15 Aktor Mandarin Terbaik Sepanjang Masa

Cina adalah sebuah negara yang memiliki industri perfilman yang cukup maju. Negara ini sudah menghasilkan jutaan film dengan berbagai tema yang tidak hanya meraup sukses di dalam negeri, namun juga di luar negeri. Selain digarap dengan unsur-unsur sinematografi yang apik, film Cina juga memiliki ciri khas di mana mereka selalu menampilkan berbagai kebudayaan khas yang mereka miliki di dalam setiap film.

Di artikel ini, Top10Indo akan mengajak anda menilik daftar 15 aktor Cina, Taiwan, dan Hong Kong terbaik sepanjang masa. Mereka tidak hanya sekedar jago berakting, namun juga memiliki profesi lain seperti ahli beladiri, penyanyi, bahkan pengusaha. Langsung saja, berikut daftarnya:

15. Alec Su


Nama Alec Su mulai dikenal publik internasional ketika ia membintangi film seri televisi berjudul "Huan Zhu Ge Ge" atau "Princess Pearl." Dalam film tersebut, Alec berperan sebagai Yongqi, seorang putra kaisar Cina yang tampan dan karismatik. Selain sukses dalam berakting, Alec Su juga sukses berkarir sebagai seorang penyanyi. Sejauh ini ia sudah merilis lebih dari sepuluh album berbahasa Mandarin yang sangat populer dinyanyikan di negaranya.


14. Huang Xiaoming


Huang Xiaoming adalah aktor asal Cina yang lahir di tahun 1977. Ia mencapai puncak popularitasnya di tahun 2006 ketika berperan sebagai Yang Guo dalam film "The Return of the Condor Heroes." Selain cukup aktif berperan dalam drama televisi Cina, belakangan ini Xiaoming juga sudah mulai berakting di berbagai film Taiwan. Ia tampil bersama aktor dan aktris ternama dari Taiwan seperti Barbie Hsu dan Peter Ho dalam sebuah drama berjudul "Summer's Desire."


13. Zhao Benshan


Aktor yang satu ini sudah cukup senior, lahir pada tahun 1957. Zhao Bensan dikenal sebagai spesialis komedi sitkom yang ditayangkan dalam bentuk segmen-segmen singkat di televisi. Debutnya sebagai seorang aktor sudah dimulai sejak tahun 1987, di mana ia pertama kali menampilkan berbagai kesenian tradisional Cina. Salah satu prestasi terbaik Zhao Benshan adalah ketika ia berhasil menerima penghargaan Best Actor dalam Golden Horse dalam film berjudul "Getting Home."


12. Donnie Yen


Tampan dan berbakat. Donnie Yen tak hanya terkenal di negara berbahasa Mandarin dan Kanton, namun juga cukup populer di kalangan internasional. Popularitasnya menanjak pesat ketika membintangi film kungfu berjudul "Ip Man" yang ternyata mendapat sambutan positif dari khalayak internasional. Dalam film tersebut, Donnie tak hanya menunjukkan gaya bertarung tradisional Cina saja, namun juga mengombinasikannya dengan teknik beladiri lainnya seperti Karate, Jiu-jitsu, Judo, bahkan Muay Thai.


11. Jay Chou


Berbicara soal talenta, Jay Chou mungkin adalah salah satu selebritis Taiwan paling berbakat. Ia lebih dahulu terkenal sebagai seorang penyanyi, ketika pada tahun 2000 ia merilis album berjudul "Jay" yang meraih sukses luar biasa. Setelah sukses sebagai seorang penyanyi, ia mulai mencoba berakting di beberapa film, dan keputusan tersebut terbukti tepat. Ia bahkan sudah tampil dalam sebuah film produksi Hollywood berjudul "The Green Hornet" bersama Cameron Diaz dan Seth Rogen.


10. Ge You


Kemampuan akting Ge You tak perlu diragukan lagi. Pria ini adalah satu dari sedikit aktor Mandarin yang berhasil meraih penghargaan di festival Film Cannes. Ge You meraih prestasi gemilang ini pada tahun 1994 dalam film berjudul "To Live." Sepanjang karirnya, ia sudah tampil dalam lebih dari tiga puluh film layar lebar, sebagian bersar bergenre komedi. Ge You juga termasuk sebagai salah satu aktor Cina paling disegani, karena ia termasuk sebagai aktor senior yang sudah mulai berkarir di industri entertainment sejak tahun 1985.


9. Jiang Wen


Tak hanya sebagai seorang aktor, Jiang Wen juga memiliki talenta yang sangat baik sebagai seorang sutradara dan penulis skenario. Salah satu penampilan terbaiknya dilakukan dalam film berjudul "Red Sorghum" di mana ia berakting bersama Gong Li, salah satu wanita Asia tercantik di dunia. Hingga saat ini, Jiang Wen sudah tampil dalam lebih dari 20 film layar lebar berbahasa Mandarin. Aktor ini juga mendapat kehormatan tampil sebagai salah satu juri dalam Venice Film Festival 2013.


