10 Beasiswa untuk Kuliah di Indonesia


Ingin kuliah, tapi khawatir tidak bisa membayar biayanya? Tenang saja, ada berbagai beasiswa yang bisa membantu. Kebanyakan ditujukan untuk mahasiswa dengan kondisi ekonomi menengah ke bawah yang berprestasi. Jenis-jenis beasiswanya pun beragam, begitu juga dengan nominal dana yang diberikan. Penasaran apa saja beasiswa tersebut? Berikut ini adalah 10 beasiswa untuk kuliah di Indonesia.

10. Beasiswa DataPrint


Para penerima Beasiswa DataPrint mendapat berbagai keuntungan. Yang utama, mereka dibebaskan dari biaya kuliah. Mereka juga diberikan bantuan uang tunai dengan nominal berbeda. Dana sebesar Rp 1.000.000 diberikan pada 10 orang, Rp 600.000,00 untuk 20 orang, dan Rp 400.000,00 untuk 170 orang. Bantuan tersebut bisa digunakan untuk berbagai keperluan.

Siapa saja yang bisa mendaftar beasiswa ini? Salah satu kriterianya, pendaftar harus berstatus pelajar atau mahasiswa aktif dari jenjang SMP, SMA, hingga universitas (D3, D4, S1). Mereka diharuskan aktif dalam organisasi sekolah atau kampus, bebas dari narkoba dan tindak kriminal, juga tidak sedang menerima beasiswa dari perusahaan lain. Pihak DataPrint meminta mereka menulis esai sepanjang 100 -500 kata dengan tema tertentu.

9. Beasiswa Ruangguru


Beasiswa ini ditujukan pada pelajar kelas 3 SMA, SMK, atau MA yang menggunakan Ruangguru. Jika terpilih sebagai penerima beasiswa, biaya kuliah mereka akan ditanggung secara penuh atau sebagian di President University. Kampus tersebut adalah salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia yang terletak di Cikarang.

Ada dua jenis Beasiswa Ruangguru yang ditawarkan. Pertama, ada lebih dari 150 beasiswa penuh yang membebaskan biaya kuliah hingga lulus. Kedua, ada lebih dari 5.000 beasiswa parsial yang memotong biaya kuliah di President University. Beasiswa tersebut diharapkan dapat membantu mahasiswa sehingga melancarkan proses kuliah mereka.

8. Beasiswa ORBIT Hasri Ainun Habibie


Yayasan pemberi beasiswa ini sudah berdiri sejak tahun 1992. Pada awalnya, namanya adalah Yayasan Amal Abadi Beasiswa ORBIT. Lalu pada tahun 2011, namnya diubah menjadi Beasiswa ORBIT Hasri Ainun Habibie sebagai penghormatan kepada almarhumah. Tidak hanya memberi beasiswa untuk jenjang kuliah, mereka juga memberi untuk jenjang SMA.

Ada dua jenis beasiswa yang ditawarkan, yaitu reguler dan unggulan. Beasiswa kuliah reguler ditujukan pada orang-orang yang ingin atau sedang kuliah. Besarnya Rp 750.000,00 per bulan selama setahun. Sedangkan beasiswa kuliah unggulan mencakup bantuan uang kuliah, sewa kos, tunjangan buku, dan uang saku yang diberikan hingga mahasiswa lulus.

7. Beasiswa Bidikmisi


Beasiswa ini diberikan oleh Pemerintah RI melalui Dikti. Sasaran penerimanya adalah para calon mahasiwa yang kurang mampu tetapi mempunyai potensi akademik. Tidak hanya itu, mahasiswa yang sedang kuliah pun bisa menjadi penerimanya. Pendaftaran Beasiswa Bidikmisi dilakukan maksimal sebelum memulai semester 2 di universitas.

Untuk jenjang D3, beasiswa diberikan selama 6 semester. Sedangkan untuk jenjang D4 dan S1 diberikan selama 8 semester. Bentuk beasiswanya berupa bantuan uang kuliah yang dibayarkan ke pihak kampus. Ada juga tunjangan buku dan uang saku yang diberikan langsung pada mahasiswa setiap semester. Tertarik untuk memperoleh beasiswa ini? Jangan sampai ketinggalan tanggal pendaftarannya.

6. BBP-PPA


BBP-PPA adalah kependekan dari Beasiswa dan Bantuan Biaya Pendidikan Prestasi Akademik. Seperti halnya Bidikmisi, BBP-PPA adalah beasiswa kuliah yang diberikan oleh Pemerintah RI melalui Dikti. Apa tolak ukur yang menjadi penilaiannya? Mahasiswa diseleksi berdasarkan prestasi akademis yang diraih saat SMA atau kuliah.

