10 Universitas Terbaik di Jawa Tahun 2018

Ingin menempuh studi di Jawa? Ada berbagai universitas yang bisa dipilih, baik negeri maupun swasta. Masing-masing memiliki kelebihan tersendiri. Ada yang unggul secara fasilitas, sistem pendidikan, atau prospek kerja setelah lulus. Langsung saja, berikut ini adalah daftar 10 universitas terbaik di Jawa.

10. STMIK AMIKOM Yogyakarta


Masih ingat pada film fenomenal berjudul "Battle of Surabaya"? Film yang bertema nasionalisme ini adalah hasil karya mahasiswa STMIK AMIKOM. Hal itu membuktikan bahwa mereka tak hanya pandai secara akademis, tetapi juga secara praktis. Film "Battle of Surabaya" meraih tanggapan yang sangat baik di Indonesia maupun mancanegara.

Selama bertahun-tahun, STMIK AMIKOM yang terletak di Yogyakarta telah meluluskan banyak mahasiswa yang berkualitas. Semasa kuliah, mereka diajari berbagai bidang teknologi. Fasilitas laboratorium yang baik turut menunjang pembelajaran. Tidak heran apabila STMIK AMIKOM meraih peringkat ke-32 universitas terbaik di Indonesia dan ke-2751 di dunia.

9. Universitas Islam Indonesia (UII)


Seperti STMIK AMIKOM, UII juga terletak di Yogyakarta. Reputasinya yang baik membuktikan bahwa UII tidak hanya mengajarkan teori dan praktik sesuai jurusan, tetapi juga akhlak keagamaan. Lulusan kampus ini dikenal mampu bekerja dan beradaptasi dengan baik. Hal tersebut dibentuk oleh lingkungan yang kental akan budaya Islam.

Ada berbagai jurusan yang bisa dipilih di UII. Banyak di antaranya yang telah meraih akreditas A, salah satunya Jurusan Teknik Sipil. UII juga membuka jurusan-jurusan lain di bidang sains maupun sosial. Masing-masing didukung oleh fasilitas yang memadai. Hal tersebut membuat mahasiswa meraih berbagai prestasi dan menempatkan UII di urutan ke-27 se-Indonesia. Bagaimana dengan peringkatnya secara internasional? Kampus ini meraih urutan ke-2369.

8. Bina Nusantara (BINUS) University


Tertarik untuk mendalami bidang komputer? BINUS University adalah pilihan kampus yang tepat. Setiap tahun, mahasiswa dari berbagai daerah mendaftar untuk menjadi bagian darinya. Tidak heran, sebab BINUS University memiliki prestasi dan reputasi yang baik di mata masyarakat. Bahkan, kampus ini disebut sebagai Cyber Campus karena keahlian para mahasiswanya.

Bagaimana dengan peringkat BINUS University? Secara nasional, universitas ini meraih urutan ke-17 dan secara internasional meraih peringkat ke-2038. Hal tersebut dicapai berkat kerja keras mahasiswa, dosen, segenap tenaga pendukung di BINUS University.

7. Universitas Gunadarma


Seperti BINUS University, Universitas Gunadarma juga terletak di Jakarta. Kampus swasta ini populer di kalangan calon mahasiswa berkat sistem pendidikan yang dimilikinya. Tidak hanya mengajari mahasiswa di kampus, Universitas Gunadarma juga membuka kesempatan luas untuk memperdalam studi di luar negeri. Kampus ini telah bekerja sama dengan beberapa universitas di luar negeri yang berkualitas sejajar, bahkan lebih baik.

Universitas Gunadarma cocok untuk calon mahasiswa yang ingin meraih pengalaman studi seluas-luasnya. Secara nasional, kampus ini meraih peringkat ke-10 dan secara internasional meraih urutan ke-1647. Jika tertarik untuk mengetahui program mereka lebih lanjut, langsung saja survey ke kampusnya yang terletak di ibukota.

6. Universitas Brawijaya


Tertarik untuk kuliah di Malang, Jawa Timur? Salah satu kampus berkualitas yang berada di sana adalah Universitas Brawijaya. Kampus ini meraih peringkat ke-6 di Indonesia setelah Universitas Diponegoro. Bagaimana dengan peringkatnya secara internasional? Universitas Brawijaya berhasil meraih urutan ke-1110.

Nama "Brawijaya" diberikan oleh Soekarno, presiden pertama di Indonesia. Sejak diresmikan pada 5 Januari 1963, Universitas Brawijaya berusaha meraih reputasi yang baik di masyarakat. Hal tersebut berhasil karena banyak sekali mahasiswanya yang telah mencetak prestasi.

