15 Anime Romance Terbaik Sepanjang Masa

Menonton anime atau animasi Jepang saat ini telah menjadi hobi banyak orang. Baik anak-anak, remaja, dan bahkan orang dewasa karena kebanyakan anime sekarang bisa dinikmati oleh segala usia.


Kamu seorang penikmat anime? atau bahkan otaku? kalau begitu kamu wajib memeriksa daftar 15 anime romance terbaik sepanjang masa versi Top10Indo di bawah ini!

15. Akagami no Shirayuki Hime




Shirayuki adalah seorang gadis ceria berambut merah yang tinggal di negara Tanbarun yang bekerja sebagai apoteker di toko herbal. Hidupnya berubah drastis ketika dia diperhatikan oleh pangeran konyol Tanbarun, Pangeran Raji, yang kemudian mencoba untuk memaksa dia menjadi selirnya. Tak mau menyerahkan kebebasannya, Shirayuki pun memotong rambutnya dan lari ke hutan, dimana di sana dia diselamatkan oleh Zen Wistalia, pangeran kedua negara tetangga, dan dua ajudannya. Shirayuki pun menetapkan pemandangan nya untuk mengejar karir sebagai herbalis pengadilan di negara Zen, Clarines.

Akagami no Shirayuki-hime menggambarkan perjalanan Shirayuki menuju kehidupan baru di istana kerajaan Clarines, serta usaha Zen untuk menjadi seorang pangeran. Dilengkapi persahabatan dan banyak musuh yang harus dihadapi, Shirayuki dan Zen perlahan belajar untuk saling mendukung saat mereka melangkah di jalan mereka sendiri.

14. Kaichou wa Maid Sama!




Ayuzawa Misaki adalah seorang dewan siswa Seika High School yang dijuluki "Evil President" karena gaya disiplinnya yang ketat. Dia bahkan tidak segan-segan menggunakan kemampuan Aikido-nya untuk melindungi gadis-gadis Seika High School dari gerombolan anak laki-laki yang nakal.

Namun Ayuzawa yang sempurna itu ternyata memiliki rahasia memalukan, karena ia bekerja paruh waktu sebagai maid di sebuah maid cafe untuk membantu keluarganya membayar hutang. Dia telah berhasil merahasiakan pekerjaannya tersembunyi itu dari  siswa sekolahnya cukup baik sampai suatu hari, Takumi Usui, cowok paling populer di sekolah, datang ke cafe tempatnya bekerja. Yang mana Takumi dapat menghancurkan reputasi Ayuzawa sebagai dewan siswa, atau bahkan menggunakan rahasianya itu sebagai kesempatan untuk mendekatinya! 

13. Kokoro Connect




Anime ini diadaptasi dari sebuah Light Novel karya Sadanatsu Anda. Ketika lima siswa di Yamaboshi Academy menyadari bahwa tidak ada klub di mana mereka cocok, mereka bersatu untuk membentuk Student Cultural Society atau "Stucs" . Klub ini terdiri dari Taichi Yaegashi, penggemar gulat hardcore; Iori Nagase, seorang optimis yang sering bimbang; Himeko Inaba, seorang jenius komputer yang tenang; Yui Kiriyama, seorang praktisi karate mungil; dan Yoshifumi Aoki, si badut kelas.

Suatu hari, Aoki dan Yui mengalami kejadian aneh ketika tiba-tiba tubuh mereka tertukar untuk jangka waktu yang singkat. Fenomena supranatural ini terus terjadi secara acak di antara kelimanya, lalu mereka mulai menyadari bahwa itu tidak hanya sekedar permainanan yang menyenangkan karena kemudian mereka dipaksa untuk menjadi lebih dekat dari sebelumnya. Mereka segera menemukan rahasia satu sama lain dan luka emosional, yang bisa berakhir merobek Stucs dan menyebabkan persahabatan mereka terpisah.