Jika mahasiswa tersebut baru saja masuk kuliah, maka yang dinilai adalah prestasi akademisnya. Sedangkan jika sudah kuliah agak lama, yang dipertimbangkan adalah IPK semester sebelumnya. Beasiswa ini diberikan dalam bentuk uang tunai selama 2 semester. Para mahasiswa hanya bisa menerimanya sampai semester 8. Setelah itu, mereka tidak bisa mendaftar lagi.

5. Beasiswa Astra


Ada dua beasiswa kuliah yang ditawarkan oleh PT Astra Internasional, Tbk. Yang pertama adalah Beasiswa Astra 1st yang ditujukan untuk mahasiswa di Pulau Jawa. Jurusan yang diutamakan adalha Ekonomi, Teknik, Psikologi, IT, dan Statistik yang berada di semester 2, 4, atau 6. Berapa nominal beasiswa yang diberikan? Setiap mahasiswa diberi uang Rp 5.000.000,00 sekaligus pelatihan dengan tenaga ahli Astra.

Jenis beasiswa yang kedua diberikan melalui Yayasan Toyota Astra. Tujuannya adlaah membantu mahasiswa yang sedang menggarap tugas akhir. Tidak hanya berlaku untuk skripsi, tetapi juga tesis dan disertasi. Berapa jumlah yang diberikan? Setiap bulan, mereka akan menerima uang Rp 250.000,00. Jumlah tersebut bisa dimanfaatkan untuk membeli bahan penelitian, membayar ongkos transportasi saat survey, dan sebagainya.

4. Djarum Beasiswa Plus


Beasiswa ini populer di Indonesia. Sejak tahun 1984, Djarum Foundation memang telah berkontribusi di bidang pendidikan. Salah satu langkah yang mereka lakukan adalah memberikan beasiswa pada para mahasiswa yang berprestasi. Penerima beasiswa ini disebut Beswan Djarum.

Apa saja yang akan diperoleh Beswan Djarum? Mereka akan diberi dana beasiswa selama satu tahun. Tidak hanya itu, mereka juga diberi berbagai pelatihan di bidang soft skill. Tujuannya adalah agar mereka menjadi generasi penerus yang bisa diandalkan. Beberapa pelatihan tersebut yaitu Leadership Development, Nation Building, International Exposure, Character Buildiing, dan Competition Challenge.

3. Beasiswa Sampoerna Foundation


Beasiswa ini diberikan oleh PT HM Sampoerna, Tbk melalui Sampoerna Foundation. Tujuannya adalah membantu pelajar berprestasi di seluruh Indonesia yang kesulitan biaya kuliah. Apa kriteria yang diinginkan dari mereka? Penerima beasiswa ini diharapkan memiliki jiwa kepemimpian dan semangat yang tinggi untuk membangun Indonesia.

Keuntungan yang diperoleh penerima Beasiswa Sampoerna Foundation tidaklah tanggung-tanggung. Mereka dibiayai kuliah secara penuh selama 4 tahun. Tidak hanya itu, mereka juga diberi tunjungan buku dan tunjangan biaya internet. Dengan adanya fasilitas tersebut, diharapkan mereka lebih aktif dalam menjalankan tugas sebagai penerima beasiswa.

2. Beasiswa BCA Finance


BCA Finance memberikan bantuan bernama Beaiswa BCA Finance Peduli Anak Bangsa. Bantuan tersebut diberikan khusus untuk jenjang S1. Sasarannya adalah mahasiswa dari universitas negeri maupun swasta yang telah melewati semester 2, atau memasuki tingkat 2. Diharapkan, beasiswa tersebut dapat membantu keuangan mereka sehingga proses kuliah lebih lancar.

Berapa jumlah dana yang diberikan? Penerima Beasiswa BCA Finance memperoleh uang Rp 3.000.000,00 yang diberikan setiap semester. Bantuan tersebut bisa diterima hingga semester 8. Bagaimana dengan proses seleksinya? Tidak terlalu rumit, para pendaftar hanya harus dinyatakan memiliki IPK minimal 3.00 untuk PTN dan 3.40 untuk PTS. Mereka juga diharapkan aktif berorganisasi.

1. Beasiswa BFI Finance


Beasiswa yang sangat menjanjikan ini sudah ada sejak tahun 2004. Sayangnya, kuota yang tersedia hanya belasan mahasiswa per tahun. Apa yang membuat seleksinya begitu ketat? Ternyata, para mahasiswa tidak hanya diberikan bantuan dana dan tunjangan kuliah hingga semester 9. Mereka juga memperoleh jaminan bekerja di BFI Finance dan terdaftar sebagai peserta Management Trainee Program (MTP) BFI Finance.

Tertarik untuk mendaftar beasiswa ini? Ikuti persyaratannya dengan cermat. Para pendaftar harus berada di semester 4-8, baik di universitas negeri maupun swasta. Jurusan yang diterima beragam, tetapi Jurusan Ekonomi lebih diprioritaskan. Jangan lupa untuk mencatat tanggal pendaftaran dan berkas-berkas apa saja yang harus dikumpulkan. Semoga berhasil!