15 Serial Drama Korea Terseru di Tahun 2016

Pada masa ini kelihatannya semakin banyak orang-orang yang menggemari serial drama Korea. Entah mereka menontonnya agar terlihat kekinian karena mengikuti tren, direkomendasikan oleh teman, atau bahkan ada aktris dan aktor yang kamu sukai ikut bermain di dalamnya.

Kamu baru pertama kali menonton drama Korea? Atau kamu tidak tahu drama apa saja yang lagi musim di tahun 2016 ini? Tenang saja, kamu akan segera mendapatkan rekomendasi. Karena pada kesempatan kali ini Top10Indo akan memberikan daftar 15 Serial Drama Korea Terseru di tahun 2016. Yuk, langsung simak saja daftarnya!


15. Cheese in The Trap




Drama ini mulai tayang pada tanggal 4 Januari 2016, dengan jumlah total 16 episode dan akan disutradarai oleh Lee Yoon Jung didasarkan pada webtoon karya komikus Soon Ggi dengan judul yang sama dan diserialisasikan oleh Naver dari tahun 2010 hingga sekarang.

Drama ini mengisahkan tentang romansa di antara Hong Seol (diperankan oleh Kim Go Eun) serta Yoo jung (diperankan oleh Park Hae Jin). Hong Seol digambarkan sebagai seorang mahasiswi yang berasal dari keluarga miskin sehingga terpaksa bekerja paruh waktu. Sementara itu, Yoo Jung adalah sosok lelaki tampan yang sempurna dan pintar namun diam-diam memiliki sisi gelap.

Selain dua tokoh utama di atas, drama ini juga akan diramaikan oleh Seo Kang Joon, Lee Sung Kyung, Nam Joo Hyuk, dan Park Min Ji.

14. Come Back Mister




Come Back Mister atau “Dolawayo Ajussi” adalah drama Korea yang disutradarai oleh Shin Yoon sub, dan naskahnya  ditulis Noh Hye young, didasarkan dari versi novelnya yang ditulis oleh Jiro Asada dengan judul “Tsubakiyama Kacho no Nanokakan”. Serial televisi ini disiarkan di SBS pada hari Rabu dan Kamis pada pukul 21:55 untuk 16 episode, dimulai pada tanggal 24 Februari 2016.

Drama ini diperankan oleh Rain Bi (sebagai Lee Hae Joon) menjadi sesosok pria idaman yang tampan dan bekerja sebagai kepala divisi pakaian perempuan di sebuah department store. Namun siapa sangka, jiwa atau arwah Kim Young soo (dimainkan oleh Kim In Kwon) menguasai tubuhnya. Lee Hae Joon ini kemudian terlibat cinta segitiga dengan Shin Dae Hye(dimainkan oleh Lee Min Jung), serta rekan karyawan bernama Yoon Park.

13. Saimdang, the Herstory



“Saimdang, the Herstory” adalah drama Korea yang akan mengobati kerinduan fans akan sosok Lee Young Ae, alias Jang Geum, yang dulu menghias layar kaca dalam seri “A Jewel in the Palace”. Aktor dan aktris Korea lain yang akan bermain yaitu Song Seung Heon, Oh Yoon Ah, Park Hye Soo, Yun Da Hun, dan lainnya.

Seo Ji Yoon, yang diperankan oleh Lee Young Ae, adalah seorang dosen di bidang sejarah seni Korea. Sebuah potret misterius kemudian dibuka rahasianya oleh sang dosen. Suatu hari, ia menemukan diary Shin Saimdang, satu dari sekian figur bersejarah di Korea. Dia adalah seorang penyair, seniman dan ahli kaligrafi. Tokoh perempuan yang juga diperankan oleh Lee Young Ae ini lahir pada 29 Oktober 1504.

12. Good Bye Mr. Black




Goodbye Mr. Black” adalah drama Korea yang diangkat dari komik karya Hwang Mi Na yang dipublikasikan pada tahun 1983. Dengan Lee Jin Wook dan Moon Chae Won akan bermain sebagai pemeran utama. Penulisan naskahnya  diserahkan pada Moon Hee Jung. MBC menayangkan drama ini mulai bulan Maret, setiap hari Rabu dan Kamis pukul 21.55.

