10 Drummer Terbaik di Dunia

Dalam sebuah grup musik, seorang drummer memiliki popularitas yang tidak kalah dari vokalis maupun gitaris. Mereka berperan penting dalam menciptakan harmoni yang indah dalam sebuah musik. Tak heran, para drummer ini memiliki jutaan fans di seluruh dunia. Pertanyaannya, siapakah para penabuh drum yang layak menyandang gelar sebagai yang terbaik sepanjang masa?

Dalam daftar ini, Top10Indo akan menyajikan daftar drummer yang tidak hanya sukses di industri musik internasional, namun juga memiliki skill yang luar biasa bagus. Beberapa dari mereka bahkan juga memiliki prestasi di bidang lain selain musik. Tanpa perlu berpanjang lebar lagi, berikut daftarnya:

Image Credit: Wikimedia Commons

10. Bill Ward 


William Thomas "Bill" Ward adalah seorang musisi Inggris, dikenal sebagai drummer untuk band heavy metal bernama Black Sabbath. Sebagai personil pendiri band tersebut, Ward juga berperan sebagai vokalis Black Sabbath dalam dua lagu, "That's Alright" dari album Technical Ecstasy dan "Swinging Chain" dari album Never Say Die!.

Bill Ward mulai bermain drum sejak masih kecil, mendengarkan band-band besar dari tahun 40-an dan inspirasi utamanya adalah Gene Krupa, Buddy Rich dan Louie Bellson. Pada pertengahan 1960-an Ward bernyanyi dan bermain drum di sebuah band bernama The Rest. Sebelum membentuk Black Sabbath, Bill Ward dan gitaris Tony Iommi bermain di sebuah band bernama Mythology.


9. Dave Lombardo


David "Dave" Lombardo adalah drummer Amerika keturunan Kuba dan anggota pendiri American thrash metal band bernama Slayer. Dia berkarir bersama Slayer dan menghasilkan tujuh album, termasuk album yang melegenda yang berjudul Reign In Blood yang dirilis pada tahun 1986. Karir musik Lombardo telah membentang selama lebih dari 25 tahun, di mana ia terlibat dalam produksi 29 rekaman komersial, bermain berbagai genre musik bersama band-band seperti Grip Inc, fantomas, Philm, dan Testament.

Lombardo paling banyak dikenal sebagai drummer heavy metal yang sangat agresif dalam penampilannya dan juga memiliki skill mengagumkan.


8. Keith Moon


Keith John Moon adalah seorang drummer dari grup rock Inggris, The Who. Dia dikenal karena gaya bermain drum yang unik dan eksentrik, dan sering melakukan hal-hal yang merusak dirinya sendiri. Pada tahun 2011, Moon terpilih sebagai drummer kedua terbaik sepanjang sejarah dalam sebuah jajak pendapat pembaca majalah Rolling Stone. Tiga puluh lima tahun setelah kematiannya, drummer ini masih terus dipuji oleh para kritikus dan musisi dunia.

Moon besar di Wembley, barat laut London, dan mulai belajar drum di awal 1960-an. Setelah bermain dengan band lokal, Beachcombers, ia bergabung dengan The Who pada tahun 1964 sebelum mereka merekam single pertama. Bersama The Who inilah Moon mencapai ketenaran yang luar biasa.


7. Jimmy "The Rev" Sullivan


James Owen Sullivan yang tenar dengan nama panggung The Rev (versi singkat dari The Reverend Tholomew Plague), adalah seorang musisi Amerika dan penulis lagu, paling dikenal sebagai drummer dan anggota pendiri untuk band heavy metal Avenged Sevenfold. The Rev dipuji dan diakui karena karya-karyanya pada album Avenged Sevenfold "Waking the Fallen" dan "City of Evil". Dia juga merupakan vokalis dan pianis grup Pinkly Smooth, sebuah proyek sampingan di mana ia dikenal dengan nama Rat Head. The Rev juga sempat menjadi drummer untuk grup musik Suburban Legends dari tahun 1998 hingga 1999.


6. Dave Grohl


David Eric "Dave" Grohl adalah musisi rock Amerika yang bisa memainkan banyak alat musik, penyanyi dan penulis lagu, sutradara film, sekaligus salah satu pendiri grup musik Foo Fighters. Sebelum mendirikan Foo Fighters, Grohl adalah drummer band grunge Nirvana. Ia juga drummer dan co-founder grup rock Them Crooked Vultures. Grohl pernah mengerjakan sebuah project di mana ia menulis semua lagu dan memainkan semua instrumen dalam album Late! dan Probot. Bakatnya yang luar biasa di bidang musik dan kemampuannya dalam bermain drum dianggap telah melegenda dan menjadi inspirasi bagi banyak musisi modern.


