15 Komikus Jepang Terpopuler di Dunia

Sudah cukup banyak manga atau komik Jepang yang merambah masuk di negara Indonesia sejak tahun 90-an. Genre dan gambar komik pun terus berkembang menjadi lebih modern dan beragam, bahkan masih ada juga serial manga yang saking panjangnya masih berlanjut juga sampai sekarang. Atau mungkin ada manga jadul yang pernah menemani masa kecilmu sangat membuatmu terkesan sampai kamu tumbuh dewasa. Namun tahukah kamu siapa orang-orang yang bekerja keras di balik komik-komik luar biasa itu?

Pada kesempatan kali ini, Top10Indo akan mengajak kamu untuk menilik daftar 15 Komikus Jepang Terpopuler di Dunia. Coba kamu periksa, apakah komikus (mangaka) dari komik-komik favoritmu juga ada dalam daftar di bawah ini:

15. Hajime Isayama



Hajime Isayama, komikus Jepang yang lahir di Oyama, prefektur Oita Jepang pada 29 Agustus 1986 ini menjadi salah satu komikus paling dikenal orang berkat serial komiknya "Attack on Titan" yang pertama kali diserialisasikan di majalah Bessatsu Shounen Magazine tahun 2009. Versi anime yang disiarkan tahun 2013 langsung meledak di pasaran, dan serial komik ini akhirnya juga dibuat menjadi adaptasi film live action, visual novel,  bahkan hingga game untuk Nintendo 3DS.

"Attack on Titan" adalah sebuah manga yang menceritakan kisah tragedi dimana orang-orang harus hidup di dalam lapisan tembok setinggi 50 meter untuk melindungi diri mereka dari serangan para raksasa pemangsa manusia yang disebut "Titan". Dengan tokoh utama tiga orang remaja: Eren, Mikasa, dan Armin bersama-sama mereka berjuang menjadi prajurit untuk merebut kembali wilayah manusia yang telah dikuasai para "Titan".

14. Hiromu Arakawa


Hiromu Arakawa, lahir pada8 Mei 1973 adalah seorang komikus perempuan yang berasal dari Hokkaido. Namanya menjadi terkenal karena ia menciptakan serial manga legendaris "Fullmetal Alchemist" yang sudah diadaptasi ke dalam seri anime sepanjang dua season.

Selain "Fullmetal Alchemist" komikus ini juga telah mengerjakan berbagai judul manga, diantaranya Silver Spoon, Hero Tales, dan Arslan Seki.

13. Nobuhiro Watsuki



Mangaka ini lahir pada 26 Mei 1970 di Nagaoka, Nigiita Jepang, dan namanya banyak dikenal berkat serial manga "Rurouni Kenshin" (atau yang biasa kita kenal sebagai "Samurai X") yang diterbitkan pada tahun 1994.

"Rurouni Kenshin" mengambil latar belakang awal dari era Meiji di Jepang, dengan tokoh utamanya adalah si samurai berambut merah yang memiliki luka berbentuk silang pada pipinya. Bagi anak laki-laki yang lahir di tahun 90-an pasti sudah tidak asing lagi dengan karakter bernama Kenshin ini.

Manga ini terbit di majalah mingguan Shonen Jump dan telah dibukukan menjadi 28 seri buku. Di Indonesia manga ini diterbitkan oleh Elex Media Komputindo pada tahun 2002 dengan judul Samurai X. Serial anime, movie, dan live action dari manga ini juga telah dibuat.


12. Takehiko Inoue




Takehiko Inoue, lahir pada 12 Januari 1967 adalah salah satu dari mangaka paling populer di Jepang. Karyanya biasa di serialisasikan di majalah-majalah untuk remaja lelaki.

Debutnya dalam majalah manga terjadi pada 1988 melalui Purple Maple yang muncul dalam majalah Shonen Jump. Debut manga pertamanya adalah "Chameleon Jail" pada 1989. Karyanya yang paling terkenal adalah "Slam Dunk", yang telah menjadi pengaruh besar di Jepang, dan kemudian juga hingga ke luar negeri.

