10 Tips Agar Pacar Tidak Selingkuh

Pernahkah anda berpikir tentang berbagai cara untuk mencegah agar pacar tidak selingkuh, atau membuatnya betah berada di sisi anda?  Jika jawabannya "ya", maka artikel dari Top10Indo ini mungkin bisa sedikit membantu.  Kali ini, kami menyajikan berbagai tips sederhana untuk membuat pacar anda tidak berpaling pada pria atau wanita lain.

Sebelum membaca artikel ini, ada baiknya anda memahami ciri-ciri pacar selingkuh terlebih dahulu.  Satu poin yang paling penting, jika anda tak ingin dikhianati oleh sang pacar, maka cintailah dirinya dengan sepenuh hati, dan janganlah pernah untuk mencoba selingkuh.  Berikut tanda-tandanya:

Image Credit: Wikimedia Commons

10.  Jangan terlalu mengekang sang pacar

Risiko untuk selingkuh akan lebih rawan terjadi jika anda terlalu mengekang sang kekasih.  Oleh karena itu, jangan terlalu banyak memberikan larangan atau batasan-batasan kepadanya.  Ingat, status anda berdua masih sebatas pacar.  Hak anda untuk melarangnya melakukan berbagai aktivitas yang disukainya masih sangat terbatas.

Jika ia merasa terkekang, maka ia akan mencoba untuk melepaskan diri dari kekangan yang bersumber dari anda.  Jangan kaget jika ia kemudian mencoba menghindari anda, bahkan berselingkuh.  Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami masalah ini dengan baik.



9.  Hindari sifat posesif yang berlebihan


Hampir sama dengan poin di atas, sifat posesif atau pencemburu yang berlebihan bisa membuat seseorang merasa kesal.  Anda boleh saja merasa cemburu, namun pastikan kadarnya normal.  Jangan mencoba untuk menginterogasi pacar anda setiap ia keluar sendirian.  Cobalah untuk mengurangi sifat posesif ini dan lebih mempercayai sang kekasih.

Sifat posesif dalam level yang ekstrim juga bisa berujung pada pertengkaran.  Nah, pertengkaran ini adalah awal dari retaknya sebuah hubungan percintaan.  Jika sering terjadi pertengkaran di antara anda berdua, jangan heran jika kemudian sang pacar mencari sosok yang bisa membuatnya merasa tenang.



8.  Hargailah pacar anda

Salah satu sebab perselingkuhan paling utama yang terjadi dalam sebuah perkawinan adalah adanya persaan kurang dihargai.  Sang pacar mungkin merasa kesal dan sedikit kecewa karena anda menganggap remeh berbagai usahanya untuk membuat hubungan berjalan dengan lancar.  Oleh karena itu, cobalah sebaik mungkin untuk menghindari sikap ini.

Cara untuk membuat sang pacar merasa dihargai sebenarnya cukup mudah.  Anda hanya perlu mengucapkan "terima kasih" atau memberikan pujian-pujian kecil untuknya.  Sekali-kali, berikan hadiah pada momen-momen spesial agar membuatnya merasa lebih diperhatikan.



7.  Waktu untuk sendiri


Apabila sang pacar tidak memiliki waktu untuk diri sendiri dan selalu kemana-mana berdua dengan diri anda,mungkin pada waktu tertentu ia akan mencapai titik jenuh.  Wajar apabila manusia berusaha lari dari kejenuhan, dan mencoba untuk mencari subjek lain yang bisa menghilangkan rasa tersebut.  Intinya hanya satu, jangan sampai ia merasa jenuh dan merasa dimonitor setiap saat.

Oleh karena itu, cobalah sekali tempo untuk membiarkannya bepergian sendiri, melewatkan akhir pekan tanpa anda, atau membiarkan sang pacar pergi keluar hanya dengan teman-teman lamanya.  Sepanjang anda percaya padanya, pasti ia tidak akan sampai hati untuk berselingkuh.



6.  Kontrol emosi anda

Selingkuh bisa disebabkan karena rasa sakit, baik sakit secara fisik maupun non-fisik.  Maka dari itu, selalu kontrol emosi anda saat berhadapan dengan pasangan.  Jangan sampai anda mengeluarkan kata-kata yang menyakiti hatinya, atau lebih buruk lagi, menyakitinya secara fisik hanya karena emosi sesaat.  Hal ini bisa berakibat fatal bagi anda berdua.