Cha Ji won (diperankan oleh Lee Jin Wook) atau sering dijuluki sebagai Mr. Black merupakan petugas angkatan laut yang baik dan juga mempesona. Sayang sekali, suatu hari ia dikhianati seorang teman. Kejadian itu sedikit mengusik hidupnya sehingga ia harus menghadapi banyak masa sulit. Sampai-sampai demi menyamarkan identitas, ia mesti melakoni pernikahan palsu dengan Swan, yang diperankan oleh Moon Chae won. Bersama isterinya itu, ia tergiring pada cinta dan rasa percaya lagi.

11. Jang Yeong Sil




Serial ini dibintangi oleh Song Il-gook, Kim Yeong-cheol, Kim Sang-kyung serta Park Sun-young. Mulai disiarkan di KBS1 dari tanggal 2 Januari 2016 hingga tanggal 20 Maret 2016 setiap hari Sabtu dan Minggu pada pukul 21.40 (WSK) dengan jumlah 24 episode.

Sesuai judul drama, ceritanya memang terfokus pada sosok Jang Yeong Sil (diperankan oleh Song Il Kook). Di masa Joseon, ia adalah seorang ilmuwan, penemu sekaligus teknisi. Ia berasal dari kalangan bawah, namun Raja Sejong (diperankan oleh Kim Sang Kyung) memperhatikan bakat yang ia miliki sehingga Jang Yeon Sil pun memiliki kesempatan untuk mengabdi di istana. Beberapa penemuan jadi prestasinya. Ia menemukan berbagai peralatan astronomi,  jam air serta mesin cetak besi. Tokoh-tokoh lain akan diperankan oleh  Park Sun young,  Kim Young chul,  Jung Han yang, Son Byung ho, Lee Ji hoon, dan lain-lain.

10. Moorim School




Drama Korea ini diceritakan mengusung tentang dunia sekolah. Akan disutradarai oleh Lee So Yeon, dengan penulis naskahnya adalah Kim Hyun Hee.  Dan mulai tayang pada tanggal 11 Januari 2016 di KBS2, tepatnya pada Senin dan Selasa pukul 21.55.

Meski menceritakan tentang kehidupan sekolah, fokus ceritanya tidak hanya terbatas pada mengejar nilai atau prestasi akademis belaka. Para guru dan muridnya berasal dari berbagai negara dan masing-masing dari masing-masing dari mereka memiliki cerita sendiri. Sekolah ini juga mengajarkan tentang kejujuran, pengorbanan, kepercayaan dan komunikasi.

Adapun beberapa tokoh utama yang akan berperan yaitu Lee Hyun Woo (sebagai Yoon Shi Woo), Seo Ye Ji (sebagai Sim Soon Duk), Hong Bin (sebagai Wang Chi Ang), Jeong Eu Gene (sebagai Hwang Sun A), Alexander (sebagai Yub Jung). Kepala Sekolah Hwang Moo Song diperankan oleh Shin Hyun joon. Sementara guru-gurunya diperankan oleh Samuel Okyere, Daniel Lindemann, dan Kan Mi Youn. Serta ada pula penampilan istimewa dari Lee Beom soo, yang memerankan diri sebagai Wang Ha O.

9. Page Turner




“Page Turner” adalah drama Korea yang durasinya cukup pendek, dijadwalkan tayang hanya selama 3 episode saja. Akan diperankan oleh Kim So Hyun, Ji Soo, dan Shin Jae Ha. Serial ini diarahkan oleh Lee Jae hoon serta ditulis oleh Park Hye ryun. KBS2 mulai menayangkannya di bulan Februari pada tanggal 26 Maret 2016 hingga 9 April 2016.

