10 Anime Terpopuler di Dunia

Popularitas anime di berbagai penjuru dunia tidak perlu lagi diragukan.  Penggemar serial anime tak hanya ada di Asia, namun juga sudah mulai merambah benua Eropa dan Amerika.  Nah, pernahkah anda bertanya-tanya, apakah anime terpopuler di dunia?  Dalam artikel kali ini, Top10Indo akan mengulas secara rinci sepuluh anime yang paling banyak disaksikan di seluruh dunia.

Data ini disusun berdasarkan MovieMETER per Agustus 2013 yang dikeluarkan oleh IMDb, salah satu website terbesar di internet yang membahas seputar dunia perfilman.  Apakah serial anime favorit anda masuk ke dalam daftar ini?

by DarkUchihaSharingan on DeviantArt.com via Creative Commons


10.  Cowboy Bebop



Cowboy Bebop yang sejauh ini sudah tayang sebanyak 3 season dan 27 episode ini menjadi salah satu serial anime yang paling digemari di Amerika Serikat.  Hal ini terbukti dari ratingnya yang cukup tinggi, yaitu 8,8 dari 10 yang diberikan oleh pengunjung website IMDb.  Diciptakan oleh Hajime Yatate, anime yang mulai tayang di tahun 2002 ini mendapat sambutan yang sangat positif dari publik di seluruh dunia.

Cowboy Bebop bercerita tentang petualangan seorang pemburu penjahat yang bernama Spike Spiegel di dunia yang penuh misteri dan berkesan futuristik.  Dalam petualangannya, Spike yang dibantu oleh Jet Black dan Faye Valentine terlibat berbagai pertempuran seru yang berbahaya dan sangat dramatis.



9.  Soul Eater



Soul Eater adalah serial yang penuh dengan fantasi dan pertempuran seru.  Anime yang pertama kali ditayangkan pada tahun 2008 ini bercerita tentang petualangan para Meister, sekelompok orang dengan kemampuan tertentu yang bertujuan mengumpulkan berbagai jiwa (arwah) untuk digunakan sebagai senjata di dalam pertempuran.

Jiwa-jiwa yang dikumpulkan ini kemudian bisa bergabung dengan sang Meister untuk membuatnya menjadi lebih kuat di dalam pertempuran.  Sepintas, anime ini terdengar mirip dengan Shaman King, namun memiliki jalan cerita yang lebih serius dan disajikan dalam animasi yang lebih keren.



8.  Neon Genesis Evangelion



Neon Genesis Evangelion disajikan dalam 26 episode dan hingga saat ini dianggap sebagai salah satu serial anime yang paling populer.  Bagaimana tidak, selain petualangan yang seru, di film ini juga terdapat banyak tokoh anime tercantik seperti Rei Ayanami dan Asuka Langly Soryu.  Tak jarang, tokoh-tokoh ini pun menunjukkan keseksian tubuhnya dalam berbagai pakaian renang.

Anime ini berkisah tentang petualangan Shinji Ikari, seorang anak muda yang bertugas sebagai pilot robot-robot raksasa yang dikenal dengan sebutan Evangelion.  Di sini, Shinji harus berjuang mengendalikan robot tersebut untuk melawan Angels, sekelompok organisasi jahat yang ingin menghancurkan bumi.



7.  Attack on Titan



Anime ini masih tergolong baru, ditayangkan pada tahun 2013 namun sudah berhasil meraih rating yang sangat tinggi, yaitu 8,9 di IMDb.  Wajar saja, anime yang memiliki judul asli Shingeki No Kyojin ini memang benar-benar berkualitas, baik dalam segi cerita, karakter, maupun gambar yang terlihat sangat keren serta memukau.

Attack on Titan bercerita tentang perjuangan anak remaja bernama Eren Jaegar dan adik tirinya, Mikasa Ackerman dalam bertahan hidup di tengah serangan Titan ke bumi.  Titan adalah sekelompok makhluk berukuran sebesar gedung bertingkat, tidak memiliki kecerdasan, kejam, dan gemar memangsa manusia.  Nah, berhasilkah Eren bertahan hidup dan mencegah para Titan untuk menghancurkan dunia?  Untuk mengetahui jawabannya, ikuti saja anime ini!



6.  Death Note



Popularitas Death Note sebagai sebuah serial anime di Indonesia tidak perlu diragukan lagi.  Anime yang disajikan dalam 37 episode ini memiliki jalan cerita dan karakter-karakter super keren yang banyak menginspirasi gaya anak muda di seluruh dunia.  Walaupun ceritanya terdengar simpel, namun Death Note menyajikan sebuah plot yang benar-benar dalam dan menarik untuk disaksikan.

