10 Universitas Terbaik di Sumatra Tahun 2018


Tertarik untuk kuliah di Pulau Sumatra? Setiap tahun, ada berbagai universitas yang membuka pendaftaran untuk calon mahasiswa. Fakultas dan jurusan yang ditawarkan pun beragam. Agar tidak salah pilih, sebaiknya cari tahu dahulu informasi selengkap-lengkapnya. Berikut ini adalah 10 universitas terbaik di Sumatra tahun 2018.

10. Universitas Negeri Medan


Saat didirikan pada 23 Juni 1963, universitas ini bernama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Negeri Medan. Sebutannya diubah seiring dengan pergantian zaman. Saat ini, Universitas Negeri Medan dapat ditemukan di Jalan Pasar V Medan Estate, Kecamatan Medan Tembung, Medan. Lokasinya yang strategis membuat kampus ini tidak hanya diminati oleh mahasiswa Indonesia, tetapi juga oleh mahasiswa luar negeri khususnya Malaysia.

Universitas Negeri Medan telah meraih berbagai prestasi, salah satunya adalah Juara 2 dalam Olimpiade Sains Nasional Pertamina Bidang Biologi. Ada berbagai fakultas yang menerima mahasiswa setiap tahunnya, baik di bidang sains maupun sosial. Tes masuk universitas ini terkenal cukup ketat. Agar diterima, para pendaftar harus mempersiapkan diri dengan baik.

9. Universitas Bengkulu


Universitas yang terletak di Bengkulu ini berdiri pada 24 April 1982. Kampusnya dibagi menjadi tiga lokasi, yaitu di Cimanuk, Rawa Makmur, dan Air Sebakul. Universitas ini membuka jenjang diploma, sarjana, dan pascasarjana. Fakultas yang tersedia pun beragam. Para calon mahasiswa bisa memilih berbagai jurusan dan program studi baik di bidang sains maupun sosial.

Selama bertahun-tahun, Universitas Bengkulu telah mencetak berbagai prestasi yang membanggakan. Salah satunya adalah Juara 3 dalam Proyek Sains Kategori Rancang Bangun OSN Pertamina. Prestasi lainnya adalah Juara 7 dalam perlombaan mobil hemat bahan bakar yang bertema Indonesia Energy Marathon Challenge. Hal tersebut membuat Universitas Bengkulu tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Kampu[s ini bahkan masuk dal[am daftar 50 Universitas Terbaik di Indonesia oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

8. Universitas Islam Negeri Sulthan Syarif Kasim Riau


Universitas Islam Negeri Sulthan Syarif Kasim Riau memiliki akreditasi B. Kampus ini telah meraih banyak prestasi. Tidak hanya di bidang akademis, tetapi juga di bidang keagamaan. Para mahasiswa memang diajari untuk mendalami agama Islam.

Jurusan yang dibuka pun beragam. Ada 8 fakultas yang bisa dipilih, seperti Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Fakultas Syariah dan Hukum, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, hingga Fakultas Pertanian dan Peternakan. Tidak perlu ragu pada kualitasnya, sebab setiap tahun universitas ini telah meluluskan banyak mahasiswa berprestasi.

7. Universitas Jambi


Sejak berdiri pada tahun 1963, Universitas Jambi berusaha memberi yang terbaik untuk para mahasiswanya. Tidak heran apabila kampus ini berhasil meraih akreditasi B. Bahkan, Universitas Jambi meraih peringkat ke-43 dari 100 Pendidikan Tinggi Non-Politeknik Terbaik 2017 yang dinilai oleh Kementrian Riset dan Pendidikan Tinggi.

Apa saja fakultas yang disediakan oleh Universitas Jambi? Ada berbagai fakultas di bidang sains maupun sosial, seperti Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, hingga Kehutanan.

6. Universitas Sriwijaya


Kampus ini terletak di Palembang, Sumatra Selatan. Berkat kualitas pendidikannya yang terus meningkat, Universitas Sriwijaya berhasil meraih akreditasi A. Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi juga menilainya sebagai urutan ke-24 dari 100 Perguruan Tinggi Non-Politeknik Terbaik 2017.

Universitas Sriwijaya memiliki moto "Ilmu Alat Pengabdian". Di bawah naungan Kopertis II, universitas ini memiliki 10 fakultas. Di antaranya adalah Fakultas Teknik, Hukum, juga Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Masing-masing memiliki keunggulan tersendiri. Kampusnya berlokasi di dunia tempat, yakni Palembang dan Indralaya.

