10 Film Termahal di Dunia

Untuk membuat film yang berkualitas, diperlukan biaya yang tidak sedikit.  Biaya tersebut terkadang melambung hingga mencapai ratusan juta dollar Amerika Serikat, hanya untuk memproduksi sebuah film.  Tidak hanya untuk membayar para aktor dan kru yang bekerja selama proses pembuatan, uang ratusan juta dollar tersebut juga digunakan untuk berpromosi dan menarik pengunjung sebanyak mungkin.

Jika beberapa waktu yang lalu Top10Indo menyajikan artikel tentang film terpopuler di dunia, maka dalam kesempatan kali ini kami akan membahas sepuluh film termahal di dunia, dengan biaya produksi paling besar.  Langsung saja, berikut daftarnya:

by Rego Korosi on Flickr.com via Creative Commons

10.  Man of Steel


Biaya produksi:  225 juta US Dollar

Diproduksi pada tahun 2013, film yang bercerita tentang sosok Superman yang berusaha menemukan masa lalunya memang cukup memukau.  Ada banyak efek komputer canggih yang bisa anda temui sepanjang film diputar, dan pasti untuk menciptakan hal ini diperlukan biaya yang sangat mahal.  Selain itu, proses pengembangan film ini memakan waktu yang cukup lama, sekitar 5 tahun.

Biaya yang sangat banyak tersebut boleh jadi mendapat balasan yang setimpal.  Film berdurasi 143 menit ini sudah berhasil meraih lebih dari 660 juta dollar pendapatan kotor dari berbagai dunia.  Melihat tanggapan yang cukup positif dari para fans, sepertinya para produser akan memutuskan merilis sekuel dari Man of Steel.



9.  The Lone Ranger


Biaya produksi:  225 juta US Dollar

The Lone Ranger adalah film tentang kehidupan di dunia barat pada masa cowboy dan Indian.  Diperankan oleh dua nama besar, Johnny Depp dan Armie Hammer, film ini memakan biaya produksi yang sangat mahal, sedikit di atas Man of Steel.  Selain untuk menggaji dua aktor ternama tersebut, banyak dana yang dialokasikan untuk membuat setting kehidupan dunia barat terlihat lebih realistis.

Walaupun menghabiskan banyak uang, The Lone Ranger terbilang biasa-biasa saja, baik dari segi kualitas artistik maupun kesuksesan di pasar.  Film ini hanya mendapatkan rating 6,7 dari IMDb dan sejauh ini baru bisa meraup pendapatan kotor sebesar 243 juta dollar.



8.  The Chronicles of Narnia: Prince Caspian


Biaya produksi:  225 juta US Dollar


Dirilis ke publik pada tahun 2008, The Chronicles of Narnia: Prince Caspian adalah sekuel kedua dari serial Narnia yang dirilis di layar lebar.  Film yang berkisah tentang kehidupan di dunia fantasi ini mutlak memerlukan biaya yang tinggi, terutama untuk menciptakan dunia yang indah yang dipenuhi dengan berbagai makhluk fantastis.

Prince Caspian memang mampu memuaskan banyak penggemar serial Narnia, namun secara global, kesuksesan film ini terbilang biasa-biasa saja.  Hal itu tercermin dari rating 6,6 yang diberikan oleh IMDb dan sama sekali tidak berhasil masuk nominasi penghargaan film elit dunia.



7.  The Dark Knight Rises


Biaya produksi:  230 juta US Dollar

Tak sia-sia para produser mengeluarkan biaya produksi yang sangat besar untuk film ini, karena The Dark Knight Rises dianggap sebagai salah satu film superhero terbaik sepanjang masa.  Film ini menceritakan tentang kisah Batman, dan dianggap merupakan yang paling berkualitas di antara film Batman lain yang pernah diputar di bioskop.

Kolaborasi yang luar biasa antara sutradara Christopher Nolan serta Christian Bale dan Tom Hardy selaku aktor membuat Dark Knight Rises mendapat rating yang tinggi dari berbagai media.  Tak hanya itu, film ini juga mampu menghasilkan lebih dari satu milliar US dollar dari seluruh penjualan tiket serta DVD.



6.  Avatar


Biaya produksi:  237 juta US Dollar

Bisa dimaklumi apabila film ini memakan biaya yang sangat tinggi, karena hampir seluruhnya tersusun oleh grafis komputer yang sangat canggih.  Avatar tidak hanya menyajikan dunia fantasi yang penuh dengan makhluk-makhluk aneh, namun juga peradaban tersendiri dengan berbagai bahasa, budaya, dan kehidupan yang sangat sureal.

