15 Film Animasi yang Wajib Kamu Tonton

Berkat banyaknya film-film animasi yang merambah masuk dan populer di Indonesia, pastilah banyak orang yang gemar menontonnya. Dan karena film animasi mempunyai kekhasan dengan menyelipkan pesan-pesan moral untuk kehidupan serta kita bisa memilih genre-genre yang sesuai selera kita sendiri, film animasi sekarang tidak hanya disukai oleh anak-anak saja tetapi juga orang dewasa dan orang tua.

Apakah kamu termasuk dari salah satu orang yang menyukai film animasi anak-anak? kalau begitu ada baiknya jika kamu menilik daftar 15 Film Animasi yang Wajib Kamu Tonton di bawah ini:

15. Despicable Me


Despicable Me adalah film animasi dari Amerika Serikat yang menceritakan tentang Penjahat super bernama Gru yang berusaha mengalahkan Vektor, rivalnya yang telah berhasil mencuri piramida Giza.

Kemudian untuk membantunya mengalahkan Vektor, Gru pun memutuskan mengadopsi 3 anak dari panti asuhan. Tetapi beberapa peristiwa yang terjadi telah berhasil mengubah Gru menjadi orang yang baik hati.

14. Kungfu Panda



Po adalah seekor panda gemuk yang tinggal dan bekerja sama dengan ayahnya di warung mie. Suatu hari, mentor Shifu, Master Oogway memiliki firasat bahwa mantan murid Master Shifu dan anak angkatnya, Tai Lung akan melarikan diri dari penjara dan kembali  untuk membalas dendam. Shifu pun mengadakan turnamen kung fu untuk memilih Dragon Warrior yang ditugasi untuk mengehentikan Tai Lung. Dan berkat suatu ketidak sengajaan, Master Oogway justru malah memilih Po sebagai Dragon Warrior.

Tidak mau percaya bahwa panda gemuk yang besar bisa menjadi Dragon Warrior, Master Shifu berusaha menyingkirkan Po dengan mencaci-maki dan mengejek dia selama pelatihan karena Po sama sekali tidak memiliki kemampuan kung fu.

Film ini dirilis pada tanggal 6 Juni 2008. Disutradarai oleh Mark Osborne dan John Stevenson. Pengisi suara dalam film animasi ini antara lain ialah Jack Black, Dustin Hoffman, Angelina Jolie, Lucy Liu, Seth Rogen, David Cross, Ian McShane, dan Jackie Chan.

13. Toy Story



Film ini menceritakan tentang ikatan seorang anak dengan boneka-boneka kesayangannya. Pada seri pertama ini, Woody, salah satu dari sekumpulan mainan di rumah Andy dan teman-temannya sangat resah dan cemburu karena kehadiran sebuah mainan baru bernama "Buzz Lightyear" sangat menyita perhatian Andy.

Saat kecemburuannya memuncak, suatu hari Buzz terlempar keluar dan para mainan meminta Woody bertanggung jawab. Buzz dan Woody pun harus  melewati berbagai petualangan  menegangkan untuk kembali bersama teman-temannya, yang berada dalam truk pindahan karena Andy akan pindah rumah.

12. Hotel Transylvania



Kadang-kadang monster perlu istirahat juga. Itu sebabnya Dracula membuka Hotel Transilvania, resort bintang lima dimana para monster dan keluarga mereka dapat beristirahat tanpa dilihat manusia. Meskipun begitu, seperti layaknya ayah pada umumnya, Dracula juga sangat menyayangi dan protektif terhadap anaknya Mavis.

Ia mengarang cerita-cerita tentang bahaya yang mengerikan untuk mencegah putrinya berpetualang di luar hotel. Tetapi yang terjadi malah lebih buruk, karena seorang manusia bernama Andy berhasil menemukan hotel Transylvania dan jatuh cinta dengan Mavis.


