10 Game Zombie Terbaru

Belakangan ini, popularitas game-game zombie meningkat dahsyat.  Diawali dari kesuksesan Resident Evil di konsol PSX, sejak itu telah muncul ratusan game zombie di pasaran dengan berbagai kualitas.  Jika beberapa waktu lalu Top10Indo sempat membahas tentang "10 Game Zombie Terbaik", maka kali ini kami akan membahas game-game zombie yang baru saja dirilis atau akan dirilis.

Tentu saja, karena teknologi yang sudah lebih maju, game-game zombie terbaru ini disajikan dengan grafis yang lebih memukau.  Namun, apakah gameplay dan cerita yang disajikan bisa mengalahkan game-game pendahulunya?  Simak saja ulasannya berikut ini!

By Bob Jagendorf from Manalapan, NJ, USA (Zombie Walk - Into The Lens  Uploaded by Tomer T) [CC-BY-2.0 (http://creativecommons.org/licenses/by/2.0)], via Wikimedia Commons


10.  Dead Island Riptide


Dead Island Riptide adalah lanjutan dari game Dead Island yang menuai sukses cukup besar.  Game ini bercerita tentang kelanjutan petualangan Xian Mei, Sam B, Purna, dan Logan; ditambah dengan karakter baru, Logan di pulau tropis penuh zombie.  Dead Island Riptide memiliki gameplay yang sangat mirip dengan pendahulunya, mulai dari sistem level up, kemampuan menciptakan sendiri senjata anda.

Dead Island Riptide juga memiliki dunia yang lebih luas untuk dijelajahi, zombie-zombie jenis baru (pelempar granat dan zombie yang berusaha menenggelamkan anda), permainan online yang lebih lancar, dan petualangan dengan motorboat di sungai tropis yang berbahaya.



9.  Dead Linger


Dead Linger adalah sebuah game zombie terbaru yang hingga kini masih dalam tahap pengembangan.  Rencananya, game ini akan dirilis di akhir tahun 2013.  Sebagai game zombie, Dead Linger lebih menekankan pada fitur online, di mana seorang pemain bisa berkompetisi dengan pemain lainnya, atau berjuang bersama-sama untuk bertahan hidup di dunia zombie apocalypse.

Rencananya, Dead Linger akan dibuat hampir menyerupai Minecraft.  Secara grafis, game ini mungkin tidak akan terlalu bagus, karena Dead Linger lebih mengutamakan penjelajahan dan unsur strategi.   Dunia yang dijelajahi pun akan sangat besar, mulai dari perkotaan, hutan, lautan, pegunungan, hingga tanah pertanian.



8.  Possession


Possession direncanakan akan dirilis tahun ini untuk konsol PC, PS3 dan XBOX.  Berbeda dengan game zombie lainnya, di sini anda berperan sebagai seorang laki-laki yang berubah menjadi zombie karena eksperimen gagal sebuah perusahaan farmasi.  Nah, untungnya walau berubah menjadi zombie, anda tidak kehilangan akal sehat.  Anda pun justru mendapat kekuatan untuk mengendalikan zombie-zombie lain.

Memanfaatkan kekuatan tersebut, anda berencana untuk menghancurkan perusahaan farmasi tersebut agar di masa depan tidak lagi ada eksperimen yang gagal.  Game ini nantinya akan berjenis Real Time Strategy dan bisa dimainkan juga secara online.



7.  The Walking Dead Survival Instinct


Game ini diadaptasi langsung dari serial TV The Walking Dead, salah satu serial terpopuler dan dikategorikan sebagai film zombie terbaik saat ini.  Di dalam game ini, anda berperan sebagai Daryl Dixon dalam sebuah petualangan membebaskan kakaknya, Merle, dan berusaha melarikan diri ke tempat evakuasi militer.

Sayangnya, game ini mendapat kritikan habis-habisan.  Mulai dari grafis yang seadanya, gameplay yang sangat kasar, zombie-zombie yang sangat bodoh, dan jalan cerita yang terkesan dipaksakan; game ini justru dianggap menodai franchise The Walking Dead secara keseluruhan.



6.  The Grinder


Game ini pada awalnya dijadwalkan dirilis secara ekskusif untuk konsol Wii, namun pada akhirnya developer The Grinder memutuskan untuk merilisnya juga untuk PS3, XBOX, dan PC.  The Grinder adalah game first person shooter tentang petualangan para pemburu monster di dunia yang gersang dan penuh dengan bahaya.

