10 Universitas Terbaik di Semarang Tahun 2018


Semarang adalah salah satu kota yang tepat untuk menuntut ilmu. Ada berbagai kampus berkualitas yang bisa dipilih. Masing-masing memiliki keunggulan tersendiri, seperti sistem pendidikan, fasilitas penunjang, tenaga pengajar, dan sebagainya. Langsung saja, berikut ini adalah 10 universitas terbaik di Semarang tahun 2018.

10. Politeknik Negeri (Polines) Semarang


Universitas ini berlokasi di Jalan Prof. H. Soedarto, S.H., Tembalang, Semarang, Jawa Tengah. Para pengajarnya dikenal berkualitas dan menguasai bidang masing-masing. Hal tersebut membuat para mahasiswa mencetak berbagai prestasi. Tidak heran apabila Polines Semarang meraih peringkat ke-191 di Indonesia dan ke-12.979 di dunia.

Apa saja jurusan yang dibuka untuk para pendaftar? Ada bermacam-macam jurusan, baik di bidang sains maupun sosial. Di antaranya adalah Jurusan Akuntansi, Teknik Mesin, Teknik Sipil, dan sebagainya. Prestasi yang diraih pun tidak main-main. Pada tahun 2016, mahasiswa Polines Semarang berhasil meraih Juara II LKTI (Lomba Karya Tulis Ilmiah) Nasional.

9. Universitas Semarang


Universitas Semarang didirikan oleh alumni Universitas Diponegoro, sebagai langkah untuk mengembangkan dunia pendidikan. Gedung kampusnya terletak di Jalan Soekarno-Hatta, Tlogosari Kulon, Semarang, Jawa Tengah. Setiap tahun, ada banyak mahasiswa yang datang jauh-jauh untuk kuliah di sana.

Salah satu keunggulan Universtas Semarang adalah tenaga pengajarnya. Para dosen berkualitas didatangkan langsung dari Universitas Diponegoro. Tidak heran apabila kualitas pendidikannya terus meningkat. Secara nasional, Universitas Semarang meraih peringkat ke-172, Sedangkan secara internasional, kampus ini menduduki peringkat ke-11.688.

8. Universitas Katholik Soegijapranata


Kampus ini unggul secara sistem pendidikan, sebab mengajari bidang akademis sekaligus keagamaan. Universitas Katholik Soegijapranata terletak di Jalan Pawiyatan Luhur IV/1, Bendan Dhuwur, Tinjomoyo, Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah. Gedung kampusnya dilengkapi dengan fasilitas penunjang kuliah.

Bagaimana dengan kedudukan kampus ini secara nasional? Ternyata, Universitas Katholik Soegijapranata meraih perignkat ke-140 di Indonesia. Sementara itu, peringkatnya secara internasional adalah 9321. Universitas Katholik Soegijapranata juga berhasil menjadi Juara I Dosen Berprestasi Kopertis Wilayah VI secara berturut-turut pada tahun 2011, 2012, 2014, dan 2015.

7. Universitas Muhammadiyah Semarang


Kampus ini merupakan salah satu favorit warga Semarang. Pemilik sekaligus pengelolanya adalah Yayasan Muhammadiyah. Lokasinya berada di Jalan Kedungmundu Raya No. 18, Kedungmundu, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah. Setiap tahun banyak mahasiswa dari berbagai daerah yang datang untuk kuliah di sana.

Pada tahun 2016, UMS meraih medali perunggu dalam ajang Airlangga Championship Tapak Suci Nasional. Prestasi tersebut adalah satu dari banyak pencapaian yang diraih oleh para mahasiswanya. Tidak heran apabila UMS meraih peringkat ke-134 di Indonesia dan ke-8905 di dunia. Kualitas pendidikannya tidak perlu diragukan lagi.

6. Universitas STIKUBANK Semarang


Kampus ini terletak di Jalan Tri Lomba Juang, Mugassari, Semarang, Jawa Tengah. Fakultas yang dimiliki adalah Fakultas Hukum, Teknik, Pariwisata, Teknologi Informasi, Ekonomi dan Bisnis, serta Bahasa dan Ilmu Budaya. Tidak heran apabila universitas ini telah meluluskan banyak tenaga ahli di bidang ekonomi, bisnis, dan teknologi informasi.

Universitas STIKUBANK Semarang berhasil masuk dalam daftar 6 besar universitas terbaik di kotanya. Kampus ini juga meraih peringkat ke-119 di Indonesia dan ke-7821 di dunia. Oleh sebab itu, sistem pendidikannya dinilai berkualitas. Para mahasiswa juga difasilitasi dengan sarana dan prasana yang memadai. Pihak kampus menyediakan sejumlah laboratorium, perpustakan, dan berbagai fasilitas lainnya.

5. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang


Ingin memelajari bidang agama di perguruan tinggi? UIN Walisongo adalah pilihan yang tepat. Universitas ini terletak di Jalan Walisongo No. 3-5, Tambakaji, Ngaliyan, Semarang, Jawa Tengah. Ada berbagai jurusan yang dibuka untuk para mahasiswa, beberapa di antaranya di bidang keislaman.

UIN Walisongo sering mengadakan kerjasama dan studi banding dengan berbagai universitas di Indonesia. Tujuannya adalah meningkatkan kualitas kampus, baik secara pendidikan maupun fasilitasnya. Tidak heran apabila UIN Walisongo masuk dalam daftar 5 besar universitas terbaik di Semarang. Sementara itu, peringkatnya secara nasional adalah 71 dan secara internasional adalah 4895. Jadi kualitasnya tidak perlu diragukan.

4. Universitas Islam Sultan Agung


Sesuai namanya, universitas ini berlandaskan nilai-nilai keislaman. Universitas Islam Sultan Agung dikenal sebagai salah satu kampus swasta islam terbaik di Semarang. Visi dan misinya adalah mencetak lulusan yang dapat menggabungkan kecerdasan intelektual dengan kecerdasan rohani sehingga dapat menjadi generasi yang lebih baik di masa depan.

Tertarik untuk mengunjunginya secara langsung? Universitas ini berlokasi di Terboyo, Genuk, Semarang, Jawa Tengah. Secara nasional, Universitas Islam Sultan Agung meraih peringkat ke-59. Bagaimana dengan posisinya secara internasional? Ternyata, kampus ini berhasil meraih posisi ke-4618 di dunia.

3. Universitas Dian Nuswantoro


Berkat prestasinya, Universitas Dian Nuswantoro berhasil masuk dalam daftar 3 besar universitas terbaik di Semarang. Gedung kampusnya terletak di Jalan Nakula I No. 5-11, Pendrikan Kidul, Semarang, Jawa Tengah. Setiap tahun, pihak kampus meluluskan banyak tenaga berkualitas di bidang teknologi dan informatika.

Fasilitas penunjang di kampus ini terkenal lengkap. Ada laboratorium komputer modern yang dapat dimanfaatkan para mahasiswa. Tidak heran apabila mereka telah mencetak banyak prestasi. Secara nasional, Universitas Dian Nuswantoro meraih peringkat ke-31 di Indonesia. Sedangkan di dunia, universitas ini meraih peringkat ke-3356.

2. Universitas Negeri Semarang (UNNES)


Sebelumnya, universitas ini bernama IKIP Semarang. Lalu namanya diubah menjadi Universitas Negeri Semarang seiring dengan perubahan zaman. Gedung kampusnya terletak di Jalan Taman Siswa, Sekaran, Gunung Pati, Semarang, Jawa Tengah. Saat ini UNNES menduduki peringkat ke-22 sebagai universitas terbaik di Indonesia dan ke-3036 di dunia. Hal tersebut membuat UNNES meraih reputasi yang baik di masyarakat.

Banyak prestasi yang telah diraih oleh para mahasiswa UNNES. Salah satunya adalah Juara II Syahril Qur'an se-DIY dan Jawa Tengah, Juara II Debat Tingkat Nasional di UKSW Salatiga, dan masuk dalam 5 besar Legal Drafting Competition di UNPAD. Pihak kampus selalu mendukung para mahasiswa untuk berlaga di berbagai perlombaan. Setiap tahun, piala demi piala yang diraih semakin mengharumkan nama UNNES.

1. Universitas Diponegoro (UNDIP)


Saatnya membahas universitas terbaik nomor 1 di Semarang! Hingga kini, nama UNDIP terdengar ke mana-mana. Terutama karena universitas ini telah melahirkan tokoh-tokoh terkenal seperti Muhammad Nasir, Arif Hidayat, Bondan Winarno, Tjahjo Kumolo, dan lain-lain. Hal tersebut menarik banyak calon mahasiswa untuk mendaftar ke UNDIP setiap tahunnya. Jika tertarik mendaftar, siapkan diri sebaik mungkin karena tes masuknya cukup ketat.

Salah satu keunggulan UNDIP adalah sering menyelenggarakan pertukaran pelajar ke luar negeri. Pada tahun 2016, universitas ini mewakili Indonesia dalam Fukuoka Japanese Program dan One Asian Youth Summit di Kamboja. Tidak heran apabila kualitas pendidikannya terus meningkat. Di Indonesia, UNDIP meraih peringkat ke-7 sebagai universitas terbaik. Kampus ini juga meraih posisi ke-1517 dalam lingkup internasional.