10 Universitas Terbaik di Palembang Tahun 2018


Masih bingung menentukan tempat tujuan kuliah? Ada berbagai kota di Indonesia yang memiliki kampus berkualitas, salah satunya Palembang. Kota yang terletak di Sumatra Selatan ini dijuluki "Bumi Sriwijaya". Setiap tahun, ribuan mahasiswa dari berbagai daerah datang ke sana untuk menuntut ilmu. Berikut ini adalah 10 universitas terbaik di Palembang.

10. Universitas Palembang


Berkat prestasinya, kampus ini masuk dalam daftar 10 besar universitas terbaik di Palembang. Universitas Palembang juga meraih peringkat ke-442 di Indonesia dan ke-24.420 di dunia. Apa saja fakultas yang disediakan? Ada empat fakultas yang bisa dipilih, yakni Fakultas Teknik, Pertanian, Hukum, dan Ekonomi. Setiap fakultas diampu oleh tenaga pendidik yang berkualitas.

Jika tertarik untuk survey langsung, datang saja ke gedung Universitas Palembang yang terletak di Jalan Dharmapala No. 1A, Bukit Lama, Ilir Bar. I, Palembang, Sumatra Selatan. Pihak kampus menyediakan berbagai fasilitas untuk mahasiswa. Di antaranya adalah perpustakaan, laboratorium, kantin, ruang kuliah yang nyaman, aula, pusat komputer, wifi, dan lain-lain.

9. Universitas Kader Bangsa Palembang


Universitas Kader Bangsa Palembang dikenal sebagai salah satu kampus swasta terbesar di Palembang. Pemilik dan pengelolanya adalah Yayasan Kader Bangsa. Berkat kualitasnya, kampus ini berhasil meraih peringkat ke-9 di Palembang. Sedangkan peringkatnya secara nasional adalah 405 dan secara internasional adalah 23.008.

Apa saja fakultas yang disediakan? Universitas Kader Bangsa Palembang membuka berbagai fakultas di bidang eksakta maupun non-eksakta. Di antaranya adalah Fakultas Ekonomi, Hukum, Ilmu Kependidikan, Kesehatan, dan Farmasi. Fasilitas yang disediakan pun beragam. Para mahasiswa dapat menikmati sarana perpustakaan, laboratorium, klinik kesehatan, dan sebagainya.

8. Universitas PGRI Palembang


Kampus ini didirikan oleh dan dikelola oleh Yayasan Pendidikan PGRI Palembang. Selain meraih peringkat ke-8 di kotanya, Universitas PGRI Palembang juga meraih peringkat ke-154 di Indonesia. Bagaimana dengan posisinya secara internasional? Ternyata, kampus ini meraih peringkat ke-10.188 di dunia.

Pihak kampus menyediakan fasilitas yang lengkap untuk mahasiswa. Di antaranya adalah ruang kuliah yang nyaman, wifi, sistem akademik online, laboratorium, dan sebagainya. Fakultas yang disediakan pun beragam. Para calon mahasiswa dapat memilih Fakultas MIPA, Teknik, Perikanan, Ekonomi, hingga Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

7. Universitas Tridinanti


Ingin kuliah di kampus yang nyaman dan berkualitas? Universitas Tridinanti adalah salah satu pilihan yang tepat. Kampus ini dikeola oleh Yayasan Pendidikan Nasional Tridinanti Palembang. Selain meraih peringkat ke-7 di kotanya, Universitas Tridinanti juga meraih peringkat ke-128 di Indonesia. Sementara itu, peringkatnya di dunia adalah 8423.

Apa saja fakultas yang disediakan? Para calon mahasiwa bisa memilih Fakultas Ekonomi, Pertanian, Teknik, hingga Keguruan dan Ilmu Kependidikan. Tidak perlu khawatir dengan fasilitasnya. Universitas Tridinanti menyediakan gedung perkuliahan yang nyaman, akses wifi, hingga perpustakaan.

6. STMIK MDP & STIE MDP


Universitas ini berfokus pada bidang akuntansi dan manajemen yang berlandaskan teknologi informasi. Setiap tahun, banyak mahasiswa yang lulus dan memiliki prospek kerja cukup tinggi. Tidak heran apabila STMIK MDP & STIE MDP meraih peringkat ke-123 di Indonesia dan ke-8175 di dunia.

Jika ingin menjadi bagian darinya, ketahui terlebih dahulu jurusan-jurusan yang disediakan. Di bidang sains, ada Jurusan Teknik Komputer, Manajemen Informatika, Teknik Informatika, dan Sistem Informasi. Sedangkan di bidang sosial, ada Jurusan Akuntansi, Manajemen, dan Manajemen Informatika. Masing-masing jurusan dilengkapi oleh tenaga pendidik yang ahli.