12. Ao Haru Ride


Futaba Yoshioka adalah gadis sekolah menengah yang baik dan menarik tapi dikucilkan oleh gadis-gadis di kelasnya. Namun dia tak peduli akan semua itu karena dia hanya menganggap penting pendapat Kou Tanaka, teman sekelas dengan siapa ia berbagi tempat berlindung dari hujan sekali, diikuti oleh beberapa kenangan berharga dan penting lainnya. Dia bahkan berhasil membuat rencana kencan dengan anak yang pendiam dan lugu itu di festival musim panas, tetapi kemudian terjadi sebuah kesalahpahaman sederhana. Dan Futaba Yoshioka tak pernah bertemu dengan Kou lagi sebelum dia sempat menjelaskan kesalahpahaman itu.

Di SMA, Futaba sengaja berpenampilan tomboy alih-alih feminin dan manis seperti dulu demi bertekad disukai oleh teman-teman di kelasnya kali ini. Akan tetapi, dunianya segera terbalik ketika anak laki-laki yang pernah dia sukai waktu SMP tiba-tiba datang ke dalam hidupnya sekali lagi dan hadir dalam sosok bernama Kou Mabuchi.

11. Junjou Romantica




Nah, untuk kali ini berbahagialah kalian para fujodanshi! anime ini adalah anime bergenre yaoi yang menceritakan kisah cinta 3 pasangan sekaligus.

Kisah pertama: Romantica
Masaki Takahashi adalah seorang siswa SMA tsundere yang sedang mempersiapkan ujian masuk universitas. Namun karena kakaknya menikah, Masaki terpaksa tinggal bersama dengan sahabat kakaknya, Akhiko Usami seorang penulis novel percintaan sesama jenis erotis yang sialnya gemar menjahilinya. "Romantica" menjadi kisah yang paling mendominasi dalam serial ini.

Kisah kedua: Egoist
"Egoist" menunjukkan hubungan yang sangat bersemangat, tetapi seringkali rumit dan menyakitkan di antara profesor universitas Hiroki Kamijou dan dokter anak Nowaki Kusama, yang jatuh cinta pada pandangan pertama pada Hiroki dan akan melakukan apa saja untuk membuat pasangannya itu bahagia.

Kisah ketiga 'Terorist,' menunjukkan betapa cinta obsesif dapat terjadi Shinobu Takatsuki yang berusia delapan belas tahun akhirnya menemukan sesuatu yang dia tidak bisa memiliki begitu mudah: guru sastra You Miyagi.

10. Lovely Complex



Seperti kebanyakan gadis-gadis SMA, Risa Koizumi ingin jatuh cinta dan memiliki cerita romantis yang indah untuk diceritakan pada teman-temannya. Awalnya, ia jatuh cinta dengan Ryouji Suzuki, seorang anak yang tampan di kelas lain. Dia  tertarik padanya karena Suzuki bertubuh sangat tinggi terutama karena Risa sendiri memiliki tinggi badan 172 sentimeter, yang jauh lebih tinggi dari tinggi rata-rata gadis Jepang. 

Sayangnya cinta tidak mempersatukan mereka, dan Suzuki cinta pada gadis lain di sekolahnya, yang sedang dikagumi oleh Atsushi Ootani. Risa dan Atsushi segera menjadi teman dekat, dan rasa cinta mulai terbentuk di antara mereka. Sayangnya untuk kriteria Risa, tinggi badan Atsushi hanya 156 sentimeter. 

9. Hana Yori Dango (Boys Over Flowers)



Makino Tsukushi adalah seorang gadis miskin yang ingin melalui dua tahun terakhirnya di Eitoku Gakuen dengan damai. Namun karena suatu insiden, Makino membuat dirinya menjadi diperhatikan oleh geng F4, kumpulan empat anak laki-laki paling kaya, populer, dan terkenal di sekolahnya. Pernyataan perang telah dinyatakan di antara keduanya, namun dari hal itu Makino justru malah jatuh hati kepada sang leader F4, Hanazawa Rui.

