15 Boneka-boneka khas di seluruh dunia

Semua orang di masa kecilnya pasti pernah bermain boneka, atau paling tidak ditemani boneka saat tidur. Boneka-boneka saat ini tersedia dalam wujud yang begitu beragam, menjadikannya tidak hanya dikoleksi oleh anak-anak saja melainkan juga oleh orang dewasa. Maka dari itu, berhubungan erat dengan tema boneka, pada kesempatan kali ini Top10Indo mengajakmu untuk menilik daftar 15 boneka-boneka khas yang populer di seluruh dunia. Langsung saja yuk, simak daftarnya di bawah ini!



15. Kokeshi


Kokeshi adalah boneka tradisional kerajinan tangan Jepang yang terbuat dari kayu dan telah ada sejak 150 tahun yang lalu. Boneka Kokeshi dibuat menggambarkan sosok gadis Jepang, dengan badan berbentuk silinder dan kepala bulat tanpa tangan serta kaki.

Boneka ini awalnya dibuat untuk kesenian Jepang, namun karena bentuknya yang lucu serta banyak orang menyukainya, boneka Kokeshi sekarang juga dijual sebagai souvenir di berbagai tempat wisata. Boneka Kokeshi baru sering dikenal sebagai Shingata Kokeshi, sedangkan Kokeshi klasik dikenal sebagai Dento Kokeshi (kokeshi tradisional).


14. Kewpie


Boneka Kewpie adalah boneka yang dibuat berdasarkan tokoh komik strip karya Rose O'Neill yang muncul dalam majalah Ladies' Home Journal tahun 1909. Pada awal 1900-an, sosoknya banyak ditampilkan dalam berbagai produk, seperti buku mewarnai, cangkir, piring, suvenir, dan lain-lain. Boneka Kewpie seringkali diberikan orang-orang sebagai hadiah dan dikoleksi.


13. Bisque


Boneka ini berasal dari benua Eropa dan terbuat dari bahan porselain. Boneka bisque memliki bentuk realistis serupa manusia, mulai dari rambut hingga sepatunya. Boneka ini sangat populer di Eropa pada tahun 1860 sampai perang dunia I. Saat ini boneka bisque juga masih diproduksi, tetapi beberapa boneka yang dibuat pada tahun 1900-an dijadikan koleksi sehingga membuatnya menjadi barang yang cukup langka. 


12. Matryoshka


Boneka Matryoshka berasal dari Russia. Boneka ini sudah di ciptakan lebih dari 100 tahun yang lalu oleh Vasily Zvyozdochkin dan Sergey Malyutin. Biasanya boneka ini terbuat dari kayu yang di pahat dan di cat menggunakan tangan. Uniknya, boneka Matryoshka memiliki bagian dalam berongga yang dapat diisi oleh boneka lain yang berukuran lebih kecil. 


11. Dakocan


Dakocan adalah boneka plastik berwarna hitam yang di dalamnya diisi udara. Boneka ini awalnya diproduksi Takara Vinyl di Yokohama, Jepang dan dikenal dengan sebutan Dakko-chan. Dinamakan demikian karena kedua tangan boneka ini berbentuk lingkaran seolah-seolah sedang memeluk (dakko) sesuatu. Sesuai namanya, Dakocan pun bisa dipasang pada lengan seperti sedang memeluk pemiliknya.


10. Karakuri


Karakuri merupakan boneka tradisional yang berasal dari negara Jepang. Boneka ini mempunyai bentuk yang menyerupai manusia, namun uniknya boneka ini dapat bergerak karena memiliki mesin penggerak seperti robot di dalam tubuhnya, sesuai dengan namanya sendiri Karakuri yang berarti 'Mekanik' atau 'Trik'.


9. Daruma


Daruma adalah boneka sekaligus mainan dari Jepang berbentuk lonjong dengan bagian dalam yang kosong tanpa tangan serta kaki. Di Jepang, boneka ini merupakan pembawa keberuntungan. Daruma dijual dengan mata yang belum digambar. Orang yang ingin harapan atau cita-citanya terkabul menggambar salah satu sisi dari kedua matanya dengan  tinta, dan bila harapan orang tersebut sudah tercapai, daruma akan menerima mata yang satunya lagi. Di Jepang, produsen boneka daruma terbesar ada di kota Takasaki, Prefektur Gunma.


