10 Ciri-Ciri Pacar Selingkuh

Selingkuh adalah satu hal yang paling ditakuti dalam sebuah hubungan percintaan.  Banyak orang yang mencoba menerka dan menebak berbagai perilaku dan ciri-ciri apakah sang pacar selingkuh atau tidak.  Masalahnya, terkadang kecurigaan dan dugaan kita justru bisa berakibat buruk bagi hubungan dengan sang pacar.

Dalam artikel ini, Top10Indo akan mengulas berbagai pertanda apakah orang yang anda sukai sedang mengkhianati anda atau tidak.  Yang jelas, sebelum mencurigainya, anda juga harus bertanya dalam hati terlebih dahulu:  Sudahkah anda memberikan cukup rasa percaya pada sang pacar?  Apakah anda juga setia kepadanya?  Dan apakah anda tidak melakukan hal-hal yang membuatnya merasa cemburu?  

Langsung saja, berikut 10 ciri-ciri pacar selingkuh:

by RockAngelReika on DeviantArt.com via Creative Commons


10.  Ada perubahan dalam caranya menggunakan telepon genggam

Perhatikan dengan seksama, apakah ada perubahan yang cukup drastis dalam caranya menggunakan telepon genggam.  Misalkan, tiba-tiba ia mengunci teleponnya dengan password, mengganti password-nya dengan yang sudah anda ketahui, menerima telepon diam-diam (tidak di depan anda), atau tiba-tiba sering sibuk ketika ditelepon dan lama membalas SMS.

Jika tanda ini berkelanjutan dalam periode yang cukup lama, ada kemungkinan pacar anda sedang berselingkuh.  Cobalah untuk sesekali bertanya, siapakah sosok yang membuatnya begitu sibuk di telepon dan perhatikan reaksinya.



9.  Tidak lagi terkesan hangat pada anda


Perhatikan sikap pacar anda.  Jika tiba-tiba ia bersikap dingin terhadap anda, well, ini adalah suatu pertanda yang patut diwaspadai.  Mungkin saja ia tidak terlalu terlihat antusias ketika menghabiskan waktu berduaan dengan anda.  Kata-kata romantis tidak lagi keluar dari mulutnya, dan secara mendadak ia bersikap sangat cuek pada anda.

Namun, ada kemungkinan juga perubahan sikap sang pacar ini terjadi karena ia sedang berada di titik jenuh dalam hubungan anda berdua.  Baca saja artikel kami yang berjudul "10 Tips Menghadapi Pacar Cuek" untuk membuatnya kembali hangat dan meminimalisir resiko selingkuh.



8.  Waktu yang diberikan untuk anda semakin sedikit

Pernahkah anda menyadari bahwa tiba-tiba waktu yang dilewatkannya berkurang dengan drastis tanpa alasan yang jelas?  Jika jawabannya adalah "ya", maka anda perlu mencari penyebab di balik terjadinya hal ini.  Berkurangnya frekuensi untuk saling bersama tak hanya merupakan ciri-ciri pacar sedang berselingkuh, namun juga bisa berakibat buruk karena komunikasi makin renggang.

Jika hal ini terjadi, cobalah untuk suatu waktu mengambil inisiatif sendiri dengan mengunjungi sang pacar di tempat di mana ia berada (misalkan di kantor atau di kampusnya) tanpa sepengetahuannya.  Jika ia tidak ada di tempat, atau sedang di sana bersama wanita/ laki-laki lain, well, besar kemungkinan ia sedang berusaha menyembunyikan sesuatu dari anda atau justru sedang berselingkuh.



7.  Perubahan bahasa tubuh


Seseorang yang sedang menyembunyikan sesuatu biasanya menunjukkan bahasa tubuh yang penuh dengan kegelisahan, tidak aman, dan terlihat dibuat-buat.  Biasanya ia akan meminimalisir kontak mata ketika sedang membicarakan hal-hal yang menyerempet seputar perselingkuhannya.  Perhatikan juga apakah ia banyak memalingkan muka, menatap lantai, atau menatap layar telepon ketika sedang berbicara tentang hal ini.

Perubahan bahasa tubuh juga termasuk dalam caranya memperlakukan anda.  Mungkin sang pacar tidak lagi merasa nyaman menggandeng atau merangkul anda di ruang publik.  Mungkin juga ia berusaha menjaga jarak ketika berdiri bersebelahan dengan anda karena tidak ingin terlihat sedang berduaan.



6.  Pacar anda baru saja mengalami suatu kegagalan

Biasanya tanda ini lebih banyak ditemukan pada seorang laki-laki.  Pria yang baru saja mengalami kegagalan yang signifikan dalam hidupnya, seperti kehilangan pekerjaan, gagal lulus ujian, atau gagal menyelesaikan target tertentu yang dibuatnya; biasanya cenderung mengalami krisis kepercayaan diri.  Nah, secara tidak sadar, untuk menaikkan rasa percaya diri dan ego mereka yang anjlok, biasanya para pria ini berselingkuh untuk meyakinkan bahwa dirinya masih "laku" dan "berharga" di mata orang lain.  Jika anda menemukan tanda pasangan pria anda baru mengalami kegagalan, maka beradalah di sampingnya dan hiburlah ia.  Dan jika anda seorang pria yang mengalami krisis percaya diri, janganlah mencoba melampiaskannya dengan berselingkuh, karena masih ada banyak cara untuk meningkatkan rasa percaya diri yang lebih positif.



