10 Jurusan Kuliah Terbaik untuk Anak IPS


Masih bingung akan kuliah di mana setelah lulus SMA? Ada berbagai jurusan kuliah yang bisa dipilih, baik di bidang IPA maupun IPS. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Pastikan untuk memilih yang paling cocok dengan minat dan kemampuan. Langsung saja, berikut ini adalah 10 jurusan kuliah yang paling cocok untuk anak IPS.

10. Ilmu Hukum


Punya daya ingat yang bagus? Kemampuan tersebut bisa dimanfaatkan untuk kuliah di jurusan ini. Selama menjadi mahasiswa, banyak materi yang harus dihafalkan seperti nama, tanggal, serta petunjuk-petunjuk lain yang penting. Selain itu, sifat lain yang dibutuhkan adalah fokus dan teliti. Para pekerja di bidang hukum harus terus berkepala dingin agar bisa mengambil keputusan yang terbaik.

Lulusan Jurusan Ilmu Hukum memiliki prospek kerja yang baik. Mereka bisa bekerja di pengadilan sebagai hakim, jaksa, dan jabatan-jabatan penting lainnya. Gaji yang diperoleh bisa sangat tinggi. Tetapi sebelum mencapai kondisi tersebut, terlebih dahulu harus sabar untuk menamatkan kuliah. Mahasiswa hukum harus melalui jam demi jam untuk membaca dan menganalisis kasus, serta terjun langsung ke lapangan untuk riset.

9. Jurusan Desain Grafis


Jika suka menggambar, Jurusan Desain Grafis adalah salah satu pilihan yang tepat. Para mahasiswanya diajari untuk membuat berbagai desain. Tidak hanya bidang kesenian yang dipelajari, tetapi juga bisnis. Sebab, desain-desain tersebut nantinya akan dipergunakan untuk mempromosikan sesuatu. Misalnya berupa iklan televisi, baliho, spanduk, dan berbagai media lainnya.

Bagaimana dengan prospek kerja lulusan Jurusan Desain Grafis? Tidak perlu khawatir, tenaga ahli di bidang tidak pernah sepi permintaan. Sebab, kemajuan teknologi membuat masyarakat makin gencar melakukan promosi. Hal tersebut dapat dimanfaatkan untuk bekerja sebagai desainer grafis freelance atau bekerja di bawah naungan perusahaan.

8. Jurusan Sastra


Ada banyak cabang Jurusan Sastra. Mulai dari Sastra Indonesia, Sastra Jawa, Sastra Inggris, Sastra Prancis, Sastra Cina, Sastra Jepang, Sastra Arab, dan sebagainya. Masing-masing memelajari sastra dan budaya daerah atau negara yang bersangkutan. Misalnya saja, jika masuk ke Jurusan Sastra Inggris, para mahasiswa tidak hanya belajar literatur berbahasa Inggris. Mereka juga memelajari sejarah, budaya, kesenian, dan berbagai hal lain tentang negara itu.

Tidak perlu ragu pada prospek kerjanya. Lulusan Jurusan Sastra memiliki piihan karier yang banyak. Mereka bisa bekerja di bidang penerbitan sebagai penulis atau editor naskah. Banyak di antaranya yang juga bekerja sebagai wartawan. Bahkan, lulusan jurusan ini bisa bekerja sebagai duta besar!

7. Jurusan Jurnalistik


Masyarakat selalu haus informasi terbaru. Oleh karena itu, banyak media yang tumbuh baik berupa online maupun offline. Bentuknya pun bermacam-macam, mulai dari koran, majalah, radio, acara televisi, dan sebagainya. Media tersebut membutuhkan banyak ahli di bidang jurnalistik. Mereka dapat bekerja sebagai wartawan, staf televisi, pembawa acara di radio, dan sebagainya.

Apa saja yang dibutuhkan untuk kuliah di Jurusan Jurnalistik? Para mahasiswa perlu mengembangkan keingintahuan yang tinggi. Sifat tersebut akan membantu mereka untuk memburu berita dari awal hingga akhir. Selain itu, diperlukan keluwesan untuk mewawancarai narasumber. Sebab, dari narasumberlah berita bisa diperoleh. Tidak hanya satu orang yang diwawancara, tetapi bisa banyak sekaligus.

6. Jurusan Pendidikan


Guru, dosen, dan tenaga pendidik lainnya adalah jabatan mulia yang dijuluki pahlawan tanpa tanda jasa. Ingin menjadi seperti mereka? Sebelum itu, dibutuhkan ilmu yang cukup sebagai dasar. Pertimbangkanlah untuk kuliah di Jurusan Pendidikan. Ada berbagai cabang seperti Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Seni Rupa, dan sebagainya. Tidak hanya belajar secara teori, tetapi juga praktik.