Jika tanpa sengaja hal ini terjadi, cobalah untuk meminta maaf dengan tulus.  Berikan ia waktu untuk marah dan ngambek, karena hal itu memang wajar terjadi.  Satu lagi, mungkin artikel kami yang berjudul "10 Cara Mengontrol Emosi" bisa berguna bagi anda untuk mengatasi masalah ini.



5.  Jaga penampilan


Sepertinya hal ini sudah sangat jelas.  Jika anda tak ingin ia berpaling pada sosok yang lebih menarik, maka jagalah penampilan anda.  Anda tak harus tampil secantik seperti super model atau selebritis idolanya, yang terpenting tunjukkanlah pada sang pacar bahwa anda berusaha tampil cantik dan tampan untuk dirinya.  Ia juga akan merasa lebih dihargai jika anda melakukan hal ini.

Biasanya hal ini terjadi dalam hubungan rumah tangga, atau hubungan pacaran yang sudah berlangsung lama.  Salah satu pihak sama sekali tidak peduli untuk membuat pasangannya tetap terkesan, baik secara fisik maupun non-fisik.  Akibatnya, ia pun berpaling ke sosok lain yang lebih atraktif.



4.  Pastikan hubungan anda berdua tetap hangat


Selama apapun anda berdua sudah berpacaran, dan sesulit apapun kondisi yang anda berdua sedang hadapi, pastikanlah agar hubungan tetap terjaga kehangatannya.  Tetaplah berusaha untuk romantis, jaga komunikasi, dan usahakan agar anda berdua tetap merasa bahagia.  Hubungan yang dingin memiliki risiko selingkuh yang jauh lebih besar.

Lakukanlah berbagai cara untuk membahagiakan pacar.  Jika anda melakukan hal ini dengan tulus, maka sang pacar pun akan melakukan yang sama dan berusaha menjaga agar hubungan anda tetap hangat, harmonis, dan penuh cinta.



3.  Have fun!


Jangan lupa untuk bersenang-senang atau have fun saat menjalin hubungan dengan pacar anda, tentu saja dalam batas-batas yang diizinkan oleh norma-norma sosial dan agama yang anda anut.  Jangan sampai hubungan pacaran anda berdua hanya menjadi ajang menumpahkan kekesalan, kesedihan, bahkan justru menambah masalah hidup.

Lakukan aktivitas yang anda berdua sukai.  Habiskan akhir pekan dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan.  Pergilah ke restoran yang enak, dan pesan menu favorit anda berdua.  Jika anda berdua merasa senang dan bahagia di sisi masing-masing, maka istilah "selingkuh" tidak akan pernah terlintas dalam otak sang pacar.



2.  Cobalah untuk memahami satu sama lain

Pahamilah sosok sang pacar, dan buat ia juga memahami diri anda.  Luangkan waktu untuk saling berbicara, bercerita dari hal-hal kecil sampai yang serius.  Cobalah untuk mengetahui sosoknya lebih dari sekedar yang tampak di "permukaan".  Pahami sifat-sifatnya, baik yang positif maupun negatif.  Cari tahu juga tentang berbagai hobi, impian, serta cara berpikirnya.

Jika anda menuntut pacar anda untuk mengungkapkan hal-hal tertentu yang lebih "dalam", maka anda harus melakukan hal yang sama untuknya.  Mungkin, anda bahkan harus memulai dan lebih dahulu bersikap terbuka.  Dengan memahami satu sama lain, maka hubungan anda berdua akan lebih erat.



1.  Milikilah sebuah mimpi atau cita-cita yang ingin anda raih berdua dengan pasangan


Mimpi dan cita-cita inilah yang bisa membuat rasa cinta semakin kuat, komitmen terjaga, dan berfungsi sebagai tembok penghalang yang mencegah perselingkuhan.  Namun tentu saja untuk bisa mencapai tahapan ini, anda berdua perlu memahami satu sama lain dengan sangat baik dan bersikap saling terbuka.  Jika hal ini sudah tercapai, maka hubungan anda bisa dikategorikan sudah cukup kuat.

Mimpi ini biasanya menyangkut dengan hal-hal besar di masa depan, seperti "menikah", atau "berjalan-jalan ke luar negeri bersama-sama", "membangun perusahaan yang sukses dengan anda berdua sebagai direkturnya", dan masih banyak lagi contoh lainnya.  Yang jelas, bagilah mimpi anda dengan sang kekasih, tentu jika anda sudah benar-benar mempercayainya.