5.  Sebelumnya pernah berselingkuh


Jika pacar anda dikenal sebagai sosok yang sudah pernah berselingkuh, baik ketika sedang berhubungan dengan anda atau dengan pacar sebelum anda, maka hal ini adalah sebuah lampu kuning yang perlu diwaspadai.  Berdasarkan riset, seseorang yang sudah pernah berselingkuh biasanya akan bisa mengulangi hal ini tanpa beban dan lebih sedikit perasaan berdosa.

Oleh karena itu, pastikanlah bahwa anda berdua memiliki komitmen yang tegas dan jelas.  Jika pacar anda sudah pernah berselingkuh sebelumnya, maka jelaskanlah bahwa anda tidak ingin hal itu terulang kembali.  Jangan lupa tunjukkan sikap memaafkan dan mencintainya dengan tulus.



4.  Lebih emosional

Seseorang yang sedang menyembunyikan sesuatu biasanya akan lebih emosional ketika sedang melindungi rahasianya.  Ini sudah menjadi sesuatu yang alami, sama seperti seekor anjing yang tiba-tiba berubah galak ketika anda berusaha mengambil tulangnya.  Amatilah perubahan sikapnya, apakah ia tiba-tiba menjadi lebih pemarah, lebih ketus, dan lebih mudah menangis.

Biasanya sang pacar akan mendadak judes ketika anda menanyakan tentang aktivitasnya ketika tidak sedang bersama anda.  Ia juga akan terlihat marah dan terganggu ketika tiba-tiba anda mengunjunginya tanpa sepengetahuan sang pacar.



3.  Terlihat lebih memperhatikan penampilannya


Perhatikan apakah ada perubahan yang drastis dalam caranya berpakaian dan merawat diri secara tiba-tiba.  Jika ada perubahan yang besar, diikuti dengan berbagai ciri dan tanda perselingkuhan, maka anda perlu lebih waspada.  Perubahan sikap ini bisa terjadi karena ia ingin membuat orang lain (yang mungkin saja bukan anda) terkesan dengan penampilannya.

Apakah tiba-tiba pacar anda rajin fitness dan pergi ke gym?  Apakah ia mendadak membeli pakaian-pakaian baru yang sebelumnya tidak suka ia pakai?  Apakah anda sering menemuinya pergi keluar dengan penampilan yang lebih spesial daripada saat anda berdua sedang berkencan?  Jika ya, maka anda perlu lebih jauh lagi menyelidiki hal ini.



2.  Perhatikan kata-kata dari teman-temannya dan teman-teman anda

Terkadang, teman-teman anda dan teman-teman dekatnya justru mengetahui aksi perselingkuhan sang pacar terlebih dahulu daripada anda.  Oleh karena itu, selalu perhatikan kata-kata mereka tentang sang pacar.  Biasanya sudut pandang dari orang lain jauh lebih objektif dan logis  daripada sudut pandang anda pada sang pacar, yang mungkin masih sangat dipengaruhi oleh berbagai emosi.

Jika perlu, anda justru bisa bertanya pada teman-temannya untuk memastikan apakah ia selingkuh atau tidak.  Satu hal yang perlu diperhatikan, ambillah langkah ini jika dugaan anda bahwa sang pacar selingkuh sudah benar-benar kuat.  Jika dugaan anda masih lemah dan ia ternyata tidak selingkuh, hal ini bisa berdampak buruk bagi hubungan anda berdua dalam jangka panjang.



1.  Berusaha menghindari anda


Biasanya ini terjadi di tahap lanjut sebuah perselingkuhan, terutama jika sang pacar lebih memilih selingkuhannya dan ingin meninggalkan anda begitu saja.  Perhatikan apakah ia terlihat memberi alasan yang mengada-ada untuk tidak bertemu dengan anda, atau tiba-tiba tidak mengangkat telepon, tidak membalas SMS, dan mengacuhkan email yang anda kirim untuknya.

Jika tiba-tiba hal ini terjadi, diikuti dengan berbagai pertanda yang terjadi sebelumnya, maka besar kemungkinan ia ingin tidak ingin anda berada dalam hidupnya.  Ya, sikap ini adalah ciri-ciri sang pacar selingkuh, dan anda pun harus yakin dalam mengambil langkah selanjutnya:  apakah anda ingin memaafkannya dan memberinya kesempatan sekali lagi, atau anda merasa lebih baik untuk mengakhiri hubungan anda berdua.  Yang jelas, berpikirlah dengan matang sebelum mengambil keputusan.