun, UGM memiliki nama besar dan reputasi yang baik. Peringkatnya secara internasional adalah 781. Tertarik untuk kuliah di UGM? Survey langsung saja ke kampusnya yang terletak di Yogyakarta.