15 Film Superhero Terbaik Sepanjang Masa

Film bertema superhero adalah jenis kategori yang tidak pernah absen diproduksi di Hollywood setiap tahunnya. Jangan salah, film jenis ini memiliki banyak penggemar dan memakan biaya produksi yang tidak sedikit. Namun tentu saja, sesuai dengan biaya produksi yang melimpah, biasanya film superhero akan membuat anda benar-benar terhibur.

Apakah film bertema superhero sepanjang masa? Di artikel ini, Top10Indo akan mencoba mencari jawaban atas pertanyaan tersebut. Kami akan menghadirkan 15 judul bertemakan superhero paling berkualitas yang layak ditonton bagi anda penggemar film jenis ini.

15. X2 (2003)

Image Credit: Wikimedia Commons

Film tentang para superhero X-Men ini dibintangi oleh sederatan artis papan atas Hollywood, sebut saja Patrick Stewart, Halle Berry, dan Hugh Jackman. X2 dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 2 Mei 2003 dan meraih sukses yang cukup besar dari segi marketing maupun artistik, mendapatkan delapan nominasi di Saturn Awards dan pendapatan sekitar $ 407.000.000 di seluruh dunia. Film ini wajib ditonton bagi pecinta serial X-Men.


14. Spider-Man 2 (2004)


Bersetting dua tahun setelah peristiwa dalam film Spider-Man pertama, film ini berfokus pada kisah Peter Parker yang berjuang untuk mengelola baik kehidupan pribadi dan tugasnya sebagai Spider-Man. Di sini ia menghadapu musuh baru Dr Otto Octavius ​​(Alfred Molina), yang membuat sebuah eksperimen berbahaya. Menggunakan tentakel mekanik nya, Octavius ​​berubah menjadi seorang monster bernama "Doctor Octopus" dan mengancam untuk memusnahkan kehidupan warga New York City. Di sinilah Spider-Man harus menghentikan niat jahat Doctor Octopus tersebut.


13. Watchmen (2009)


Film ini merupakan adaptasi dari buku komik dengan judul yang sama karya Alan Moore dan Dave Gibbons. Watchmen bersetting dalam sebuah dunia alternatif pada tahun 1985 pada puncak Perang Dingin antara Amerika Serikat dan Uni Soviet, di mana sekelompok kriminal perang berusaha membongkar sebuah konspirasi yang membahayakan dunia. Walaupun mungkin kurang populer daripada film lain dalam daftar ini, "Watchmen" memiliki kualitas yang tidak kalah bagusnya.


12. Batman (1989)


Film ini menampilkan Michael Keaton sebagai pemeran Batman. Batman meraih sukses finansial yang cukup besar, menghasilkan lebih dari $ 400 juta dalam total box office. Film ini mendapat beberapa nominasi Saturn Award dan nominasi Golden Globe, dan memenangkan Academy Award. Batman juga menginspirasi serial kartun berjudul Batman: The Animated Series, yang dianggap sebagai pionir film kartun superhero yang tidak hanya ditujukan untuk anak-anak.


11.  X-Men: First Class (2011)


Cerita bersetting pada tahun 1962 selama Krisis Rudal Kuba, dan berfokus pada hubungan antara Charles Xavier (Professor X) dan Erik Lensherr (Magneto), yang menjadi cikal bakal terciptanya kelompok mereka-X-Men dan the Brotherhood of Mutan. Film ini dibintangi James McAvoy sebagai Xavier dan Michael Fassbender sebagai Lensherr, serta sejajaran nama top Hollywood  seperti Kevin Bacon, January Jones, Rose Byrne, Jennifer Lawrence, Zoe Kravitz, Nicholas Hoult, Jason Flemyng, dan Lucas Till.


10. Hellboy II: The Golden Army (2008)


Film superhero ini memiliki sedikit tema supernatural dan dibuat berdasarkan komik Hellboy yang diciptakan oleh Mike Mignola. Bersetting di tahun 1950-an, Hellboy II mampu menyajikan nuansa klasik yang misterius, namun tidak terkesan kuno. Secara grafis, film ini digarap dengan sangat baik, dengan berbagai efek komputer yang menghiasi film yang berdurasi kurang lebih dua jam ini. Hellboy II merupakan salah satu alternatif film superhero yang layak disaksikan apabila anda bosan dengan film mainstream dalam kategori sejenis.


9. Iron Man (2008)


Disutradarai oleh Jon Favreau, film ini menampilkan bintang film Robert Downey, Jr sebagai Tony Stark, seorang jutawan dan insinyur jenius yang berhasil membuat dirinya menjadi seorang superhero bernama "Iron Man" dengan menciptakan sendiri sebuah pakaian khusus berteknologi tinggi. Film dengan unsur komedi yang kuat ini dipercantik dengan penampilan Gwyneth Paltrow berperan asisten pribadi Tony Stark, Pepper Potts.