5. Universitas Diponegoro (UNDIP)


Peringkat ke-5 universitas terbaik di Jawa diraih oleh UNDIP. Kampus yang terletak di Semarang, Jawa Tengah ini juga meraih peringkat ke-1102 secara internasional. Penilaian tersebut diraih berkat sistem pendidikan, fasilitas, kualitas mahasiswa serta lulusannya, dan sebagainya.

Berkat reputasi baik yang dimiliki UNDIP, setiap tahun ada banyak sekali calon mahasiswa yang mendaftar. Fakultas yang disediakan pun beragam, baik bidang sains maupun sosial. Tertarik untuk menjadi bagian dari UNDIP? Sebaiknya persiapkan diri dengan baik, sebab tes masuknya cukup ketat.

4. Institut Pertanian Bogor (IPB)


Kampus ini sangat cocok untuk anak muda yang berminat pada bidang pertanian. Sejak didirikan pada 1 September 1963, IPB berfokus pada budidaya tumbuhan di Indonesia. Tidak hanya teori yang diajarkan, tetapi juga praktik secara nyata. Hal tersebut didukung oleh kampus IPB yang terletak di Bogor, daerah yang sejuk dan cocok untuk mengembangkan tumbuhan.

Tertarik untuk mendaftar di IPB? Bersiaplah untuk bersaing dengan ribuan calon mahasiswa dari berbagai daerah. Setiap tahun, hanya sekian persen pendaftar yang diterima setelah seleksi ketat. Hal tersebut dilakukan untuk mempertahankan peringkat ke-4 terbaik di Indonesia dan ke-813 di dunia.

3. Institut Teknologi Bandung (ITB)


Kampus yang didirikan pada 2 Maret 1959 ini meraih peringkat ke-3 di Indonesia. Berkat kerja kerasnya, ITB bahkan meraih posisi ke-622 secara internasional. Hal tersebut didukung oleh fasilitas kampus yang lengkap, sistem pendidikan yang sesuai, dan kualitas mahasiswanya sendiri. Para lulusan ITB dianggap sebagai individu yang kompeten di bidangnya.

Institut ini membuka berbagai fakultas di bidang teknologi. Masing-masing fakultas memiliki akreditasi yang baik. Tidak heran apabila ada banyak sekali calon mahasiswa yang mendaftar setiap tahun. Jalur pendaftaran yang dibuka pun beragam, mulai dari seleksi prestasi hingga ujian masuk yang diselenggarakan oleh pihak ITB sendiri.

2. Universitas Indonesia (UI)


Kampus ini memiliki nama besar yang disegani oleh masyarakat. Tidak hanya karena kualitas kampusnya, tetapi juga karena prestasi-prestasi yang diraih oleh mahasiswanya. Tidak terhitung berapa jumlah mahasiswa yang berhasil menyabet penghargaan secara nasional maupun internasional. Berkat itu, UI meraih peringkat ke-2 di Indonesia dan ke-532 di dunia.

Ingin menjadi bagian dari UI? Persiapkan materi ujian dengan baik. Kampus ini membuka berbagai jalur pendaftaran setiap tahunnya. Jika berhasil lolos, siapkan diri untuk menempuh studi di ibukota Indonesia, Jakarta. Tentunya hal tersebut akan menambah pengalaman secara personal.

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)


Inilah kampus nomor satu di Jawa, sekaligus di Indonesia! Bahkan UGM berhasil meraih peringkat ke-414 di dunia. Apa yang membuatnya begitu spesial? Ternyata, UGM menerapkan sistem pendidikan berkualitas yang disertai pengalaman langsung terjun ke masyarakat. Setiap tahun, UGM menyelenggarakan KKN (Kuliah Kerja Nyata) dan mengirim ribuan mahasiswa ke berbagai pelosok Indonesia untuk menerapkan ilmunya.

Hal lain yang membuat UGM spesial adalah lokasinya. Kampus ini terletak di Yogyakarta yang meraih predikat sebagai Kota Pelajar. Selain memiliki kultur budaya dan seni yang beragam, kota ini dikenal sangat intelek. Secara tidak langsung, para mahasiswa yang tinggal di Yogyakarta akan menyerap hal tersebut. Tidak perlu khawatir dengan biaya, sebab biaya hidup di Yogyakarta relatif murah. Biaya pendidikan di UGM pun disesuaikan dengan latar belakang keluarga dan keuangan mahasiswanya.