Karya berikutnya adalah "Buzzer Beater"yang dapat ditemukan di Internet. Manga ini ada di situs webnya, dan tampil dalam bahasa Jepang dan bahasa Inggris.Tak lupa serial terbaru berjudul "Vagabond" yang meraih penghargaan Kebudayaan Osamu Tezuka di tahun 2002 dan "Real" telah menjadi manga yang paling banyak diterbitkan di Jepang.

11. Tsugumi Ohba




Tsugumi Ohba sebenarnya bukan termasuk seorang komikus, karena dia adalah penulis yang bertugas menulis cerita yang kemudian akan diilustrasikan oleh komikus. Namun namanya cukup melambung tinggi berkat cerita-cerita luar biasa yang diciptakannya.

Sejauh ini tulisannya telah diilustrasikan oleh Takeshi Obata, dan dengan karya kolaborasi itu kemudian mereka berhasil menciptakan dua manga legendaris berjudul "Bakuman" serta "Death Note" yang sama-sama telah dibuat adaptasi anime dan film live actionnya.

10. Takeshi Obata



Takeshi Obata lahir di prefektur Niigata Jepang pada 11 Februari 1969. Komikus ini biasanya bekerja mengilustrasikan cerita yang dibuat oleh para penulis. Seperti manga "Hikaru's Go" yang dibuatnya bersama Yumi Hotta, serta "Death Note" dan "Bakuman" yang dibuat bersama Tsugumi Ohba.

9. Takahashi Rumiko



Takahashi Rumiko lahir di Niigata Jepang pada 10 Oktober 1957. Wanita ini adalah seorang mangaka populer yang legendaris sekaligus termasuk salah satu wanita terkaya di Jepang karena karya-karya manga dan adaptasi animenya sangat populer di negara-negara selain Jepang bahkan juga negara-negara di luar Asia.

Manga-manga populer yang telah diciptakannya antara lain adalah Inuyasha, Ranma 1/2, Kyoukai no Rinne, dan lainnya. Manga-manga yang dibuatnya ini juga mungkin banyak ditemui oleh anak-anak yang lahir di tahun 90-an.

8. Kazuki Takahashi



Kazuki Takanashi lahir di Tokyo pada 4 Oktober 1961. Dia adalah seorang mangaka, ilustrator, sekaligus pembuat game yang menciptakan manga Yugi-Oh!

Takahashi memulai karier sebagai mangaka pada tahun 1982. Pekerjaan pertamanya adalah Tokiƍ no Tsuma, dipublikasikan pada 1990. Hasil kerjanya yang pertama kali adalah Tennenshokudanji Buray, yang berakhir dengan dua volume dan telah dipublikasikan pada 1991 hingga 1992. Takahashi tidak pernah mencapai sukses hingga di tahun 1996 ketika ia membuat Yu-Gi-Oh!

7. Tite Kubo



Lahir 26 Juni, 1977, Tite Kubo dikenal sebagai mangaka yang menciptakan komik konyol berjudul "Bleach" yang debut di Shonen Jump.

Sebagaimana sampai Agustus 2012, lebih dari 500 chapter "Bleach" telah diserialisasikan di Weekly Shonen Jump dan dikoleksi dalam lebih dari 50 volume. Manga ini diangkat menjadi pemenang Shogakukan Manga Award untuk kategorinya pada 2005. Kubo dan Makoto Matsubara memiliki dua novelisasi tulisan-bersama dari seri "Bleach", yang diterbitkan oleh Shueisha dibawah Buku-buku Jump mereka.

Pada 2004, sebuah adaptasi anime dari "Bleach" mulai ditayangkan di Jepang, dan berlangsung selama lebih dari tujuh tahun hingga 366 episode.

6.Yoshito Usui




Yoshito Usui lahir pada 12 April 1958 di Prefektur Shizuoka Jepang. Semua orang pasti tahu bahwa orang ini adalah komikus dari komik populer berjudul "Crayon Shin-chan" dan bahkan adaptasi animenya selalu tayang di televisi Indonesia di hari minggu. Sayangnya komikus ini meninggal di usianya yang ke 51 tahun pada 11 September 2009 karena terjatuh dalam pendakian di prefektur Gunma.