Film yang dirilis pada tahun 2009 dan memiliki durasi hampir tiga jam ini juga meraih keuntungan yang sangat besar, hampir sepuluh kali lipat dari biaya produksinya.  Melihat fakta ini, tampaknya tidak berlebihan jika kita berharap akan dirilisnya sekuel dari film Avatar.



5.  Harry Potter and the Half-Blood Prince


Biaya produksi:  250 juta US Dollar

Nama besar serial Harry Potter yang sangat sukses dalam penjualan novelnya membuat para produser tidak segan-segan menggelontorkan ratusan juta dollar untuk proses produksi Half-Blood Prince.  Serial keenam dari Harry Potter ini memang menjadi salah satu bagian penting dari keseluruhan novel, di mana berbagai fakta penting terungkap di dalamnya.

Budget jutaan dollar tampaknya sebagian besar dialokasikan untuk menciptakan dunia sihir yang penuh keajaiban.  Tak hanya itu, gaji para pemain utama film ini, seperti Daniel Radcliffe, Emma Watson, dan Rupert Grin juga dikabarkan melonjak berkali-kali lipat dari film sebelumnya.



4.  John Carter


Biaya produksi:  250 juta US Dollar

John Carter adalah sebuah film produksi Walt Disney yang pertama kali tayang pada tahun 2012.  Film ini bercerita tentang kehidupan di masa depan, seputar peperangan di planet Mars dan dibuat berdasarkan novel yang ditulis oleh Edgar Rice Burroughs.  Tak hanya melawan sesama manusia, ada pula berbagai alien-alien seram yang harus dihadapi oleh sang tokoh utama.

John Carter adalah contoh lain sebuah film berbiaya produksi besar yang tak terlalu sukses di pasaran.  Film ini mendapatkan rating biasa-biasa saja, 6,6 dari IMDb.  Sejauh ini John Carter juga "hanya" bisa meraih pemasukan sebesar 248 juta dollar Amerika Serikat.



3.  Spider-Man 3


Biaya produksi:  258 juta US Dollar

Hingga saat ini, Spider-Man 3 masih memegang rekor sebagai film superhero termahal di dunia.  Dibintangi oleh Tobey Maguire dan Kirsten Dunst pada tahun 2007, film ini dianggap mampu memuaskan para penggemar Spider-Man.  Sosok sang superhero dihadirkan dengan lebih keren dan memukau, begitu juga dengan musuh-musuhnya.

Berbicara dari segi keuntunga, Spider-Man 3 mampu meraih keuntungan yang cukup besar, mencapai 890 juta US Dollar.  Hanya saja, kualitas film ini banyak dikritik dan terbukti hanya mampu meraih rating 6,3 dari IMDb.



2.  Tangled


Biaya produksi:  260 juta US Dollar

Tangled adalah film animasi anak dengan biaya produksi tertinggi yang pernah dibuat.  Dirilis pada tahun 2010 Tangled berkisah tentang petualangan seorang putri bernama Rapunzel yang memiliki rambut yang sangat panjang.  Putri ini berhasil melarikan diri dari menara yang ditinggalinya selama seumur hidup dan menemukan berbagai hal menarik di dunia yang dijelajahinya.

Tampaknya, biaya yang dikeluarkan oleh rumah produksi Walt Disney untuk membiayai Tangled tidaklah sia-sia.  Film ini berhasil meraih satu nominasi penghargaan Oscar, mendapatkan rating yang cukup tinggi dari berbagai media, serta meraih pemasukan lebih dari 590 juta US dollar.



1.  Pirates of the Caribbean: At World's End


Biaya produksi:  300 juta US Dollar

Rekor film termahal di dunia hingga saat ini masih dipegang oleh Pirates of the Caribbean: At World's End yang diproduksi dengan biaya sekitar 300 juta US dollar.  Dirilis pertama kali pada tahun 2007, film yang dibintangi oleh Johnny Depp  ini berhasil dinominasikan untuk dua penghargaan Oscar dan meraih 18 penghargaan bergengsi lain di dunia perfilman.

At the World's End adalah film ketiga dari serial Pirates of Caribbean yang bercerita tentang petualangan para pelaut di Karibia.  Jika melihat jumlah keuntungan yang dihasilkan (lebih dari 960 juta US Dollar), tampaknya keputusan para produser untuk mengeluarkan banyak uang adalah keputusan investasi yang tepat.  Kita lihat saja, apakah di masa depan akan ada film layar lebar yang dibuat dengan biaya produksi yang lebih tinggi dari At World's End.

Artikel Lainnya