11. The Little Prince



Film ini bercerita tentang seorang gadis muda yang kehilangan masa kecilnya, karena dirinya selalu disuruh belajar trus menerus. Tetapi ketika ia berteman dengan tetangganya yang eksentrik dan baik hati, Th Aviator, Gadis muda itu belajar tentang keajaiban dan kisah dari Little Prince, seorang anak yang jatuh dan tersesat di Padang Pasir setelah jatuh dari Astroid.

Sampai akhirnya gadis muda itu mencoba melakukan sebuah perjalanan ajaib ke dunia imajinasinya  sendiri dimana ia akan belajar dan semuanya itu akan bisa dilihat melalui hati.


10. Monster Inc



Film ini berkisah tentang kehidupan para monster di kota Monstropolis. Kota monster tersebut mendapat energi untuk kehidupan sehari-hari dengan cara menakuti anak-anak kecil dari dunia manusia. Sebuah perusahaan bernama Monsters, Inc. tiap harinya mengumpulkan teriakan anak-anak manusia dengan mengirim monster terlatih melewati pintu paralel ke dunia manusia. Para monster kemudian mengumpulkan teriakan anak-anak untuk dijadikan energi membangun kota.

Tetapi kemudian masalah muncul saat seorang anak bernama Boo masuk ke Monstropolis tanpa sengaja dan kemudian menyebabkan kekacauan di seluruh kota. James dan Mike harus bekerjasama untuk menemukan solusinya. 

9. The Good Dinosaur




Film animasi "The Good Dinosaur" bercerita seekor dinosaurus yang memiliki panjang hampir 70 kaki bernama Arlo. Akan tetapi setelah peristiwa traumatis yang melanda keluarga Arlo, juga telah mengakibatkan ayah dan ibunya mati, dia mencoba untuk melakukan  sebuah perjalanan sebuah perjalanan.

 Saat melakukakan perjalanan tersebut dia mendapatkan teman seorang anak manusia. Anak manusia gua tersebut bernama Spot. Dan akhirnya mereka berdua pun memutuskan untuk melakukan petualangan bersama.

8. Monster University



Mike adalah monster yang penuh percaya diri meskipun teman-teman sekolahnya selalu memperoloknya. Tidak ada yang mau akrab dengan Mike karena ia dianggap bukan sejenis monster yang menakutkan.

Mike kemudian termotivasi untuk masuk ke Monster University setelah bertemu idolanya, Frank McCay  saat sekolahnya melakukan studi tur. Ia ingin menjadi monster yang menakutkan seperti Frank sehingga bisa lebih dihargai oleh monster-monster lainnya.

7. Shrek




Shrek adalah seorang makhluk ogre yang tinggal sendirian di rawa-rawa. Kehidupannya terganggu karena banyak karakter dongeng mengungsi ke wilayahnya, berkat perintah Lord Farquaad. Kemudian ia bertemu dengan seorang keledai yang bisa bicara bernama Donkey.

Bersama Donkey, Shrek pun berpetualang untuk menyelamatkan putri Fiona yang hendak dinikahi oleh Farquaad. Namun ternyata Putri Fiona jugalah seorang ogre, dan dia serta Shrek memiliki cukup kecocokan yang akhirnya membuat keduanya jatuh cinta satu sama lain.

6. Inside Out



Film animasi ini bercerita tentang anak perempuan berusia 11 tahun bernama Riley yang memiliki berbagai emosi yang ada dalam tubuhnya. Dalam pikiran Riley, terdapat 5 wujud emosi yaitu Joy, Fear, Anger, Disgust dan Sadness. 5 wujud emosi tersebut tinggal di sebuah tempat yang disebut dengan Headquartes yaitu pada pusat kendali pikiran Riley yang membimbingnya dalam kehidupan dan kegiatan sehari-hari.

 Keadaan pun menjadi berubah ketika Riley harus pindah ke kota San Fransisco untuk ikut bersama ayahnya. Headquartes menjadi kacau saat Riley berusaha beradaptasi dengan kehidupan di kota tersebut. Sementar Joy berusaha untuk tetap optimis, emosi lainnya berseteru tentang cara terbaik untuk Riley dalam menghadapi kehidupan di kota, rumah, sekolah dan lingkungan baru.