8. Barbie


Barbie pertama kali di kenalkan pada tahun 1959 dan langsung mendapat respon yang sangat baik di pasar Amerika, hingga kini menjadi salah satu boneka terpopuler di dunia. Kita tentunya sudah nggak asing lagi dengan perusahaan barbie yang setiap beberapa tahunnya menawarkan boneka-boneka mereka dengan pilihan berbagai tema indah yang menarik mata. Saking terkenalnya dengan jenisnya yang bermacam-macam, nggak hanya anak-anak, orang dewasa pun banyak yang menjadi kolektor boneka barbie.



7. Hinamatsuri


Boneka Hinamatsuri adalah boneka yang biasa dijadikan pajangan selama perayaan hari anak perempuan di Jepang. Boneka Hina ditata diatas tangga mini berkarpet merah dan disusun berdasarkan tingkat jabatan dalam kerajaan Jepang. Boneka ini juga sudah dibuat sejak sekitar 1000 tahun yang lalu dan masih menjadi tradisi sampai sekarang.


6. Teddy bear


Teddy bear adalah mainan boneka beruang untuk anak-anak. Dibuat pertama kali oleh pengrajin mainan Morris Michtom di Amerika Serikat dan Richard Steiff di Jerman pada awal abad ke-20, dan namanya diambil dari Presiden Amerika Serikat Theodore "Teddy" Roosevelt, yang senang berburu beruang. Kini Teddy bear semakin beragam variasinya dan populer berkat kemunculannya dalam berbagai media. Boneka Teddy Bear sekarang pun menjadi  hadiah paling terkenal di seluruh dunia.


5. Troll


Troll adalah boneka plastik dengan rambut berbulu warna-warni yang disisir ke atas. Boneka ini awalnya diciptakan pada tahun 1959 dan menjadi salah satu mode mainan terbesar di Amerika Serikat pada awal 1960-an. Mereka menjadi mode lagi di periode singkat dari tahun 1970-an melalui tahun 1990-an dan disalin oleh beberapa produsen dengan nama yang berbeda. Selama tahun 1990 pun, beberapa video game dan tayangan video yang dibuat berdasarkan boneka troll ini.


4. Hello Kitty


Hello Kitty adalah nama untuk sebuah karakter yang didesain oleh perusahaan Jepang, Sanrio. Hello Kitty digambarkand dalam sesosok kucing berwarna putih dengan ciri khas pita atau hiasan lainnya di daun telinga sebelah kiri dan mulut yang tidak digambar. Tidak hanya dalam bentuk boneka, Hello Kitty juga dapat kita temukan dalam bentuk kartun, game, atau peralatan tulis.

Hak cipta Hello Kitty didaftarkan pada tahun 1976 dan sekarang merupakan merek dagang di seluruh dunia. Pada waktu pertama kali diperkenalkan, target utama pemasaran Hello Kitty adalah anak perempuan, tapi sekarang penggemar Hello Kitty terdiri dari wanita maupun pria dari berbagai kalangan usia.


3. Danbo


Danbo adalah karakter fiksi berbentuk robot yang terbuat dari kardus. Karakter ini awalnya menjadi populer berkat kemunculannya dalam manga Yotsubato! karya komikus Jepang Kiyohiko Azuma. Danbo populer dengan cepat di seluruh dunia dan muncul dalam berbagai bentuk merchandise seperti gantungan kunci atau boneka kardus, bahkan sering menjadi topik dalam berbagai meme yang beredar di internet.


2. Paddington


Paddington adalah boneka beruang khas negara Inggris. Yang menjadikan ciri khas boneka ini adalah sosoknya yang memakai sepatu boot, mantel hujan berwarna warni dan menenteng koper. Bahkan pada tahun 2014 lalu telah dibuat sebuah film komedi yang mengisahkan tentang perjalanan seekor beruang berjudul "Paddington".


1. Elmo


Elmo adalah karakter boneka dalam acara televisi anak-anak yang berjudul Sesame Street. Elmo digambarkan dalam wujd monster merah bersuara jenaka yang memimpin jalannya acara Sesame Street, "Elmo's World".