 Yoon Yoo Seul (diperankan oleh Kim So Hyun) adalah siswi di sebuah sekolah kesenian. Ia begitu berbakat, khususnya dalam memainkan piano. Tak ayal kalau Yoo Seul kerap menyabet gelar juara untuk berbagai kompetisi piano. Dibalik kesuksesannya ada ibunya, yang memang ingin menjadi seorang pianist ketika ia masih berusia muda. Suatu hari, Ia terlibat kecelakaan. Hal itu membuatnya tak mampu lagi bermain piano seperti biasa. Di saat-saat seperti itu, orang-orang di sekitarnya mencoba memapah Yoo Seul menuju ke kehidupan baru yang lebih baik.

8. Signal




Drama ini cukup unik. Mengisahkan tentang dua detektif yang berasal dari dua masa berbeda. Yang satu adalah detektif masa kini, yang lainnya adalah detektif di masa lalu. Menariknya, ketika hendak memecahkan sebuah masalah, mereka bisa berkomunikasi atau berdiskusi melalui walkie-talkie.

Problem kriminal yang dibahas memang dalam drama ini berdasarkan dari kisah nyata, tentang kejadian nahas yang terjadi di Hwaseong, Provinsi Gyeonggi, Korea Selatan. Kejadian itu terjadi sepanjang tahun 1986 sampai 1991. Adapun para pemainnya adalah Lee Je Hoon (sebagai Park Hae Young), Kim Hye Soo (sebagai Cha Soo Hyun), Cho Jin Woong (sebagai Lee Jae Han), dan lainnya.

7. The Flower in Prison




“The Flower in Prison” atau “Okjoonghwa” adalah drama Korea yang disutradarai oleh Lee Byung hoon. Penulisan naskahnya sendiri dilakukan Choi Wan Kyu. MBC menjadi stasiun tv yang akan mulai menanyangkannya mulai bulan Maret, setiap hari Sabtu dan Minggu selama 50 episode. Para pemain utamanya akan diperankan oleh Jin Se Yun, Koo Soo, Jung Joon Ho, Park Joo Mi, dan Kim Mi Sook.

Setting waktunya ada di era Dinasti Joseon. Ok Nyeo, yang diperankan oleh Jin Se yun, adalah seorang perempuan yang lahir di penjara. Dirinya menjadi milik weji-boo, sosok yang membantu orang-orang yang terlibat dalam ranah hukum.

6. Vampire Detective




Serial televisi bertema vampir ini merupakan spin-off dari drama tahun 2011 yaitu Vampire Prosecutor. Drama ini dibintangi oleh Lee Joon, Oh Jung Se dan Lee Se Young. Episode pertama ditayangkan pada hari Minggu tanggal 27 Maret 2016 di OCN.

Mengisahkan tentang detektif pribadi bernama Yoon San (diperankan oleh Lee Joon) yang tiba-tiba berubah menjadi sosok vampir. Meski demikian, ia tetap menjalani profesinya yang berkaitan erat dengan pemecahan masalah klien. Ia juga sekaligus mencoba memecahkan misteri yang menyelimuti dirinya sendiri.

Selain Lee joon, ada juga Oh Jung Se yang akan berperan menjadi Yong Goo Hyung. Lalu Lee Se Young sebagai Han Gyeo Wool, Kim Yoon Hye sebagai Jung Yoo Jin dan Lee Chung Ah sebagai Yo Na.

5. Neighborhood's Hero




Bagi para fans Kwon Yuri SNSD atau Girls Generation, serial ini jelas wajib masuk dalam list drama yang harus kamu tonton, karena dia akan ikut berkontribusi dalam drama ini memerankan tokoh Bae Jung Yeon.  Bersama Park Si Hoo sang aktor utama, lalu ada Cho Seong Ha, Lee Soo Hyuk, Yoon Tae Young, Jeong Man Sik sebagai Jung Soo Hyuk, dan Song Jae Ho.

Park Si hoo berperan sebagai Baek Shi yoon. Dia adalah mantan agen rahasia. Namun identitasnya itu disembunyikan. Ia pun membeli sebuah bar yang dinamai “Neighborhood”. Sebagai pemilik, ia bertemu banyak pengunjung dan dekat dengan mereka. Ia juga bertemu seorang pemuda, yang menjadi seorang karyawan sementara. Rupanya ia ingin sekali menjadi petugas kepolisian. Baek Shi yoon kemudian mentransferkan ilmunya sebagai agen rahasia. Dari kedekatan itu, keduanya pun menghadapi banyak kejahatan bersama.