5. Politeknik Negeri Sriwijaya


Sebelumnya, kampus ini bernama Politeknik Universitas Sriwijaya. Namanya berubah menjadi Politeknik Negeri Sriwijaya seiring dengan perubahan zaman. Dulu kampus ini adalah bagian dari Universitas Sriwijaya, tetapi kini telah mandiri dan berdiri sebagai universitas sendiri. Secara nasional, peringkatnya adalah 115. Sedangkan secara internasional, peringkatnya adalah 7367.

Banyak mahasiswa dari berbagai daerah yang datang ke Palembang untuk kuliah di Politeknik Negeri Sriwijaya. Jurusan yang disediakan pun beragam. Di bidang eksakta, ada Jurusan Teknik Komputer, Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Kimia, dan Manajemen Informatika. Sedangkan di bidang non-eksakta, ada Jurusan Bahasa Inggris, Akuntansi, dan Administrasi Bisnis.

4. Universitas IBA Palembang


Universitas IBA Palembang adalah salah satu kampus favorit di kotanya. Kampus ini menempati urutan ke-97 di Indonesia dan ke-6356 di dunia. Tidak heran apabila jumlah peminatnya banyak. Apalagi kampus ini dilengkapi berbagai fasilitas yang memadai. Di antaranya adalah ruang kuliah, perpustakaan, akses internet gratis, dan lain-lain.

Apa saja program studi yang tersedia di Universitas IBA Palembang? Jika ingin kuliah di bidang sains, ada Program Studi Teknik Sipil, Teknk Mesin, Pertanian Agroteknologi, dan Pertanian Agribisnis. Sedangkan di bidang sosial ada Program Studi Akuntansi, Manajemen, dan Ilmu Hukum.

3. Universitas Bina Darma


Berkat kualitasnya, Universitas Bina Darma berhasil masuk dalam daftar 3 besar universitas terbaik di Palembang. Kampus ini berada di bawah naungan Yayasan Bina Darma. Setiap tahun, banyak lulusannya yang memperoleh pekerjaan di berbagai perusahaan. Tidak heran apabila Universitas Bina Darma meraih peringkat ke-68 di Indonesia dan ke-4846 di dunia.

Apa saja program studi yang tersedia? Para calon mahasiswa tidak perlu khawatir karena terdapat cukup banyak pilihan. Di bidang eksakta, ada Program Studi Sistem Informasi, Teknik Informatika, Teknik Sipil, Teknik Elektro, dan Teknik Industri. Sedangkan di bidang non-eksakta, ada Program Studi Manajemen, Sastra Inggris, Akuntansi, Psikologi, Ilmu Komunikasi, Pendidikan Bahasa Indonesia, dan Pendidikan Olahraga.

2. Universitas Muhammadiyah Palembang


Sesuai dengan namanya, kampus ini mengajari nilai-nilai keislaman pada mahasiswa. Pemiliknya adalah Yayasan Pendidikan Muhammadiyah di Palembang. Secara nasional, kampus ini meraih ranking 62. Sedangkan secara internasional, rankingnya adalah 4637. Tidak heran apabila Universitas Muhammadiyah Palembang memiliki reputasi yang baik.

Ada beberapa fakultas yang bisa dipilih. Di antaranya adalah Fakultas Filsafat, Hukum, Ekonomi, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, serta Teknik. Setiap tahun, Universitas Muhammadiyah Palembang membuka beberapa gelombang pendaftaran. Jangan sampai ketinggalan tanggal tes masuknya. Persiapkan diri dengan baik secara akademis maupun mental. Sebab, hanya sebagian pendaftar yang diterima.

1. Universitas Sriwijaya


Akhirnya, inilah universitas terbaik di Palembang! Setiap tahun, banyak calon mahasiswa dari berbagai daerah yang mendaftar ke sana. Salah satu daya tariknya adalah para alumni yang terkenal, seperti Antasari Azhar, Fahmi Idris, Marzuki Ali, dan lain-lain. Tidak heran apabila Universitas Sriwijaya meraih peringkat ke-26 di Indonesia dan ke-3130 di dunia.

Tertarik untuk menjadi salah satu mahasiswanya? Lebih baik kenali lebih lanjut fakultas yang ditawarkan. Universitas Sriwijaya memiliki Fakultas Ekonomi, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, serta Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang bergerak di bidang sosial. Sedangkan di bidang sains, ada Fakultas Teknik, Kedokteran, Pertanian, Ilmu Komputer, dan Ilmu Kesehatan Masyarakat. Tunggu apalagi? Segera cari tahu tanggal tes masuknya agar tidak ketinggalan.