5. Mike Portnoy


Michael Stephen "Mike" Portnoy adalah drummer yang dikenal sebagai mantan personil, dan pendiri band progressive metal Dream Theater. Ia dipuji karena keterampilannya yang luar biasa sebagai seorang drummer. Sepanjang karirnya, Portnoy telah memenangkan 26 penghargaan dari majalah Modern Drummer. Dia juga tercatat sebagai co-produser yang melahirkan enam album Dream Theater bersama dengan gitaris John Petrucci, mulai dari "Metropolis Pt. 2: Scenes from a Memory", "Black Clouds" dan "Silver Linings". Portnoy juga menulis sejumlah besar lirik lagu Dream Theater. Dia adalah orang termuda kedua (setelah Neil Peart) yang masuk dalam daftar Hall of Fame Modern Drummer, ketika masih berusia 37 tahun.


4. Chad Smith


Chadwick Gaylord "Chad" Smith adalah musisi Amerika, paling dikenal sebagai drummer yang tergabung bersama grup musik Red Hot Chili Peppers sejak tahun 1988. Smith juga merupakan drummer dari band hard rock Chickenfoot. Sebagai salah satu drummer terbaik dunia, Smith telah melakukan kolaborasi dengan The Dixie Chicks, Glenn Hughes, Kid Rock, Jake Bugg, Jennifer Nettles, dan beberapa nama besar lainnya.

Pada tahun 2010, Smith merilis Rhythm Train, sebuah album yang digarap bersama Dick Van Dyke dan Leslie Bixler. Pada bulan April 2010, MTV menobatkan Rhytm Train sebagai salah satu album terbaik sepanjang masa.


3. Danny Carey


Daniel Edwin "Danny" Carey adalah drummer Amerika terbaik pada masanya dan dikenal karena berhasil memenangkan Grammy Award bersama band progressive metal, Tool. Dia juga telah memberikan kontribusi untuk album para artis seperti Zaum, Green Jelly, Pigface, Skinny Puppy, Adrian Belew dari King Crimson, Carole King, Collide, The Wild Blue Yonder, Lusk, dan Melvins. Lahir di Lawrence, Kansas, pertemuan pertama Carey dengan drum dimulai pada usia sepuluh saat bergabung dengan band sekolah. Kecintaannya pada drum membuat Carey mengambil kelas khusus, dan hal itulah yang mengawali perjalanannya menjadi seorang legenda di dunia musik.


2. Neil Peart


Neil Peart Ellwood adalah seorang musisi Kanada dan penulis lagu. Dia adalah drummer dan penulis lirik untuk band rock "Rush". Peart telah menerima berbagai penghargaan untuk pertunjukan musik, dan dikenal karena kemampuan teknis dan staminanya di atas panggung yang luar biasa.

Peart dibesarkan di Port Dalhousie, Ontario (sekarang bagian dari St Catharines). Selama masa remaja, ia banyak menghabiskan waktu bersama band lokal dan berusaha mengejar mimpi menjadi seorang profesional. Mimpi itu terkabul pada musim panas 1974, ketika Peart bergabung dengan grup musik Rush yang tak lama kemudian menjadi hit di seluruh dunia.


1. John Bonham


John Henry Bonham adalah seorang musisi Inggris dan penulis lagu dari band legendaris, Led Zeppelin. Bonham dikenal karena kecepatan tangan, stamina, gerakan kaki yang akurat, suara khas, dan karismanya yang luar biasa di atas panggung. Ia dianggap sebagai salah satu drumer terhebat dalam sejarah musik rock. Majalah Rolling Stone bahkan menamainya sebagai "drummer terbaik sepanjang masa" pada tahun 2011.

John Bonham dideskripsikan oleh media Allmusic sebagai salah satu musisi paling penting, terkenal dan berpengaruh dalam dunia musik rock. Adam Budofsky, redaktur majalah Modern Drummer, bahkan mengungkapkan, "Jika raja rock 'n' roll adalah Elvis Presley, maka raja drum rock adalah John Bonham. " Kalimat tersebut membuktikan kehebatan dan pengaruh John Bonham yang sangat besar dalam industri musik global.