Para mahasiswa diajari untuk menyampaikan ilmu dengan baik. Mereka akan diminta langsung untuk praktik mengajar di sekolah-sekolah. Setelah lulus, mereka bisa bekerja di berbagai lembaga pendidikan. Bagaimana dengan gajinya? Gaji tenaga pendidik cukup meningkat dari tahun ke tahun. Bahkan di Amerika, gajinya mencapai $86,000 per tahun!

5. Jurusan Psikologi


Psikologi termasuk dalam jurusan favorit bagi calon mahasiswa. Setiap tahun, banyak sekali yang mendaftar ke jurusan ini. Sayangnya, tidak semua pendaftar dapat terima. Persiapkan diri dengan baik agar bisa lulus dari tes masuknya. Di Indonesia, banyak universitas yang memiliki jurusan ini. Jadi jika gagal di tes masuk suatu universitas, bisa mencoba di tempat lainnya.

Kenapa jurusan ini begitu diminati? Ternyata karena prospek kerjanya luas. Selama ini banyak yang berpikir bahwa lulusan Jurusan Psikologi hanya bisa menjadi psikolog. Padahal, mereka sering dicari oleh berbagai perusahaan besar untuk menjadi HRD atau staf personalia. Tugasnya adalah menyeleksi orang-orang yang mendaftar ke perusahaan tersebut.

4. Jurusan Akuntansi


Selama menjadi anak IPS di SMA, tentunya pernah mengikuti pelajaran Akuntansi. Pelajaran tersebut berguna sebagai perkenalan sebelum kuliah. Jika menjadi mahasiswa Akuntansi, banyak teori yang harus dihafal dan terutama harus melakukan berbagai praktik. Mulai dari praktik membuat laporan keuangan, menghitung rugi laba, dan sebagainya.

Selama bertahun-tahun, Akuntansi menjadi salah satu jurusan favorit bagi anak IPS. Kenapa hal tersebut terjadi? Sebab, lulusan Jurusan Akuntansi memiliki prospek kerja yang cerah. Banyak perusahaan besar yang membutuhkan keahlian mereka. Tidak hanya untuk mengurus laporan-laporan keuangan, tetapi juga untuk menentukan strategi perusahaan di masa depan. Oleh karena itu, dibutuhkan pengetahuan luas di bidang tersebut.

3. Ilmu Komunikasi


Apakah mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi harus pandai berbicara di depan umum? Tidak selalu begitu. Ada beberapa fokus yang bisa dipilih. Para mahasiswa bisa belajar untuk menjadi presenter, pembawa acara televisi, penyiar radio, dan berbagai profesi lain yang membutuhkan kemampuan komunikasi secara langsung.

Tidak hanya itu, mereka juga bisa fokus belajar untuk bekerja di balik layar. Contoh profesinya adalah penulis naskah, wartawan, dan sebagainya. Selama menjadi mahasiswa Ilmu Komunikasi, banyak sekali hal praktis yang akan dipelajari. Tidak hanya teori dan sejarah yang berkaitan dengan bidang komunikasi, tetapi juga praktik langsung di lapangan. Contohnya membuat berita dari lingkungan sekitar, membuat film bersama kelompok, dan sebagainya.

2. Jurusan Ekonomi


Tertarik di bidang bisnis dan keuangan? Jurusan Ekonomi bisa menjadi pilihan yang tepat. Selama kuliah, mahasiswa akan diajari berbagai teori dan keahlian di bidang tersebut. Jurusan ini memiliki passing grade yang tinggi, jadi cukup sulit untuk lulus tes masuknya. Persiapkan diri dengan baik. Untungnya, banyak universitas yang memiliki jurusan ini.

Setelah lulus kuliah, tidak perlu khawatir dengan prospek kerjanya. Mahasiwa lulusan Ekonomi bisa bekerja di berbagai tempat, baik di sektor swasta maupun pemerintah. Contohnya adalah bekerja di bank sebagai tenaga keuangan. Bagaimana dengan gajinya? Mereka memiliki gaji yang tinggi dan terus meningkat seiring dengan kenaikan jabatan.

1. Bisnis dan Manajemen


Bisnis adalah sektor yang selalu ramai di Indonesia. Apalagi, beberapa tahun terakhir banyak perusahaan baru yang didirikan. Tentunya mereka membutuhkan tenaga ahli yang bisa membantu mengembangkan bisnis. Tidak main-main, mereka harus menguasai dasar-dasar ilmunya dengan baik. Jabatan yang ditawarkan pun beragam, mulai dari staf biasa hingga manajer.

Jika tertarik pada jurusan ini, persiapkan diri untuk menghafal berbagai teori dan menganalisis kasus-kasus keuangan. Hal tersebut akan sering dijumpai selama kuliah. Tidak perlu ragu dengan prospek kerja dan gajinya. Jika bekerja di bidang bisnis dan manajemen, tawaran kerja akan sering berdatangan dengan gaji yang tinggi.