8. Kick-Ass (2009)


Film ini bercerita tentang seorang remaja biasa, Dave Lizewski (diperankan Aaron Johnson Taylor-), yang memutuskan untuk menjadi superhero di kehidupan nyata, dan menyebut dirinya dengan nama "Kick-Ass". Dave tertangkap dalam petualangan yang lebih seru ketika ia bertemu Big Daddy (Nicolas Cage), seorang mantan polisi yang sedang berusaha menangkap gembong narkotika Frank D'Amico (Mark Strong). Unsur komedi dan drama dalam Kick-Ass dijamin membuat anda merasa terhibur ketika menyaksikannya.


7. Sin City (2005)


Film yang disajikan dalam grafis hitam-putih ini mengangkat tema tentang kehidupan seorang pria yang mencoba mencari pembunuh kekasihnya. Sin City juga mengangkat tema seputar peperangan antar pelacur, bandit dan polisi dalam sebuah kota yang penuh dengan kejahatan. Nama-nama besar seperti Jessica Alba, Rosario Dawson dan Bruce Willis membuat kualitas Sin City menjadi sangat luar biasa dan wajib untuk ditonton.


6. The Incredibles (2004)


Cerita berkisar tentang keluarga superhero yang hidup pinggiran kota yang tenang, dipaksa untuk menyembunyikan kekuatan mereka. Namun karena suatu konflik yang tidak terhindarkan, keluarga ini terpaksa meninggalkan kehidupan mereka yang damai dan kembali bertempur melawan penjahat sebagai seorang superhero. Film ini meraih pemasukan yang memuaskan dari segi finansial, mencapai keuntungan hingga $ 631.000.000 di seluruh dunia.


5. The Avengers (2012)


The Avengers telah meraih berbagai penghargaan dan nominasi, termasuk nominasi Academy Award untuk Visual Effects Terbaik dan nominasi British Academy Film Award untuk Best Special Visual Effects.. Film ini juga telah dinominasikan untuk tiga Critics 'Choice Movie Awards, tiga belas People's Choice Awards (memenangkan tiga di antaranya), sebelas Teen Choice Awards (memenangkan dua kategori), enam Saturn Awards dan enam VES Awards, Ditunjang oleh aktor dan aktris berkualitas, The Avengers memang merupakan sebuah film superhero yang sangat berkualitas.


4. V for Vendetta (2005)


Berkisah di London dalam masyarakat masa depan, film ini berkisah tentang seorang tokoh bernama "V" seorang pejuang kemerdekaan anarkis yang mencoba untuk melakukan sebuah revolusi melawan rezim fasis brutal yang dipimpin oleh Adam Sutler (diperankan oleh John Hurt) yang telah ditundukkan Inggris. Natalie Portman memerankan Evey, seorang gadis kelas pekerja yang terperangkap dalam misi V, dan Stephen Rea berakting sebagai seorang detektif yang memimpin sebuah penyelidikan menghentikan tujuan V.


3. Batman Begins (2005)


Batman Begins menceritakan kisah awal ketakutan Bruce Wayne pada kelelawar, kematian orang tuanya, perjalanannya untuk menjadi Batman, dan perjuangannya mencegah rencana jahat Ra al Ghul untuk menghancurkan Gotham City. Film ini dianggap sebagai kebangkitan franchise Batman di layar lebar setelah film pendahulunya (Batman & Robin) dianggap mengalami kegagalan, baik dalam hal kualitas maupun dari segi pemasukan finansial.


2. The Dark Knight (2008)


The Dark Knight bisa disebut sebagai salah satu film superhero terbaik sepanjang masa yang menampilkan perjuangan Batman melawan musuh abadinya, Joker. Unsur sinematis dalam The Dark Knight benar-benar digarap dengan sangat sempurna, menghasilkan sebuah film yang layak mendapat acungan dua jempol. Jalan ceritanya juga disajikan dengan sangat dramatis, menyentuh, dan menegangkan. Tak heran jika kemudian film ini meraih puluhan penghargaan bergengsi dalam berbagai festival film internasional.


1. The Dark Knight Rises (2012)


Film ini menampilkan beberapa tokoh penjahat baru, di antaranya adalah Selina Kyle (diperankan oleh Anne Hathaway) yang berubah menjadi tokoh antagonis bernama "Catwoman", dan Bane (Tom Hardy), seorang tentara bayaran yang berniat menghancurkan Gotham City. Karena ancaman dari dua penjahat inilah Bruce Wayne dipaksa untuk keluar dari "masa pensiun"-nya dan sekali lagi harus menyelamatkan warga kota dengan identitas sebagai Batman.