Seperti yang kita tahu, cerita manga dan anime dari serial legendaris ini kemudian telah diangkat ke dalam bentuk drama dalam versi Korea, China, dan Jepang.

8. Byousoku (5 centimeter per second)



Takaki Toono dan Akari Shinohara, dua teman sekelas yang sangat dekat namun terpaksa terpisah ketika  Akari pindah ke daerah lain  karena pekerjaan keluarganya. Meskipun berpisah, mereka terus  berhubungan melalui surat. Tetapi ketika Takaki mengetahui bahwa keluarganya juga harus pindah, ia kemudian memutuskan untuk bertemu dengan Akari terakhir kalinya.

Seperti tahun-tahun berlalu, mereka karena mereka berjalan sendiri-sendiri jarak mereka perlahan-lahan melebar dan mereka mulai jarang melakukan kontak. Namun, mereka tetap mengingat satu sama lain dan bertanya-tanya apakah mereka akan memiliki kesempatan untuk bertemu sekali lagi.

7. Toradora!



Toradora! adalah sebuah komedi romantis yang menceritakan tentang hubungan dua orang siswa absurd: Ryuuji Takasu dan Taiga Aisaka.

Ryuuji Takasu adalah seorang siswa SMA yang lembut dan mencintai pekerjaan rumah tangga; tetapi ia memiliki wajah menakutkan yang sering membuat dia dicap sebagai tunggakan. Di sisi lain adalah Taiga Aisaka, gadis cantik yang mungil seperti boneka tetapi memiliki kepribadian agresif dan dikenal di seluruh sekolah sebagai "Palmtop Tiger."

6. Kimi ni Todoke (From me to You)



Kuronuma Sawako adalah seorang gadis manis namun pemalu yang sering menyembunyikan wajahnya di balik rambut panjangnya mirip gadis hantu dari "The Ring", membuat teman-teman sekelasnya pun memberinya julukan "Sadako"

 Kerinduan untuk mempunyai sahabat dan hidup denga normal membuat dia secara alami tertarik pada Kazehaya Shouta, orang yang paling populer di kelas.  Jadi ketika Kazehaya mulai berbicara dengannya, mungkin ada harapan untuk persahabatan selalu dirindukan oleh Sawako. Atau mungkin bahkan ada sedikit harapan untuk beberapa asmara ke depannya nanti.

5. Nisekoi (False Love)


Ya, di anime ini ada dua karakter perempuan yang disebut-sebut sebagai 'waifu sejuta umat' lho! Sekilas anime ini memang mirip seperti anime harem karena tokoh laki-lakinya dikelilingi banyak cewek.

Raku Ichijou, siswa tahun pertama di Bonyari High School, adalah satu-satunya pewaris keluarga yakuza yang menakutkan. Sepuluh tahun yang lalu, Raku berjanji kepada teman perempuan masa kecilnya bahwa mereka akan menikah ketika mereka bersatu kembali sebagai remaja. Untuk menyegel kesepakatan, gadis itu telah memberikan Raku sebuah liontin tertutup, yang kuncinya dipegang oleh gadisi itu. Namun bertahun-tahun kemudian, Raku malah lupa wajah dan nama gadis yang berjanji dengannya itu.

Sekarang, Raku yang telah tumbuh remaja memilih untuk menghabiskan hari-harinya di sekolah dan mengagumi seorang gadis bernama Kosaki Onodera yang dia taksir. Namun, ketika Gang Amerika Bee Hive menyerang rumput keluarganya, mimpi indah Raku ini terpaksa pupus karena ia dipaksa berpura-pura berpacaran dengan Chitoge Kirisaki, putri cantik dari kepala Bee Hive ini, sehingga untuk mengurangi permusuhan antara kedua kelompok.

Nisekoi mengikuti kejenakaan harian pasangan yang saling membenci namun dipaksa berpacaran ini demi menjaga perdamaian kota. Dengan lebih banyak gadis bermunculan hidupnya, semua yang terlibat dengan masa lalu Raku entah bagaimana, usahanya mencari gadis yang memegang hatinya dan janjinya membawa dia kearah lebih tak terduga daripada yang dia harapkan.