Anime ini berkisah tentang petualangan seorang anak SMA yang sangat pintar dalam usahanya untuk membersihkan dunia dari orang-orang jahat.  Usahanya ini terdengar menarik, karena sang anak muda memiliki sebuah buku sakti yang diberi nama Death Note, yang bisa membunuh orang-orang tertentu hanya dengan menuliskan namanya di dalam buku tersebut.



5.  One Piece



Tak hanya penggemar anime, orang awam pun pasti sudah sangat maklum dengan eksistensi One Piece sebagai salah satu anime terpopuler di dunia.  Serial yang berkisah tentang petualangan bajak laut Luffy si topi jerami ini memang dikategorikan sebagai produk franchise yang berhasil meraih sukses baik di manga, anime, video game, hingga penjualan merchandise.

Tak hanya seru dan penuh dengan pertarungan yang menegangkan, dalam serial One Piece ada banyak adegan yang membuat kita tertawa.  Keberanian Luffy, kekuatan Zoro, kecantikan Nami, dan kekonyolan tingkah Usopp dan Chopper membuat One Piece menjadi salah satu anime terbaik yang pernah ada.



4.  Fullmetal Alchemist



Fullmetal Alchemist adalah sebuah anime yang penuh drama dan berbagai adegan yang bisa membuat anda meneteskan air mata.  Anime ini tergolong sebagai suatu seri yang "berat" dan menuntut anda untuk banyak berpikiri ketika menyaksikannya.  Kualitasnya tentu tidak perlu diragukan lagi, karena IMDb memberi anime ini rating 8,5 dari 10.

Fullmetal Alchemist menceritakan petualangan kakak-beradik Edward dan Alphonse.  Edward dan Alphonse mengalami bencana besar karena gagal dalam menghidupkan kembali ibu mereka yang baru saja meninggal dalam sebuah ritual.  Konsekuensinya, Edward kehilangan sebelah tangan dan kaki, sedangkan jiwa adiknya terperangkap dalam sebuah armor (pakaian pelindung).  Edward pun harus bergabung bersama militer untuk menjadi seorang alchemist guna mengembalikan jiwa adiknya ke keadaan semula.



3.  Bleach



Bleach mungkin hingga saat ini bisa disebut sebagai anime yang mampu menggabungkan unsur humor dan pertempuran seru dengan sangat baik.  Sejak pertama kali dirilis pada tahun 2004, Bleach berhasil meraih popularitas yang luar biasa di seluruh dunia.  Anime yang diciptakan oleh Tite Kubo ini juga berhasil meraih berbagai penghargaan internasional bergengsi.

Bleach berkisah tentang seorang anak muda bernama Kurosaki Ichigo yang bisa melihat hantu dan arwah orang mati.  Karena suatu sebab, pada akhirnya Ichigo harus bertempur sebagai seorang Shinigami, sosok yang harus menjaga keseimbangan antara dunia orang mati dan dunia orang yang masih hidup.



2.  Naruto



Tak ada yang meragukan lagi apabila Naruto masuk ke dalam daftar serial anime terpopuler di dunia.  Wajar saja, cerita anime ini memang benar-benar fresh dan sangat seru untuk diikuti.  Di Indonesia saja, Naruto memiliki jutaan fans yang kebanyakan masih berusia remaja.  Serial ini juga sampai sekarang masih rutin ditayangkan oleh berbagai stasiun televisi di seluruh penjuru dunia.

Cerita Naruto berkisar pada kehidupan seorang ninja muda bernama Naruto Uzumaki.  Walaupun terlihat konyol, Naruto sebenarnya menyimpan kekuatan besar di dalam dirinya.  Ia pun harus berjuang dan bertarung untuk melindungi orang yang dicintainya dari para ninja jahat.  Selain dramatis, karakter dalam anime Naruto disajikan dengan sangat menarik.  Mereka memiliki sifat yang berbeda-beda, penampilan fisik yang khas, dan tentu saja kekuatan ninja yang unik.



1.  Dragon Ball


Serial Dragon Ball tak hanya disebut sebagai anime paling populer di dunia.  Serial manga-nya hingga saat ini juga masih menjadi yang paling laris  penjualannya, mencapai lebih dari 350 juta kopi yang terjual di seluruh dunia.  Cerita yang ditulis oleh Akira Toriyama ini juga berhasil merambah dunia video game untuk berbagai konsol.

Dragon Ball adalah petualangan seorang jagoan bernama Son Goku yang berhati baik dan sangat kuat.  Pada awal petualangan, Son Goku bertujuan untuk mengumpulkan tujuh bola naga (Dragon Ball) yang tersebar di seluruh dunia.  Apabila berhasil ditemukan, ia akan mampu memanggil Dewa Naga yang bisa mengabulkan berbagai permintaan.  Petualangannya ini pun berkembang menjadi sebuah misi menyelamatkan dunia dari berbagai penjahat.  Selain menarik, unsur humor dari anime Dragon Ball dijamin bisa menghibur anda.