5. Universitas Negeri Padang


Universitas Negeri Padang memiliki moto "Alam Takambang jadi Guru". Di bawah naungan Kopertis X, kampus ini meraih akreditasi A. Ada 8 fakultas yang membuka pendaftaran setiap tahun. Di antaranya adalah Fakultas Teknik, Bahasa dan Seni, Keolahragaan, hingga Perhotelan dan Pariwisata. Masing-masing fakultas didukung oleh fasilitas yang baik.

Bagaimana dengan peringkatnya secara nasional? Oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Universitas Negeri Padang diberi posisi ke-28 dari 50 perguruan tinggi paling menjanjikan di Indonesia. Selain itu, Universitas Negeri Padang juga menempati posisi ke-67 dari 100 Perguruan Tinggi Non-Politeknik Terbaik 2017.

4. Universitas Syiah Kuala


Sejak berdiri pada 2 September 1961 di Aceh, universitas ini berhasil meraih kepercayaan masyarakat. Akreditasi A pun telah diraih. Selain itu, Universitas Syiah Kuala menduduki posisi ke-27 dalam 100 Perguruan Tinggi Non-Politeknik Terbaik 2017 yang dinilai oleh Kementrian Riset dan Pendidikan Tinggi.

Bagaimana dengan fakultas yang disediakan? Universitas ini memiliki beragam fakultas di bidang keagamaan. Para mahasiswa diajari untuk mendalami nilai-nilai agama Islam. Selain itu, ada juga fakultas-fakultas di luar bidang keagamaan seperti Fakultas Pertanian, Kedokteran, juga Kelautan dan Perikanan.

3. Universitas Andalas


Ingin kuliah di Sumatra Barat? Universitas Andalas adalah pilihan yang patut dipertimbangkan. Kampus yang berdiri pada 23 Desember 1955 ini dijuluki Kampus Hijau. Tidak perlu ragu pada kualitasnya, sebab Universitas Andalas telah meraih akreditasi A. Setiap tahun, banyak mahasiswa berkualitas yang lulus dari kampus ini.

Universitas Andalas memiliki 15 fakultas seperti Fakultas Kedokteran Gigi, Hukum, Peternakan, hingga Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Bagaimana dengan peringkatnya secara nasional? Kampus ini meraih posisi ke-8 dalam UI GreenMetric dan ke-12 dalam daftar 100 Perguruan Tinggi Non-Politeknik Terbaik 2017 yang dibuat oleh Kementrian Riset dan Pendidikan Tinggi.

2. Universitas Lampung


Universitas ini terkenal sebagai kampus tertua di Lampung. Sejak didirikan pada 23 September 1965, Universitas Lampung telah mencetak banyak mahasiswa berkualitas di berbagai bidang. Ada bermacam-macam program studi, seperti Kedokteran, Ekonomi dan Bisnis, hingga Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Tidak hanya memiliki sistem pendidikan yang baik, Universitas Lampung juga dilengkapi fasilitas penunjang yang lengkap. Ada sejumlah laboratorium untuk bidang-bidang yang berbeda, perpustakaan, dan sebagainya. Tidak heran apabila kampus ini meraih akreditasi A. Bahkan, Universitas Lampung menduduki posisi ke-18 dalam daftar 100 Perguruan Tinggi Non-Politeknik Terbaik 2017 oleh Kementrian Riset dan Pendidikan Tinggi.

1. Universitas Sumatra Utara


Inilah universitas terbaik di Sumatra! Sebelum didirikan pada 4 Juni 1952, kampus ini adalah Yayasan Universitas Sumatra Utara. Ada berbagai fakultas yang dibuka untuk calon mahasiswa. Beberapa di antaranya adalah Fakultas Ilmu Budaya, Ekonomi dan Bisnis, Kehutanan, Ilmu Sosial dan Politik, hingga Psikologi. Masing-masing memiliki keunggulan tersendiri. Fasilitas yang disediakan juga lengkap. Mulai dari laboratorium, perpustakaan, hingga berbagai organisasi untuk membentuk keahlian non-akademis.

Berkat kualitasnya yang terus meningkat, Universitas Sumatra Utara meraih status sebagai salah satu perguruan tinggi Badan Hukum Milik Negara (BUMN) sejak tahun 2003. Tidak hanya itu, kampus ini juga meraih peringkat ke-19 dalam daftar 100 Perguruan Tinggi Non-Politeknik Terbaik 2017 oleh Kementrian Riset dan Pendidikan Tinggi. Ingin menjadi salah satu mahasiswanya? Siapkan diri untuk menghadapi tes masuk yang ketat.