8. Jet Li


Tampan, berkarisma, namun juga terlihat jenaka. Jet Li adalah salah satu aktor spesialis film kungfu terpopuler di dunia. Kemampuan bela dirinya juga tidak hanya sekedar main-main, karena Jet Li benar-benar menguasai Wushu. Karir dan popularitasnya menanjak pesat ketika ia membintangi film berjudul "Once Upon a Time in China," di mana ia berperan sebagai seorang pendekar muda bernama Wong Fei Hung. Jet Li juga sudah tampil di beberapa film Hollywood seperti "The Expendables" dan "Lethal Weapon 4."


7. Andy Lau


Andy Lau adalah seorang aktor yang tidak hanya berbakat, namun juga sangat tampan dan cool. Aktor ini selalu dianggap sebagai seorang selebritis paling berpengaruh di Hong Kong. Selama 20 tahun berkarir di dunia akting, Andy Lau sudah tampil dalam lebih dari 100 film layar lebar dan drama televisi. Tak hanya sekedar tampil, ia juga selalu menunjukkan performa dan kualitas yang prima sebagai seorang aktor. Sepanjang karirnya, Andy Lau sudah memenangkan 292 penghargaan di bidang akting.


6. Stephen Chow


Stephen Chow adalah pemain film yang memiliki spesialisasi dalam genre komedi. Perannya dalam film-film seperti "Shaolin Soccer" dan "Kung Fu Hustle" membuatnya tidak hanya disukai oleh masyarakat Cina dan sekitarnya, namun juga oleh publik internasional. Tak hanya berperan sebagai aktor, Chow juga menyutradarai sendiri beberapa film yang dibintanginya. Belakangan, ia juga mulai aktif berkarir sebagai seorang penasihat politik.


5. Tony Leung


Tony Leung lahir pada tahun 1962 di Hong Kong. Ia telah meraih segudang prestasi yang cukup membanggakan, antara lain tampil sebagai aktor utama dalam film "Hero" yang masuk nominasi Golden Globe Award dan Academy Award. Ia mulai berkarir di dunia akting pada tahun 1982, setelah memutuskan untuk memperbaiki nasibnya yang lahir dari keluarga yang berantakan. Tak hanya sebagai aktor, Tony Leung juga sempat merilis beberapa album dan single yang cukup laris di pasaran.


4. Chow Yun-Fat


Nama Chow Yun-Fat tak bisa ditinggalkan begitu saja apabila kita berbicara mengenai dunia perfilman Asia. Aktor yang satu ini memiliki kontribusi yang cukup besar di dunia perfilman Mandarin, seperti sosok Shah Rukh Khan di India. Penampilan terbaiknya tentu saja terjadi dalam film "Crouching Tiger, Hidden Dragon" di mana film tersebut berhasil meraih puluhan penghargaan internasional. Tak hanya itu, Chow Yun-Fat bahkan berakting dalam beberapa film Hollywood seperti "Pirates of the Carribean."


3. Leslie Cheung


Berbicara soal talenta dalam menyanyi dan berakting, Leslie Cheung mungkin adalah yang terbaik di antara semua nama yang ada dalam daftar ini. Ia bahkan dijuluki sebagai "Bapak Cantopop" yang berhasil mengembangkan dunia musik dan akting di Hong Kong. Leslie terlebih dahulu meraih sukses besar sebagai seorang penyanyi di tahun 1980-an. Di awal tahun 1990-an, ia mulai berkarir sebagai aktor dan saat ini sudah membintangi puluhan film berbahasa Mandarin dan meraih puluhan penghargaan sebagai aktor.


2. Bruce Lee


Bruce Lee adalah sosok legendaris yang namanya akan selalu diingat dalam sejarah dunia perfilman. Aktor ini dianggap sebagai pelopor film Cina yang mengangkat tema tentang martial arts. Dalam film-film yang dibintanginya, Bruce Lee tidak hanya sekedar berakting, namun juga menunjukkan teknik-teknik martial arts yang mengagumkan. Sepanjang karirnya sebagai aktor, ia tampil dalam enam film layar lebar dan delapan drama televisi.


1. Jackie Chan


Meninjau dedikasi dan kontribusinya di dunia akting, nampaknya Jackie Chan sangat pantas dimasukkan ke dalam daftar 15 aktor Mandarin terbaik sepanjang masa ini. Ia sudah mulai berakting sejak tahun 1959, sejak ia masih kecil. Kecintaannya pada dunia akting dan beladiri membuat Jackie Chan menjadi seorang aktor yang sangat sukses. Lebih dari 150 film Kung Fu yang dibintanginya selalu terkesan keren, jenaka, namun juga berkualitas. Belakangan, ia tak hanya tampil sebagai seorang aktor, namun juga sebagai duta untuk berbagai organisasi kemanusiaan.