5. Stand By Me, Doraemon



Pada film ini menceritakan kisah bagaimana kehidupan Doraemon dan Nobita dimulai. Nobita suatu hari didatangi oleh Sewashi, keturunan Nobita generasi keempat pada abad ke 22 dan sebuah robot kucing bernama Doraemon.

Sewashi merasa bahwa keluarganya menderita karena utang yang Nobita tinggalkan hingga ke generasinya, dan dalam rangka untuk mengubah masa depan ini, ia mengutus Doraemon sebagai penjaga Nobita agar bisa memberikan kebahagiaan pada masa depannya. Akhirnya Sewashi memasang program ke Doraemon agar dapat memaksanya untuk mengurus Nobita. Doraemon tidak bisa kembali ke abad ke-22 kecuali Nobita hidup bahagia.

4. Finding Nemo



Finding Nemo berkisah tentang seekor ikan badut bernama Marlin dan anaknya Nemo. Suatu ketika Nemo ditangkap oleh penyelam di Great Barrier Reef dan dibawa ke Sydney. Marlin, yang ditemani ikan bernama Dory, kemudian memulai petualangan mengarungi lautan luas bermil-mil menuju Sydney untuk menyelamatkan anaknya Nemo.

Sebuah perjuangan mengharukan antara ayah dan anak yang berusaha saling menemukan, dan dibumbui oleh humor serta kekocakan dari Dory, yang menjadi ketertarikan sendiri dalam film ini.

3. Big Hero 6



Hiro Hamada adalah seorang anak remaja yang sangat jenius. Pada ujian masuknya ke universitas, sebagai bahan presentasi dia memperkenalkan penemuannya yang luar biasa. Namun kemudian kampus yang akan dimasukinya itu mengalami kebakaran, dan kakaknya, Tadashi Hamada yang nekat kembali ke dalam kebakaran untuk menyelamatkan dosennya meninggal.

Hiro yang merasa sangat terpukul ternyata ditinggali sebuah robot medis ciptaan kakaknya, yang lalu ia namai Baymax. Suatu hari Hiro terlibat dengan penjahat bertopeng yang berniat menghancurkan dunia dengan mencuri penemuannya. Bersama keempat temannya pun Hiro mengejar penjahat itu, dan dia mereparasi Baymax menjadi sebuah robot petarung.

2. Coraline



Coraline Jones dan kedua orangtuanya pindah dari Michigan ke sebuah apartemen bernama Pink Palace. Coraline sangat tidak menyukainya rumah barunya yang membosankan dan daerahnya yang aneh. Tetapi pada suatu malam, dia menemukan sebuah pintu misterius di rumahnya yang merupakan portal untuk menuju dunia lain. Dunia dimana segalanya lebih indah dan menarik, Ayah ibu yang tampan dan cantik, serta tetangga yang berkelas. Namun semua orang yang ada di dunia itu ternyata memiliki mata kancing. 

Dikemas dengan rapi dan apik sekali, Coraline adalah sebuah film animasi horror anak-anak yang sangat indah. Petualangan Coraline Jones di dunia magis ini cocok dinikmati oleh segala kalangan usia, baik tua dan muda.

1. Frozen




Film ini berkisah tentang Elsa dan Anna, dua putri kerajaan Arandelle. Elsa yang selalu murung karena tak bisa mengendalikan kekuatannya membuat es sangat menyayangi Anna, sang adik yang manja serta ceria. Kekuatan Elsa inilah yang dapat  memisahkan dan menyatukan kedua kakak beradik dalam mengisi semua alur cerita film Frozen ini.

 Sebuah cinta yang tidak bisa diduga, tidak bisa diharapkan, tapi bisa didapatkan oleh kasih yang tulus. Cinta dan kasih antara Elsa dan Anna inilah yang sebenarnya menjadi penyelamat keduanya serta seluruh kerajaan Arendelle dari kebekuan.