4. My Son in Law




Seorang perempuan memiliki anak laki-laki, namun ia bukanlah anak kandung, melainkan menantu. Meski demikian, ia memperlakukannya layaknya anak sendiri. Suatu hari, si lelaki ini bertemu dengan seorang perempuan dan jatuh hati padanya. Ia bahkan menikahinya. Pernikahan inilah yang kemudian mengantarkan berbagai konflik dalam kehidupannya.

Drama ini akan dimainkan oleh Seo Ha Jun (sebagai Hyun Tae), Yang Jin Sung (sebagai Soo kyung), Lee Jae Un (sebagai Young Sim), Jang Seung Jo (sebagai Jae Young), Lee Si Won (sebagai Young Chae), Park Sun Cheon (sebagai Jin Sook), Kim Ha kyun (sebagai Dal soo), Park Sung geun (sebagai Min Sik), Jung Kyung Ho (sebagai Woo Sik), Han Young (sebagai Jin Joo) serta Lee Sang Ah yang juga akan memiliki peran tersendiri.

Serial televisi ini disiarkan di SBS setiap hari Senin hingga Jumat pada pukul 8.30 pagi untuk 120 episode dari tanggal 4 Januari 2016.

3. One More Happy Ending




Drama Korea dengan tema dewasa ini menceritakan tentang pernikahan, perceraian serta pernikahan ulang. Adalah Han Mi Mo, yang dimainkan oleh Jang Na Ra, yang di drama ini menjadi mantan member sebuah girlband bernama “Angels”. Member lainnya bernama Baek Da Jung (dimainkan You Da In) lalu ada juga Go Dong Mi  (Yoo In Na) serta Hong Ae Ran (diperankan oleh Seo In Young).

Serial ini mulai ditayangkan di MBC pada tanggal 20 Januari 2016 setiap hari Rabu dan Kamis dengan jumlah 16 episode.

2. Pied Piper





Seri drama ini lebih berkonsentrasi pada permasalahan di dunia kepolisian, khususnya tentang bagaimana mereka memecahkan kasus. Di dalamnya terbentuk tim negoisasi masalah, yang diharapkan turut membantu mengurai problem tanpa terkesan menekan. Problem yang biasa dihadapinya mencakup upaya bunuh diri, terorisme serta penyanderaan.

Bintang Korea yang akan tampil yaitu Shin Ha Kyun (sebagai Joo Sung Chan), lalu ada Jo Yoon Hee (sebagai Yeo Myung Ha), Yu Jun Sang (sebagai Son Hee Sung). Serta ada pula penampilan istimewa di drama ini dengan Sung Song Il, yang memerankan diri sebagai Oh Jung Hak.

1. Descendants of the Sun





Drama ini mulai disiarkan di KBS2 pada tahun 2016, dibintangi oleh Song Joong Ki, Song Hye Kyo, Kim Ji Won serta Jin Goo. Serial ini akan disutradarai oleh Lee Eung Bok, sementara penulisan naskahnya adalah hasil kolaborasi antara Kim Eun Sook dan Kim Won Suk. Penayangannya direncanakan pada hari Rabu dan Kamis, setiap pukul 21.55.

Mengisahkan tentang percintaan Kapten Yoo Shi Jin (dimainkan oleh Song Joong-Ki) yang berperan sebagai sosok yang mengabdi pada pasukan penjaga perdamaian PBB, dengan pasangannnya adalah Dokter Kang Mo Yeon (diperankan oleh Song Hye Kyo). Namun karena suatu tugas, keduanya harus saling terpisah.

Selain pasangan kapten dan dokter, sang leader boygroup SHInee, Onew juga akan bermain bersama Lee Kwang soo yang akan tampil sebagai cameo dalam drama.

Bagaimana? apakah serial drama favoritmu di tahun 2016 sudah ada dalam daftar di atas? Atau kamu sudah menemukan drama mana yang akan mulai kamu ikuti? Share artikel ini pada orang-orang terdekatmu yang juga menyukai drama Korea!