4. Nodame Cantabile



Shinichi Chiaki adalah musisi kelas pertama yang memiliki mimpi untuk bermain di kalangan elit di Eropa. Berasal dari keluarga terhormat, ia adalah seorang perfeksionis yang sangat kritis terhadap dirinya sendiri dan juga orang lain. 

Selama tahun keempat di universitas musik top Jepang, Shinichi sedikit tertarik pada Megumi Noda atau, karena dia merujuk kepada dirinya sendiri, Nodame. Di luar, ia tampaknya menjadi seorang gadis berantakan tanpa tujuan hidup. Namun, ketika Shinichi mendengar Nodame memainkan piano untuk pertama kalinya, ia kagum pada jenis musik yang dia ciptakan. Namun demikian, Shinichi kecewa ketika mengetahui bahwa Nodame adalah tetangganya, dan lebih buruk lagi, Chiaki jatuh cinta pada Nodame.

3. Anohana (The flower that we saw that day)




Jinta Yadomi hidup mengasingkan dirinya bagaikan seorang pertapa, menghabiskan hari-harinya jauh dari sekolah dan bermain video game di rumah. Suatu hari di musim panas, teman masa kecilnya, Meiko "Menma" Honma, yang meninggal dalam suatu kecelakaan muncul di rumahnya dan memintanya mengabulkan keinginannya.

Pada awalnya, Jinta berpikir bahwa ia hanya berhalusinasi karena musim panas, tapi ia kemudian yakin bahwa apa yang ia lihat adalah benar-benar  hantu Menma. Jinta dan kelompok teman masa kecilnya, Poppo, Anaru, Yukiatsu dan Tsuruko tumbuh terpisah setelah kematian Menma, tapi mereka ditarik bersama-sama sekali lagi ketika mereka mencoba untuk berusaha membantu Menma pergi ke surga dengan tenang meski pertengkaran atau perbedaan pendapat selalu terjadi di tengah mereka berusaha mewujudkannya. Dari mereka yang saling menyalahkan diri sendiri, kecemburuan, ketidak percayaan karena hanya Jinta satu-satunya orang yang bisa melihat hantu Menma, bahkan hingga siklus percintaan yang menyakitkan.

2.  Shigatsu Wa Kimi no Uso 



Musik telah menyertai jalur kehidupan pianis berbakat Kousei Arima. Tapi setelah ibunya, Saki Arima, mengalami kecelakaan  membuat dia kemudian tidak bisa mendengar suara piano lagi.

Dua tahun kemudian, Kousei masih menghindari piano, meninggalkan pengagum dan saingannya, dan menjalani kehidupan yang tidak berwarna bersama teman-temannya, Tsubaki Sawabe dan Ryouta Watari. Namun, semuanya berubah ketika ia bertemu seorang pemain biola, Kaori Miyazono, yang membangkitkan dunia dan menetapkan dia di perjalanan untuk menghadapi musik lagi.


1. Clannad: After Story



Clannad: After Story, sekuel dari slice-of-life seri "Clannad" dimulai setelah Tomoya Okazaki dan Nagisa Furukawa lulus dari sekolah tinggi. Bersama-sama, mereka mengalami guncangan. Tidak dapat memutuskan kursus untuk masa depannya, Tomoya belajar nilai etika kerja yang kuat dan menemukan kekuatan berkat dukungan Nagisa ini. Melalui dedikasi pasangan dan tujuan yang sama, mereka pun saling mendukung untuk menghadapi masalah pribadi mereka, memperdalam hubungan lama mereka, dan menciptakan ikatan baru.

Berdasarkan Light novel karya Key dan diproduksi oleh Kyoto Animation, Clannad: After Story adalah drama yang menyoroti pentingnya keluarga dan perjuangan orang dewasa.