5. Akira Toriyama



Akira Toriyama lahir di Nagoya, Aichi, Jepang pada 5 April 1955. Dia adalah salah satu mangaka legendaris di Jepang dan di dunia. Ia banyak menghasilkan karya-karya hebat, di antaranya Dragon Ball, Fox Tale, dan Blue Dragon.

Selain membuat manga dia juga bekerja sebagai desainer karakter untuk beberapa permainan video terkenal seperti seri Dragon Quest, Blue Dragon, dan Chrono Trigger. Toriyama dianggap sebagai salah satu artis yang telah merubah sejarah manga karena karyanya yang sangat terkenal dan berpengaruh pada artis-artis manga berikutnya.

Dragon Ball yang telah menjadi salah satu manga paling sukses dan terkenal di dunia telah terjual lebih dari 230 juta copy di seluruh dunia dan menjadi manga dengan penjualan terbaik nomor tiga sepanjang masa dan dianggap menjadi salah satu alasan utama untuk "Masa Keemasan Jump" selang periode pertengahan 1980-an dan 1990-an saat peredaran manga sedang dalam masa puncaknya. Di luar negeri, adaptasi anime Dragon Ball bahkan lebih sukses daripada manganya dan diakui menjadi pendorong popularitas anime di belahan dunia bagian Barat.

4. Fujiko F. Fujio



Fujiko Fujio adalah nama samaran duo mangaka dari Jepang, yaitu Fujimoto Hiroshi (Takaoka, 1 Desember 1933–23 September 1996) dan Abiko Motoo (lahir di Himi, 10 Maret 1934). Pada tahun 1987, duo tersebut berpisah dan masing-masing kemudian dikenal sebagai Fujiko F. Fujio yaitu Fujimoto Hiroshi dan Fujiko Fujio A yaitu Abiko Motoo.

Karya keduanya yang paling populer adalah "Doraemon" si robot kucing berwarna biru dari abad 21 yang selalu membantu Nobita, serta serial ninja cilik "Ninja Hattori".

3. Aoyama Gosho


Aoyama Gosho lahir di Hokuei prefektur Tottori Jepang pada 21 Juni 1963. Dia dikenal luas sebagai sang pencipta serial komik detektif cerdas "Detective Conan" yang populer di seluruh dunia. Selain itu dia juga membuat karakter hamster "Hamtaro".

Pada tanggal 5 Mei 2005 dia menikah dengan Minami Takayama, seorang penyanyi dan seiyuu bagi suara Conan di dalam adaptasi animenya.

2. Masashi Kishimoto




Masashi Kishimoto lahir di Prefektur Okayama, Jepang, 8 November 1974. Masashi Kishimoto mulai mengembangkan bakatnya akan menggambar semenjak usia SD. Dia menjadi mangaka terkenal semenjak karyanya, Naruto sukses besar baik di Jepang sendiri ataupun di negara-negara lain. Dia suka membaca manga sejak usia muda, sampai dia menunjukkan keinginannya untuk menulis manga sendiri. Akira Toriyama dan Katsuhiro Otomo adalah sebagai inspirasi utamanya. Pada tahun 1999 Naruto pertama kali dipublikasikan di Shounen jump membuat Kishimoto menerima penghargaan hop step.

1. Eiichiro Oda



Eiichiro Oda adalah seorang mangaka kelahiran 1 Januari 1974 di prefektur Kumamoto. Saat Eiichiro Oda kecil, Eiichiro Oda selalu berangan-angan sebagai bajak laut dan ingin menjadi mangaka. Pada umur 17 tahun, Eiichiro Oda mengirimkan karyanya berjudul "Wanted" dan memenangkan berbagai penghargaan. 

Pada umur 19 tahun, Eiichiro Oda menjadi asisten Nobuhiro Watsuki dalam pengerjaan Rurouni Kenshin. Bersamaan dengan itu pula, Eiichiro Oda menggambar "Romance Dawn" yang merupakan bab awal dari "One Piece". Pada tahun 1997, "One Piece" terbit pertama kali di majalah Shonen Jump dan menjadi salah satu manga terpopuler di Jepang. Manga "One Piece" ini pun bahkan kini telah disebut-sebut sebagai manga nomor satu di dunia!