15 Bumbu yang Mempengaruhi Rasa Masakan di Indonesia

Negara Indonesia sangat terkenal akan kekayaan rempah-rempahnya. Rempah-rempah memiliki berbagai macam kegunaan, bisa sebagai bahan pengawet, obat-obatan, mau pun bumbu masakan.

Masakan di Indonesia sendiri kebanyakan memiliki rasa yang kuat karena banyak menggunakan rempah.  Karena itu, berkaitan erat dengan rempah-rempah, pada artikel kali ini Top10Indo mengajak kamu untuk menilik Daftar 15 Bumbu yang Mempengaruhi Rasa Masakan di Indonesia di bawah ini.


15. Merica


Merica merupakan salah satu komponen terpenting dalam masakan-masakan di seluruh dunia. Merica yang digunakan sebagai bumbu masak terdiri dari merica putih, hitam, hijau, dan merah.

Merica memiliki rasa yang pedas dan tajam untuk menyedapkan masakan. Bagian yang digunakan untuk memasak biasanya adalah biji merica yang sudah kering.


14. Kayu manis


Kayu manis adalah salah satu bumbu makanan tertua yang biasa digunakan manusia. Bumbu ini sudah digunakan dari zaman Mesir Kuno sekitar 5000 tahun yang lalu. Beraroma wangi, manis dan pedas. Selain sebagai bumbu masakan, kayu manis juga bisa dipakai sebagai obat-obatan.


13. Cengkeh



Cengkeh merupakan salah satu tanaman rempah-rempah asli Indonesia yang sangat dibutuhkan terutama sebagai bumbu masakan, tidak hanya di Indonesia, namun hampir di seluruh negara-negara di dunia. Cengkeh pernah menjadi salah satu rempah yang paling populer dan mahal di Eropa, bahkan melebihi harga emas. Beraroma khas manis dan pedas, rempah ini sering digunakan untuk memberi aroma pada kue-kue kering.



12. Vanili


Buah vanili yang berwarna kekuningan dan batang tanaman vanili adalah anggota pada tubuh vanili yang banyak diproses sebagai vanili yang saat ini banyak dipasarkan  di Indonesia sebagai pengharum dalam pembuatan kue dan makanan.

Walaupun diolah dengan berbagai cara yang berbeda sebagai bumbu pelengkap adonan kue, Vanilli tetap memiliki fungsi yang sama  untuk mengharumkan kue sehingga membuat tampilan kue menjadi lebih menarik dan mampu mengunggah selera makan.


11. Kapulaga


Kapulaga adalah salah satu rempah yang paling banyak digunakan pada masakan negeri Timur Tengah dan India. Aromanya wanginya sangat khas. Di Indonesia kapulaga di gunakan pada bumbu masakan gulai, kari, juga untuk memberi aroma pada kue lapis legit. Jenis kapulaga yang paling dikenal di Indonesia adalah Kapulaga putih dan Kapulaga hijau.


10. Jahe


Jahe  adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Jahe memiliki rasa khas pedas yang menghangatkan tubuh, biasa digunakan untuk memberi aroma atau rasa pedas pada masakan. Di Indonesia, rempah ini banyak kita jumpai juga dalam bentuk wedang jahe sebagai penghangat tubuh atau obat masuk angin.


9. Kunyit


Masakan tradisional Indonesia tidak mungkin terlepas dari bumbu ini. Kunyit mempunyai warna kuning dan jika sudah tua ia akan berwarna oranye sehingga di Indonesia kunyit sering digunakan sebagai pewarna alami untuk masakan seperti nasi kuning, bumbu opor, kari, gulai, dan lain-lain.


8. Pala


Buah pala berbentuk lonjong seperti lemon, berwarna kuning, dan beraroma khas. Daging buahnya bisa diolah menjadi manisan. Aromanya sangat harum, tajam, bernuansa hangat dan manis. Sementara bijinya dapat menambah cita rasa pada bumbu perendam daging serta menjadikan kaldu atau sup semakin sedap. 


7. Lengkuas


Lengkuas atau laos adalah salah satu rempah populer dalam tradisi boga dan pengobatan tradisional Indonesia maupun daerah Asia Tenggara lainnya. Lengkuas dapat memberikan aroma segar pada hidangan tumis, pindang, juga hidangan berkuah santan.


6. Adas


Adas berasal dari dataran mediterania. Berbentuk kecil pipih dan berwarna kecokelatan. Aromanya yang sangat harum dan sedikit pedas biasa digunakan untuk memberi aroma segar pada masakan seperti sup, gulai, atau kari.



5. Jinten


Biji jinten digunakan sebagai bumbu masakan untuk banyak resep di Asia, Amerika Latin, dan negara-negara Afrika. Jinten biasanya tumbuh di daerah yang beriklim dingin atau di daerah  pegunungan. Bijinya beraroma wangi dan rasanya agak pedas.  Jinten sering dicampur dengan ketumbar sebagai bahan penyedap berbagai masakan daging.


4. Asam Jawa


 Di Indonesia kita sudah banyak mengenal asam jawa sebagai bumbu dapur. Daging buahnya yang memiliki rasa asam sering digunakan untuk memberi perisa pada masakan, sirup, manisan, atau minuman hangat yang menyegarkan tubuh.


3. Cabai Merah


Sebagai negara yang terkenal dengan rasa masakannya yang kuat, tentu saja cabai merah menjadi salah satu bumbu yang wajib dalam masakan Indonesia. Cabai merah memberikan cita rasa pedas dan warna merah alami untuk membuat masakan terlihat lebih menarik. Cabai merah juga mengandung banyak vitamin C yang bagus untuk tubuh dan dapat digunakan sebagai obat-obatan.

2. Daun bawang


Daun bawang merupakan jenis sayuran dari kelompok bawang yang banyak digunakan dalam berbagai masakan. Di Indonesia daun bawang sering kita temukan dalam martabak telur atau bumbu tabur pada masakan.

1. Daun Jeruk


Daun jeruk yang sering ditambahkan dalam masakan adalah daun jeruk purut. Daun jeruk purut digunakan sebagai penyedap rasa dan memberikan aroma khas pada masakan yang dapat menggugah selera makan.