Tak hanya zombie, di game ini anda juga harus berburu dan menghadapi monster-monster lainnya seperti Vampire, manusia serigala, dan makhluk-makhluk gaib lainnya.  Sebenarnya, game ini dijadwalkan untuk rilis musim panas 2013 ini, namun hingga sekarang masih mengalami penundaan.



5.  The Walking Dead: 400 Days


Satu lagi game yang diangkat berdasarkan franchise The Walking Dead.  Berbeda dari game di poin sebelumnya, game ini tidak diangkat berdasarkan serial TV, melainkan buku komiknya.  Game yang dikembangkan oleh developer Telltale ini juga jauh lebih bagus dibandingkan The Walking Dead Survival Instict.

Game ini adalah DLC dari serial The Walking Dead Season 1 dan merupakan cerita penghubung ke Season 2 yang dijadwalkan akan rilis musim gugur 2013.  Memainkan game ini seperti melihat sebuah film, dan pilihan yang anda ambil akan memiliki dampak signifikan pada jalan cerita.



4.  State of Decay


State of Decay baru saja dirilis awal bulan Mei 2013 lalu dan merupakan game open world bertemakan zombie.  Dalam State of Decay, anda bisa menjelajah dunia yang sangat luas yang diduduki oleh zombie.  Anda juga bisa merekrut survivor-survivor yang tersebar di seluruh penjuru kota dan menggunakan jasa mereka untuk memperkuat basecamp anda.

Selain bisa menyelesaikan misi utama, dalam State of Decay anda juga harus mencari suplai untuk bertahan hidup, material untuk membangun fasilitas tertentu, dan membangun hubungan baik dengan survivor lain.  Game ini juga dijadwalkan akan dirilis untuk PC pada akhir tahun 2013.



3.  The Last of Us


Game yang dirilis pada bulan Juni 2013 untuk konsol Playstation 3 ini mungkin layak mendapat predikat sebagai game zombie terbaik sepanjang masa.  Cerita di dalam game ini begitu menyentuh, grafisnya sangat memukau, dan gameplay-nya juga luar biasa mengasyikkan.  The Last of Us berkisah tentang petualangan anda, Joel, seorang lelaki di usia 30-an bersama seorang gadis remaja bernama Ellie dalam dunia 20 tahun setelah kiamat zombie.

Selain menghadapi zombie, di sini anda juga harus melawan sekumpulan bandit.  Semua unsur di game ini begitu realistis dan dramatis.  Karena kualitasnya yang luar biasa, The Last of Us menjadi calon kuat pemenang Game of the Year 2013 bersaing dengan Bioshock Infinite.



2.  Dead Rising 3


Sejauh ini, Dead Rising 3 adalah game zombie terkeren yang akan dirilis untuk konsol Next Generation, yaitu Xbox One pada bulan November 2013.  Diambil dari franchise Dead Rising yang sebelumnya dirilis untuk PC, Dead Rising 3 menjanjikan aksi melawan zombie yang gila, sadis, dan konyol.  Akan ada ribuan zombie dalam satu layar untuk dibantai, dan ada dunia yang sangat luas untuk dijelajahi.

Video trailer Dead Rising 3 yang sudah beredar benar-benar memukau.  Ada 1001 cara unik untuk membasmi zombie dalam game ini, dengan menggunakan berbagai barang yang anda temukan di jalan.  Sepertinya game ini berpotensi untuk menjadi pesaing berat serial Resident Evil serta Left 4 Dead.



1.  Dying Light


Dying Light adalah game bertema zombie terbaru yang dikabarkan akan dirilis untuk konsol next generation, PS4, Xbox One, dan PC.  Game ini sedikit banyak berbasis seperti seri Dead Island, first-person shooter di mana pemain bebas menjelajahi dunia yang sangat luas.  Bedanya, sang developer menjanjikan Dying Light akan lebih spektakuler.

Di game ini akan terdapat sistem perputaran siang-malam.  Pada malam hari, zombie-zombie akan menjadi lebih agresif dalam memburu mangsanya.  Di sini, anda harus berusaha bertahan hidup, menyelesaikan misi, sembari membunuh sebanyak mungkin zombie-zombie haus darah.  Nah, manakah game zombie terbaru yang akan menjadi favorit anda?  Pastinya, semua game ini menjanjikan aksi yang seru dan bisa memacu adrenalin anda ketika memainkannya.

Artikel Lainnya